1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Persiapkan ASI Berkualitas Sejak Remaja

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Dec 7, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,525 / -0
    VIVAnews - Anda mungkin berpikir menyiapkan air susu ibu hanya perlu menjelang persalinan. Nyatanya, pendapat medis mendukung persiapan menyusui sejak dini, bahkan sejak memasuki pubertas.

    "ASI yang berkualitas didapatkan dari mereka yang sudah mempersiapkan diri dari masa remaja, ketika pubertas," ujar Dr dr Saptawati Bardosono, MSc.

    Ini untuk menghindari munculnya kendala di masa awal menyusui. Selama ini, banyak ibu yang memproduksi ASI dengan kualitas yang rendah. Bahkan, 15 persen ibu tidak bisa menyusui karena ASI tidak keluar. Padahal, ASI adalah makanan lengkap utama bagi bayi hingga usia enam bulan.

    "Banyak faktor dapat terjadi. Bisa karena pertumbuhan kelenjarnya yang tidak baik, atau bahan baku produksi ASI yang kurang. Atau, bisa juga karena puting susunya tidak mau keluar, ini bisa diatasi dengan pijat payudara," ujarnya.

    Pertumbuhan kelenjar payudara dimulai pada saat remaja perempuan menginjak pubertas. "Bisa saja payudara tumbuh besar, tapi hanya merupakan jaringan lemak, bukan kelenjar payudara," tuturnya.

    Kalaupun kelenjar payudara cukup, produksi ASI yang tidak berkualitas masih bisa terjadi ketika payudara tidak memiliki asupan bahan baku untuk memproduksi ASI. "Bahan baku ASI diasup tidak hanya ketika sedang menyusui tetapi ketika dalam persiapan," kata dia.

    Lalu, bagaimana menjaga kesehatan payudara sembari mempersiapkan diri untuk menyusui ketika remaja?

    Caranya cukup mudah. Jaga pola makan seimbang sesuai dengan piramida makanan, ditambah gizi mikro. "Saat pubertas, remaja harus mengonsumsi gizi seimbang, makro dan mikro, seperti kalori, protein, karbohidrat, lemak, serta zat besi, kalsium, vitamin A, B, dan C," ujarnya.

    Pada masa pubertas, remaja perempuan umumnya sudah mengalami menstruasi. Untuk menghindari indikasi kurang darah, mereka harus mengonsumsi zat besi. Sebab, kekurangan darah tidak hanya mengganggu aktivitas, tetapi juga pertumbuhan yang memengaruhi masa depan.

    Remaja di masa pubertas juga mengalami pertumbuhan sangat cepat. Itulah mengapa mereka sangat memerlukan kalsium untuk menunjang pertumbuhan sel-sel tubuhnya. "Yang terpenting, asupan yang mereka konsumsi harus lengkap dan bergizi," kata dia.

    Jadi, mulailah memperbaiki asupan gizi lengkap sejak dini untuk mempersiapkan produksi ASI di masa mendatang. (art)

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/270298-persiapkan-asi-berkualitas-sejak-remaja
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.