1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fenomena Misteri Penghuni Lubang Kampung Tenggelam

Discussion in 'Dunia Lain' started by smkosasih, Nov 1, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    Misteri ini berasal dari sebuah kota kecil yang berada di bagian timur Indonesia. Yaitu Ibukota Provinsi Maluku Utara, Ternate. Sebagai salah satu kota di Indonesia yang sarat dengan legenda, Ternate memang banyak keunikannya tersendiri. Salah satu keunikan yang tercipta di alam Ternate yakni Danau Tolire yang biasa disebut Tolire Gam Jaha yang berarti lubang kampung tenggelam.

    Berwisata di kota Ternate memang belum lengkap kalau tidak menyinggahi kawasan wisata alam tersebut. Panorama indah yang tersaji di kawasan membuat danau ini menjadi salah satu jualan wisata di kota Ternate yang banyak dikunjungi wisatawan. Hamparan pepohonan kelapa yang terdapat di sisi kiri danau.

    [​IMG]
    Danau Tolire

    Di depan, gunung Gamalama berdiri dengan kokohnya, sementara di sisi kanan hamparan tanaman jati emas dan pepohonan Jambulang (buah khas Ternate) di depannya. Disisi barat, atau di belakang saat menghadap danau, deretan pohon kelapa dan luasnya laut dan sunset (kala sore hari) jadi pemandangan indah tersendiri.

    Tapi, kadang, wisatawan yang datang ke Tolire, bukan karena ingin menikmati pemandangan indah tersebut. Mereka umumnya datang untuk menikmati sejuta misteri yang tersimpan di danau tersebut.

    Disebut Gam Jaha, karena konon menurut legenda, danau tersebut pada ratusan tahun lalu sebelum berdiri kerajaan Ternate, danau tersebut adalah sebuah perkampungan.

    Asal Usul Buaya Putih Penghuni Danau

    Dari cerita warga setempat yang masih dipercaya hingga saat ini, kampung yang masyarakatnya hidup sejahtera itu dikutuk dan ditenggelamkan menjadi danau penguasa alam semesta karena salah seorang ayah di kampung itu menghamili anak gadisnya sendiri. Saat ayah dan anak gadisnya yang dihamilinya itu akan melarikan diri ke luar kampung, tiba-tiba tanah tempat mereka berdiri anjlok dan berubah menjadi danau.

    Tolire sendiri tepat berada di bawah kaki Gunung Gamalama. Di sisi kanan danau, tak jauh di bagian selatan terdapat sebuah danau kecil yang diberi nama Tolire kecil (ici). Jarak antar keduanya hanya sekitar 200 meter. Dari kedua danau ini, yang sering dikunjungi adalah Tolire Besar (lamo). Tolire yang besar mencerminkan figur ayah dan Tolire kecil mencerminkan putri nya.

    Danau yang memiliki keunikan adalah Danau Tolire Besar. Danau ini menyerupai loyang raksasa. Dari pinggir atas hingga ke permukan air danau, dalamnya sekitar 50 meter, luasnya sekitar lima hektar.

    Danau Tolire Besar ini berair tawar dan terdapat banyak ikan, namun masyarakat setempat tidak ada yang berani menangkap ikan atau mandi di danau itu, karena mereka meyakini bahwa danau yang airnya berwarna coklat kekuning-kuningan itu, dihuni oleh banyak buaya siluman. Buaya-buaya siluman ini sering terlihat berenang ditengah danau. Warnanya putih dan panjangnya sekitar 10 meter.

    [​IMG]
    ilustrasi

    Tidak semua orang bisa melihat buaya siluman itu, hanya mereka yang beruntung yang bisa. Menurut masyarakat setempat, kalau berhati bersih baru berpeluang melihat buaya siluman di danau itu.

    Ada cerita juga, dulu ada seorang wisatawan asing yang tidak percaya bahwa di danau itu ada buaya siluman. Wisatawan itu turun mandi ke danau tersebut dan setelah berenang beberapa menit, ia menghilang. Diduga wisatawan itu dimangsa oleh buaya siluman. Misteri lainnya yang belum terkuak yakni soal kedalaman danau tersebut yang konon tidak berbatas. Memang sampai saat ini tidak ada tinjauan secara ilmiah tentang dalamnya danau Tolire. Dari cerita warga setempat, kedalaman danau tolire berkilo-kilo meter dan berhubungan langsung dengan laut. Pernah ada yang mencoba mengukur tapi tidak berhasil mencapai dasarnya.

    Fenomena Melempar Batu ke Dasar Danau

    Namanya legenda, tentunya menyimpan sejuta misteri. Keunikan dan misteri dari danau ini selain keindahan panoramanya adalah kalau melempar sesuatu ke danau. Dari kepercayaan warga berdasarkan cerita turun temurun, benda yang dilempar ke danau tidak akan pernah menyentuh permukaan air danau karena tertahan oleh kekuatan gaib dari dasar danau. Kekuatan gaib itu diyakini datang dari buaya siluman yang ada di danau itu.
    [​IMG]
    Betapa kuatnya melempar menggunakan batu atau benda lainnya, tidak akan pernah mencapai air danau yang letaknya kurang lebih setinggi 50 meter dibawah tempat berdiri. Padahal saat melempar dari pinggir atas danau, air danau terlihat berada di bawah kaki si pelempar.

    Bagi yang pertama berkunjung ke danau itu, pasti tidak akan percaya dan menganggap itu mustahil. Mereka lalu mencoba melempar setelah membeli batu yang banyak dijual di pinggir danau seharga Rp 2.000,- (dua ribu rupiah) untuk 5(lima) biji batu. Setelah itu, bisa dipastikan mereka dibuat terkejut karena tak seorang pun yang lemparannya bisa menyentuh permukaan air danau.

    Seperti ada daya gravitasi yang sangat kuat yang berasal dari dasar danau. Yang mengakibatkan apapun yang dilempar di danau, tidak akan membuat air di permukaan danau bergaming sedikitpun. Entah kenapa tiba-tiba saja benda yang dilempar ke danau tiba-tiba lenyap secara misterius.

    Sejauh ini belum ada instansi atau pihak tertentu yang melakukan penyelidikan secara khusus atas kebenaran pengakuan masyarakat itu, namun beberapa waktu lalu ada seorang anggota Brimob menggunakan sonar untuk mendeteksi benda-benda yang ada di dasar danau. Dari sonar itu tertangkap adanya benda-benda logam di dasar danau. Kalau dikaitkan, benda-benda logam itu mungkin harta masyarakat Ternate dulu, yang dibuang ke danau saat Portugis menjajah Ternate.

    Penduduk setempat yakin di Tolire Besar banyak menyimpan harta karun milik Kesultanan Ternate yang disembunyikan ketika Portugis menjajah Ternate pada abad ke-15. Masyarakat Ternate saat itu banyak membuang (ke danau) harta berharganya, agar tak dirampas.

    Meski cerita ini sering dianggap hanya sebagai legenda yang sulit diterima di zaman modern sekarang ini, tetapi bagi warga Ternate terutama para orang tua, sangat mempercayainya. Cerita ini akan terus lestari di hati masyarakat Ternate sampai akhir zaman.

    Sampai saat ini belum diketahui secara pasti dan jelas, apa yang menyebabkan benda-benda yang dilempar ke danau menghilang secara misterius.
    [video=youtube;_wZ4AMBFgFs]http://www.youtube.com/watch?v=_wZ4AMBFgFs[/video]
    sumber:
    Code:
    http://xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.com/2010/03/x-news-misteri-penghuni-lubang-kampung.html
     
    • Thanks Thanks x 3
    Last edited: Jan 9, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. hentaigumi M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 14, 2010
    Messages:
    2,150
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,767 / -0
    Nih yang bikin saya serem dan takut. Danau gelap yang gak jelas dasarnya.
    Kebayang kalo kecemplung kesana ...

    Horor ...
    Ada buaya putihnya pula.

    * Eh kalo ga salah pernah dibahas ini di Discovery Channel
     
  4. naoesvian M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 23, 2010
    Messages:
    203
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,144 / -0
    wiiihh merinding gw bacanya......

    kayaknya pasti ada ilmu ilmiah yg harus bisa menjelaskannya... ^^
    tapi klo engak ya kuasa ilahi .. :P
     
  5. mochanAvn M V U

    Offline

    ♥ EN GARDE FUCCB0I ♥

    Joined:
    Jul 8, 2011
    Messages:
    465
    Trophy Points:
    241
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +319,713 / -5
    buaya albino apa buaya putih jadi-jadian tuh:kaget:
    danaunya juga horror banget keliatannya:swt:
     
  6. sprypon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 14, 2011
    Messages:
    776
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,147 / -0
    pengen ngebuktiin sendiri..... tapi kalo dilihat udah serem danaunya
     
  7. at41 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 22, 2010
    Messages:
    36
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +307 / -0
    • Thanks Thanks x 1
  8. tuwek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 29, 2009
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +421 / -0
    Ada baiknya seh legenda kayak gini, ane sendiri sih gk terlalu percaya tapi dengan adanya legenda kayak gini org gk akan berani merusak alam disekitar daerah tersebut.

    Coba kalo gk ada legenda gini pasti tuh tempat uda banyak filanya..
     
  9. priezt Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 6, 2010
    Messages:
    2,039
    Trophy Points:
    262
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +27,235 / -0
    kynya ada danau yg mirip juga di jawa timur (klo ga salah) danau tanpa dasar
    misterinya juga kurang lbh ky gitu
    setuju ma yg diatas gw sih, percaya ga percaya, tp emang bagus juga ada legenda2 ky gitu.
    bikin org ga sembarangan ngomong sompral/ ga sembarang nyampah dan atau merusak lingkungan daerah sono
     
  10. mafia_dvd M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 27, 2009
    Messages:
    816
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +123 / -0
    jadi penasaran pengen nyobain

    btw kok kalo orang berenang bisa (tapi langsung ilang) tapi kalo batu dilempar ke danau ga bisa nyentuh permukaan ya??
     
  11. Silver_Grey M V U

    Offline

    HCXIII SYSTEM

    Joined:
    Oct 27, 2011
    Messages:
    1,409
    Trophy Points:
    241
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +11,022 / -0
    ilustrasinya aja dah gitu :takut:

    apalagi liad yg beneran :pusing:
     
  12. r35kipsa M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    353
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +835 / -0
    wuidih.... serem amat tuh danau

    jangan crita siluman buaya putih suzana bersala dari situ kali ya
     
    • Thanks Thanks x 1
  13. fairytalesdied M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    802
    Trophy Points:
    91
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,327 / -0
    ebuset alamnya indah banget, ane sebagai pecinta alam jadi pengen kesana. khususnya pengen nyobain ngedaki gunung gamalama, eh gamalama ? adakah hubungan sama Dorce?:hahai:


    emang dah indonesia ga ada matinya kalo soal legenda mistis kayak gini,
    mungkin ini cuma legenda yang dibuat sama orang dulu biar alamnya terjaga atau emang apa yang terjadi bener2 ada.



    kayaknya ane pernah liat juga di tv kabel channel NatGeo deh
     
    Last edited: Nov 2, 2011
  14. hanamaru MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    4,882
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +94,604 / -0
    Buaya putih itu bukannya buaya albino ya :???:
    bukannya ane gak percaya sama jin dan setan, tapi dilihat sekilas itu, itu buaya mirip buaya albino :ehem:
     
  15. riedjal Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,594
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,957 / -0
    Kyai slamet ... kebo keramat yg biasa diajak kirab pusaka keraton solo jg sebenernya kerbau albino ...
    mungkin krn keanehannya makanya dianggap luar biasa --> dikeramatkan ________________ :hmm:
     
  16. verinawidya Members

    Offline

    Joined:
    Feb 9, 2011
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +5 / -0
    saya sih ga percaya ama hal-hal mistis walaupun ntah kenapa saya bs ngeliat hal2 kyk gtu.. :p
    Setuju banget cerita-cerita mistis ada bukan buat bikin kita jadi percaya tapi lebih menghormati alam..
    Cerita seram biasanya untuk menutupi sesuatu, either itu harta karun atau untuk melindungi keasrian alam.. tapi itu balik lagi ke persepsi individu masing-masing..
     
  17. confalz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 27, 2011
    Messages:
    508
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +132 / -0
    :takut: jangan coba-coba mandi di danau itu, bisa-bisa pulang tinggal nama
    :???: aku bisa lihat buayanya di foto tuh, berarti itu cuma foto kan? Buayanya dikasih efek CGI ya, rada glossy gitu
     
  18. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    fotonya cuma lustrasi lho...:peace:
     
  19. Abelcociks Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 10, 2009
    Messages:
    43
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +40 / -0
    Buaya itu albino, dan gue rasa itu lucu kalu bisa ketemu, jadi ngegemesin gitu.
     
  20. negosiasiman Members

    Offline

    Joined:
    Sep 10, 2010
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kapan2 mau coba kesana ah..o.o
     
  21. hentaigumi M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 14, 2010
    Messages:
    2,150
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,767 / -0
    Tapi kalo buaya albino memang ada om ...
    Saya pernah nonton di Discovery Channel soalnya ...

    Sama juga dengan ular putih.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.