1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fauna Tanda dan Sebab Kematian Hamster

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by suntoroagung, Dec 11, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. suntoroagung M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 11, 2010
    Messages:
    222
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +29 / -0
    Gan, bagi-bagi pengalaman nih karena baru aja aku melakukan kesalahan besar terhadap hamsterku. Hamsterku mati tak sengaja:sedih1:onion-10:

    Banyak sebab-sebab kematian hamster, baik itu secara natural maupun secara forcing (kelakuan manusia)

    Cekidot dah...

    A. Kematian Hamster Saat Masih Bayi. Kematian bayi hamster umumnya disebabkan oleh beberapa hal berikut. .

    1. Akibat disentuh, diangkat, diambil dan dipindahkan dengan tangan. Karenanya, memindahkan bayi hamster sebaiknya menggunakan sendok plastik atau ********** lain dan tidak boleh menggunakan tangan secara langsung. Jika tersentuh tangan, dapat dipastikan bayi tersebut akan dibunuh atau dimakan oleh induknya.

    2. Bayi hamster berukuran terlalu kecil. Sebenarnya bayi setiap jenis hamster memiliki ukuran standar yang merupakan salah satu syarat agar dapat bertahan hidup. Bayi hamster yang lahir terlalu kecil akan mati karena terlalu lemah untuk menyusui pada induknya. Biasanya bayi ini akan habis dimakan oleh induknya. Tindakan induk memakan anaknya sendiri yang kondisinya lemah bukan kanibalisme, tetapi dilakukan untuk mempertahankan dan menjaga kondisi lingkungan atau sarangnya. Bayi hamster yang mati dan tidak segera dimakan akan membusuk dan mengotori atau membasahi sarang, sehingga bayi yang masih sehat bisa mati karena kedinginan.

    3. Sarang induk hamster yang sedang mengasuh atau menyusui anaknya dibersihkan. Sarang yang dibersihkan bisa membuat induk hamster terkejut, gelisah, stres, serta merasa terganggu dan merasa tidak aman, sehingga membuat induk menggigit anaknya.

    4. Gigitan biasanya di sekitar wajah, mata, telinga, hidung, dan mulut. Luka di daerah ini bisa berakibat fatal. Gigitan bisa juga diarahkan ke leher, terutama bagian tenggorok sehingga tenggorok sobek dan bayi hamster tidak bisa bernapas. Sementara itu, gigitan di daerah kaki dan bagian lengan atau pahanya dapat membuat bayi hamster terkena infeksi, kehilangan kaki, dan mati karena kehabisan darah. Parahnya induk yang marah ini akan membunuh anak-anaknya secara membabi buta. Kondisi ini tentunya bisa membuat pemilik marah, kecewa, dan kesal. I 4. Anak hamster yang sudah mandiri tetapi tidak segera disapih bisa membuat induk marah karena merasa tersaingi dalam mencari pakan. Induk yang terlalu lama bersama anaknya akan kehilangan stamina karena harus berbagi pakan. Karenanya, jika tidak cepat dipisahkan induk akan marah dan memangsa anak-anaknya.

    5. Kesehatan induk terganggu. Induk yang sakit dalam masa menyusui dan mengasuh anaknya akan membunuh anaknya karena meras a tidak mampu mengurus dan menyusui anaknya.

    6. Induk betina terlalu muda. lnduk hamster yang terlalu muda secara mental belum siap mengasuh anaknya karena umumnya belum memiliki kelenjar susu yang baik atau kelenjar susunya belum dapat menghasilkan susu yang cukup bagi bayinya. Buruknya kondisi gizi hamster betina yang mengasuh anaknya dapat mengakibatkan kelenjar susunya menjadi kering, sehingga susu yang dihasilkan tidak cukup untuk diberikan kepada anaknya. Karenanya, dalam membiakkan hamster sebaiknya menunggu hingga calon induk dewasa penuh.

    7. Kondisi lingkungan kandang yang buruk atau kotor. Alas kandang yang kotor, lembap, dan basah;dapat menyebabkan bayi hamster sakit dan mati.

    8. Induk betina kekurangan pakan. Hamster betina yang sedang mengasuh anak umumnya membutuhkan konsumsi pakan yang lepih banyak daripada biasanya.

    9. Pada saat ini mereka membutuhkan pakan yang kaya gizi, vitamin, dan kalsium yang berguna untuk menguatkan tulang-tulang bayi hamster agar cepat besar dan memilki postur yang baik.

    10. lnduk betina kurang gizi, vitamin, dan mineral. Kekurangan zat-zat penting ini bisa menyebabkan bayi hamster lahir berukuran terlalu kedl dengan angka kematian tinggi karena kondisi kesehatannya kurang baik. Karenanya, induk' betina yang hamil perlu mengonsumsi pakan yang cukup mengandung gizi, vitamin, dan mineral.

    B. Kematian Hamster Remaja atau Dewasa Muda. Kematian hamster remaja atau dewasa muda disebab. kan oleh hal-hal berikut;

    1. Pemberian pakanyang terlambat. Terlambat memberi pakan adalah satu hal yang tidak boleh terjadi karena menyebabkan hamster muda kelaparan dan kelaparan yang berkepanjangan akan membuat hamster sakit dan mati karena masuk angin.

    2. Hamster tersedak pakan. Meskipun jarang terjadi, tersedak pakan bisa menyebabkan kematian hamster remaja.

    3. Kebersihan pakan kurang atau tidak terjaga. Pakan kering yang berjamur dan kadaluwarsa dapat membuat hamster .meneret atau diare yang bisa berujung pada kematian.

    4. Suhu udara terlalu p'anas. Hamster sangat sensitif terhadap suhu udara dan tidak tahan terhadap panas yang tinggi. Di habitat aslinya,. hamster sering bersembunyi dibalik rerumputan yang lebat dan menggali terowongan sedalam 91 cm di dalam tanah dengan suhu sekitar 17° C. Karenanya, harus diusahakan suhu tempat pemeliharaan mendekati suhu tersebut.

    5. Terkena sinar matahari. Karena tidak tahan udara panas, sebaiknya hamster tidak terkena sinar matahari, baik seeara langsung.maupun tidak langsung. Bagi hamster bermata merah, sinar matahari akan menimbulkan gangguan pada matanya, dari yang ringan sampai.fatal.

    6. Sinar matahari juga .disinyalir dapat menimbulkan kebutaan. Apalagi hamster diketahui memiliki penglihatan yang kurang baik.

    7. Jatuh dari tempat yang tinggi. Hamster yang terjatuh dan mendarat di atas tumpukan serbuk kayu, tidak akan membuatnya terluka.Namun, jika sampai jatuhdi tempat .yang keras dapat mengakibatkan patah kaki dan mati.

    8. Benturan keras pada hidung dapat membua!nya langsung mati karena sebagai indera pencium, hidung memiliki banyak saraf.

    9. Dimandikan. Pada dasamya hamster adalah hewan yang takut air karena hamster tidak tahan jika tubuhnya basah, sehingga sakit jika terkena air. Sebagai hewan bertubuh kedl hamster telah terbiasa tidak mandi secara basah dengan air. Mereka biasa mandi kering dengan cara berguling guling di atas pasir. Jika ingin mencoba memandikan hamster harus menggunakan cara yang cepat. Memandikan hamster bisa dilakukan dengan cara mengelapnya menggunakan kain basah yang telah diperas. Harus diusahakan buIu hainster tidak sampai terlalu basah dan kulitnya tidak terkena air. Selanjutnya, bulu dikeringkan dengan cepat menggunakan lap kering dan pengering rambut dengan suhu sedang. Tidak dianjurkan mengeringkan buIu hamster dengan suhu panas, apalagi menjemumya di bawah sinar matahari.

    C. Kematian Hamster Dewasa. Penyebab kematian hamster dewasa sebagai berikut;

    1. Induk hamster hamil lagi ketika masih mengasuh anak anaknya atau hamil bersambung. Hamil bersambung dapat menyebabkan kematian indukhamster karena secara fisik tubuhnya belum terlalu sehat setelah melahirkan anak-anaknya.

    2. Luka akibat perkelahian. Berdasarkan pengamatan penulis, perkelahian antarhamster disebabkan hal-hal sebagai berikut;
    * Persaingan antar hamster betina dalam memperebutkan jantan. Hal ini dapat terjadi jika hamster dipelihara secara bercampur antara hamster jantan dan betina, sehingga betina yang sudah matang kelamin akan menguasai wilayahnya sendiri dan terjadi persaingan antara hamster betina dalam memperebutkan hamster jantan.
    * Persaingan dalam memperebutkan posisi sebagai penguasa dalam kelompoknya. Dalam kelompok hamster yang jumlahnya banyak, biasanya akan . timbul persaingan antarpejantan dalam rangka memperebutkan pengaruh dalam kelompoknya.
    * Perkelahian ini biasanya terjadi antara dua ekor hamster yang dominant dan agresif. Hamster yang dominan biasanya bertubuh kekar, berumur muda, dan bertemperamen galak.
    * Kandang terlalu sempit. Kepadatan kandang dapat diukur dengan melihat seberapa sering antarhamster saling berpapasan atau bersentuhan secara fisiko Semakin sering hamster tersebut bersentuhan, berarti kandang padat. Untuk mencegah atau memperkecil terjadinya perkelahian harus diusahakan kandang tidak terlalu padat. Idealnya seekor hamster menempati kandang seluas 5-7 kali besar badannya.

    3. Umur. Setelah masa pemeliharaan tertentu, hamster dewasa akan mengalami penambahan umur dan akan menjadi tua. Secara alami jika telah sampai pada umur harapan hidup maksimal, hamster dewasa akan mati dengan sendirinya.
    4. Ukuran yang berbeda. Menyatukan hamster dengan ukuran yang berbeda jauh dalam satu kandang tidak disarankan.
    * Menyatukan hamster syria secara beramai-ramai dalam satu kandang bertentangan dengan kebiasaan mereka karena pada dasarnya hamster syria adalah hamster yang bersifat soliter, yakni lebih senang menyendiri dan di alam bebas tidak ditemukan hidup berkelompok. Menggabungkan hamster syrian yang memiliki ukuran yang berbeda dalam satu tempat dapat menyebabkan perkelahian dan kematian. Karenanya, tidak disarankim menggabungkan hamster syria yang berukuran kedl dengan yang berukuran lebih besar, apalagi jumlah hamster syria yang berukuran kecillebih sedikit. Penggabungan ini bisa menyebabkan hamster yang kecil mati karena menjadi sasaran pengeroyokan hamster yang berukuran besar.
    * Sama halnya yang akan terjadi pada kelompok hamster mini (kecuali roborovski). Meskipun hamster mini campbell dan winter white ditemukan hidup berkelompok di alam bebas, perkelahian akan timbul jika dalam kelompok hamster mini terdapat hamster yang berukuran lebih kecil dan jumlahnya kalah banyak dengan yang berukuran besar. Selain itu, perbedaan bau tubuh antarhamster tersebut akan menjadi pemicu timbulnya perkelahian yang akan berakhir dengan kematian pada hamster yang berukuran kecil. Perbedaan bau timbul karena berbagai faktor, di antaranya karena pemberian bedak yang berbeda jenis dan merek.
    * Hamster yang kurang sehat, sakit, atau cacat yang berada dalam satu kandang dengan hamster yang sehat akan menjadi sasaran pengeroyokan yang berujung pada kematian yang mengenaskan. Hal ini dapat terjadi pada hamster syria, campbell, dan winter white.


    Semoga bermanfaat :hmm:
     
    • Thanks Thanks x 3
    • Like Like x 2
    Last edited: Dec 11, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. fouchan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 17, 2010
    Messages:
    1,520
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +20,742 / -0
    :niceinfo:
    dari kemaren adek gw ngrawat hamster mati mulu
    copas dulu :nikmat:
     
  4. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,189 / -0
    kadang bayi hamster suka dimakan ma hamster dewasa kalu lg kelaparan...:aaaa:
     
  5. invisible_woman M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 24, 2010
    Messages:
    1,206
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,252 / -0
    yg ini kejam banget sih bro :hiks:
    ko bisa sih, induknya mau makan anaknya, cm gara2 kita pegang
    emanngnya najis :bata:
     
  6. zakainiwak M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    1,290
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +25,825 / -0
    soalnya kalo gak salah gara2 ketika kita sentuh bayinya jadi bau kyk manusia..
    jadinya ibunya gk kenal ama anaknya lagi...
    akhirnya.. DIMAKAN DEH....:lol:
     
  7. suntoroagung M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 11, 2010
    Messages:
    222
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +29 / -0
    Bener katanya agan zakainiwak
    Hamster itu bisa kenal dengan anak ato pasangan ato temannya dari baunya...
    Kalo gak sama, biasanya bertengkar terus tanpa henti, kalo anak dimakan.
    Tapi sepengalaman aku pelihara hamster, kalo anaknya diketahui cacat langsung dimakan juga kok.
    Takutnya nanti kalo mati bisa ganggu lingkungan sarangnya. Gitu... :hmm:
     
  8. xbluex M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 24, 2010
    Messages:
    124
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +144 / -0
    mo kasi tambahan nih kk...
    jangan terlalu sering memberi makan hamster dengan sayuran, apalagi sayuran yang kadar airnya tinggi....
    hamster bisa **maaf mencret, atau dikenal dengan pantat basah..
    sayuran sebaiknya hanya jenis toge maupun buncis, selain itu sebaiknya dihindarkan, pemberiannya pun cukup 2 hari 1x.
    takaran pakan toge untuk 1 hamster adalah 4-5 biji toge, sedangkan untuk buncis, dipotong sepanjang 2-3cm saja.
    sebaiknya untuk yang hanya memelihara beberapa ekor hamster saja, lebih baik memakai pakan kering khusus hamster, yang banyak disediakan di toko, untuk yang memelihara anjing / kucing / kelinci, pakan kering anjing / kucing / kelinci tersebut bisa juga diberikan sebagai pakan selingan untuk hamster tersayang, ga usah banyak2, cukup 4-5 butir saja per ekor per hari, karena pada dasarnya hamster adalah hewan omnivora.
    sedangkan untuk minumnya, bisa dipakai botol minum yang juga dijual di toko.

    pada saat indukan hamil dan menyusui, 1 minggu sekali bisa diberikan keju yang dipotong dengan ukuran 1/2 cm x 1/2 cm, untuk membantu asupan susunya.
    untuk pemula, begitu mengetahui induk betina hamster hamil, sebaiknya jantan dipisah, karena ditakutkan induk jantannya agresif, bisa2 anak hamster yg jadi sasaran, bahkan induk betina pun bisa jadi sasaran induk jantan, kalo induk betina mati.... ya udah, anaknya pun ikut mati....
    begitu anak hamster berumur 1 bulan, sebaiknya disapih ( dipisahkan ) dari induk betina.

    semoga sedikit info tambahan dari saya membantu kk2 sekalian...

    ^-^

    sumber : pengalaman pribadi sebagai mantan peternak hamster
     
  9. dikcitayem Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +16 / -0
    wah kasihan sekali hamster yg kena sentuh manusia....
    kalo terlanjur disentuh harus digimanain..?
     
  10. xbluex M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 24, 2010
    Messages:
    124
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +144 / -0
    kalau terlanjur disentuh, usahakan ditimbun dengan bekas kencing induknya kk, cuma nimbunnya jgn lama2, agar bau tangan kita hilang ( tertutup ) oleh bau kencing induknya aja...
    aku sering kok megang anak hamster yg masih bayi n merah, tapi aku harus liat karakter induknya dulu, agresif or ngga, biasanya yg makan bayi kalo bayinya bau tangan itu yg agresif kk....

    nih sebagian gambar2 hamsterku....

    [​IMG]
    anak hamster campbell baru lahir, umur kira2 2 hari...


    [​IMG]
    hamster umur 7 hari, udah mulai keluar bulu, jalan masih tertatih...


    [​IMG]
    keluarga hamster winter yang rukun, dalam gambar ini, indukan jantan tidak dipisah, karena indukan jantan dan betina emank sudah rukun dari pertama, tidak agresif.
    indukan jantan justru ikut memberi makan anaknya kalau si anak udah bisa makan sendiri, dengan cara si anak akan mendekat ke kantung makanan ( di pipi ) indukan jantan, dan indukan jantan akan memberikan simpanan makanan di dalam kantung makanan mulutnya.
    (untuk pemula, sebaiknya induk jantan n betina dipisahkan begitu ketauan kalo induk betinanya hamil)


    [​IMG]
    anakan hamster panda, umur 1 bln, hamster jenis panda dikenal sebagai hamster paling galak, lebih galak dari campbell..


    [​IMG]
    anakan hamster berumur 5 minggu, 1 akuarium hanya berisi hamster winter, biarpun jenisnya macam2...
    putih : winter white pearl
    coklat muda : winter violet
    abu2 : winter saphir ( safir )
    abu2 garis hitam di tengah : winter tiger
    yang winter tiger, tiap daerah penyebutan berbeda, hati2 corak badan hampir sama dengan campbell blue saphir, tapi campbell blue saphire lebih murah harganya
     
  11. suntoroagung M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 11, 2010
    Messages:
    222
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +29 / -0
    Oh ya, aku kemaren2 juga pelihara hamster betina yang baru aku beli. Eh, gak taunya uda "dicoba" ma hamster lain. Ya uda, aku rawat sampai dia melahirkan.
    Waktu melahirkan aku pisahinnya gak beda kandang, satu kandang tapi beda lantai. Yang anaknya di lantai 2 ma betinanya kalo lantai satu si jantan.
    Baru berapa hari gitu (mungkin 3-4 hari), aku cek kandangnya ternyata si anak banyak yang "tewas" bergelimpangan dibawah.
    Aku bingung :???: kok bisa jatuh padahal uda ada pagar yang tidak mungkin dilewati oleh si bayi itu (pagar disini aku kasih batas yang agak tinggi di rumah2annya).
    Ya uda, akhirnya aku kuras kandangnya biar gak bau "bangkai", terus aku masukin lagi si jantan ma si betina bersamaan dengan harapan bisa "buat anak" lagi :peace:
    Eh, ditinggal 2 jam gitu, tau2 si betina mati (mulutnya basah). Kalo aku liat sebelumnya, memang si betina mondar-mandir gak jelas gitu di kandang. Kupikir dia semangat lagi.
    Kata temenku itu kemungkinan si betina lagi cari "bangkai" anaknya terus gak ada, ya uda akhirnya "nyusul" anaknya.

    Apa memang ada ya tipe hamster betina yang stres gara2 anaknya mati gitu?
    Baru beli seminggu uda "tewas":onion-10:

    Sekarang aku beli lagi sepasang hamster muda dan kali ini aku gak mau mengulang kesalahan yang sama lagi:onion-86:
     
  12. xbluex M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 24, 2010
    Messages:
    124
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +144 / -0
    kayaknya itu hamster dehidrasi kk, bulu bagian mulut n lehernya basah terus khan....
     
  13. suntoroagung M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 11, 2010
    Messages:
    222
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +29 / -0
    Hah? :???:
    Iyakah gan? Wah, kalo dehidrasi gak mungkin banget deh, baru aja isi botol minum kemarennya gan. Masih full kok.
    Masa' dia gak minum sampai sebelum kematiannya?:sedih1:
     
  14. nameless4 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 13, 2010
    Messages:
    163
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    ternyata hamster itu kanibal juga yaa..
    seremmm bgt..
     
  15. burningfang Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 29, 2010
    Messages:
    255
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    mungkin si betina stres karena kandangnya dibersihkan, jadi "bingung" sama seperti ikan
    apalagi dia abis melahirkan, kondisi ga fit jadinya
     
  16. shivaice Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 20, 2010
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    Nice info gan..
    ternyata hamster bisa kanibal jg yah..
    btw gimn cara biar hamster jinak yah?
    soalnya pernah coba pegangin hamster pny sodara, taunya galak bener hamsternya ampe digigit dikit ujung jarinya, untung nga sakit...
     
  17. xyrsh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 29, 2010
    Messages:
    591
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,260 / -0
    berarti gw udah bener melihara syria seekor aja.. :haha:
     
  18. LongbeachCity Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wah keren ni infonya..
    makasih gan.. :)
     
  19. karindra Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 31, 2009
    Messages:
    199
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    wah makasih banyak gan...,

    thanks infonya....,

    jd ada panduan kalo mw melihara hamster...,
     
  20. priezt Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 6, 2010
    Messages:
    2,039
    Trophy Points:
    262
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +27,235 / -0
    aku baru beli hammie dari temen.. kata pemilik sebelumnya, diajarin kalo hammie ga boleh minum air terlalu banyak
    soalnya klo dikasih air terus2an, dia akan lebih milih minum air daripada makan makanannya..
    akibatnya bulu hamster akan basah, dan kedinginan, akibatnya bisa mati.

    tp berhubung hammie itu gampang haus, kalo aku sih suapin aja (hammienya ku gendong, trus botol minumnya kupegangin) sampe dia udah ga mau minum baru aku lepas lg.. jd botol minum ga aku taruh dikandangnya..
    kadang boleh pake buah2an sebagai pengganti air hehe
    tapi yg campbell sih sama sekali ga pernah mau minum air, kalo yg winter sih minumnya kuat :haha:
    :peace:
     
  21. kaide9 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    539
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +253 / -0
    hamster bukanya pemakan sayuran ya?
    kok bisa dia makan daging:???:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.