1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fenomena Misteri erep erep (ketindihan)

Discussion in 'Dunia Lain' started by disperazione, Nov 24, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. disperazione Members

    Offline

    Joined:
    Oct 12, 2011
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +11 / -0
    Banyak yang bilang erep-erep ato ngerasa ada beban berat saat terbangun dari tidur di tengah malam itu karena tubuh kita di duduki oleh jin.
    sebenarnya bukan seperti itu sodara sodara, hal ini ada penjelasan ilmiahnya, kejadian seperti ini disebut Sleep Paralysis

    Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.

    Di dunia Barat, fenomena tindihan sering disebut mimpi buruk inkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada juga yang merasa melihat agen rahasia asing atau alien. Sementara di beberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat menduduki dada seorang perempuan hingga ia ketakutan dan sulit bernapas.

    Kurang Tidur
    Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM).

    Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi.

    Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).

    Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

    Selain itu, sleep paralysis juga bisa disebabkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Akibatnya, muncul stres dan terbawa ke dalam mimpi. Lingkungan kerja pun ikut berpengaruh. Misalnya, Anda bekerja dalam shift sehingga kekurangan tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur.

    Meski biasa terjadi, gangguan tidur ini patut diwaspadai. Pasalnya, sleep paralysis bisa juga merupakan pertandanarcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan, atau depresi.

    Jika Anda sering mengalami gangguan tidur ini, sebaiknya buat catatan mengenai pola tidur selama beberapa minggu. Ini akan membantu Anda mengetahui penyebabnya. Lalu, atasi dengan menghindari pemicu. Bila tindihan diakibatkan terlalu lelah, coba lebih banyak beristirahat.

    Kurang tidur pun tidak boleh dianggap remeh. Jika sudah menimbulkan sleep paralysis, kondisinya berarti sudah berat. Segera evaluasi diri dan cukupi kebutuhan tidur. Usahakan tidur 8-10 jam pada jam yang sama setiap malam.

    Perlu diketahui juga, seep paralysis umumnya terjadi pada orang yang tidur dalam posisi telentang (wajah menghadap ke atas dan hampir nyenyak atau dalam keadaan hampir terjaga dari tidur). Itu sebabnya, kita perlu sering mengubah posisi tidur untuk mengurangi risiko terserang gangguan tidur ini.

    Nah, jika tindihan disertai gejala lain, ada baiknya segera ke dokter ahli tidur atau laboratorium tidur untuk diperiksa lebih lanjut. Biasanya dokter akan menanyakan kapan tindihan dimulai dan sudah berlangsung berapa lama. Catatan yang telah Anda buat tadi akan sangat membantu ketika memeriksakan diri ke dokter.

    Mitos Sleep Paralysis Di Berbagai Negara
    - Di budaya Afro-Amerika, gangguan tidur ini disebut the devil riding your back hantu atau hantu yang sedang menaiki bahu seseorang.
    - Di budaya China, disebut gui ya shen alias gangguan hantu yang menekan tubuh seseorang.
    - Di budaya Meksiko, disebut se me subio el muerto dan dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang.
    - Di budaya Kamboja, Laos dan Thailand, disebut pee umm, mengacu pada kejadian di mana seseorang tidur dan bermimpi makhluk halus memegangi atau menahan tubuh orang itu untuk tinggal di alam mereka.
    - Di budaya Islandia, disebut mara. Ini adalah kata kuno bahasa Island. Artinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari, berusaha membuat orang itu sesak napas dan mati lemas.
    - Di budaya Tuki, disebut karabasan, dipercaya sebagai makhluk yang menyerang orang di kala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil napasnya.
    - Di budaya Jepang, disebut kanashibari, yang secara literatur diartikan mengikat sehingga diartikan seseorang diikat oleh makhluk halus.
    - Di budaya Vietnam, disebut ma de yang artinya dikuasai setan. Banyak penduduk Vietnam percaya gangguan ini terjadi karena makhluk halus merasuki tubuh seseorang.
    - Di budaya Hungaria, disebut lidercnyomas dan dikaitkan dengan kata supranatural boszorkany (penyihir). Kataboszorkany sendiri berarti menekan sehingga kejadian ini diterjemahkan sebagai tekanan yang dilakukan makhluk halus pada seseorang di saat tidur.
    - Di budaya Malta, gangguan tidur ini dianggap sebagai serangan oleh Haddiela (istri Hares), dewa bangsa Malta yang menghantui orang dengan cara merasuki orang tersebut. Dan untuk terhindar dari serangan Haddiela, seseorang harus menaruh benda dari perak atau sebuah pisau di bawah bantal saat tidur.
    - Di budaya New Guinea, fenomena ini disebut Suk Ninmyo. Ini adalah pohon keramat yang hidup dari roh manusia. Pohon keramat ini akan memakan roh manusia di malam hari agar tidak menggangu manusia di siang hari. Namun, seringkali orang yang rohnya sedang disantap pohon ini terbangun dan terjadilah sleep paralysis.

    sumber : kompas.com
     
    • Thanks Thanks x 9
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. deadly_outsider M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 24, 2010
    Messages:
    796
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +82,492 / -0
    tapi kalo udah baca thread share pengalaman seram , kebanyakan ketindihan gara2 makhluk halus tuh xD :sepi: :sepi:
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. gembolebebzzz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 17, 2011
    Messages:
    94
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +13 / -0
    kalo gw biasany liat makhluk nindihin ane :takut:
    btw :niceinfo:
     
    • Thanks Thanks x 1
  5. 34805 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 12, 2011
    Messages:
    217
    Trophy Points:
    166
    Ratings:
    +12,688 / -0
    weeeeewww. . .

    trnyta bkn semata2 krna ad mhkluk hlus yg nindihin toooh. . .
    :niceinfo: keren jg nie thread. . .

    thank's komandan. . . :ogtop:
     
    • Thanks Thanks x 1
  6. lied M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 22, 2010
    Messages:
    516
    Trophy Points:
    62
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +244 / -1
    gw sering ngalamin kejadian kek gini nih
    maklum gw OP shift malem
    tiap kali gw ngalamin ini bangun nya pasti bengon shok trus ngucap"
    ternyata penyebab nya emang kurang tidur ato cape doank toh
    btw gw suka namanya "Sleep Paralysis" :hoho:
     
    • Thanks Thanks x 1
  7. ahonk_sh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 1, 2009
    Messages:
    914
    Trophy Points:
    82
    Ratings:
    +151 / -0
    owuw... ternyata bener masalahnya karena kurang tidur...

    ane 3 shift sih kerjanya... :suram:

    ya, emang bener sih kayak ada seseorang bersuara sshh,shhh,shh.... terus tubuh mendadak jadi panas banget dan susah banget buat ngomong.. apalagi buka mata..

    akhirnya pas bisa ngomong baru bisa buka mata, dan kembali ke alam nyata.. :lol:
     
    • Thanks Thanks x 1
  8. bluvertex Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 3, 2009
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    Salah satu tanda menuju Lucid Dream tuh.
    Dinikmatin aja ketindihannya ntar lama2 kita sadar klo kita udah tidur n lagi mimpi. :grin4:
     
    • Thanks Thanks x 1
  9. wet_ Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 12, 2011
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    wkwkw sama ane juga sering nglamain sleep paralyze ...
    biasanya klo kecapean.. tru klo keadaan tempat tidur ga rapi saat mo tidur mungkin bisa jadi penyebab sleep paralyze coz badan ga merasa nyaman saat mau start tidur :ngeselin:

    effeknya slep paralize juga biasa susah bernafas gitu,
    tapi klo soal di tindihin mahluk halus ato jin .. kayaknya bote deh :???:
     
    • Thanks Thanks x 1
  10. twistofnelly Members

    Offline

    Joined:
    Nov 25, 2011
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    Hmm, dalam keadaan sleep paralysis ini, kita ngga bisa menggerakkan apa-apa selain mata ya?
    Pernah ngalamin soalnya, dan bikin parno XD
     
    • Thanks Thanks x 1
  11. GuitarsGod Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 31, 2010
    Messages:
    259
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +41 / -0
    Oh begitu [​IMG]
    dulu pernah mengalami seperti itu rasanya badan ga bisa gerak n ga bisa ngomong sedikitpun padahal kelihatannya sadar [​IMG]
     
  12. LadyNaira Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 25, 2011
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Ohhh, baru dapet pencerahan deh nih. Gw juga sering soalnya. Kalo udah sesak napas, otomatis bangun trus ambil posisi meditasi sambil ngatur napas...
    Ternyata namanya Sleep Paralysis... gw dulu mikirnya takut ada serangan jantung atau penyumbatan pembuluh darah gitu.... -____-!

    Makasih infonya, jadi legaan dikit :p
     
  13. major_main M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    1,530
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,665 / -0
    pernah baca....
    :dandy: nama ilmiahnya Sleep Paralysis :top:
    kenapa ya kalo di Indonesia fenomena kyk gini kok dikaitkan dengan hal mistis :yareyare:
     
  14. khairul169 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2011
    Messages:
    796
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +3,393 / -0
    ooo ... jadi cuma Halusinasi aja makhluk makhluk nya :???:
    :top:
    Bisa buat jaga-jaga ini :top:
     
  15. oesnawi91 Members

    Offline

    Joined:
    Jul 8, 2011
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    nice info bang makasih mau nambahin

    saran untuk menghindari sleep paralysis :
    1. Tidurlah yang cukup dan teratur
    2. Jangan stress, lebih baik dihindari
    3. Berolahragalah secara teratur
    4. hindari obat-obat seperti obat penenang

    pokoknya hidup sehat dijamin dapat menghindari sleep paralisis ini
     
  16. claxx00 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 15, 2011
    Messages:
    99
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +1,854 / -0
    Gua langganan ini mah... padahal mata udah kebuka... tapi gk bisa gerak, gk bisa ngomong ataupun teriak, terus detak jantung kerasa kedengaran bgt, pandangan ngeliat rasanya agak sephia gtu warnanya dunia kemerah-merahan gtu... :panik:
    Benar2 menyiksa.... gua pikir gua bakalan mati... :takut: karena rasanya kek di awang2 gtu... kata org2 tua dulu di tindih makhluk halus (org luar negeri pun keknya punya mitos yg sama) ternyata sleep paralize...

    Apakah ada efek samping sleep paralize, jika sering terjadi ? apakah bisa menyebabkan kematian ??? :???:
     
  17. galeriqbal Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 25, 2011
    Messages:
    151
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +76 / -0
    ya emang bener saya sering ngalamin itu antara usia 16-17 tahun, untung sekarang udah ga pernah lagi.
    waktu itu mungkin emang karena saya kurang tidur jadi sering ngalamin hal begini, tapi setelah saya coba rubah pola tidur saya aman" aja kok
     
  18. deadeye Members

    Offline

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    udah ga lagi.. tapi berubah jadi ngorokk kalo bubu T_T
     
  19. Zed_Leppelin M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    187
    Trophy Points:
    207
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,000 / -3
    Woohhh...ternyata karena kecapean doank yah. Hahahaha...mayan sering kl begini mah, maklum kerja rodi :D
     
  20. Kim_JaeSun Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    187
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +152 / -0
    gw mah setiap malam berpotensi kena ginian...

    cara gw ngatasinnya itu tidur jangan telentang tapi tidur miring...
     
  21. gifty Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 24, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +25 / -1
    iya dulu juga ane sering gitu seperti kalau suasana hati lagi ga tenang
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.