1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Sejarah Sepakbola / Soccer / Football

Discussion in 'Soccer' started by altri, Jan 25, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. altri Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 6, 2009
    Messages:
    3,826
    Trophy Points:
    262
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +41,604 / -0
    Sejarah Sepakbola

    ini saya dapat setelah searching di google :malu

    Cao Yang gemas meski itu hari bersejarah bagi Cina. Tanggal 20 Mei 2004 Asosiasi sepak bola Internasional (FIFA) dalam perayaan ulangtahunnya yang ke-100 secara resmi mengakui bahwa sepak bola berasal dari negeri Tirai Bambu. Tapi Direktur Pengembangan sepak bola Provinsi Zibo itu masih kesal. “Seandainya peraturan sepak bola tak diubah, kami sudah jadi nomor satu di dunia,” katanya.

    Cina adalah tanah air sepak bola, selain ilmu pengetahuan, budaya dan kearifan agama. Di Cina sepak bola sudah dimainkan orang sejak 7.000 tahun yang lalu—sebuah masa yang panjang dari sebuah klaim yang salah. Selama ini orang menganggap sepak bola lahir di Inggris pada abad 19. Para penulis sejarah sepak bola juga seolah keberatan mengakui Cina sebagai negeri yang melahirkan sepak bola. Inggris, dan Eropa pada umumnya, sesungguhnya hanya mengembangkan olahraga ini dari apa yang sudah ditemukan oleh orang-orang Asia Tengah.
    Catatan tertua tentang sepak bola ditemukan di Cina dari masa Dinasti Tsin (255-206 sebelum Masehi). Manuskrip itu mencurigai, permainan ini diperoleh secara turun-termurun sejak 5.000 tahun sebelumnya. Pada zaman Tsin, permainan yang dinamai tsu chu ini awalnya dipakai untuk melatih fisik para prajurit kerajaan. Kemudian berkembang menjadi permainan yang menyenangkan kendati sulit dilakukan.

    Tsu chu yang berarti “menendang bola” lahir dari kepercayaan Cina kuno. Menurut penulis Li You (55-135), bola itu melambangkan bulan yang amat sakral dan dua tim yang berlawanan melambangkan yin dan yang. Angka 12 diambil dari jumlah bulan dalam penanggalan Cina. Permainan ini sudah mengenal wasit. Dia memimpin pertandingan dan menghitung skor. Dokumen dari tahun 50 sebelum Masehi melaporkan ada pertandingan antara tim Cina dan Jepang di Kyoto. Tak disebutkan berapa skor akhirnya.

    Petualang Italia, Marco Polo (1254-1324), mengenalkan sepak bola modern dari Cina dan Jepang sewaktu kembali ke Eropa. Tapi para peneliti masih berdebat apakah petualang itu satu-satunya orang yang berjasa membawa sepak bola ke sana. Sebagian meragukan, sebagian lagi yakin Eropa telah “mencuri” permainan ini dari Asia kuno lewat Marco Polo.

    Orang Jepang memainkan olahraga ini setelah padagang dan siswa mereka menyambangi Cina. Orang Jepang mengadopsi tsu chu dengan lebih kreatif. Mereka menamainya kemari. Pemainnya dua sampai 12 orang. Gawangnya berupa dua pohon yang berdiri sejajar.

    Orang Inggris mulai mengenal sepak bola pada sekitar abad 8. Sama seperti di Romawi, permainan bola di Inggris jauh lebih brutal. Dimainkan di lapangan yang luas atau jalanan berjarak 3-4 kilometer. Raja Edward II menyebut sepak bola sebagai “permainan setan yang dibenci Tuhan.” Ia melarang rakyatnya melakukan olahraga ini pada April 1314, terutama untuk kalangan ningrat. sepak bola dianggap kampungan karena menggunakan tengkorak manusia sebagai bola.

    Sepak bola mulai modern dan tertib setelah Giovani Bardi dari Italia membukukan serentetan aturan permainan ini tahun 1580. Di Italia, sepak bola disebut calcio. Setahun berikutnya, Richard Mulcaster di Inggris juga melakukan hal serupa. Kepala Sekolah Merchant Taylor’s dan St. Paul itu menyerukan perlunya pembatasan pemain dan wasit. Paparannya dalam buku Position Where in Those Primitive Circumstanes be Examined itu lebih banyak menganjurkan pengurangan kekerasan dan mementingkan aspek kebugaran.

    Dua ratus tahun kemudian Joseph Strutt menyempurnakan aturan tersebut. Belajar dari sejarah bola Inggris tahun 1700, ia menulis buku The Sports and Pastimes of The People England. Dalam buku ini ia membuat aturan bahwa sepak bola harus terdiri dari dua tim dengan jumlah pemain sama. Kedua tim harus berebut bola untuk memasukkannya ke gawang lawan yang terpisah oleh jarak 70-90 meter.
    Dalam World Soccer (1992), Guy Oliver menulis bahwa peraturan dan permainan tsu chu maupun kemari merupakan sumber ilham sepak bola modern.

    Mulcaster dijuluki sebagai “pembela sepak bola paling gigih dari abad 16”. Itu karena ia tekun mengkampanyekan sepak bola yang tidak brutal. Permainan ini, katanya, bahkan harus dimainkan oleh perempuan dan anak-anak karena berguna untuk kekuatan dan kebugaran tubuh. Padahal di Cina, menurut pelukis Dinasti Ming, Du Jin, para perempuan sudah bermain tsu chu antara tahun 1465-1509.

    Konsep Strutt ini kemudian dijadikan pijakan peraturan sepak bola modern. Pijakan ini mendasari lahirnya Football Association di Inggris pada 26 Oktober 1863 oleh 11 klub sepak bola di sana yang anggotanya terdiri dari para mahasiwa. Awalnya, asosiasi mengatur jumlah pemain satu tim sebanyak 15-21 orang. Pada 1870 jumlah pemain dibakukan menjadi sebelas. Penjaga gawang baru muncul pada 1880.

    Dari organisasi ini pulalah lahir istilah soccer, dari singkatan kata association. Charles Wreford Brown, mahasiswa Universitas Oxford, menemukan tak sengaja istilah ini ketika ditanya orang apakah ia seorang pemain rugbi (rugger), olahraga yang lebih terkenal di sana. Brown menjawab, “No, I’am soccer.”

    Tahun 1863 merupakan tonggak sejarah sepak bola modern. Selain ada wasit, luas lapangan dan jumlah pemain yang dibatasi, sepak bola juga hanya memakai kulit binatang yang diisi udara. Permainan ini kemudian menyebar ke negara jajahan Inggris dan berkembang pesat dan kompleks sebagai budaya massa dalam abad modern.

    Orang Inggris keliru ketika pada Piala Eropa 1996 memasang spanduk besar-besar dengan bunyi: sepak bola kembali ke tanah leluhurnya. Orang Inggris mengacu pada kelahiran Asosiasi sepak bola (FA) yang baru berusia dua abad itu. Mereka keliru karena sepak bola adalah produk santun kebudayaan Timur.

    Sebagai sebuah budaya massa, sepak bola telah menarik minat para ilmuwan dengan pelbagai latar belakang: sosial, ekonomi, politik, filsafat. Victor Matheson dari Departemen Ekonomi William College, Inggris, dalam penelitiannya di tahun 2003 menyimpulkan bahwa klub-klub profesional di Eropa dan Amerika Selatan menyumbang pertumbuhan ekonomi yang signifikan kepada negaranya. Setiap klub, dengan perputaran uang triliunan rupiah, setidaknya mempekerjakan 3.000 karyawan. Atau holiganisme di Inggris yang menarik minat para sosiolog dalam meneliti pendukung sebuah kesebelasan.

    Karena itu Cao Yang tetap gemas meski Cina sudah diakui sebagai tanah leluhur sepak bola. Ia gemas karena Eropa mampu mencuri permainan ini dan maju dengan itu.

    gimana? masih ada yang bilang sepak bola dari Inggris ?? :iii:
     
    • Like Like x 4
    • Thanks Thanks x 4
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. toim_ M V U

    Offline

    x x x

    Joined:
    Jan 6, 2010
    Messages:
    4,179
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +67,943 / -0
    Sepakbola modern dari Inggris :iii:

    klo yang dari cina ato jepang anggap aja nenek moyang sepakbola tapi cuma cikal bakal :haha:
     
  4. just_L Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jun 18, 2009
    Messages:
    11,187
    Trophy Points:
    253
    Ratings:
    +14,463 / -0
    Inggris emg asalnya sepakbola, tp sepakbola modern :iii:


    btw India ga disebut :bloon:
     
  5. didody M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 16, 2009
    Messages:
    1,648
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,341 / -0
    pernah denger klo kata GOL... didapat dari indonesia .. CMIIW
     
  6. dark_chris M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    2,100
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,081 / -0
    hmmm...

    dari mana asal nya, yg penting skrg ini, sepak bola sudah sangat di mintai di seluruh antero bumi..
     
  7. altri Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 6, 2009
    Messages:
    3,826
    Trophy Points:
    262
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +41,604 / -0
    itu setelah saya pilah2 :malu
    india ad kok cuma adopsi juga dr cina, dan tidak populer disna :malu

    :lol:
    itu gol....
    klo goal :???: :iii:
     
  8. deepsky M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 22, 2010
    Messages:
    8,624
    Trophy Points:
    236
    Ratings:
    +8,453 / -4
    saya pernah denger katanya dari yunani kuno gitu :iii:
    auk de yang mana yang bner :hehe:
     
  9. just_L Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jun 18, 2009
    Messages:
    11,187
    Trophy Points:
    253
    Ratings:
    +14,463 / -0
    jd byk katanya di sini :lol:

    di india katanya maen pake batu makanya ga populer :takut: , soalnya ga smua punya ilmu :lol:


    duh, katanya lg______________:ngacir:
     
  10. yniko M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    10,099
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +47,668 / -0
    Inggris itu kalo gak salah asal sepakbola modern dech :???:
    Beberapa kali aq liat di tv begitu :lalala:
     
  11. silver_bullet M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 22, 2010
    Messages:
    2,306
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +16,190 / -0
    liat film red cliff juga ada sepakbolanya :XD:

    setahu saya inggris asal sepakbola modern :XD:
     
    • Like Like x 1
  12. zuzilo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 12, 2009
    Messages:
    1,223
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +7,620 / -0
    wah sticky thread yg baru
    :hehe:

    boleh juga ditambahi kapan aturan offside mulai berlaku.,.
    kadang peraturan ini yg masih jd kontroversi
    :hero:
     
  13. nununu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 24, 2010
    Messages:
    2,088
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +198 / -0
    coba offside dihapus lagi..
    kira2 tim2 bakal lebih menyerang atau bertahan ya ?
     
  14. senjatakarai M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 13, 2010
    Messages:
    386
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +336 / -0
    boleh lah Cina sebagai asal dari sepakbola, tapi cuman sekedar cikal bakal~
    toh pada kenyataannya tetep Inggris lah yg jadi asal sepakbola modern, mereka yg uda mengembangkan sepakbola menjadi seperti sekarang ini~

    kalo soal kata 'goal' itu kayaknya juga dari Inggris, kata 'goal' kan berarti 'tujuan', jadi artinya mungkin memasukkan bola ke gawang (baca: tujuan)
    dan kata 'gol' dari Indonesia kan cuman serapan dari kata 'goal'.. :lol:

    kalo offside dihapus bingung juga gimana permainan jadinya~
    mungkin tim2 bakal lebih menyerang deh, pemain depan jadi lebih leluasa, tapi pemain belakang juga mseti ati2~
     
    Last edited: Feb 13, 2011
  15. udhindbokek Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    225
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    nggk nyangka klo sepak bola awalnya dari Asia..
    tapi sekarang sepakbola udah jadi punya orang seluruh dunia... nggk ada yang ngelarang anda-anda main bola kecuali anda sendiri..
     
  16. mohamadiqbal Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 27, 2011
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -0
    ga ngerti dah kenapa dulu sepak bola pernah dicekal di Inggris, ampe 2x pula :bingung::bingung::bingung::bingung::bingung:
    padahal kan sepak bola rame dan membuat sehat hehehe :shoot::shoot::shoot::shoot:
     
  17. bejoalfonso Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 12, 2010
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    hmm... bener jg. Emang kebanyakan bangsa eropa menganggap mereka penemu segala hal. Padahal yg mereka teemukan adalah temuan bangsa lain, lalu mreka kembangkan dan akui. Seperti benua amerika(pelaut arab udah bnyak yg sdh ksana sblm columbus) ,Australia(pdahal pelaut bugis sdh lbh dulu ksana) dan penemuan science jg.
    :awas:
     
  18. thorreest Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 17, 2011
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    Kebayang ya kalo ga ada peraturan offside, pasti bakal kaga seru nonton bola, ahaha
     
  19. grimtoothxxx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 28, 2010
    Messages:
    67
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -0
    eh dulu katanya tiang gawang itu ga silinder ya? tapi balok gitu? bener ga?
     
  20. Death_182 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 8, 2010
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    nice info gan, ternyata dari cina gan.
     
  21. HiddenSkills M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 17, 2012
    Messages:
    1,018
    Trophy Points:
    47
    Ratings:
    +83 / -0
    siapapun penemunya, yang jelas sepak bola sudah menjadi olah raga nomer 1 di Dunia
    dan tidak bisa dipungkiri lagi

    :ogtop:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.