1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

5 Kisah Seram Dibalik Dongeng Terkenal Dunia

Discussion in 'Lifestyle' started by yudzdee, Jan 19, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. yudzdee M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    1,567
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +235,267 / -1
    Anda tentu sudah sering mendengar tentang kisah hidup Cinderella yang tadinya dikenal dengan Upik Abu yang penuh derita, kemudian berubah menjadi Putri Kerajaan yang cantik jelita. Anda pun sudah sering mendengar tentang kisah Hansel dan Gretel yang ditinggal oleh orang tuanya di dalam hutan.

    Cerita-cerita menjelang tidur itu memang sangat menghibur dan membawa kenangan masa kecil yang begitu indah. Namun tahukah Anda bahwa dongeng-dongeng tersebut pada awalnya bukan begitu ceritanya. Dalam sebuah buku berjudul The Most Creepy Fairy Tales, dongeng-dongeng itu ternyata awalnya dibuat dengan cerita yang sangat mengerikan dan menakutkan. Beruntunglah kita tidak pernah mendengar kisah sebenarnya dari dongeng-dongeng itu, karena telah dimodifikasi sedemikian rupa (terima kasih untuk HC Anderson, Brother Grimms, dan Walt Disney yang telah mengubah kisah horor itu menjadi dongeng anak-anak yang menyentuh hati). Jika tidak, mungkin masa kecil kita tidak seindah yang kita ingat. Berikut ini adalah kisah sebenarnya dari dongeng-dongeng populer tersebut :

    1. SNOW WHITE & SEVEN DWARFS
    [​IMG]
    Ucapan terima kasih perlu kita alamatkan pada Walt Disney yang telah mengubah kisah Putri Salju dan 7 Kurcaci ini menjadi sebuah cerita yang legendaris seperti yang kita ketahui saat ini. Dalam versi asli epik ini, dikisahkan bahwa Ratu meminta bawahannya untuk menghabisi Putri Salju. Dan sebagai bukti kalau Putri Salju telah terbunuh, sang bawahan harus membawa jantung Putri Salju. Saat melepaskan Putri Salju, Bawahan Ratu membunuh rusa dan membawa jantung rusa itu ke hadapan Ratu, serta mengakui jantung itu milik Putri Salju. Sang Ratu lalu memakan jantung Putri Salju dan berharap kecantikan Putri Salju berpindah padanya.
    Di akhir cerita, dikisahkan bahwa Putri Salju yang tewas setelah makan apel beracun, hidup lagi berkat ciuman seorang Pangeran. Setelah Putri Salju diboyong ke istana, sang Ratu dihukum. Namun berbeda dengan versi yang anda ketahui, hukuman untuk Sang Ratu sangatlah kejam. Kakinya dipasung dengan sepatu besi dan si Ratu dipaksa menari sampai mati di hadapan Putri Salju.

    2. CINDERELLA :
    [​IMG]
    Kisah lain yang cukup populer di masa kanak-kanak kita adalah Cinderella alias Si Upik Abu. Dalam versi aslinya, saat Pangeran mencari pemilik sepatu kaca, Ibu Tiri Upik Abu berusaha sangat keras agar anak-anaknya terpilih sebagai pemilik sepatu. Putri yang kakinya kebesaran, jari-jarinya dipotong agar muat. Sementara Putri yang kakinya kekecilan, kakinya digilas dengan roda gerobak kuda yang sangat berat (dari sinilah sebenarnya muncul istilah “Pain for Beauty”(Biar Sakit Asal Cantik)). Pada akhirnya, cara itu tidak berhasil karena Sepatu Kaca itu tetaplah tidak muat untuk kedua kakak-beradik itu.

    Ketika Sang Pangeran menemukan bahwa pemilik sepatunya adalah Cinderella, maka murkalah dia, dan segera memerintahkan burung elang peliharaannya untuk mematuk dan memakan mata Ibu Tiri Cinderella, kemudian mengusir Ibu Tiri dan adik-adik tirinya dari kota. Sang Ibu Tiri dan adik tiri Cinderella pada akhirnya menjadi pengemis yang tinggal di luar kota.

    3. HANSEL & GRETEL
    [​IMG]
    Kisah rekaan Brother Grimms ini awalnya dibuat untuk orang dewasa. Namun karena tidak populer, akhirnya diubah versinya dan disesuaikan untuk anak-anak. Dalam versi dewasanya, Hansel dan Gretel diceritakan sering disiksa oleh orang tuanya yang psycho. Sang ayah sering menyambuk mereka dan sang ibu suka melukai kedua anak itu dengan menyayat kulit mereka dan tertawa-tawa saat melihat darah mengalir keluar dari kulit yang tersayat itu.
    Saat kedua anak itu kabur dari rumah, keduanya bertemu rumah yang terbuat dari permen / coklat, yang tidak lain adalah milik Tukang Sihir. Yang mengejutkan, Sang Tukang Sihir adalah Kanibal yang pada akhirnya membunuh dan memakan mereka.
    Hansel & Gretel adalah kisah pertama yang mengangkat tema kanibalisme.

    4. LITTLE RED RIDING HOOD
    [​IMG]
    Kisah klasik ini sebenarnya diangkat dari kisah nyata tentang penyerangan seekor srigala pada seorang anak perempuan berkerudung merah. Kejadian ini terjadi pada abad 18 di daerah Eropa. Waktu itu dikisahkan seorang anak disuruh orang tuanya mengunjungi nenek mereka yang sakit dan tinggal di hutan. Awalnya, anak itu disuruh pergi subuh-subuh. Namun entah mengapa, sang anak memutuskan pergi tengah malam. Akibatnya, dia dikejar oleh srigala. Memang si anak lolos dari kejaran srigala dan berhasil tiba di rumah neneknya dengan selamat. Namun yang tidak diduga olehnya, ternyata ada seekor srigala yang telah memakan sang nenek dan bersembunyi di dalam rumah. Dan ketika si anak itu tiba di rumah, sang serigala segera menghabisi anak malang itu.

    Kisah asli Little Red Riding Hood nyaris difilmkan secara utuh dalam film Hoodwinkled. Namun berhubung film itu dikhususkan untuk anak-anak, akhirnya versinya diubah dengan mengikuti alur sesuai dengan cerita yang kita ketahui saat ini. Jika tidak…. mungkin Anda akan termuntah-muntah saat menontonnya.

    5. THE LITTLE MERMAID
    [​IMG]
    “Under the sea…. under the sea…” Yeah… Anda tentu ingat lagu yang dinyanyikan oleh Sebastian – si udang berisik dari dasar laut. Dengan aksen Jamaikanya dia menghibur kita dengan lagu yang menyenangkan itu. Kisah si Putri Duyung ini pun begitu menyentuh dan disuka oleh banyak orang hingga hari ini. Namun tahukah Anda bahwa kisah si Putri Duyung itu tidaklah seindah yang Anda tahu?

    Dalam versi aslinya, Ariel si Putri Duyung – selama menjadi manusia – dibekali dengan pisau yang terselip rapi di balik rambutnya yang panjang dan tebal. Tujuannya sederhana : Jika ada orang yang mencurigai keberadaannya sebagai Putri Duyung, maka Ariel harus membunuh orang itu. Dia harus melakukan hal ini untuk melindungi jati dirinya, serta keselamatan kerajaan Neptunus dan spesies Mermaid di laut agar tidak menjadi buruan manusia.
    Dalam perkembangan kisahnya, kisah cinta Ariel berakhir tragis. Cintanya bertepuk sebelah tangan, dan sang pangeran meninggalkannya untuk menikah dengan gadis lain. Hal ini membuat Ariel patah hati dan akhirnya memilih membunuh dirinya sendiri dengan pisau yang dibawanya.
    [​IMG]
    Dari sinilah muncul istilah “Mermaid Tears” (Air mata Putri Duyung).
    Hewan Sirenia – atau dikenal juga dengan sebutan Sapi Laut / Sea Cows – disebut pula dengan nama Putri Duyung karena memiliki morfologi tubuh yang mirip dengan gambaran Putri Duyung. Hewan laut ini sering terlihat mengeluarkan air mata. Dan kini Anda paham kan mengapa dia menangis?


    Sumber
     
    • Thanks Thanks x 5
    • Like Like x 3
    Last edited: Jan 19, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. kasuga M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    319
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +45 / -0
    wah baru tw jg saya kalo dongeng2 itu seperti ini..
    apa lagi yang hansel and gretel bner2 gk ad happy ending..
    apa lagi terakhir di makan lagi..
    ah parah bgt da
     
  4. afterain M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 6, 2009
    Messages:
    475
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +71 / -0
    hansel and gretel sama red riding hood serem abis :shock:
    kalau cerita aslinya diceritain ke anak dibawah umur bisa berabe nih...
    cuma pernah tahu yang fact about little mermaid itu , tapi asli plg ga nyangka yg red riding hood , tenyata diadaptasi dari kisah nyata
    thx for sharing :top:
     
  5. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    wah, yg ciderela ceritanya extreme..:shock!:
    kaki digilas dulu, mantap.
    :aaaa:

    ternyata dibalik dongeng2 yg menyenagkan terdapat sesuatu yg tidak menyenagkan..:hahai:
     
  6. dark_chris M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    2,100
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,081 / -0
    :shock1:

    mengerikan ya cerita" asli nya...
    :takut:
     
  7. sk8punk M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 7, 2009
    Messages:
    5,073
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +5,250 / -0
    baru tahu ane, yang ane tahu itu Hansel dan Gretel tapi yang lainnya baru tau klo juga berakhir tragis
     
  8. HyunSoo M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 7, 2010
    Messages:
    440
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +211 / -0
    baru tahu ternyata hansel n gretel dari kisah nyata kanibalisme :shock1:

    :takut:

    yg putri salju juga srem, disuruh menari dgn kaki terpasung sampai mati :gigit:
     
  9. naps_arema Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    87
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +15 / -0
    Wiihhhh...
    Serem bgt critanya..
    Klo yg asli g cocok tuh buat anak2..
    :takut:
     
  10. sinra Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jun 26, 2010
    Messages:
    16,984
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,246 / -0
    hmm dongen2 yg bagus :lalala:, pi ceritanya kok :shock1:, hii serem :takut:
     
  11. ncizz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 23, 2010
    Messages:
    225
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,136 / -0
    wow yg paling sadis si snow white tuh...

    masa smpe tega bikin ibu tirinya nari smpe mati..

    ckckckck...anak2 jaman dulu...:haha::haha:
     
  12. lucaviend M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    20,376
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,850 / -0
    crita asliny ko sadis2:shock1:
     
  13. areeavicenna M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    553
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +238 / -0

    iya ih,
    omigad. ga nyangka gw ternyata putri salju malah jahat..
    tega bener nyiksa ibu tirinya...[​IMG]
    ckckc...
    emang anak jaman skarang begimane gan ??
     
    Last edited: Jan 19, 2011
  14. cahyo_pwkm M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 20, 2008
    Messages:
    1,532
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +264 / -0
    bersyukur bukan cerita aslinya
    anak2 yg tau bisa madesu semua kalo tau

    ternyata tokoh utama cerita sadis2 juga
    sesuai sama sejarah si
     
  15. ovanGNS M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 22, 2010
    Messages:
    571
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +23 / -0
    Ternyata dibalik cerita lucu n imut ini terselip ''kebenaran yang tak terungkap":sekarat
     
  16. CodeAmon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 28, 2009
    Messages:
    1,709
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +314 / -0
    wew baru tahu ternyata dibalik cerita2 anak - anak ternyata begitu .....
    1. Snow White - pembalasan Snow White kejem banget ....
    2. Cinderella - Typical ibu tiri yang bener2 gila....
    3. Hansel Gretel - paling menyentuh kasian mereka berdua ...
    4. Kerudung merah - jangan 2 malem2 mau ketemu ama pacar nya ( versi dewasa )
    5. Mermaid - hmm .. nice job there....

    setelah liat post ini wa sekarang wa males nyeritain cerita anak2 ini lagi ke adik wa... :takut:
     
  17. Ballon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 5, 2010
    Messages:
    1,881
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +745 / -0
    Wahh baru tahu neh ternyata kisah nyatanya itu begitu mengerikan yah .. dari Hansel and Gretel yang sering disiksa orang tuanya lalu dimakan oleh penyihir yang ternyata kanibal ... :takut:

    ngeri bener tapi pintar yah kisah mengerikan itu dapat dirubah menjadi kisah yang cocok untuk anak-anak ..
     
  18. honeyhun Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 11, 2010
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +12 / -0
    weeh ngeri ternyata....
     
  19. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,535
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,900 / -0
    putri salju dan cinderella endingnya bagus tuh:top:
    balasan bagi yang jahat:top:
    Hansel gretel ama red riding hood ternyata aslinya:onion-10::voodoo:
     
  20. grohl M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 14, 2010
    Messages:
    860
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +12,937 / -0
    sayangnya cerita2 serem-nya disembunyiin...
    jd bego taunya kisah yg sekrg pada tau..
     
  21. weiming101 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 21, 2010
    Messages:
    248
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +3 / -0
    buset itu aslinya mank dongeng bwt anak2 atw org dewasa..:shock:
    kok kejam bgt sih...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.