1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

9 Etika Penting yang Kini Sering Dilupakan

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Dec 14, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,525 / -0
    Kehidupan yang makin penuh tuntutan membuat gaya hidup manusia semakin berubah. Bahkan beberapa hal sederhana yang dulu penting kini sering dilupakan.

    Di tengah kesibukan dan nilai-nilai baru yang kita terima dari berbagai sumber, banyak hal kecil yang pelan-pelan ditinggalkan. Etika-etika ringan yang dulu penting, kini perlahan terlupakan atau bahkan sengaja disamarkan untuk kepentingan pribadi. Tentu saja Anda tak ingin dicap sebagai orang yang egois dan tidak peduli sekitar.

    Maaf, terima kasih, tolong
    Tiga kata ini sering kali lupa kita ucapkan kepada orang-orang di sekitar. Akan lebih baik menggunakan kata “tolong” saat meminta office boy atau asisten rumah tangga melakukan sesuatu untuk kita. Begitu juga sesudahnya, kata terima kasih kerap lupa diucapkan. Memang kesannya sepele, tapi orang yang dimintai bantuan akan merasa lebih dihargai jika Anda mau mengucapkan tolong dan terima kasih.

    Saat bersenggolan di pusat perbelanjaan atau tak sengaja menginjak kaki orang saat berhimpitan di bus, seringkali terlihat orang tersebut hanya berpaling tanpa mengucap kata maaf. Tak ada yang dirugikan saat kata maaf terucap, yang ada justru perasaan lebih tenang. Kata maaf merupakan kata yang simpel namun seringkali sulit diucapkan. Jangan termakan gengsi saat mengucap kata maaf. Itu bisa membantu Anda memperbaiki hubungan dengan orang lain atau membuat suasana menjadi lebih damai.

    Menatap mata
    Pemandangan umum saat ini adalah, seseorang menatap ponselnya ketika berbicara dengan orang lain. Usahakanlah untuk selalu menatap lawan bicara Anda saat sedang berbicara atau memberikan instruksi. Tunda sesaat aktivitas di handphone Anda ketika sedang berbicara dengan seseorang. Menatap lawan bicara akan membuat mereka merasa lebih dihargai. Jika memang respon di ponsel Anda tidak bisa ditunda, sebaiknya komunikasikan hal tersebut dengan lawan bicara. Katakan "Maaf saya harus menjawab SMS penting ini terlebih dahulu," dan setelah itu lanjutkan pembicaraan.

    Menahan pintu
    Ini tindakan yang sangat simpel yang menunjukkan Anda menghargai orang lain. Saat hendak keluar atau masuk melalui pintu, usahakan tahan pintu untuk orang di belakang Anda. Tindakan kecil ini menunjukkan Anda orang yang perhatian dan menghargai orang lain di sekitar.

    Masuk lift
    Bahkan di perkantoran mewah, pemandangan ini sering terjadi. Seseorang langsung masuk ke lift ketika belum semua orang di lift keluar. Tindakan seperti ini justru membuat proses keluar-masuk lift lebih lama karena ada orang yang terhalang untuk keluar. Sebaiknya, tunggu sampai semua orang keluar baru Anda masuk ke dalam lift. Dengan begitu semua orang nyaman dan tidak perlu ada orang yang kesal dan mengumpat karena terhambat jalan keluarnya.

    Berikan tempat duduk
    Sering kali penumpang yang masih sanggup berdiri terlihat menduduki kursi yang seharusnya bisa diberikan kepada yang lebih membutuhkan. Walau sejak sekolah dasar pelajaran ini sudah diberikan, tapi tetap saja masih banyak orang yang melupakannya. Wanita hamil, orang berusia lanjut, penyandang cacat, dan anak-anak sebaiknya diberikan prioritas untuk memperoleh tempat duduk. Bahkan di beberapa kendaraan umum sudah ada tanda untuk itu. Beberapa teman bahkan mengaku sering pura-pura tidur agar bisa tetap duduk walau ada yang lebih membutuhkan.

    Posisikan diri Anda seperti orang tersebut, jika Anda merasa ingin duduk saat membawa bawaan berat, maka tak ada salahnya memberikan tempat duduk pada orang yang membawa bawaan berat saat bertemu di kendaraan umum.

    Antre
    Terburu-buru bukan alasan untuk memotong antrean dengan berbagai trik. Jika ada sekumpulan orang menunggu di depan lift, Anda tak bisa semena-mena menyerobot ke depan untuk mendapat giliran masuk. Bukan hanya Anda di dunia ini yang terburu-buru. Hargailah orang lain di sekitar. Anda tentu kesal jika antrean Anda diserobot. Jangan melakukan hal yang sama pada orang lain.

    Memperkenalkan teman
    Adakalanya kita lupa mengenalkan teman kita dengan teman baru saat bertemu di suatu tempat. Jika Anda pergi dengan ibu, lalu bertemu teman, kenalkanlah ibu Anda kepada teman. Begitu juga ketika Anda pergi bersama orang lain. Kenalkan teman Anda beserta hubungannya. Misalnya, "kenalkan ini Adam, kakak saya" atau "kenalkan ini Dina, teman kantor saya". Hal kecil tersebut membuat teman atau partner kita merasa dihargai karena diakui keberadaannya. Selain itu membuka pertemanan baru adalah hal yang baik.

    Sibuk dengan telepon
    Saat ada pertemuan penting atau beribadah, jangan lupa atur bunyi telepon seluler Anda agar tidak menganggu. Jika tidak terlalu penting sebaiknya jangan angkat telepon masuk saat sedang dalam pertemuan penting. Minta izin terlebih dahulu lalu tinggalkan ruangan jika memang harus mengangkat telepon.

    Begitu juga dengan nada bicara, usahakan untuk tidak berbicara dengan suara keras saat Anda berada di tempat umum seperti mal, kantor, atau sekolah. Kehadiran ponsel pintar membuat banyak orang kini terbagi perhatiannya pada kegiatan yang sedang dilakukan. Saat sedang beribadah sebaiknya simpan rapat-rapat ponsel Anda di tas. Jangan pula membuat teman atau orang tua Anda kesal dengan terus memainkan ponsel saat berbicara dengan mereka.

    Menyapa
    Saat bertemu tetangga, berikan sapaan yang ramah. Jangan berlaku pura-pura tidak melihat ketika berpapasan dengan orang yang Anda kenal. Bangun hubungan baik hanya dengan teguran yang sederhana. Anda tidak pernah tahu kapan akan membutuhkan orang tersebut. Karena itu tak ada salahnya bangun hubungan baik dengan tindakan-tindakan yang kecil namun berarti.

    sumber : http://id.she.yahoo.com/9-etika-penting-yang-kini-sering-dilupakan.html
     
    • Thanks Thanks x 9
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. ttopengg M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 13, 2011
    Messages:
    610
    Trophy Points:
    57
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +126 / -0
    Yg masih sulit ama yg sering dilakukan orang2 tu ini kyknya..
    bnyk bgt yg pas ngobrol mata ke HP, mulutnya smbil ngomong.. klo ama orang yg baru dikenal sih risih banget rasanya..
    tp klo ama temen lama kyknya uda biasa gpp kyk gt.. :nongol:
     
  4. acehkhan12 M V U

    Offline

    جان چوك

    Joined:
    Dec 6, 2010
    Messages:
    6,580
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +109,526 / -1
    hahaha, ini yg saya plng jarang lakukan..terutama klo ama tetangga yg ga kenal..:hihi: apa krn faktor klo org perumahan biasanya cuek2 ga kayak d desa yg ramah dan hangat klo nyapa tetangganya..malah disuruh mampir dulu..:cerutu:
     
  5. YongShen M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 30, 2011
    Messages:
    2,540
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +350 / -0
    Hahaha...
    Bnr bngt 9 etika itu yg sering di lupakan...
    Tapi, gak semua org kyk gitu loh...
    Hehehe...
     
  6. black_shadow M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 12, 2009
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +34 / -0
    ini yg udah jarang banget..boro" dengar,diucapin dgn tulus jg g,yg ada smbl lalu ngomongnya:facepalm:
    yg ini lbh parah..emg sampe seberapa penting urusannya sampe nyerobot antrian?kcli kl emg mendesak bgt y..tp kl g?kl dibalik gmn,dia yg udah antre,kita main nyerobot aja?
     
  7. parnosanyoto Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 25, 2011
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    nice share bro
    emang bener sekarang pada cuek banget banyak yang dah lupa etika2 kehidupan
     
  8. SinsSins Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 16, 2011
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    menatap mata itu yang susah banget...
    kadang ane klo ngomong sama dosen.. mata sering kemana - mana
    gak bisa fokus....
     
  9. r3dchick3n M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 1, 2009
    Messages:
    670
    Trophy Points:
    191
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,137 / -0
    Nha, masalah menatap mata juga sering ane lalaikan...
    apalagi klo pas omong sama pimpinan yg agak2 nyebelin....

    :dead: :dead:
     
  10. reekel Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    ^
    ^
    menatap itu malah yg selalu w terapin klo ngomong ama lawan bicara, apalagi lawan jenis, apalagi yg bening,,,hehe
     
  11. autis Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 9, 2008
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -1
    wah yang berikan tempat duduk
    ane sering tuh di busway
     
  12. tezzs M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 15, 2010
    Messages:
    670
    Trophy Points:
    171
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,600 / -1
    di eropa ini dah langka cma mereka mengedepankan kejujuran dan kebaikan ga sopan tapi ga korup.
    di sini sopan tapi koruptor ngebunuh dari belakang ...:lol: alangkah lucunya negri ini
     
  13. thasyameflya M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 18, 2011
    Messages:
    466
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +26 / -0
    bener bgt kk, dlm keluarga pun kdg lupa mengucapkan maaf terima kasih dn tolong, alesannya krn ud biasa dn sama keluargaa sendiri :rokok: padahal budaya ini penting bgt :toa:
    dan aku paling benci kalo lg ngmg, lawan bicara kita sibuk dgn blackberry, bnr2 g menghargai bgt :ngambek:
     
  14. kptjfleece Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 23, 2011
    Messages:
    160
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    itu yg dah dilupain sama masyrakat kita..pdhal orangtua kita dlu selalu ngajarin itu..
    Ayo kita lakuin lgi...:semangat:
     
  15. boaloverz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 7, 2009
    Messages:
    617
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,266 / -0
    yang ini di kota2 besar sudah sulit untuk dilakukan karena mereka bermoto "lu lu gua gua"
     
  16. FoxEyes Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 21, 2011
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    di indonesia kayaknya yang udah bener2 dilupain budaya antre tuh
     
  17. folto2 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 10, 2011
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -2
    ane sering ngasih tempat duduk., tp kok kayaknya dianggap aneh ya? mungkin orang-orang bilang sok pahlawan.
     
  18. Asun86 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 29, 2010
    Messages:
    73
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +10 / -1
    ane masih belajar buat praktekin etika2 diatas, walaupun terkadang suka lupa juga.. >,<
     
  19. fearlez Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 15, 2012
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +1 / -0
    hal sepele yg sering di lupakan, untung ane msh inget bbrp hehe
     
  20. Pure33 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 27, 2011
    Messages:
    527
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +79 / -0
    sakit hati gua ama Warga Negara Indonesia, mkin modern mkin kaga punya etika :ogmatabelo:
     
  21. transaminasi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 13, 2010
    Messages:
    125
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +42 / -0
    orang indonesia paling susah disuruh antre yg tertib
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.