1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Beruang & Kucing

Discussion in 'CurHat' started by enak_oom, Dec 20, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. enak_oom M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    447
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +171 / -0
    [Curhat] Beruang & Kucing

    Anggap aja ini kisah cinta si beruang dengan seekor kucing. Dua jiwa yang saling 'berbeda' (ras & agama) dan gak mungkin dipersatukan dalam ikatan yang lebih dari sekedar pertemanan. Namun, seiring jalannya waktu, pertemanan berubah menjadi perhatian. Perhatian itu sedikit demi sedikit menjadi rasa sayang..

    Sampai akhirnya rasa sayang itu meminta mereka untuk dipersatukan. Si beruang pun meminta kucing untuk menjadi kekasihnya. Beruang tau betul situasi hubungan yang dihadapinya. Kucing pun sama. Tetapi sebelumnya, kucing lebih dulu memberikan sejumlah persyaratan kepada beruang untuk dipenuhi untuk menjadi pacarnya:

    1. Kalo sampe ketauan maminya mereka pacaran. Mau nggak mau, mereka harus putus.
    2. Berarti kita pacarannya sembunyi2 (back-street).
    3. Lingkungan pergaulan kucing lebih banyak cowo2, jadi jangan terlalu cemburu.
    4. No PDA! (Public Display of Affections), alias gak ingin keliatan kayak pacaran kalo di tempat ramai.
    5. Bosenan. "..alasan classic."

    Beruang mengiyakan persyaratan itu, dan berusaha memenuhinya sebaik mungkin. Jadilah mereka sepasang kekasih.

    ***

    Bulan pertama, semua normal-normal aja. Seperti pasangan umumnya lah. Saling ngasih perhatian, kejutan2 yang menyenangkan, berantem-berantem kecil kemudian baikan. Semuanya normal, dan beruang tetap berhati-hati menjaga persyaratan tadi.. Sampai akhirnya maminya tau kalo kucing berpacaran dengan beruang yang saling 'berbeda' satu sama lain! Let's say, maminya itu racist! >__<

    Sesuai dengan persyaratan dari komitmen kita berdua, mereka harus putus. Di detik2 terakhir menjelang putus, rasa sayang itu justru semakin besar. Kucing nggak lagi peduli dengan persyaratan yang dia kasih ke beruang. Kucing nggak lagi sungkan untuk memeluk beruang kapan aja dia ingin. Bahkan kucing dengan tiba-tiba mencium beruang di keramaian! Beruang terkejut, namun dia memaklumi karena situasi yang sedang mereka hadapi. Sedih sih, tapi mau gimana lagi.. Akhirnya mereka pun putus.

    Beruang menerima situasi ini dengan besar hati (lebih tepatnya sih: pasrah).. Sementara kucing, merasa dikecewakan dengan situasi yang ia hadapi, dan dia nggak bisa menerima itu semua. Kucing minta balikan!

    Beruang tentunya merasa seneng, walaupun sedikit diliputi pertanyaan. "Gimana dengan syarat nomer satu?"

    ***

    Paska bulan pertama jadian.

    Beruang ngasih kado berupa boneka beruang berwarna cokelat sebagai tanda sebulan jadian mereka. Disamping itu, beruang juga dapat kabar kalo kucing berencana liburan ke Bali bersama keluarganya (karena memang musim liburan). Jadi boneka itu akan selalu siap nemenin kucing disaat-saat kangen dengan beruang (yang asli:P). Berangkatlah kucing ke Bali. Sementara beruang juga ada kesibukan sendiri di Bandung.

    Terpisah jauh nggak mengurangi perhatian mereka satu sama lain. Setiap hari, hampir setiap jam mereka saling kontak untuk memastikan kalo semua baik-baik aja. Mereka berdua juga memiliki kebiasaan ketika saling berkirim pesan, selalu mencantumkan dua tanda bintang (*...*) diantara isi pesan didalamnya. Misalnya, " I miss you! *hugs & kisses*" atau "Nanti jgn lupa makan ya? *elus2 perut kamu* :D", jadi seolah-olah mereka sedang melakukan aktifitas itu ke pasangannya. Mereka berdua bener-bener pasangan yang manja!

    Dari hari terakhir mereka ketemuan (waktu ngasih kado boneka beruang), sampai mereka berangkat liburan masing-masing, mereka berdua saling berjanji untuk sesegera mungkin saling bertemu sepulang liburan. Tapi ternyata SALAH. Itu adalah hari terakhir mereka bertemu!

    ***

    Singkat cerita. Sepulang mereka dari liburan, dan sampai di rumah masing-masing, mereka dan berencana untuk saling bertemu.

    Kucing mengirimkan sms ke beruang. "Aku kangen.. T__T"
    Beruang pun membalas, "..aku juga kangen banget sama kamu. Mau ketemu, mau peluk kamu, mau cium kamu! T__T"
    Namun, tiba-tiba saja kucing membalas sms dengan isi pesan yang 'aneh'. "Hmm.. Kalo gitu, ketemuannya ditunda dulu deh sampe kangen kamu ilang!"
    "Maksud kamu?..", tanya si beruang.
    "Iya, gitu.." balasan dari kucing (agak lupa saya.. tapi intinya ya, sms yg sebelumnya itu).
    "Oke!", balas si beruang dengan sedikit kesal

    Sampai tengah malam, beruang tidak lagi mendapatkan balasan. Kemudian ia berinisiatif untuk mengirim sms lebih dulu sebelum tidur.
    "Aku bete sama kamu, gara-gara gak boleh ketemua sampe kangennya ilang!.. *hugs* T__T".
    Pesan pun tidak berbalas sampai di pagi harinya, nada sms dari kucing pun berbunyi.
    "Aku juga rada sebel sama kamu, gara-gara sms kemarin. Kesannya kamu cuma mau ketemu aku cuman untuk peluk dan cium doank".
    "What the?!.." Bukankah itu sama halnya kamu nuduh aku ini penjahat kelamin?!, pikir si beruang.
    Padahal mereka sama sekali belum saling ketemu lagi. Dari setelah hari dimana beruang ngasih kucing boneka beruang.

    Ini semua "BELUM TERJADI!"

    Keadaan pun menjadi semakin memburuk.

    ***

    Di hari itu, tepat tanggal hari jadi mereka yang kedua. Bukannya saling memberi ucapan selamat, tetapi malah saling beradu argumentasi tentang situasi yang tengah terjadi. Mereka berdua bertengkar!.. Si kucing kecewa dengan kata-kata beruang di sms sebelumnya. Si beruang pun bertanya balik apa alasan dibalik itu semua? Kucing hanya bisa memberi alasan, kalo dia udah capek pacaran sama cowo demi kontak fisik aja, dan itu yang menjadi dasar atas persyaratan nomer 4 (No PDA!) ..Malam harinya, beruang tak lupa untuk mengucapkan 'happy 2nd anniversary' di jam yang sama, walaupun ia tau situasi diantara mereka sedang tidak menyenangkan.

    Keesokan harinya.
    Lewat sms, kucing meminta beruang supaya mereka kembali berteman saja, alias putus! Beruang mengiyakan, tapi dengan syarat "Kita ketemu dulu dan bicarain ini semua baik-baik!". Tapi ternyata, keadaan tidak memihak kepada mereka berdua. Belum sempat bertemu, dan syarat putus yang diminta Beruang pun belum terpenuhi.. Temperatur komunikasi diantara mereka justru semakin memanas. Beruang tetap terus mempertanyakan alasan dibalik 'kontak fisik' yang kucing maksud. Karena alasan itu berseberangan dengan situasi sebelumnya. Karena justru Kucing sendiri yang justru 'melangkahi' persyaratan yang ia buat: Kucing pernah memeluk dan mencium beruang di tengah keramaian tanpa ragu-ragu?! Kenapa?..

    Namun, kucing tetap bersikeras untuk tidak menjawab...

    ***

    Beberapa hari berselang.
    Di suatu waktu, setelah argumentasi diantara mereka tak lagi berujung, kucing mengirimkan sebuah e-mail. Di dalamnya, ia menceritakan sebuah peristiwa di masa lalunya yang menjadi jawaban atas semua pertanyaan yang menggantung di benak si beruang..



    emg smua blm terjadi,tp itulah yg ngebangkitin knangan buruk aku.. u still don't get my point.. trauma aku itu smua tntang kesadaran kalo aku dimanfaatin mantan2 aku cm buat lust.. got it? awalnya aku sneng mreka peluk or cium aku dpan tmen2 mreka.. mnurutku itu 1 pengakuan bhw mreka syg aku.. tp ada tmenku yg nyadarin aku.. mantan2ku bangga ngelakuin hal itu krn itu akan meningkatkan hrg diri mereka,di sisi lain,harga diri aku jatoh dpan tmen2nya.. itu sbab utama aku benci pda.. stiap x aku inget ini,aku ngerasain lg gmana rasanya harga diri aku diinjek2 tanpa aku sadarin.. tiap x aku inget ini,aku sakit ati dan ngerasa bodoh.. skrg aku msti critain ini lg k org lain.. km bayangin deh jd aku.. apa rasanya critain aib yg dgn aku inget aja aku sakit ati apalagi msti critain k org lain.. ngerti skrg? puas? aku dah jelasin smua k km skrg,aku gak mau ktmu km lg cm b2.. aku gak mau bhas mslh ini lg.. aku malu.. untk kputusan ini,maaf bgt,gak bs ditawar lg..



    Terjawab sudah semua pertanyaan beruang! Entah apa yang dirasakan atau dipikirkan oleh beruang saat itu. Yang jelas, ia merasa sangat-sangat bersalah, telah memaksa kucing untuk menjawab rahasia terdalam yang ia simpan, jauh sebelum kucing pernah bertemu dengan beruang.

    ***

    Dan sekarang, sudah sekitar empat bulan mereka berdua belum pernah bertemu dan bicara lagi..

    ~Parts of The Story:

    #1. Pameran.
    #2. Matsuri.
    #3. Heading to Nowhere.
    #4. Sabar!
    #5. Setelah 6 Bulan.
    #6. Akurasi Deskripsi - Empati (credit to: ninjaugal).
    #7. Curhat Kucing ke Sapi.
    #8. Final Answer! (posted by Kucing).
    #9. Happy Birthday Kucing.
    #10. This is it!
    #11. Everything starts right a year ago...
     
    • Like Like x 5
    • Thanks Thanks x 5
    Last edited: Jul 15, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. enak_oom M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    447
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +171 / -0
    ..and if you read this, dear.

    Maaf, aku terpaksa menuangkan semuanya disini, karena kamu sendiri yang nggak mau ngasih aku kesempatan.. Ke depannya, aku harap kamu bisa lebih berhati-hati dalam mencantumkan kata 'teman'! Karena belum tentu mereka bisa 'menyadarkan'.

    "..cos a friend is not the one who gonna bring you down, and smack your mental to the ground!"

    ***

    Tolong kamu sampein dua pertanyaan ini untuk 'teman yg menyadarkan' kamu itu:
    1. Dari mana dia bisa 'mengukur' tinggi-rendahnya derajat harga diri seseorang?.. Apa ilmunya?.. Apa tolak ukur ilmiahnya?..
    2. Apa alasan yang membuat dia 'berhak' menentukan tinggi-rendahnya harga diri manusia?.. Emang dia siapa?.. TUHAN?
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Mar 8, 2011
  4. virgin M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    4,235
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +131,474 / -0
    wow sedih juga tuh cerita btw ini yang mengalami TS sendiri ataukah temanya TS :???:
    sekedar menanyakan so jangan di ambil hati :peace:
     
  5. enak_oom M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    447
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +171 / -0
    TS = Beruang.

    ..yup! Itu kisah pribadi.
    Gpp lagi.. cuma sekedar ingin ngeluarin isi hati aja koq. :sigh:

    Kalo perlu ada yg ingin berkomentar lebih lanjut juga silahkan..:hmm:
     
    Last edited: Dec 20, 2010
  6. fouchan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 17, 2010
    Messages:
    1,520
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +20,742 / -0
    :swt:
    mending kalo saran saya berteman dulu brader ...
    buktikan kalo beruang ga ngincer kontak fisik ..
    ntar juga kucing sadar sendiri ...
    :top:
     
  7. enak_oom M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    447
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +171 / -0

    kan ceritanya 'trauma'nya baru terungkap setelah mereka jalan pacaran.. lagian gaya pacaran mereka termasuk yg sehat2 aja koq..
     
  8. fhuyomania Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 17, 2010
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +3 / -0
    kasihan tuchhhh,,,,,,!!!!!!
     
  9. luminairateic M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    352
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +21 / -0
    gw tau prasaan nya TS :madesu:
    kesannya ga logis bgt alasan putus nya...
    itu kan hal yg wajar, dan lagi TS ga ngumbar itu d dpan umum koq,
    emang cewek kalo uda emosi, punya logika sering ga d pake, dan mendewakan "persahabatan"
    ga salah seh sbenernya, tp jd salah kalo d bawa" masuk ke hbungan pacaran.pacaran itu kan masalah 2 individu dewasa yg sifat nya pribadi.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  10. enak_oom M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    447
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +171 / -0


    :madesu:
    ...trauma ..emosi ...ilang logika.
    gila'... berasa disampahin atas nama masa lalunya yg gak mau dibagi..
    dan tiba2 aja secara nggak sengaja k'picu sama satu hal.. langsung hancur berantakan!

    si beruang lagi mati2an berusaha sabar dan sadar buat menahan diri untuk nggak nyalahin kondisi yang pernah dialamin kucing...
    tapi hati rasanya kayak mau meledak!...
     
    Last edited: Dec 21, 2010
  11. Luminus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 26, 2009
    Messages:
    29
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    itulah perbedaan cowo dan cewe, klo cowo itu memang lebih mengutamakan kontak fisik (peluk, cium, dll), sedangkan cewe lebih mengutamakan perasaan (rasa disayang) daripada kontak fisik.
    untuk hal ini menurut g sih lebih baik TS meminta maaf untuk hal yang menurut TS adalah hal yang biasa aja (karena menurut si kucing hal tersebut adalah sesuatu yang udah mengganggu dirinya), dan g rasa cuma itu doang caranya, gak ada cara laen buat beresin masalah ini

    good luck
     
  12. PurpleBoyZ Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 30, 2010
    Messages:
    79
    Trophy Points:
    21
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24 / -0
    melow bgt kisahnya,,.

    hadapi dengan senyuman..
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  13. enak_oom M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    447
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +171 / -0
    Pameran

    Sebagai cowo, saya mengakui adanya dorongan untuk melakukan kontak fisik ke pasangan, tapi itu sebagai bentuk ekspresi afeksi terhadap pasangan (munafik yg bilang nggak), namun itu pun dalam batasan norma asusila yang wajar.. inget, syarat nomer 4?

    ***

    Pernah suatu hari beruang datang ke satu pameran. Hari itu kucing lagi jaga di salah satu stand. Beruang sengaja ingin ngasih surprise kecil, karena mereka berdua lama nggak ketemu. Namanya lokasi pameran, hari terakhir pula, pastinya penuh dengan orang dimana-mana.. Sampai di stand pameran tempat kucing jaga, beruang nggak langsung nemuin kucing. Ya, kira-kira jarak 10 meter, ditengah-tengah lalu lalang orang-orang. Beruang hanya berdiri diam, tersenyum, sambil merhatiin kucing yg lagi sibuk melayani pengunjung pameran..

    Sekitar satu-dua menit kemudian, akhirnya mereka berdua bertemu mata.. Dan kucing pun kaget, tersenyum, dan sedikit panik..
    Beruang nggak bergeser sedikit pun dari tempat dia berdiri. Beruang takut! (..inget no.4!)
    Kemudian dari kejauhan, beruang cuma menirukan gerakan makan dengan memakai sendok-garpu ke arah kucing, dengan suara berbisik..
    "Jangan lupa makan, ya?.. Jangan lupa makan!"

    Setelah mendapat anggukan kepala dari sang team leader pameran, langsung dengan paniknya kucing berlari ke arah beruang,
    dan tiba-tiba aja ia lompat dan memeluk erat beruang ditengah-tengah lautan manusia..
    udah kayak anak kecil yang ngedapain boneka raksasa..
    (inget adegan Agnes meluk boneka unicorn di film 'Despicable Me'? "..it's so fluffy, I think I'm gonna die!")

    ..sumpah! ..itu rasanya seneeeeeeeeeeeng banget..
    ..bahagiaaaaaaaaaaa banget..
    *kampret gue nangis beneran* :'(
    nggak tau itu namanya apa?..
    cuma rasanya koq, hati ini tiba2 LEGA' banget?!..

    ..tapi beruang masih sadar (takut). Langsung aja, dengan sedikit nada menyindir beruang bilang, "Katanya, No PDA???..."
    "Biarin!.." jawab si kucing. Lho koq gitu? Pikir beruang.. Tapi ya sudahlah.
    Beruang memaklumi, karena kondisinya mereka berdua udah lama nggak ketemu.
    Baru setelah itu beruang memberanikan diri untuk membalas pelukan kucing.
    Pelukan itu berlangsung sekitar beberapa saat.. mungkin hampir satu menit.
    Setelah itu, baru kucing mau melepaskankan pelukannya dan kembali ke tempat dia jaga..

    ...

    Di lain hari (waktu masih baik2 aja), kucing juga pernah cerita tentang kejadian waktu di pameran tadi.. jadi ketika mereka sedang berpelukan, ada kakek2/nenek2 yg melihat ke arah kami berdua dengan tatapan kebingungan. --> (..katanya No PDA?)

    ***

    Maaf sebelumnya, cerita di page #1 hanya kronologis kejadian secara garis besar yang saya alami. Mungkin setelah ini (seiring dengan respon, masukan, atau pertanyaan dari kalian semua), akan ada beberapa detail kejadian didalamnya yang saya tambahkan.

    Trim's!

    Saya sudah berulang kali meminta maaf. Bahkan mencoba untuk menguatkan dan meyakinkan dia untuk menghadapi traumanya itu.. tapi saya malah dibilang 'maksa' (padahal maksud hati ingin mensupport dia.. tapi ya sudahlah, anggap aja demikian.. --> saya ini si tukang paksa)..

    Tapi setelah kejadian 'e-mail' itu, kayaknya dia udah bener-bener nutup diri dan nggak ngasih kesempatan sama sekali untuk membahas masalah ini.. Misalnya, sekarang fb saya udah di remove + di blok.. status YM, permanently offline terus, mungkin udah di remove juga kali ya?..

    ..jadi agaknya sulit berharap akan adanya pembicaraan mengenai masalah ini. Oia satu hal lagi.. Kucing sendiri pernah bilang (via email), kalo dia sendiri merasa belum siap menghadapi menghadapi permasalahannya dia sendiri.. Well, that's kinda concludes everything.. (though it's pretty disappointing.)

    ..dan setiap saya membaca bagian "..aku gak mau bhas mslh ini lg.. aku malu.." ..rasanya tiba-tiba kayak ada raksasa di depan mata dan berkata
    "JANGAN COBA-COBA BERTANYA!..", sambil melotot dan menunjuk batang hidung saya. :(
     
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Mar 8, 2011
  14. enak_oom M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    447
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +171 / -0
  15. dunialelaki Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 18, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    intinya,,
    yah cri pasangan yg bner2 ciocok aja deh,,susah juga si klo bnyak ini itu nya
    ribet
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  16. enak_oom M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    447
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +171 / -0
    cocok apa nggak kan sama2 belom tau.
    cuma saya tetep berusaha untuk menjadi yang terbaik aja untuk pasangan (selanjutnya)..
    ..ya, doain aja semoga cepet dapet lagi yang terbaik.

    AMIN!.. :)
     
  17. mutz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 29, 2010
    Messages:
    1,173
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +350,140 / -0
    setuju sama yang diatas ane :)

    sabar dan berjuang biar si kucing yankin sama kesungguhan agan :top:
     
  18. ESTINT12 Members

    Offline

    Joined:
    Jul 21, 2007
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +86 / -0
    setuju bro :top:
     
  19. enak_oom M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 20, 2009
    Messages:
    447
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +171 / -0
    ..terimakasih atas dukungan agan2 semua. :nangis: ..jadi terharu saya.

    ***

    Tapi sekarang sudah waktunya untuk Beruang menutup buku dan memulai sesuatu yang baru.

    Buat Beruang, Kucing akan selalu menjadi salah satu bagian yang paling berharga di hidupnya. Karena memang banyak pelajaran yang bisa diambil oleh Beruang selepas perpisahannya dengan Kucing. Disamping itu juga, ternyata masih ada banyak hal yang (baru sekarang) Beruang sadari, bahwa selama ini harus diperbaiki dan terus diperbaiki. Salah satunya:

    "Membuat pasangan kita merasa aman, nyaman, dan percaya saat berada didekat kita."

    ***

    Thread ini mungkin akan menjadi semacam 'monumen' pengingat untuk Beruang, dan mungkin juga untuk 'beruang-beruang' lainnya diluar sana. Pengingat bagi mereka, untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik buat pasangannya. Mungkin masih jauh dari sempurna (pastinya!), tapi setidaknya; pasangan kita juga bisa merasa bangga, kalau selama ini, ia adalah alasan terbesar dalam hidup kita untuk selalu berusaha dan terus berusaha menjadi seseorang yang lebih baik dari kemarin.

    :hmm:

    ..sekali lagi. Kucing, terimakasih yah! :)
     
    Last edited: Jan 13, 2011
  20. 3mp3r0r5 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    322
    Trophy Points:
    166
    Ratings:
    +9,004 / -0
    Nice Post gan...
    Keep it up....
     
  21. Galih_The_Great Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 26, 2009
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    wooo bagus gan ceritanya... rasis? gak jaman kalee...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.