1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other History of the English language

Discussion in 'History and Culture' started by yoshikanji, Jan 25, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. yoshikanji Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,453
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +38,473 / -0
    Sejarah bahasa Inggris



    Sejarah bahasa Inggris bermula dari lahirnya bahasa Inggris di pulau Britania kurang lebih 1.500 tahun yang lalu. Bahasa Inggris adalah sebuah bahasa Jermanik Barat yang berasal dari dialek-dialek Anglo-Frisia yang dibawa ke pulau Britania oleh para imigran Jermanik dari beberapa bagian barat laut daerah yang sekarang disebut Belanda dan Jerman. Pada awalnya, bahasa Inggris Kuno adalah sekelompok dialek yang mencerminkan asal-usul beragam kerajaan-kerajaan Anglo-Saxon di Inggris. Salah satu dialek ini, Saxon Barat akhirnya yang berdominasi. Lalu bahasa Inggris Kuno yang asli kemudian dipengaruhi oleh dua gelombang invasi.

    Gelombang invasi pertama adalah invasi para penutur bahasa dari cabang Skandinavia keluarga bahasa Jerman. Mereka menaklukkan dan menghuni beberapa bagian Britania pada abad ke-8 dan ke-9.

    Lalu gelombang invasi kedua ini ialah suku Norman pada abad ke-11 yang bertuturkan sebuah dialek bahasa Perancis. Kedua invasi ini mengakibatkan bahasa Inggris "bercampur" sampai kadar tertentu (meskipun tidak pernah menjadi sebuah bahasa campuran secara harafiah).
    Hidup bersama dengan anggota sukubangsa Skandinavia akhirnya menciptakan simplifikasi tatabahasa dan pengkayaan inti Anglo-Inggris dari bahasa Inggris.



    Bahasa Inggris Purba (Bahasa Inggris Proto)



    Suku-sukubangsa Jermanik yang memelopori bahasa Inggris (suku Anglia, Saxon, Frisia, Jute dan mungkin juga Frank), berdagang dengan dan berperang dengan rakyat Kekaisaran Romawi yang menuturkan bahasa Latin dalam proses invasi bangsa Jermanik ke Eropa dari timur. Dengan itu banyak kata-kata Latin yang masuk kosakata bangsa-bangsa Jermanik ini sebelum mereka mencapai pulau Britania. Contohnya antara lain adalah camp (kamp), cheese (keju), cook (memasak), dragon (naga), fork (porok, garpu), giant (raksasa), gem (permata), inch (inci), kettle (ketel), kitchen (dapur), linen (kain linen), mile (mil), mill (kincir angin), noon (siang), oil (oli, minyak), pillow (bantal), pin (paku), pound (pon), soap (sabun), street (jalan), table (meja), wall (tembok), dan wine (anggur). Bangsa Romawi juga memberi bahasa Inggris beberapa kata yang mereka sendiri pinjam dari bahasa-bahasa lain seperti kata-kata: anchor (jangkar), butter (mentega), cat (kucing), chest (dada), devil (iblis), dish (piring, makanan), dan sack (saku).

    Menurut Anglo-Saxon Chronicle, sekitar tahun 449, Vortigern, Raja Kepulauan Britania, mengundang "Angle kin" (Suku Anglia yang dipimpin oleh Hengest dan Horsa) untuk menolongnya dalam penengahan konflik dengan suku Pict. Sebagai balasannya, suku Angles diberi tanah di sebelah tenggara Inggris. Liet5uryi 5u6 wsdalu pertolongan selanjutnya dibutuhkan dan sebagai reaksi "datanglah orang-orang dari Ald Seaxum dari Anglum dari Iotum" (bangsa Saxon, suku Anglia, dan suku Jute). Chronicle ini membicarakan masuknya banyak imigran atau pendatang yang akhirnya mendirikan tujuh kerajaan yang disebut dengan istilah heptarchy. Para pakar modern berpendapat bahwa sebagian besar cerita ini merupakan legenda dan memiliki motif politik. Selain itu identifikasi para pendatang di Inggris dengan suku Angle, Saxon, dan Jute tidak diterima lagi dewasa ini (Myres, 1986, p. 46 dst.), terutama setelah diterima bahwa bahasa Anglo-Saxon ternyata lebih mirip dengan bahasa Frisia daripada bahasa salah satu sukubangsa yang disebut di atas ini.



    Bahasa Inggris Kuno



    Bahasa Inggris Kuno (Anglo-Saxon atau Englisc) adalah bentuk awal dari bahasa Inggris yang digunakan di Inggris dan Skotlandia bagian selatan antara pertengahan Abad ke 5 sampai Abad ke-8. Merupakan bahasa Jermanik Barat dan sangat dekat dengan old Frisian dan old Saxon dan juga mendapat pengaruh yang sangat kuat dari old Norse, bagian dari grup bahasa Jermanik Utara.

    Bahasa Inggris Kuno amat berbeda dari bahasa Inggris modern; memiliki banyak kata Jermanik, dan tatabahasanya lebih dekat ke bahasa Jerman dan Latin. Secara bertahap bahasa Inggris Kuno berubah ke bahasa Inggris Pertengahan setelah bangsa Normandia menyerang dan menghentikannya diajarkan di sekolah-sekolah selama 300 tahun.

    Inggris Kuno adalah bahasa Jermanik Barat yang digunakan di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Inggris antara abad ke 5 dan 11. Penutur Inggris Kuno disebut Englisc bahasa mereka, mereka sendiri Angle, Angelcynn atau Angelfolc dan rumah mereka Angelcynn atau Englaland.

    Para pendatang yang menginvasi pulau Britania mendominasi penduduk setempat yang menuturkan bahasa Keltik. Bahasa Keltik akhirnya bisa lestari di Skotlandia, Wales dan Cornwall. Dialek-dialek yang dipertuturkan oleh para pendatang yang menginvasi Britania pada zaman sekarang disebut dengan nama bahasa Inggris Kuno, dan akhirnya bahasa Anglo-Saxon. Kemudian hari, bahasa ini dipengaruhi bahasa Jermanik Utara; bahasa Norwegia Kuna yang dipertuturkan oleh kaum Viking yang menginvasi dan akhirnya bermukim di sebelah timur laut Inggris (lihat Jórvík). Para pendatang yang bermukim lebih awal menuturkan bahasa-bahasa Jermanik dari cabang yang berbeda. Banyak dari akar kosakata mereka memang sama atau mirip, meski tatabahasanya agak lebih berbeda termasuk prefiks (awalan), sufiks (akhiran), dan hukum infleksi (takrifan) dari banyak kata-kata. Bahasa Jermanik dari orang-orang Britania yang berbahasa Inggris Kuno ini, terpengaruhi kontak dengan orang-orang Norwegia yang menginvasi Britania. Hal ini kemungkinan besar merupakan alasan daripada penyederhanaan morfologis bahasa Inggris Kuno, termasuk hilangnya jenis kelamin kata benda dan kasus (kecuali pronominal). Karya sastra ternama yang masih lestari dari masa Inggris Kuno ini adalah sebuah fragmen wiracarita "Beowulf". Penulisnya tidak diketahui, dan karya ini sudah dimodifikasi secara besar oleh para rohaniwan Kristen, lama setelah digubah.

    Kemudian introduksi agama Kristen di Britania menambah sebuah gelombang baru yang membawa banyak kata-kata pinjaman dari bahasa Latin dan bahasa Yunani.
    Selain ada yang berpendapat bahwa pengaruh bahasa Norwegia berlangsung sampai pada Abad Pertengahan awal.

    Inggris Kuno mulai muncul dalam tulisan selama abad ke-8 awal. Kebanyakan teks ditulis dalam Saxon Barat, salah satu dari empat dialek utama. Dialek lain Mercian, Northumbria dan Kentish.

    Anglo-Saxon mengadopsi gaya script yang digunakan oleh para misionaris Irlandia, seperti insuler setengah uncial, yang digunakan untuk buku-buku dalam bahasa Latin. Sebuah versi lebih kecil formal digunakan untuk menulis bahasa Inggris baik Latin dan Lama. Dari abad ke-10 ahli-ahli Taurat Anglo-Saxon mulai menggunakan Caroline kecil Latin sambil terus menulis bahasa Inggris Lama dalam insuler kecil. Setelah naskah Inggris Kuno semakin dipengaruhi oleh Caroline kecil meskipun masih mempertahankan sejumlah surat-insuler khas bentuk.

    Anglo-Saxon Futhorc

    Inggris Kuno / Anglo-Saxon kadang-kadang ditulis dengan versi dari alfabet runic, dibawa ke Inggris oleh Anglo-Saxon sampai sekitar abad ke-11.

    Runic prasasti sebagian besar ditemukan pada perhiasan, senjata, batu dan benda-benda lainnya. Sangat sedikit contoh tulisan runic pada naskah yg masih selamat.
    [​IMG]

    Alfabet Inggris Kuno
    [​IMG]

    Catatan
    • Vokal panjang ditandai dengan macrons. Ini tidak ditulis awalnya digunakan dalam bahasa Inggris Lama, tetapi adalah penemuan yang lebih modern untuk membedakan antara vokal panjang dan pendek.
    • Bentuk-bentuk alternatif dari g dan w (yogh dan Wynn / wen masing-masing) didasarkan pada huruf yang digunakan pada saat menulis bahasa Inggris Lama. Hari ini mereka dapat digantikan untuk g dan w dalam menulis modern Inggris Kuno.
    • Yogh berasal dari bentuk picik dari g dan Wynn / wen datang dari surat rahasia dan digunakan untuk mewakili suara non-Latin [w]. Huruf g dan w diperkenalkan kemudian oleh penulis Perancis. Yogh datang untuk mewakili [ç] atau [x].

    Pengucapan Inggris Kuno
    [​IMG]

    Catatan
    [​IMG]



    Bahasa Inggris Pertengahan



    Bahasa Inggris Pertengahan ialah jenis bahasa Inggris yang diucapkan setelah serangan Norman pada 1066 hingga pertengahan/akhir 1400-an. Berasal dari Bahasa Inggris Kuno setelah William I datang ke Inggris dengan para bangsawan Prancisnya dan mencegah bahasa itu diajarkan di sekolah-sekolah selama ratusan tahun. Selama beberapa waktu, bahasa Inggris meminjam beberapa kata bahasa Prancis.

    Selama 300 tahun setelah invasi kaum Norman di Britania pada tahun 1066, raja-raja Norman dan kaum bangsawan hanya menuturkan bahasa Perancis dialek Norman saja yang disebut dengan nama bahasa Anglo-Norman. Sementara itu bahasa Inggris berlanjut sebagai bahasa rakyat. Sementara Anglo-Saxon Chronicle tetap ditulis sampai tahun 1154, sebagian besar karya sastra lainnya dari masa ini ditulis dalam bahasa Perancis Kuna atau bahasa Latin.

    Sejumlah besar kata-kata Norman dipinjam dalam bahasa Inggris Kuno dan menghasilkan banyak sinonim (sebagai contoh diambil ox/beef (sapi), sheep/mutton (kambing), dan lain-lain). Pengaruh Norman ini memperkuat kesinambungan perubahan-perubahan bahasa Inggris pada abad-abad selanjutnya dan menghasilkan sebuah bahasa yang sekarang disebut dengan istilah bahasa Inggris Pertengahan. Salah satu perubahannya adalah meningkatnya pemakaian sebuah aspek unik tatabahasa Inggris yang disebut dengan istilah continuous tense dengan imbuhan atau sufiks -ing.

    Ejaan bahasa Inggris juga dipengaruhi bahasa Perancis pada periode ini. Bunyi-bunyi /θ/ dan /ð/ sekarang dieja sebagai th dan bukan dengan huruf Inggris Kuno þ and ð, yang tidak ada dalam bahasa Perancis.

    Selama abad ke-15, bahasa Inggris Pertengahan berubah lebih lanjut lagi. Perubahan ini disebut sebagai The Great Vowel Shift ("Pergeseran Vokal Besar"), dan dimulai dengan penyebaran dialek London bahasa Inggris yang mulai dipakai oleh pemerintahan dan munculnya buku-buku cetak. Bahasa Inggris modern sendiri bisa dikatakan muncul pada masa William Shakespeare. Penulis ternama dari masa Inggris Pertengahan ini ialah Geoffrey Chaucer, dengan karyanya yang terkenal The Canterbury Tales.

    Banyak sumber sezaman menyatakan bahwa dalam kurun waktu lima puluh tahun setelah Invasi kaum Norman, sebagian besar kaum Norman di luar istana berganti bahasa dan menuturkan bahasa Inggris. Bahasa Perancis kala itu tetap menjadi bahasa resmi pemerintahan dan perundang-undangan yang bergengsi di luar dinamika sosial. Sebagai contoh, Orderic Vitalis, seorang sejarawan yang lahir pada tahun 1075 dan seorang anak ksatria Norman, menyatakan bahwa ia hanya mempelajari bahasa Perancis sebagai bahasa kedua.

    Sastra Inggris mulai muncul kembali pada sekitar tahun 1200 Masehi ketika perubahan iklim politik dan jatuhnya bahasa Anglo-Norman membuat hal ini lebih bisa diterima. Pada akhir abad tersebut, bahkan kalangan kerajaan sudah berganti menuturkan bahasa Inggris. Sedangkan bahasa Anglo-Norman masih tetap dipakai pada kalangan tertentu sampai agak lama, namun akhirnya bahasa ini juga tidak merupakan bahasa hidup lagi.

    Pada 1470-an, Chancery Standard, sejenis bahasa Inggris yang diucapkan di London, mulai lebih umum. Sebagian hal ini karena William Caxton membawa mesin cetak ke Inggris pada 1470-an. Jenis bahasa Inggris yang diucapkan rakyat di Inggris antara saat itu dan 1650 disebut bahasa Inggris Modern Awal. Banyak dialek yang berbeda dalam bahasa Inggris Pertengahan.



    Bahasa Inggris Modern Awal



    Mulai dari abad ke-15, bahasa Inggris berubah menjadi bahasa Inggris Modern, yang seringkali ditarikh bermula dengan Great Vowel Shift (“Pergeseran Bunyi Besar”).
    Setelah itu bahasa Inggris mulai banyak mengambil kata-kata pungutan dari bahasa-bahasa asing, terutama bahasa Latin dan bahasa Yunani semenjak zaman Renaisans. Karena banyak kata-kata dipinjam dari bahasa yang berbeda-beda, dan ejaan bahasa Inggris bisa dikatakan tidak konsisten, maka risiko pelafazan salah kata-kata cukup tinggi. Namun sisa-sisa dari bentuk-bentuk yang lebih kuna masih ada pada beberapa dialek regional, terutama pada dialek-dialek di West Country.

    Pada tahun 1755 Samuel Johnson menerbitkan kamus penting bahasa Inggris pertama, yang berjudul Dictionary of the English Language.



    Contoh fragmen bahasa Inggris dari masa ke masa



    Fragmen bahasa Inggris Kuno

    Beowulf baris 1 sampai 11, kurang lebih 900 Masehi

    Hwæt! Wē Gār-Dena in geārdagum,
    þēodcyninga, þrym gefrūnon,
    hū ðā æþelingas ellen fremedon.
    Oft Scyld Scēfing sceaþena þrēatum,
    monegum mǣgþum, meodosetla oftēah,
    egsode eorlas. Syððan ǣrest wearð
    fēasceaft funden, hē þæs frōfre gebād,
    wēox under wolcnum, weorðmyndum þāh,
    oðþæt him ǣghwylc þāra ymbsittendra
    ofer hronrāde hȳran scolde,
    gomban gyldan. þæt wæs gōd cyning!

    Terjemahan:

    Lihat, pujian keahlian rakyat-raja-raja
    orang Denmark yang dipersenjatai dengan tombak, di hari panjang meluncur,
    kami sudah mendengar, dan kehormatan di mana para atheling (“pangeran mahkota”) menang!
    Oft Scyld Scefing dari musuh yang dibagi menjadi skuadron,
    dari banyak suku, merusak bangku pesta,
    membuat para bangsawan terpesona. Sejak pertama dia ialah
    tanpa teman, seorang bayi terlantar, nasib membalasnya:
    karena dia membesar di bawah angkasa, di kekayaan dia berkembang pesat,
    sampai di hadapannya rakyat, baik jauh maupun dekat,
    yang memiliki rumah dekat jalan ikan paus, mendengar amanatnya,
    memberinya hadiah: seorang raja baik dia!


    Fragmen Bahasa Inggris Pertengahan

    Kutipan dari The Canterbury Tales oleh Geoffrey Chaucer, abad ke-14
    Here bygynneth the Book of the Tales of Caunterbury


    Whan that Aprill, with his shoures soote
    The droghte of March hath perced to the roote
    And bathed every veyne in swich licour, Of which vertu engendred is the flour;
    Whan Zephirus eek with his sweete breeth
    Inspired hath in every holt and heeth
    The tendre croppes, and the yonge sonne
    Hath in the Ram his halfe cours yronne, And smale foweles maken melodye, That slepen al the nyght with open eye (So priketh hem Nature in hir corages);
    Thanne longen folk to goon on pilgrimages

    Terjemahan:

    Di sini bermula Kitab Cerita-Cerita dari Canterbury

    Ketika pada bulan April, dengan hujannya yang manis
    Kekeringan bulan Maret telah menembus akarnya
    Dan memandikan semua pembuluh darah dengan cairan seperti ini,
    Untuk menghasilkan di dalam dan menumbuhkan bunga;
    Juga ketika Zephirus ("angin barat") dengan nafasnya yang manis
    Memberikan ilham pada semua pohon dan heeth
    Tunas-tunas lembut dan matahari muda
    Telah berlari separuh jalan pada rasi Aries,
    Dan burung-burung kecil bernyanyi,
    Yang pada malam hari tidur dengan mata terbuka-
    Dan kemudian alam menusuki keberaniannya);
    Kemudian orang-orang menginginkan untuk pergi berziarah


    Fragmen Bahasa Inggris Modern Awal

    Dari Paradise Lost oleh John Milton, 1667

    Of man's disobedience, and the fruit
    of that forbidden tree, whose mortal taste
    Brought death into the world, and all our woe,
    With loss of Eden, till one greater Man
    Restore us, and regain the blissful seat,
    Sing, Heavenly Muse, that on the secret top
    Of Oreb, or of Sinai, didst ispire
    That shepherd, who first taught the chosen seed,
    In the beginning how the Heavens and Earth
    Rose out of chaos: or if Sion hill
    Delight thee more, and Siloa's brook that flowed
    Fast by the oracle of God, I thence
    Invoke thy aid to my adventures song,
    That with no middle Flight intends to soar
    Above the Aonian mount, whyle it pursues
    Things unattempted yet in prose of rhyme.

    Terjemahan:

    Ketidakpatuhan manusia, dan buah
    pohon terlarang itu, di mana rasanya yang mematikan
    membawa kematian ke dalam dunia, dan sama sekali kesengsaraan kami,
    Dengan kehilangan Firdaus, sampai seorang Manusia yang lebih hebat
    Mengembalikan kami, dan mendapat kembali tempat duduk yang terberkati,
    Menyanyilah, Dewa Lagu Sorgawi, bahwa dia puncak rahasia
    Oreb, atau Sinai, memberikan semangat
    pada gembala itu, yang terlebih dulu mengajar bibit yang dipilih,
    Pada mulanya bagaimana Langit dan Bumi
    Muncul dari kekacauan: atau jika bukit Zion
    Menerangimu lebih banyak, dan parit Siloa yang mengalir
    Cepat oleh sang orakel, lalu akupun
    Memanggil bantuanmu pada lagu petualanganku,
    Bahwa dengan tak ada Penerbangan tengah bermaksud berteriak
    di atas sandaran Aonian, ketika ia mengejar
    Hal yang masih tak dicoba pada syair gancaran.


    Fragmen Bahasa Inggris Modern

    Kutipan dari Proklamasi Kemerdekaan Amerika Serikat, 1776, oleh Thomas Jefferson

    IN CONGRESS, July 4, 1776.

    The unanimous Declaration of the thirteen united States of America,

    When in the Course of human events, it becomes necessary for one people to
    dissolve the political bands which have connected them with another, and to
    assume among the powers of the earth, the separate and equal station to which
    the Laws of Nature and of Nature's God entitle them, a decent respect to the
    opinions of mankind requires that they should declare the causes which impel
    them to the separation.

    Terjemahan:

    CONGRESS, 4 Juli 1776.

    Deklarasi unanim tiga belas Negara Bagian Amerika,

    Kalau di Jalan peristiwa manusia, menjadi perlu untuk satu orang untuk
    membubarkan ikatan politik yang sudah menyambung mereka dengan lain, dan untuk
    bergabung di antara para penguasa Bumi, posisi pisah dan setara di mana
    Hukum Alam dan Sifat Tuhan memberi hak mereka, hal pantas kepada
    pendapat manusia yang memerlukan bahwa mereka sebaiknya mengumumkan sebab yang mendorong mereka sampai pemisahan.





    Sumber:
     
    • Thanks Thanks x 8
    • Like Like x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. adnanunique Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    12,032
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +25,328 / -0
    ternyata bahasa-bahasa di dunia banyak yang mengalami perkembangan ya....

    semakin berkembangnya masyarakat, bahasa yang digunakan juga ikut berkembang...

    bahasa Jawa juga dulunya kan ga se-simpel ini, ada bahasa jawa kuno (kawi)
     
  4. candiecandie Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 16, 2010
    Messages:
    63
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    waaa... really educated ^^ peradaban banyak berubah menjadikan manusia semakin maju
     
  5. deogracias Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 27, 2010
    Messages:
    83
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +1 / -0
    nice info :top:
    ada ga ya yg ngebahas awal mula bahasa manusia itu terbentuk ??:peace:
     
  6. eantz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 18, 2010
    Messages:
    254
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    wowww...
    bener2 baru tahu..
    bahasa inggris yang secara tidak resmi sudah dijadikan bahasa global ternyata bukan bahasa asli. Bahkan akarnya adalah bahasa jerman, skandinavia, dan perancis..

    baru tahu juga kalo dulu ada huruf2 khusus yang sekarang gak ada lagi..

    mantab dah..
     
  7. cornellex Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 23, 2011
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +19 / -0
    :top: bgt deh mod..... gak nyangka ternyata seribet ini asalx bahasa inggris.... klo yang bahasa inggris "like a sir" itu bahasa modern awal ya ? :bingung:
     
  8. nnakk22 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 16, 2012
    Messages:
    889
    Trophy Points:
    101
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +670 / -1
    haduuuhhh untungnya itu bahasa mengalami perubahannn..
    yg skrg aja masih sulit u/ dimengerti yg dulu malah kayanya lebih sulit lagi
    mana jadi bhs internasional pula....
     
  9. appleseed26 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 11, 2011
    Messages:
    111
    Trophy Points:
    31
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7 / -0
    mampus...... kelas berat bro.....

    yang gw cuma tahu bahasa inggris itu adalah bahasa anglo-saxon yang sedikit mendapat sentuhan keturunan prancis.

    rupanya detilnya lebih kompleks lagi brrrrrrr
     
  10. adventsonic Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +14 / -0
    susah banget aslinya untung dirubah jadi kaya sekarng jauh lebih mudah
     
  11. ojanpoenya1988 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    2,247
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,548 / -0
    Sumpah baru tw sejarah bahasa inggris,,yg ane tw B.Inggris kuno cuma Anglo-Saxon doang..:p

    :niceinfo: :top:

    ijin copas di blog mod..:D
     
  12. kiyomori Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 4, 2012
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Saya memang telah pernah mendengar bahwa bahasa Inggris itu memang campuran berbagai bahasa,tapi tentu saja tak sedetail ini

    :niceinfo: gan

    oya,kalo gak salah alasan mengapa kaum bangsawan Inggris yang keturunan normandia itu gak menggunakan bahasa prancis lagi adalah karena adanya perang seratus tahun antara inggris-perancis tahun 1300an-1400an.Waktu itu ada rumor di kalangan rakyat bahwa bila tentara perancis berhasil menguasai inggris,maka perancis akan menghapuskan bahasa inggris dan diganti sepenuhnya dengan bahasa perancis.ini membuat rakyat inggris gelisah.untuk mencari simpati rakyat maka keluarga kerajaan inggris serta bangsawan akhirnya beralih menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari mereka.
     
  13. rambutkaratan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 7, 2012
    Messages:
    574
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +10,852 / -0
    Bahkan sekarang Bahasa Inggris banyak berubah ya gan,,bsa dikatakan bahasa gaul atau slang2 juga banyak digunakan di kehidupan sehari2 :hehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.