1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Peminum Teh Hijau Lebih Lincah di Usia Senja

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Feb 7, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,525 / -0
    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARATA - Orang lanjut usia atau lansia yang secara teratur minum teh hijau ternyata lebih lincah dan mandiri dibanding mereka yang tidak, demikian menurut sebuah penelitian di Jepang yang melibatkan ribuan orang sebagai sampel.

    Teh hijau mengandung bahan kimia antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penyakit. Para peneliti telah mempelajari efek teh hijau terhadap segala hal mulai dari kolesterol hingga risiko terhadap kanker tertentu. Sejauh ini, hasilnya beragam.

    Untuk penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam 'American Journal of Clinical Nutrition', para peneliti memutuskan untuk menyelidiki pertanyaan apakah peminum teh hijau memiliki risiko lebih rendah terhadap kerapuhan dan cacat saat mereka memasuki usia senja atau lansia.

    Yasutake Tomata dan rekan-rekannya dari Sekolah Pascasarjana Universitas Kedokteran Tohoku mengikuti hampir 14.000 lansia berusia 65 atau lebih selama tiga tahun.
    Para peneliti menemukan bahwa mereka yang paling sering minum teh hijau adalah yang paling sedikit mengembangkan 'cacat fungsional', atau masalah dengan kegiatan harian atau kebutuhan dasar, seperti berpakaian atau mandi.

    Menurut penjelasan lebih mendalam, hampir 13 persen orang dewasa yang minum kurang dari secangkir teh hijau per hari bisa menjadi cacat secara fungsional dibandingkan dengan 7 persen orang yang minum setidaknya lima cangkir sehari.

    "Konsumsi teh hijau secara signifikan berhubungan dengan risiko lebih rendahnya kecelakaan yang disebabkan oleh kecacatan fungsional, bahkan setelah kemungkinan penyesuaian terhadap faktor pembaur," tulis Tomata dan rekannya dalam laporan penelitian yang dikutip Reuters.

    Namun, penelitian ini tidak membuktikan bahwa hanya teh hijau yang mampu membuat orang sigap saat mereka lansia. Pecinta teh hijau umumnya memiliki pola diet yang sehat, antara lain mengonsumsi lebih banyak ikan segar, sayuran dan buah.

    Selain itu, mereka umumnya memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi, kemungkinan merokok yang lebih rendah, kemungkinan serangan jantung dan stroke lebih sedikit, dan ketajaman jiwa yang tinggi.

    Mereka juga cenderung lebih aktif secara sosial dan memiliki lebih banyak teman dan keluarga untuk bisa diandalkan. Tetapi bahkan jika faktor-faktor tersebut juga diperhitungkan, teh hijau itu sendiri sangat terkait dengan rendahnya risiko cacat, kata para peneliti.

    Orang yang minum sedikitnya lima cangkir teh hijau sehari, kurang dari sepertiganya kemungkinan mengembangkan cacat dibanding dengan mereka yang minum kurang dari satu cangkir per hari. Orang yang minum rata-rata tiga atau empat cangkir per hari memiliki risiko 25 persen lebih rendah.

    Meskipun tidak jelas bagaimana kemungkinan teh hijau menawarkan pencegahan terhadap kecacatan, tim Tomata mencatat bahwa salah satu studi baru-baru ini menemukan ekstrak teh hijau tampaknya dapat meningkatkan kekuatan otot tungkai wanita lansia.
    Teh hijau dan ekstrak yang dianggap aman dalam jumlah kecil mengandung jumlah kafein dan vitamin K dalam jumlah kecil pula, yang berarti dapat mengganggu obat yang mencegah pembekuan darah.

    sumber : http://id.she.yahoo.com/peminum-teh-hijau-lebih-lincah-di-usia-senja-232712302.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Musashiden Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 4, 2011
    Messages:
    265
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    wah harus rutin minum teh hijau nih, tapi emang enak sih gan :ognikmat:
     
  4. bobii_alive Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 1, 2011
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    setuju gann.. baek buat detox.. wah pokonya teh ijo multi guna..
     
  5. atuttallula M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 9, 2012
    Messages:
    989
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +139,843 / -0
    info yang menarik..
    ane suka bnget minum teh hijau seger rasnya habis minum teh hijau
     
  6. gloome M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 29, 2011
    Messages:
    619
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +67 / -0
    Ane juga doyan bgt ama teh
    Kopi juga doyan =D
     
  7. aminslamet Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 8, 2011
    Messages:
    273
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    teh hijau juga baik bt pencernaan
    awal coba memang lbh pait dr teh biasa
    tp lama2 enjoy juga
    teh hijau lebih sehat
     
  8. korosocablo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 30, 2008
    Messages:
    140
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +507 / -0
    yg bnr bro. ni tiap hari gw minum teh tp variasi antara teh hijau n hitam c
     
  9. vzr25 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 11, 2011
    Messages:
    496
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,035 / -0
    Yup, bener bgt nih.
    Ane juga suka green tea, banyak bgt hasiatnya gan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.