1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Hati2x penipuan dengan kedok Job Vacancy atau lowongan kerja!

Discussion in 'Job Vacancy' started by maniak, Jan 15, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. maniak Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 2, 2008
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +120 / -0
    Buat Para2x pembaca yang budiman, hati2x dengan penipuan dengan kedok Job Vacancy atau lowongan kerja yang beriklan di koran Kompas pada setiap Sabtu (bukan berarti saya hendak menyalahkan koran tersebut ya!) . Tapi Hendaknya, para pembaca berhati-hati kepada beberapa perusahan2x di di bawah ini:

    1. PT Arthamindo Indonesia
    2. PT Ranying Perkasa
    3. PT Rankasa Indonesia
    4. PT Belprima

    Jujur saya pun pernah kena tipu oleh perusahan yang bernama PT Arthamindo Indonesia yang terletak di Gd Tira lantai 4 (kalau ngga salah) seberang Gd KPK. Adapun perusahaan lainnya, Mungkin para pembaca yang budiman bisa melihatnya di

    Silahkan Click saya atau saya

    Tadinya saya berpikir hanya saya saja yang kena ternyata banyak! Semoga dengan Tulisan ini kiranya dapat membuat para pembaca yang budiman lebih hati2x lagi dalam melamar pekerjaan.

    Berikut ini Saya tambahkan perusahan baru yang hendaknya anda tidak perlu daftar saat anda akan melamar kerja nanti! Perusahaan tersebut adalah:

    PT NOMURA INTERNUSA

    Alamatnya: Gedung Bank Bumi Daya Plaza Jl. Imam Bonjol Jakarta Pusat.

    :awas: .

    P.S: Terima kasih buat para narasumber lainnya. Oh iya kalau mau ada yang ditambahkan saya akan sangat berterima kasih serta mohon maaf kiranya kalau saya repost:panik:
     
    Last edited: Jan 31, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. cobel_witch Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    68
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    kak, selain perusaan yang kayak gitu kan sekarang banyak tawaran kerja "work from home" gitu kak..... Kemarin sih sempat coba menghubungi trus di ikutin telekonferen gitu. Tapi kok malah dimintain duit 1,5 jutaan plus disuruh beli merchendise gitu.... Langsung mutusin kabur sih... tapi penasaran juga ini sistemnya kayak apa ya... apa kayak MLM yah?
     
  4. maniak Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 2, 2008
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +120 / -0

    Hm... Jujur saya kurang paham kalau mengenai penipuan semacam itu tapi untungnya, anda tidak terjerat oleh penipuan semacam itu! Mengenai penipuan yang anda ceritakan kebetulan saya menemukanya di Inet semoga anda dapat terpuaskan dengan penjelasan berikut ini, macam-macam penipuan yang beredar di dunia maya:

    1. Phising

    Phising adalah tindakan mencuri data diri / biodata anda, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat anda hingga nomor KTP anda. Tujuan dari phising ini adalah untuk mengakses rekening bank anda, ataupun untuk menyampaikan pesan yang bersifat fitnah menggunakan jati diri korban.

    Phising biasanya selalu berdampingan dengan SPAM, dengan arti SPAMMER melancarkan serangan ke ribuan hingga jutaan calon korban melalui e-mail maupun telepon yang mengaku sebagai pegawai asuransi, petugas bank, dan berbagai pihak yang menurut korban berhak untuk meminta segala data diri anda.

    Beberapa contoh dari Phising ini antara lain Phising Facebook ID, Account Paypal, Liberty Reserve, Ebay.

    Cara mencegah agar anda tidak menjadi korban Phising sebagai berikut:

    - Berhati-hatilah terhadap email asing, apabila email tersebut menyerukan anda untuk mengunjungi sebuah link yang berisi form login, jangan pikir panjang, langsung close.

    - Jangan gunakan password general, dalam arti seluruh account online anda menggunakan sebuah password atau password menggunakan kata yang mudah (nama anda, tanggal lahir anda, nama anak anda)

    - Jika ingin melakukan login ke situs apapun seperti Paypal, Ebay, Facebook, sebaiknya langsung mengunjungi web mereka dengan cara mengetik alamat URL pada web browser dan jangan melalui pihak ketiga, misalnya E-Mail, via Chat, dll.


    2. EBAY SCAM

    Ebay SCAM ini mencoba untuk menjual barang dengan harga yang jauh dibawah pasar sehingga orang tertarik untuk membeli tanpa harus berpikir panjang. Biasanya barang yang dijual memiliki harga di atas $1,000 seperti TV Plasma, LCD, Spare Part Motor dan Mobil dan lain sebagainya.

    Setelah korban melakukan transaksi dan proses pembayaran telah selesai, biasanya barang yang dikirim adalah barang palsu atau bahkan barang rusak atau yang lebih parah lagi, tidak mengirim apapun.

    Cara menghindari EBAY SCAM:

    - Cobalah bandingkan harga barang yang ingin anda beli dengan berbagai sumber yang dapat dipercaya, apabila beda harga terlalu mencolok sebaiknya langsung dihindari

    - Periksa kelengkapan dokumen legalitas dan lihatlah testimonial

    - Cobalah untuk selalu menelpon mereka, apabila tidak mempunyai contact phone langsung ignore saja

    Namun ingat, ada beberapa hal yang lebih berbahaya, yaitu seorang SPAMMER yang berhasil mendapatkan account EBAY yang sangat dipercaya (Powerseller). Apabila anda ingin bertransaksi dalam jumlah yang besar sebaiknya bertemu langsung atau datangi tempat usahanya.


    3. Nigeria Letter

    Sebagian besar jenis penipuan ini berasal dari Nigeria, sehingga disebut sebagai Nigeria Letter. Anda mungkin pernah mendapatkan sebuah E-Mail yang sangat mengejutkan berisi tentang ajakan untuk membantu dalam pencucian uang, dimana anda akan dilibatkan dan diberi komisi dengan nilai yang sungguh luar biasa, atau seorang pengacara yang memegang harta clientnya yang telah tewas sekeluarga sehingga bingung harta warisannya akan jatuh ke tangan anda.

    Kesamaan dari jenis penipuan ini adalah keharusan anda membayar pajak terlebih dahulu sebesar beberapa persen dari nilai yang akan anda dapatkan, ketika pajak anda bayar, mereka akan hilang bersama uang anda.

    Beberapa hal yang harus anda hindari:

    - Apabila mendapatkan E-Mail yang isinya bercerita tentang hal-hal seperti di atas, sebaiknya langsung di hapus tanpa follow up.

    - Apabila menemukan adanya kata-kata seperti Bank of Africa, African Development Bank, atau apapun yang berhubungan dengan Bank yang berasal dari negara apapun di Africa langsung saja di hapus. Karena saya yakin anda tidak ada transaksi atau deal apapun dengan orang Africa :).

    - Jika anda disuruh untuk mentransfer sejumlah uang untuk alasan apapun walaupun dapat dibuktikan dengan gambar dan data yang lengkap, janganlah tertipu, ini hanya tipuan.


    4. Online Lottery

    Online Lottery dan Nigeria Letter mempunyai skema yang sama dengan trik yang sama pula namun dengan chase yang berbeda. Untuk Online Lottery anda dibuat tergiur bukan karena harta warisan, tetapi oleh uang dari menang Lottery yang tidak pernah anda ikuti sama sekali.


    5. Ponzi Scheme

    Ponzi adalah nama orang yang menerapkan skema ini. Ini adalah skema penipuan terstruktur namun pasti akan ketahuan. Salah satu Pelaku Ponzi terbesar yang terbuka kedoknya abad ini adalah Bernard Madoff yang telah berhasil menipu sebesar $40 Milyar atau 400 Trilyun Rupiah.

    Skema dari Ponzi adalah, menawarkan sebuah program investasi dengan bunga / Return of Investment yang menggiurkan, dan anda akan mendapatkan hasil dari korban berikutnya. Ketika sudah tidak anda member baru / korban baru, maka jenis penipuan ini akan terungkap.

    Untuk menghindari hal ini sangatlah sulit, karena sebuah perusahaan yang memiliki dokumen legal pun tetap melakukan penipuan ini.


    6. HYIP

    HYIP atau High Yield Investment Program, adalah salah satu jenis program yang menggunakan skema Ponzi. 90% dari HYIP adalah bohong dan 10% sisanya menunggu antrian untuk dicap sebagai pembohong, mengapa? Bos HYIP biasanya menggunakan modal yang besar untuk mendapatkan dana yang besar pula. Mereka rela membayar member mereka selama beberapa tahun untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan calon investor, sehingga investor yang tidak berhati-hati akan langsung melakukan investasi secara besar-besaran.


    Saya merasa anda hampir kena yang No. 2 sebab, anda disuruh membeli suatu barang (mereka sebut dengan merchendise yang belum tentu ada barangnya)!
     
    Last edited: Jan 18, 2011
  5. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    Jadi ingat pernah hampir kena tipu perusahaan semacam ini.
    Tapi sayang udah lupa namanya.
    Dan yg lebih mengherankan lagi, mereka dapetin nama dan nomor telpon gw dari mana? :kaget:
     
  6. nakamura197 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    552
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +499 / -0
    pernah punya kartu kredit atau masih punya sis? biasanya mereka belinya dari situ.... karena sekarang aja, data-data kita itu banyak dijual2in sama telemarketing, dan gak kaget lagi ampir tiap hari kita di smsin KTA dan penawaran kartu kredit...
     
  7. maniak Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 2, 2008
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +120 / -0
    Mungkin karena ada bocor data pribadi Pelanggan Telekomunikasi Bocor yang bocor ya.

    Coba deh kamu baca beritanya di sini:

    "Jakarta - Beredar kabar bahwa sedikitnya ada 25 juta data pengguna telekomunikasi di Indonesia yang bocor. Kabar ini langsung jadi perhatian Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Anda kah salah satu korbannya?

    Menurut Anggota BRTI Heru Sutadi, isu kebocoran data pengguna telekomunikasi ini mengemuka setelah adanya klaim dari penjual produk pengiriman SMS broadcast yang mengaku memiliki database 25 juta pengguna telepon aktif di Indonesia.

    "Penyelidikan ini penting mengingat bahwa data pengguna adalah sesuatu yang bersifat rahasia dan dilindungi UU Telekomunikasi No. 36/1999. Sehingga, jika isu ini benar, maka jelas hal itu pelanggaran," tegas Heru kepada detik.com, Senin (24/1/2010).

    Penyelidikan ini juga terkait dengan maraknya pengiriman SMS broadcast yang bersifat spam dari bank-bank yg menawarkan kartu kredit maupun kredit tanpa agunan (KTA).

    "Dari laporan masyarakat, bank yang banyak mengirim SMS spam adalah Standard Charter Bank and ANZ. Selain perbankan, kini pola-pola seperti itu juga diikuti oleh penyelenggara telepon premium," ungkap dia.

    Sebelum menyelidiki lebih lanjut, BRTI juga sempat berdiskusi dengan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). "Konsumen banyak yang protes karena kata-kata yang digunakan dalam berpromosi tersebut sangat vulgar," tandas Heru.

    Saat ini tercatat ada 180 juta lebih pelanggan telekomunikasi di Indonesia. Jika isu kebocoran data benar adanya, BRTI khawatir, bisa saja seluruh data pelanggan yang ada akan jadi korban berikutnya."

    Kutipan dari detik.com Tanggal 24 Januari 2011.

    Semoga bisa menjawab pertanyan ya :peace:
     
  8. ninodiablo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    79
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +2,817 / -0
    makasih infonya
     
  9. IQBAL08 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 18, 2010
    Messages:
    532
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +112 / -0
    yang paling banyak di indonesia itu yang ponzi scheme, salah satunya mlm tianshit, gw ampir aj kena untung aj baca thread nya di k*sk*s
     
  10. evancode M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 19, 2009
    Messages:
    2,065
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,099 / -0
    dulu juga saya pernah melamar pekerjaan, pertama disuruh isi formulir biasalah tentang data diri tapi ketika mau nyerahin formulirnya disuruh bayar 5000 rupiah katanya buat biaya formulir pendaftaran. aneh yah ?

    Pernah juga ngelamar di daerah senen jl. kramat raya (klo gak salah inget), itu lamaran dapet dari koran (poskota atau kompas, saya lupa).
    disana banyak sih yg ngelamar ada yg ngakunya sarjana juga (Waktu itu saya baru lulus smk), pas wawancara dibilang klo ada biaya sekitar 400ribu buat training dan biaya apalagi deh sekitar 200 ribu. itu pengalaman pertama saya mau ngelamar kerja dimintain duit, tapi karena saya pikir aneh dan gak masuk akal jadi saya bilang aja gak bawa duit (padahal emang gak ada duit), terus orang "suci" yg ngewawancara saya itu bilang gak apa2 klo gak ada sekarang, besok dateng lagi masih bisa sambil bw duitnya.

    ada lagi lamaran dari kompas di daerah sudirman, tapi sebelum saya datengin saya browsing dulu di internet, ternyata byk yg bilang klo perusahaan itu penipu disana pelamar disuruh jadi broker padahal di lowongannya jadi staff it, edp, dll.
    ketika di waktu dan hari yg dijanjikan saya gak dateng, lalu orgnya telepon saya untuk bikin janji lagi, saya sih oke2 aja.
    terus pas harinya saya gak dateng lagi, eh sama dia diteleponin lagi.

    sering juga ngeliat iklan lowongan kerja yg butuh banyak pelamar, misalnya butuh staff adm 50 org, staff it 100 orang, dll.

    tapi sih yg biasanya sering penipuan melalui email seperti yg kk maniak bilang, ada yg mau ngasih sejumlah uang karena bapak/ibunya kena musibah, dll hampir semua jenis yg disebutkan saya pernah dapat kecuali yg skema ponzi.

    dulu waktu masih sekolah juga lagi bego2nya, maklum baru kenal internet. ada org yg ngakunya orang amrik ngajak kenalan, bilangnya sih tau dari akun pal (semacem situs sosialisasi) temannya, tapi seingat saya gak pernah daftar akun pal. saya kirain sih beneran mau kenal akhirnya begonya muncul saya kirimin foto saya dan sebaliknya dia juga ngirim foto juga eh ternyata negro. saya sih gak peduli mau negro atau bule atau apapun, tapi yg bingunginnya tujuannya apa dan darimana dia tau email saya itu, soalnya waktu dulu email saya jarang dibuka apalagi ngirim email.

    tapi yang paling jengkelnya itu temen2 saya yang mau gampangnya ngirim forward email ke semua email temen2nya, isinya macem2 ada yg harus ngirim ke 20 email temennya dan cc ke email sipenipu itu nanti bisa dapet iphone terbaru. nah itu kan sarana sipenipu buat ngumpulin data2 email dan nama sebanyak2nya.
    makanya semakin hari semakin banyak spam.

    Malahan ada yg ngirim iklan indovision ke nomor hape saya, lengkap sama nama dan nomor kontaknya.
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Jan 28, 2011
  11. dracu_lee Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    103
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +26 / -0
    thanks 4 the info, untungnya q gak pernah percaya, barusan temenq nyaranin ikut bisnis "..." (lupa namanya) disuruh netor duit 1 juta ntar dapetnya banyak .. ya bunga + voucher hotel + transport, dll persis kek pnzi scheme, yg no 1 phising aq juga pernah kena sampai akun fesbukq dibajak orang chips pokerq dikuras habis ... nasib :em4600:
     
  12. maniak Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 2, 2008
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +120 / -0
    Masih ingat tidak?

    @Mas Evancode

    Mas masih ingat ngga nama perusahaan di daerah senen jl. kramat raya itu? Biar supaya korban-korbannya ngga bertambah dan supaya ditambah di daftar blacklist (Kasihankan orang-orang masih lugu dan bikin kesal orang :hulk:. Perusahan penipu :boong: macam2x gitu perlu di blacklist :sebel: )
     
    • Like Like x 1
  13. evancode M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 19, 2009
    Messages:
    2,065
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,099 / -0
    wah sori bang Maniak, kejadiannya udah 9 tahun yg lalu kira2 tahun 2002 jadi nama perusahaannya lupa, lagian juga gak tau masih ada atau udah ganti nama/ pindah tempat.
     
  14. arcanine M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    540
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +3,015 / -0
    Wah oke nih thread. Thankyou bro.
    Harus lebih jeli lagi nih dalam hidup di era globalisasi.
     
  15. erztrajvu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 5, 2009
    Messages:
    32
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    jaman makin susah tapi masih ada saja orang yang suka nyusahin orang lain demi keuntungan diri sendiri
     
  16. maniak Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 2, 2008
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +120 / -0
    Makasih

    @arcanine : thank u Mas semoga bermanfaat :ehem:

    @erztrajvu :
    Hati2x Mas sebab tampaknya masih banyak perusahaan yang melakukan penipuan yang belum masuk daftar "hitam" di thread ini. Jadi harap hati-hati mas kalau mau melamar pekerjaan dan diminta untuk membayar sejumlah uang tertentu :awas: .
     
  17. buchut Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 10, 2011
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    dulu pernah mau ngelamar kerja di sekitar harco mangga 2

    habis interview dan tes soal macem anak sekolah ulangan disuruh bayar duit, skitar beberapa puluh ribu
    yang gila nya yang kaya saya itu ad ratusan orang itung ajah waktu itu saya blaga g punya duit, cman bayar 10rb, klo ada 100 orang sma kaya saya berarti 1jt pendapatannya
    ckckck

    ini penipuan macem apa yah
     
  18. maniak Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 2, 2008
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +120 / -0
    Penipuannya hampir sama dengan yang di alami oleh saya Gan :ngeselin: . Masih ingat ngga Gan nama PT-nya apa?
     
  19. 5throom Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 19, 2011
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +5 / -0
    gila neh, padahal nyari kerja susah, mereka malah nipu-nipu... padahal email ma no hape udah di hidden, tetep aja gw dapet tawaran yang phising dsb. gitu deh...

    terimakasih yah infonya, semoga blacklistnya bisa ditambah, jadi bisa semakin berhati-hati
     
  20. maniak Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 2, 2008
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +120 / -0
    Mudah2xan bisa di tambah daftar black list agar tidak ada yang kena jebakan mereka2x yang tidak bertanggung jawab :peace:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.