1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

12 Hak Istimewa Pasien Ketika Di Rumah Sakit Menurut American Hospital Association

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by blacksheep, May 3, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,958 / -0
    Dalam dunia kesehatan, saat ini kita sering mendengar perlakuan yang kurang baik dari beberapa Rumah Sakit. Pihak Rumah Sakit tertentu kurang menjaga hak-hak istimewa seorang pasien ketika dirawat di Rumah Sakit. Padahal semestinya seorang pasien mendapatkan perlakuan serta pelayanan yang terbaik dari pihak Rumah Sakit termasuk pelayanan para dokter serta para perawat. Apakah semua karena profesionalisme pihak manajemen Rumah Sakit yang tidak diperhatikan, ataukah profesionalisme dokter yang belum teruji? Mari kita coba mengevaluasinya.

    Hak-hak serta perlakuan istimewa apa saja yang seharusnya seorang pasien dapatkan dari pihak Rumah Sakit disaat Anda menjadi pasiennya? Menurut American Hospital Association (AHA), terdapat beberapa standar perawatan khusus yang bisa diperoleh semua pasien. AHA telah mengembangkan hukum positif, Patien's Bill of Rights, yang merupakan garis-garis besar baik untuk pasien maupun staf Rumah Sakit.

    Di bawah ini adalah isi peraturan tersebut atau yang lebih dikenal dengan 12 Hak Pasien, yaitu :

    1. Pasien berhak mendapatkan perawatan yang tepat serta penuh perhatian dari pihak manajemen Rumah Sakit.
    2. Pasien berhak memperoleh informasi terbaru dan lengkap dari dokter sehubungan dengan prognosis, diagnosis dan perawatan sehingga pasien mengerti kondisi medis pasien itu sendiri.
    3. Pasien berhak menerima informasi yang diperlukan dari dokter sebagai Informed Consent untuk memulai setiap prosedur dan/atau perawatan yang akan pasien terima.
    4. Pasien berhak untuk menolak perawatan sampai tingkat tertentu yang diijinkan oleh hukum dan berhak mendapat informasi terhadap konsekuensi-konsekuensi medis atas tindakan pasien tersebut.
    5. Pasien berhak mendapatkan privasi sehubungan dengan program perawatan medis pasien itu sendiri.
    6. Pasien berhak meminta bahwa semua komunikasi dan laporan-laporan yang terkait dengan perawatan pasien harus sebagai informasi rahasia.
    7. Pasien berhak mendapatkan perawatan maksimal dalam batas-batas kemampuan pelayanan Rumah Sakit.
    8. Pasien berhak untuk memperoleh informasi mengenai jalinan kerja Rumah Sakit dengan Rumah Sakit/klinik lainnya dan lembaga pendidikan sejauh ada sangkut pautnya dengan penyakit pasien.
    9. Pasien berhak mendapatkan pengarahan jika pihak Rumah Sakit berkeinginan mengadakan atau mengikutsertakan pasien dalam percobaan manusia yang mempengaruhi perawatan atau pengobatan pasien.
    10. Pasien berhak mendapatkan perawatan yang terus menerus dalam batas-batas semestinya.
    11. Pasien berhak mengkaji dan mendapatkan penjelasan tentang tagihan-tagihan medis tanpa mempedulikan sumber pembayarannya.
    12. Pasien berhak mengetahui peraturan-peraturan Rumah Sakit yang telah diterapkan pada seorang pasien.
    Jika ada dari keluarga Anda yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit, hendaknya meminta penjelasan tentang semua laporan medisnya serta berhak mendapatkan pelayanan yang maksimal sesuai standar Rumah Sakit tersebut. Hal ini tentunya demi mendapatkan pelayanan yang terbaik dari pihak Rumah Sakit agar Anda ataupun keluarga Anda tidak dirugikan secara pelayanan.

    Semoga ulasan tentang 12 Hak Pasien menurut American Hospital Association dapat menambah wawasan Anda untuk berani menuntut hak-hak Anda ataupun keluarga Anda sebagai pasien jika suatu saat harus dirawat di Rumah Sakit. Semoga Anda tetap sehat dan bugar selalu!
    Code:
    http://zonanetter.blogspot.com/2010/05/12-hak-istimewa-pasien-ketika-di-rumah.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    zangestu87 Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 18, 2009
    Messages:
    93
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +25 / -0
    Nice info mas/mbak. Cuma kadang yang jadi hak kita sendiri kita tidak peduli.
     
  4. Offline

    socints Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 4, 2010
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +61 / -0
  5. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,168 / -0
    beda yah, di Amrik kan urusan kesehatan semuanya ditanggung asuransi yg sistemnya sudah bagus.
    beda banget sama di sini :swt:
     
  6. Offline

    joeash Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 20, 2009
    Messages:
    149
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +756 / -0
    perasaan gak beda ama di Indonesia, pasien aja yg kadang gak mau cari info apa hak2nya, rumah sakit juga dah usaha kasih tahu kok, lihat aja pasti di dinding rs dah pada di tempelin hak2 itu
     
  7. Offline

    myth73 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    2,784
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +8,371 / -0
    Yaa jelas aja ada hak istimewanya.
    Koz disana kalo berobat kan mahal, kalo gak punya duit gak bisa.
    Gak ada yang namanya jaminan kesehatan buat orang2 miskin.
    jadinya banyak orang yang nabung buat kalo jaga sakit kayak lewat asuransi kesehatan.
     
  8. Offline

    guan46 Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    140
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +14 / -0
    di sini kelauarga ikutan sakit...mikirin biaya rumah sakit..wkwkw
     
  9. Offline

    ryudo2012 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    3,090
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +6,363 / -0
    buat yg berduit seh lebih terjamin..
    kalo yg kalangan bawah di abaikan...
    mana suka terdengar masalah malpraktek di indo ...
    mau jaminan kesehatan gmn jg jd susah di percaya..
     
  10. Offline

    deyerick Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 22, 2008
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    tergantung duit juga kalo menurut g,
    pengalaman g waktu sodara g dirawat di salah satu rs di mangga besar...
    pelayanannya asal banget ...susternya jutek... mungkin karena dia dikelas3...

    nah waktu temen g di ruang VVIP... beeuuhh.. dilayanin uda kaya raja...
     
  11. Offline

    saviany Beginner Members

    Joined:
    Apr 1, 2009
    Messages:
    217
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    ada lagi:
    pasien berhak memilih prosedur medis yg cocok bagi dia.
     
  12. Offline

    preman Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 14, 2009
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +139 / -0
    wew..baru tahu gwa...
    di indo mah hak pasien berkurang gara2 kurang duit..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.