1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

People 12 Ilmuwan Wanita yang Mengubah Persepsi Dunia

Discussion in 'Official and Free Talk' started by Estherzilla, Feb 27, 2014.

  1. Offline

    Estherzilla Post Hunter Moderator

    Joined:
    Apr 17, 2010
    Messages:
    3,765
    Trophy Points:
    232
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +20,947 / -0





    Para Ilmuwan Wanita yang Mengubah Persepsi Dunia​



    [​IMG]





    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat tidak dipungkiri terdapat juga campur tangan wanita di dalamnya. Kini emansipasi wanita sudah disuarakan dimana-mana, sehingga banyak bermunculan wanita yang berkarir di bidang yang sama dengan pria. Namun, pada zaman dahulu, para wanita hanya dianggap sebagai pengurus anak dan rumah tangga. Wanita juga banyak mengalami diskriminasi dalam hal pendidikan, karir, dan hal lainnya. Meskipun demikian, tidak sedikit pula wanita yang melawan arus dan mengerjakan pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh pria. Contohnya adalah wanita-wanita berikut ini. Mereka adalah para ilmuwan wanita yang telah berjasa meskipun hidup sebelum era emansipasi wanita.























    Marie Curie​
    [​IMG]

    Pada usia 24 tahun, Madam Curie meninggalkan kampung halamannya, Polandia, untuk bersekolah di Paris. Melalui penelitiannya,Curie berhasil menemukan teknik untuk mengisolasi isotop radioaktif. Bersama dengan suaminya, Pierre Curie, ia menemukan unsur radium. Selama Perang Dunia I, dia berhasil membuka pusat radiologi. Sayangnya, Curie tidak mengetahui bahaya zat radioaktif saat melakukan pengisolasian, sehingga ia terlalu sering melakukan kontak langsung dengan unsur-unsur tersebut. Radiasi sinar radium yang berlebih memberikan dampak negatif bagi tubuhnya, hingga akhirnya ia mengidap kanker leukimia. Tiga bulan kemudian, Curie mengembuskan napas terakhirnya.Dedikasinya yang tinggi terhadap bidangnya justru malah merenggut nyawanya. Oleh karena itu, kita tidak bisa melupakan Marie. Berkat jasanya, kita bisa menggunakan terapi radiologi pada abad ini.





    Elizabeth Blackwell​
    [​IMG]

    Di bidang medis, Nama Elizabeth Blackwell tidak hanya dikenal sebagai wanita pertama yang mendapatkan gelar MD di USA, dia juga tercatat sebagai dokter pertama di Inggris. Elizabeth awalnya terinspirasi untuk belajar obat-obatan karena trauma dari temannya yang menderita penyakit Kanker rahim. Temannya mengatakan pada Elizabeth bahwa dia akan lebih nyaman jika saja ditangani oleh dokter wanita. Pada mulanya Blackwell hanya mendengarkan saja, tetapi kemudian dia berubah pikiran untuk meraih gelar dokter, mengingat tidak adanya dokter wanita pada masa itu. Ketika pelajaran anatomi reproduksi, Elizabeth juga menolak untuk menghiraukan orang yang mengatakan bahwa seharusnya wanita tidak boleh melihat kevulgaran dari pelajaran ini.










    Rosalind Franklin​
    [​IMG]

    Nama Rosalind Franklin seakan sudah tenggelam dalam dunia penemuan DNA. Seperti yang kita tahu, Watson dan Crick adalah penemu yang mendiskusikan dan meneliti penguraian helix DNA. Tetapi sebenarnya Rosalind adalah yang pertama kali menggambarkan penguraian ini untuk kemudian didiskusikan oleh kedua lelaki tersebut. Tanpa penemuannya yang detail dan perhatiannya, kita tidak bisa mengambil manfaat dari pengetahuan DNA.









    Rachel Carson​
    [​IMG]

    Pada awal tahun 1940-an dan 1950, DDT dianggap sebagai pencegah malaria. Insektisida ini juga dibiarkan saja beredar luas oleh organisasi WHO, hingga saat mereka sadar, DDT sudah dipakai oleh banyak orang dan tersebar kemana-mana. Carson adalah ilmuwan pertama yang menyebarkan gagasan bahwa DDT tidak aman dan berpengaruh buruk pada manusia juga. Sayangnya, Carson terlebih dahulu meninggal dunia karena terserang kanker payudara sebelum sempat meneliti lebih dalam dampak penggunaan DDT.








    Hypatia dari Alexandria​
    [​IMG]


    Hypatia adalah ilmuwan wanita yang hidup pada masa yang sama dengan Hypocrites dan ilmuwan Yunani lainnya. Ayahnya adalah seorang ahli matematika dan dia juga mengikuti jejak ayahnya dengan menerbitkan karya-karya di bidang astronomi dan fisika.
    Sayangnya, Hypatia harus melawan anggapan penganut kristen masa itu yang menganggap temuannya sebagai ajaran sesat.












    Shirley Ann Jackson​
    [​IMG]

    Sebagaimana Hypatia, Shirley Ann Jackson juga menghadapi diskriminasi. Tetapi berbeda dengan Hypatia, Shirley tidak hanya menerima diskriminasi karena dirinya wanita, tetapi juga disebabkan oleh warna kulitnya. Ketika dia masuk MIT pada tahun 1964, hanya terdapat kurang dari 20 wanita keturunan Afrika-Amerika yang belajar di sana. Dia kemudian menjadi wanita pertama berkulit hitam yang mendapatkan gelar doktor dan sarjana di institusi tersebut.
    Pada tahun 1995, Shirley menjadi wanita pertama yang ditunjuk oleh Presiden Clinton menjadi anggota Komisi Regulasi Nuklir.







    Mary Anning​
    [​IMG]


    Mary Anning adalah seorang ahli paleontologi wanita. Jasanya di bidang paleontologi dimulai dari penggalian fosil yang dilakukannya untuk dijual ke Orang kaya demi memberi makan keluarganya. Bisa dibayangkan reaksi mereka pada saat itu. Banyak yang meremehkan usaha Mary dalam penggalian fosil hanya karena dia seorang wanita. Meskipun begitu, Mary justru menemukan berbagai jenis Dinosaurus yang memberikan kontribusi pada teori kepunahan. Menjelang waktu kematiannya, hanya sedikit saja orang yang memberikan rasa hormat atas jasa Mary.









    Josephine Cochrane​
    [​IMG]


    Wanita luar biasa yang satu ini adalah penemu pertama mesin pencuci piring mekanik. Pada tahun 1886, dia berkata "Jika tidak ada yang akan menemukan mesin pencuci piring, Saya akan menemukannya sendiri" Dan akhirnya dia melakukannya. 7 tahun kemudian, dia mempresentasikan penemuannya di World's Columbian Exposition pada tahun 1893 di Chicago dan memenangkan penghargaan tertinggi untuk Konstruksi mekanis terbaik, daya tahan dan adaptasi terhadap pekerjaan. Dia adalah wanita yang kaya dan memulai perusahaannya Garis-Cochran Manufacturing Company, yang kemudian menjadi bagian dari KitchenAid, yang akhirnya dikenal sebagai Whirlpool.








    Maria Mitchell​
    [​IMG]

    Maria Mitchell adalah astronom wanita pertama di Amerika yang menemukan komet pada tahun 1847. Hingga saat ini, komet tersebut dikenal dengan sebutan "Miss Mitchell's Comet". Atas jasanya, Mitchell menerima medali emas dari Raja Frederick VII dari Denmark.











    Irene Joliot-Curie​
    [​IMG]

    Beliau adalah seorang kimiawan, fisikawan dan bahkan politis terkena. Dia adalah putri dari Pierre dan Marie Curie. Sebagaimana orang tuannya, dia bersama dengan suaminya juga memenangkan hadiah Nobel untuk penemuan mereka di bidang kimia, yaitu radioaktivitas buatan. Penelitiannya pada aksi neutron dan unsur-unsur berat merupakan langkah penting dalam penemuan fisi uranium.








    Ada Lovelace​
    [​IMG]

    Wanita yang menakjubkan dan sangat inspiratif ini adalah seorang matematikawan berkebangsaan Inggris yang juga seorang penulis. Dia terkenal karena karyanya dalam komputer mekanik awal milik Charles Babbage, yang disebut Analytical Engine. Oleh karena kerja Lovelace yang sangat luar biasa, dia sering dianggap sebagai programmer komputer pertama di dunia. Kecerdasan Lovelace begitu mengagumkan, hingga Babbage menyebutnya sebagai "The Enchantress of Numbers".









    Caroline Hershel​
    [​IMG]

    Caroline Hershel adalah seorang astronom berkebangsaan Jerman-Inggris. Dia, bersama dengan kakaknya, astronom Sir William Herschel, menemukan beberapa komet dan khususnya, komet periodik 35P/Herschel-Rigollet, yang menyandang namanya. Pada 1781, William, dibantu oleh Caroline, menemukan Uranus. Kemudian pada tanggal 1 Agustus 1786, Caroline menemukan komet pertamanya dan menjadi wanita pertama yang menemukan komet dalam sejarah. Kometnya dikenal sebagai "komet wanita pertama."




    Selama perjalanan sejarah, telah banyak ilmuwan wanita yang sangat luar biasa. Namun banyak dari mereka yang tertutupi oleh penemuan ilmuwan lainnya. Hingga pada akhirnya, mereka meninggal sebelum bisa melihat hasil dari penemuan mereka. Berkat para sejarawan yang berhasil menemukan nama mereka, kita bisa mengetahuinya sekarang.
    Semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi untuk para wanita.






    Source 1
    Source 2






     
    Last edited: Feb 27, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    k1m0ch1 Post Hunter Veteran

    Joined:
    Sep 8, 2008
    Messages:
    3,227
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +17,967 / -0
  4. Offline

    Estherzilla Post Hunter Moderator

    Joined:
    Apr 17, 2010
    Messages:
    3,765
    Trophy Points:
    232
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +20,947 / -0
    :maaf:
    sudah di fix :peace:
    jadi cuma ada ilustrasinya saja ya.. :sigh:
    kemaren juga aku cari foto aslinya, tapi belum menemukan.. :sigh:
     
  5. Offline

    lugly_ia Post Hunter Moderator

    Joined:
    Feb 1, 2012
    Messages:
    4,256
    Trophy Points:
    247
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +10,643 / -0
    Ada Lovelace wanita matematikawan yang jago programmer :sembah:

    saya matematika, tapi anti banget dengan coding2, dan yang ambil bidang studi pemrograman juga kebanyakan cowok

    bidang studi paling horror di jurusan saya, rata-rata lulusnya 5 tahun semua :swt:
     
  6. Offline

    k1m0ch1 Post Hunter Veteran

    Joined:
    Sep 8, 2008
    Messages:
    3,227
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +17,967 / -0
    iya dia ilmuwan yg paling gw apal aja, soalnya programmer.. :iii:
    bidang studi pemograman paling jarang lulus ?
    seriusan ? :aaaa:

    gw sih cuman bisa doang karena emang kebutuhan pasarnya lagi banyak itu :iii:
     
    • Like Like x 1
  7. Offline

    adetuciha Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 28, 2009
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +133 / -0
    marie curie,, udah suka sama dia sejak smp. >.<
     
  8. Offline

    vagabond Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 8, 2008
    Messages:
    4,024
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +8,826 / -1
    Jujur aku tidak terlalu tahu dari semua diatas :malu:
    Mungkin saya menggunakan teknologinya saat ini :malu

    Terima kasih TS sudah berbagi info.
    Setidaknya saya bisa tahu sekarang :malu:
     
  9. Offline

    lugly_ia Post Hunter Moderator

    Joined:
    Feb 1, 2012
    Messages:
    4,256
    Trophy Points:
    247
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +10,643 / -0
    sebenernya dasar dr pemrograman matematika jga kan? :iii:
    jd berhubung saya kuliah d jur matematika murni, ada bidang studi pemrograman :swt:
    yg masuk kesana kebanyakan cowok, dan emang lulusnya susah ga kaya bidang studi lain, jarang bgt lulus tepat 4 tahun :takut:
    makanya kaget banget waktu tahu Ada Lovelace, programmer, cewek pula :matabelo:
     
  10. Offline

    DenyChristi Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 4, 2012
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12 / -0
    Ternyata ada banyak ya, tapi yang tau cuma sedikit.
    Cuma tahu Curie dan Lovelace saja
     
  11. Offline

    ernimulyandari ~ 에르니~ Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,368
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +11,036 / -0
    Saya g th semua tokoh di atas... :swt:
    Makasih infonyaaa ya Kak Esther... :xiexie:

    Baru th kalo Kak Lia kuliah di jurusan matematika... :hihi:


    [​IMG]
     
  12. Offline

    somecare Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 4, 2011
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    Madam Curie yang aku ketahui.... bagaimana yach orang dulu belajar saat penerangan belum sebaik sekarang?
     
  13. Offline

    bocahexecutive Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    100
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8 / -0
    semua tokoh dari abad pertengahan ya, dimana jamannya emang lagi banyak research untuk sekarang..
     
  14. Offline

    bayuparwata Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 31, 2013
    Messages:
    8,514
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +35,452 / -0
    Tokoh wanita yg hebat dan inspiratif pastiny :top:
     
  15. Offline

    fhierha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2014
    Messages:
    709
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,517 / -0
    hiks...hiks... kagak ada yang tahu satupun... :sedih:

    kudet.... :terharu:

    Tapi sekarang sudah tahu... :yahoo:
     
  16. Offline

    Eucly Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 29, 2014
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    12
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1 / -0
    Dari semua di atas cuma tau Marie Curie karna pernah baca di buku yang kaya komik gitu tentang sejarah mereka di perpus sekolah dulu
    yang laennya....:ogbingung:
     
  17. Offline

    memedmardiyansah Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 18, 2009
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    ilmuwan timur tengah gak ada yak?
     
  18. Offline

    ragitasari Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 31, 2009
    Messages:
    56
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    penemu dari indonesia yang perempuan masih dikit yaa
     
  19. Offline

    sansan333 Members

    Joined:
    Nov 24, 2014
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Waaaah. nice thread!!
    Membuat ku menjadi termotivasi..
     
  20. Offline

    taorent Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 27, 2009
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +75 / -0
    Woah... Dari semuanya cuma pernah tau madam currie.
    Banyak juga ya yg di bidang matematika.


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  21. Offline

    icewalker Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -1
    emansipasi wanita ya gan
     

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. tokoh ilmuwan wanita yg berperan di dunia

    ,
  2. ilmuwan wanita terkenal di dunia

    ,
  3. nama penemu penemu wanita

    ,
  4. ilmuwan perempuan di dunia

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.