1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Menggunakan Internet Dengan Bijak

Discussion in 'Lifestyle' started by van_leon, Jan 13, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. van_leon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 20, 2009
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    Jaman sekarang hampir semua orang mengetahui apa itu internet. Banyak yang bilang saat ini kita hidup di jaman internet. Pada jaman revolusi industri, yang merubah dunia adalah penemuan mesin uap. Peradaban dan perekonomian Amerika maju pesat dengan dibangunnya jalur rel kereta api yang menghubungkan seluruh benua Amerika. Saat ini sejak ditemukannya internet, peradaban dan perekonomian dunia sedang berubah.

    Kita semua sedang berada dalam masa perubahan dunia, masa dimana segala sesuatu mungkin karena hadirnya internet dalam kehidupan kita. Komunikasi dengan teman atau saudara yang berada di belahan dunia lain atau berbeda tempat dengan kita bisa dilakukan hanya dengan menggunakan Yahoo Messenger, MSN Messenger, atau Skype. Silaturahmi dan reuni dengan teman-teman sekolah masa kecil dan sahabat bisa dilakukan dengan menggunakan Facebook. Biaya telepon dapat dikurangi secara signifikan dengan menggunakan IP Phone. Rapat dengan rekan kerja dapat dilakukan tanpa meninggalkan meja kerja kita dengan menggunakan Video Conference. Dan masih banyak contoh lainnya.

    Salah satu tokoh besar pada jaman internet sekarang ini seperti Bill Gates, berhasil bukan karena dia yang menemukan komputer, tapi dia menjadi berhasil karena dia membuat suatu sistem operasi yang digunakan pada komputer yaitu Windows. Sistem operasi Windows menjadi sistem operasi yang digunakan oleh hampir semua orang di dunia ini. Bill Gates mengambil langkah bijaksana dengan membangun Windows yang dapat membantu semua orang dalam hidup mereka sehari-hari. Setiap hari di kantor atau di tempat usaha kita dapat menyelesaikan semua tugas pekerjaan kita dengan lebih baik dengan menggunakan komputer yang menggunakan Windows.

    Anda tentu pernah mendengar ketika Anda meminta suatu informasi dari seseorang dan dia tidak mengetahui jawaban informasi itu maka langkah selanjutnya yang dia ambil adalah buka Google untuk mencari jawaban informasi tersebut.

    Topik artikel saya kali ini adalah “Menggunakan Internet dengan Bijak”. Saya memiliki tujuan agar semua orang yang membaca artikel saya kali ini akan menjadi orang-orang berhasil karena menggunakan internet dengan bijak. Anda bisa saja menjadi Bill Gates-Bill Gates selanjutnya, dan bahkan bukan tidak mungkin Anda akan mendirikan perusahaan yang melebihi Microsoft, Facebook, Google, Apple, Yahoo, dan Cisco.

    Untuk menggunakan internet dengan bijak, ada hal-hal yang sebelumnya harus kita siapkan dan lakukan yaitu:

    1. Buatlah email pribadi yang dapat dibuat secara gratis di Gmail.
    2. Amankan komputer pribadi atau notebook Anda dengan menggunakan Antivirus yang sudah terpercaya seperti Norton Internet Security.
    3. Bila Anda adalah seorang pengusaha atau praktisi TI, amankan jaringan internet di kantor Anda dengan menggunakan Firewall jaringan Open Source seperti Untangle.
    4. Pilihlah password yang aman untuk alamat email Anda. Password yang aman terdiri dari kombinasi angka, huruf besar, huruf kecil dan tanda baca. Contoh: @InternetBijak123456#
    5. Gunakan internet untuk memperoleh informasi yang benar-benar Anda butuhkan.

    Saya ingin lebih menekankan pada poin keempat. Tidak semua informasi yang ada di internet layak untuk digunakan. Untuk menemukan mana yang layak dan mana yang tidak maka Anda harus bijaksana dalam menggunakan internet.

    Cara memperoleh informasi dengan bijak di internet adalah:

    1. Tentukan informasi apa yang ingin Anda peroleh dari internet.
    2. Tanyakan bagaimana memperoleh informasi tersebut dari orang yang sudah berpengalaman di bidangnya. Bila Anda tidak mengenal orang tersebut, buka Google dan ketikkan namanya, bila orang tersebut memang kompeten di bidangnya, maka Anda akan dengan mudah menemukan informasi bagaimana cara menghubungi dia.
    3. Saring kembali informasi yang Anda dapatkan sebelum Anda menggunakan atau membagikan informasi tersebut. Dengan melakukan hal ini, Anda turut serta dalam menjaga kualitas informasi di internet.

    Keuntungan dari memperoleh informasi dengan bijak di internet adalah:

    1. Anda dapat memperoleh informasi-informasi berharga dari sumber yang tepat dan dapat dipercaya.
    Anda dapat menghemat banyak uang untuk memperoleh informasi-informasi yang berharga, karena banyak para ahli dan pembicara terkenal yang membagikan ilmu dan informasi yang mereka miliki secara gratis pada jaman sekarang ini.
    2. Anda akan menjadi orang yang dapat dipercaya oleh orang lain sebagai sumber untuk memperoleh informasi yang tepat dan dipercaya sebagai ahli dalam bidang Anda.

    Dalam proses untuk menggunakan internet dengan bijak kita perlu memperhatikan masalah keamanan, langkah awal yang saya ajarkan pengamanan dengan menggunakan Antivirus, Firewall dan kombinasi password yang tepat.

    Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengamankan Anda dalam menggunakan internet:

    1. Jangan berikan data pribadi Anda ke situs yang mencurigakan. Data pribadi Anda adalah informasi penting yang bisa digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk merugikan Anda.
    2. Bila Anda ingin memperoleh suatu informasi dari situs tertentu tapi situs itu meminta data pribadi Anda sementara situs tersebut tidak tergolong aman maka Anda bisa memberikan alamat email Anda yang khusus Anda buat untuk keadaan-keadaan seperti ini. Ingat alamat email dari Gmail dapat dibuat dengan gratis.

    Demikianlah informasi untuk menggunakan internet dengan bijak. Saya harap informasi ini berguna bagi Anda.

    Bila Anda ingin diskusi atau konsultasi lebih lanjut silakan tinggalkan tanggapan/komentar Anda atau hubungi saya via email di adrian.leonard@gmail.com.

    Artikel-artikel saya yang lain dapat juga Anda baca di blog pribadi saya.

    Have a great day :peace:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.