1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Majukan Brand Local Indonesia

Discussion in 'Lifestyle' started by enjoy7, Oct 18, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. enjoy7 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 2, 2011
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +39 / -0
    [​IMG]


    Perkembangan fashion di Indonesia saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat dengan dukungan kreativitas & inovasi desainer-desainer muda Indonesia dalam membuat karya-karya unik & bernilai jual lebih di pasar Indonesia. Hal tersebut mendorong munculnya banyak brand local baru karya anak bangsa menghiasi wajah dunia fashion saat ini. Bahkan, saat ini terdapat sebuah fenomena slogan 100% Cinta Indonesia yang gencar disosialisakan di media massa dengan harapan agar kita sebagai bangsa Indonesia lebih cinta terhadap produk lokal (brand local) dibanding produk asing yang masuk ke pasar Indonesia.

    Ini merupakan gerakan dari bentuk apresiasi bangsa Indonesia untuk mendorong perkembangan dunia fashion dan membuatnya dapat berbicara di publik.Kampanye tersebut ternyata mendapat respon positif dari seluruh masyarakat Indonesia pada saat ini. Beberapa lembaga survey melakukan penelitian terhadap perubahan atusiasme masyarakat dalam membeli suatu barang, dan hasilnya ternyata sangat mengejutkan. Setelah gerakan 100% Cinta Indonesia dipublikasikan, ternyata terdapat peningkatan antusiasme masyarakat terhadap brand local terutama dalam bidang fashion yang meningkat drastis sampai 85%.

    Saat ini, pemain dalam industri kreatif fashion ramai bermunculan dan saling berlomba untuk menampilkan sesuatu yang berbeda dari yang sudah ada guna mendapatkan respon positif di pasar local. Tidak hanya oleh masyarakat, gerakan 100% Cinta Indonesia ini juga didukung langsung oleh beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta para pecinta brand local Indonesia seperti Nadine Candra Winata ,Dian Sastro Wardoyo,Anne Avantie,Adjie Notonegoro,Kanaya Tabitha,dan Poppy Darsono yang terjun langsung dalam kampanye ini demi membuat brand local Indonesia lebih digemari, terutama oleh masyarakat kita sendiri.

    Sesungguhnya, brand lokal memiliki kualitas yang tidak kalah dibanding produk yang berasal dari Cina,Korea,Jepang, ataupun Malaysia yang memasang harga jual relatif rendah untuk produk-produkya dibanding harga produk lokal asli karya bangsa. Dan nilai suatu karya seni fashion tidak dapat dinilai dari sekedar nilai materinya semata. Adalah apresiasi kita yang membuat sebuah barang bernilai tinggi, yaitu dalam bentuk membeli dengan nilai yang pantas, sesuai dengan tingkat kesulitan dan keindahan yang terpancar dalam barang tersebut.

    Dalam mendorong brand local yang ada saat ini untuk berkembang pesat dengan antusiasme masyarakat yang sedang tinggi, muncullah sebuah wadah yang memfasilitasi para brand local karya anak bangsa dalam satu atap untuk dipasarkan dan dipromosikan dengan mudah dan cepat ke publik. Wadah berbasis teknologi yang dapat diakses melalui situs www.LocalBrand.co.id ini juga merupakan suatu bentuk inovasi yang dilakukan oleh anak bangsa dalam usaha memajukan para brand local agar dapat berbicara lebih banyak dalam dunia fashion Indonesia.

    Mari kita 100% Cinta Brand Local Indonesia gan, sehingga kita dapat turut memajukan produk lokal karya anak bangsa Indonesia. Dari hal terkecil yang kita lakukan sekarang akan mampu berdampak luas bagi kemajuan industri brand local secara keseluruhan.


    SUMBER​

    http://www.localbrand.co.id/​
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. radenmask Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    128
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    ane juga setuju kalau dikatakan kualitas brand lokal gak kalah sama brand luar :top: tapi entah mengapa, kita tetap saja bisa dikatakan kalah. mungkin harga bisa menjadi masalah. misalnya, beli 1 baju lokal dengan kualitas OK seharga Rp. x / baju. tapi dengan harga segitu, kita bisa mendapatkan 2 baju dari brand luar (china misalnya). sementara dengan 2 baju bisa dipakai bergantian daripada 1 baju.
    nah bagaimana itu kk :???: mengharapkan tumbuhnya kecintaan terhadap produk lokal dari masyarakat, tanpa adanya dukungan semua pihak kayaknya sulit :???:

    seperti halnya sebuan produk import melawan hasil industri rumah tangga. sulit untuk menandingi :sebel:
     
  4. enjoy7 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 2, 2011
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +39 / -0
    Kalau saya percaya bro dengan kualitas & kwantitas barang dari karya anak bangsa Indonesia,karena barang fashion dari luar seperti China,Malaysia & India secara kuliatas lebih dibawah produk local Home Industri kita,
    Kalau masalah harga memang suatu karya yang dibuat jangan hanya diukur dari segi materi saja,karena apresiasi dengan membeli 1 buah saja sudah membantu mereka menjadi lebih baik kedepan
    Dan sekarang kita juga lagi campaign tentang 100% Cinta Produk Local bersama teman2 di Entertaiment & Pemerintah
     
  5. aanspara Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 3, 2011
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -12



    hem mestinya kita patut cinta karya rakyat indonesia, beli produk dalam negeri aja
     
  6. reisher M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    488
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +76 / -0
    Saya ngga tahu dengan baju, tapi saya selalu membeli tas merek lokal (tapi bukan "lokal" yang di-emperan toko-toko ya...).
     
  7. ILove_United Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 19, 2011
    Messages:
    101
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    Yup memang sudah digalakkkan brand lokal ya,
    seperti munculnya situs yang menampilkan design2 tema Indonesia yang diperlombakan, sehingga berbagai design karya asli Indonesia bermunculan.
     
  8. radenmask Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    128
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    top bro, salut buat ente dan rekan-rekan yang lain :top: karena kalau tidak ada yang memulai seperti ini, gak tahu bagaimana masa depan industri dalam negeri :XD:
    tapi ane masih ada uneg-uneg yang cukup mengganjal. ane tidak ada masalah dengan kualitas produk lokal, top deh pokoknya. tapi mengapa pemerintah masih saja membuka kesempatan lebar-lebar datangnya serbuan produk impor yang banyak. argumen yang ada biasanya ini adalah konsekuensi free trading, sehingga tidak mungkin terhindar dari hal ini. tapi yang menjadi perhatian ane di sini, ibarat produksi home industri melawan produksi negara. bukan berarti home industri tidak bisa menyaingi, karena terbukti beberapa produksi anak negeri juga sudah tersertifikasi Internasional. produk knalpot mobil Mercedes Benz misalnya.
    pertanyaan ane :
    (1) tidak bisakah pemerintah membuat kebijakan untuk memperkecil (kalau perlu sampai minim) datangnya barang impor dan merangsang tumbuhnya produksi dalam negeri berkualitas ekspor ? untuk ini memang butuh edukasi ke masyarakat Indonesia agar menghasilkan barang-barang berkualitas top yang selanjutnya bisa dipasarkan ke luar. saya yakin bisa asalkan pemerintah mau peduli
    (2) mempersenjatai produsen lokal agar bisa bertarung dalam dunia perdagangan Internasional. karena sepertinya sulit jika hanya mengandalkan kepercayaan sementara di sisi lain kita ditekankan kualitas tanpa dukungan infrastuktur yang memadai.

    bagaimana bro :???: dari ane, dukungan 100% buat langkah ente dan rekan-rekan yang lain. maju terus bro :top:
     
  9. enjoy7 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 2, 2011
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +39 / -0
    Susah bro kalau andelin pemerintah dah,malah jadi kesel sendiri
    Mending kita punya mental membangun kreatif supaya kita menjadi tuan rumah di negerinya sendiri
    Kalau masalah produk luar yang gampang masuk ke indonesia,ane mikirnya positive aja karena tuh merupakan ajang kita untuk berkompetisi dalam industri ini
    Jadi ini masalah mental bro yang harus kita bangun
     
  10. radenmask Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    128
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +11 / -0
    ok, selamat bekerja :beer:
     
  11. dragunovian M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 15, 2010
    Messages:
    1,433
    Trophy Points:
    197
    Ratings:
    +13,262 / -0
    kualitas brand lokal sbenernya kagak kalah
    cuman sayang harga nya gak bisa bersaing
    karena disana rata2 pke mesin,disini masih pke manusia...
     
  12. emonemomen Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 22, 2010
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +34 / -0
    walaupun rata rata produk dalam negeri mayoritas "mencotek" model produk luar, gw sih tetep menghargai karya anak bangsa. toh selain harga lebih murah, bisa lebih kece kalau kita kenal sipembuat produk dan diminta untuk agak dirubah dikit dikit
     
  13. enjoy7 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 2, 2011
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +39 / -0
    kalau menurut saya kagak menyontek bro,cuma kiblat fashion atau produk memang ke arah luar supaya bisa di terima dipasar gtu bro :)
     
  14. jatiwulung Members

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 14, 2011
    Messages:
    595
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +56 / -0
    brand luar biasanya lebih mahal, kan kena pajak impor. Padahal dengan uang X rupiah kita bisa mendapatkan barang dengan kualitas yg sama. :???:
    :yareyare: Kita ga tahu, produk impor itu cocok kita makan ato ga, misalnya. mending milih yg lokal, sekaligus memajukan ekonomi lokal, gitu...
    :???: Masa, tas jinjing nuansa etnik/ daerah seperti dari kain ulos itu "dikatakan nyontek" dari luar? Kan desainnya asli punya orang Indonesia
     
    Last edited: Oct 23, 2011
  15. wisata_kuliner M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 25, 2010
    Messages:
    1,009
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +16,306 / -0
    Ane sependapat gan tapi untuk penyedia barang2 lokal dalam hal ini pasar, agak jarang sekali, mungkin aturan perdagangan kita harus sedikit dirubah, kalau misalkan ada pembangunan sebuah Mall, maka barang-barang yang dijual perbandingannya bisa 70 % buat barang2 lokal atau buatan dalam negeri dan sisanya barang impor.
     
  16. tensaigandy Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 2, 2008
    Messages:
    452
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +1,148 / -0
    kalo barangnya pakaian, rasanya gw gak peduli itu barang lokal ato merk luar, asal bahannya bagus dan modelnya gak norak, rasanya gw bakal beli :)
     
  17. biksutong M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 25, 2011
    Messages:
    690
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +285 / -0
    local brand clothing yg gue akui bagus itu PETERSAYSDENIM tapi kadang harganya gak masuk akal. Masa kadang lebih mahal dibanding barang branded kayak Zara, Topman, Pull and Bear dan lain-lain.
     
  18. enjoy7 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 2, 2011
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +39 / -0
    Kalau masalah itu urusan pemerintah bro,soalnya produk local juga budget terbatas jadi untuk sewa lokasi di MALL agak kurang masuk deh :)
     
  19. enjoy7 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 2, 2011
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +39 / -0
    Ayo dukung produk local biar lebih maju & berkembang biar menjadi raja di negaranya sendiri
     
    Last edited: Oct 27, 2011
  20. enjoy7 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 2, 2011
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +39 / -0
    Ayo dukung produk local biar lebih maju & berkembang biar menjadi raja di negaranya sendiri
     
  21. enjoy7 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 2, 2011
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +39 / -0
    Ayo dukung produk local biar lebih maju & berkembang biar menjadi raja di negaranya sendiri
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.