1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

12 Cara Alami Bunuh Kantuk

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by khuma_putry, Jul 2, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,416
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,490 / -8
    Kurang tidur seringkali dijadikan alasan mengantuk saat jam kerja. Tak sedikit dari Anda mencoba mengatasinya dengan secangkir kopi atau menenggak minuman penambah energi. Tetapi, tanpa disadari, minuman itu justru membuat Anda ketergantungan.
    Minuman berkafein memang dapat mencegah rasa kantuk. Namun Anda patut mewaspadai efek sampingnya, mulai dari memangkas waktu tidur, mengganggu siklus dan menurunkan kualitas tidur Anda.
    Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa tetap "melek" secara alami? Ada baiknya Anda mencoba 12 cara berikut ini :
    1. Bangun dari kursi dan berjalan-jalan sejenak Dalam sebuah studi populer, Robert Thayer PhD, seorang profesor di California State University, Long Beach, mempelajari apakah orang-orang lebih bersemangat dengan makan permen atau berjalan-jalan cepat 10 menit.

    Meskipun mengunyah permen meningkatkan energi, satu jam kemudian tubuh akan kembali lelah. Sementara berjalan selama 10 menit meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah Anda ke otak dan otot.

    Jika Anda bekerja di meja, sering-seringlah untuk berjalan-jalan sebentar. Baik di luar gedung saat jam makan siang atau di gedung tempat Anda bekerja, akan membuat Anda merasa lebih waspada dan segar.

    2. Istirahatkan mata untuk hindari kelelahan Nongkrong di depan komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata lelah. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks.

    3. Pilih cemilan yang sehat Cemilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama, seperti: 1. Kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri 2. Yogurt dan segenggam kacang-kacangan atau buah segar 3. Baby carrots dengan saus krim keju rendah lemak.

    4. Ngobrol dengan rekan kerja Jika Anda tidak konsentrasi, ngobrolah untuk membuat pikiran anda rileks sejenak. "Bicaralah dengan rekan kerja tentang bisnis, politik, atau agama. Ini akan menjadi perangsang yang kuat terutama pembicaraan tentang politik," kata Krakow, Direktur Medis dari Maimonides Seni Tidur dan Ilmu Pengetahuan, Ltd di Albuquerque.

    5. Bikin ruang kerja lebih terang Lingkungan dengan pencahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

    6. Tarik nafas dalam Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.
    Ide dari latihan pernafasan adalah untuk menghirup udara ke perut, bukan dada. Anda dapat melakukannya di meja Anda. Duduk tegak, cobalah latihan ini sampai 10 kali :

    * Dengan satu tangan di perut Anda tepat di bawah tulang rusuk dan yang lainnya di dada Anda, tarik napas dalam melalui hidung Anda dan biarkan perut Anda mendorong tangan Anda keluar. Dada Anda tidak boleh bergerak. * Tarik napas melalui bibir seolah-olah Anda bersiul. Anda dapat menggunakan tangan di perut Anda untuk membantu mendorong udara keluar.

    Teknik lain disebut merangsang napas, digunakan dalam yoga untuk meningkatkan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Caranya : Tarik dan hembuskan napas secara cepat cepat melalui hidung. Mulut Anda tetap tertutup tapi santai. Lakukan teknik napas ini dengan tempo singkat, yakni tiga kali dari setiap siklus dalam satu ******* Lalu setelahnya, bernapaslah dengan normal. Anda dapat melakukannya sampai 15 detik untuk pertama kali dan untuk berikutnya tambahkan lima detik setiap kali melakukannya hingga mencapai satu menit.

    7. Menepilah saat mengantuk ketika mengemudi "Mengemudi sambil mengantuk sama bahayanya dengan mengemudi di bawah pengaruh alkohol," kata Siebern. Triknya, Anda dapat membuka jendela dan menyalakan musik keras. "Gantikan posisi anda yang mengemudi dengan orang lain atau menepilah dan tidur hingga kantuknya hilang," kata Siebern.

    Jika Anda berada dalam perjalanan panjang, gantilah posisi pengemudi sesering mungkin. Berhenti setidaknya setiap dua jam untuk berjalan-jalan dan mendapatkan udara segar.

    8. Alihkan tugas untuk stimulasikan pikiran Pada 2004, peneliti Finlandia mempelajari orang-orang yang bekerja shift malam (jam 12). Mereka menemukan bahwa pekerjaan monoton sama berbahayanya karena mengurangi waktu tidur dan menurunkan kewaspadaan. Cobalah melakukan tugas yang berbeda di rumah atau di tempat kerja saat mengantuk. Atau beralih ke tugas lain yang lebih menarik ketika Anda merasa mengantuk.

    9. Minum air Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.

    10. Tidur siang sejenak hilangkan kantuk Menurut Barry Krakow, MD, penulis Sound Sleep, Sound Mind: Seven Keys to Sleeping Through the Night, ada dua hal yang perlu diingat tentang tidur siang: Jangan tidur siang lebih dari sekali, atau mendekati waktu tidur Anda. "Tidurlah antara 5 sampai 25 menit," kata Barry.
    Waktu tidur siang sebaiknya enam atau tujuh jam sebelum Anda biasa akan pergi tidur. Jika Anda ingin istirahat hampir saat jam tidur, istirahatlah lebih pendek.
    Jika Anda perlu tidur siang di tempat kerja, lebih baik jangan tidur di meja. Beberapa perusahaan menyediakan kamar tidur bagi karyawan. Atau anda dapat melatih selama liburan dengan jam alarm untuk memastikan anda bangun tepat waktu.

    "Jika Anda tidak dapat tidur, beristirahatlah dengan menutup mata selama 10 menit atau lebih," kata Allison T. Siebern, PhD, dari Stanford University Sleep Medicine Center di Redwood City, California.

    11. Udara siang mengatur siklus tidur Cobalah untuk menghabiskan setidaknya 30 menit sehari di bawah sinar matahari alami. (Bagi penderita insomnia, para ahli merekomendasikan untuk tidur pada jam matahari pagi bersinar). Berjalanlah keluar untuk menghirup udara segar sekaligus memulihkan kembali indera Anda.

    12. Olahraga Hasil analisis 70 penelitian pada 2006 yang melibatkan lebih dari 6.800 orang, para ahli dari Universitas Georgia menemukan, olahraga lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari daripada mengonsumsi obat. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur.

    Cobalah berolahraga selama 30 menit sehari. Jika Anda memutuskan berlatih keras dalam beberapa hari, kemungkinan tingkat energi Anda akan menurun dan baru pulih dalam beberapa jam kemudian. Konsumsilah makanan yang mengandung protein dan karbohidrat dalam waktu dua jam setelah latihan berat untuk mengganti hilangnya energi di awal latihan. Pastikan untuk menyelesaikan latihan beberapa jam sebelum waktu tidur sehingga Anda mengantuk saat mencoba tidur.

    Kapan perlu ke dokter? Jika Anda tak bisa berhenti mengantuk, waspadalah! Konsultasikan dengan dokter atau spesialis tidur. Mungkin Anda memiliki gangguan tidur seperti kantuk berlebihan atau narkolepsi. Jika Anda sulit tidur karena stres atau alasan lain, terapi perilaku kognitif dapat membantu mengembangkan kebiasaan tidur yang baik dan mengurangi kecemasan tidur.

    Source : Disini
     
    • Thanks Thanks x 10
    • Like Like x 9
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    zerto Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    2,592
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +2,815 / -0
    aku udah coba in, dan hasil nya si..
    lumayan, kalo ngantuk nya masih dikit, lanngsung lakuin,
    biar ga terlalu ngantuk
     
  4. Offline

    balmop Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 23, 2009
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +16 / -0
    yang mengalihkan mata dari layar ane sering tuh. emang ada lumayan efeknya.
     
  5. Offline

    hidayato Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    2,046
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +14,641 / -0
    coba lakukan menarik napas dalam2 lalu ditekan di bawah perut selama beberapa detik
    jika tepat maka km bakal hilang keseimbangan sementara & penglihatan jd gelap sementara juga
    trik ini bisa ngilangin ngantuk jg
     
  6. Offline

    zettai_rony Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 5, 2010
    Messages:
    159
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +50 / -0
    Cara bunuh KAntuk paling Ampuh nomer 1 yaitu........TIDUR!!!!
     
  7. Offline

    nayaxoe Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    110
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    setuju bro dibuat tidur aja pasti ilang deh kantuknya
     
  8. Offline

    wallflower Members

    Joined:
    Apr 5, 2010
    Messages:
    7
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    cuci muka biasanya juga manjur tuh buat ngilangin ngantuk,, langsung segerrr :)
     
  9. Offline

    thriant Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 9, 2009
    Messages:
    640
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +5,214 / -0
    beberapa cara tersebut dah dicoba dan ternyata epektip gan!!!
    trima kasih...
     
  10. Offline

    rewolf Silent Reader Members

    Joined:
    May 6, 2009
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +13 / -0
    benar gan, ini cara yang paling ampuh.
     
  11. Offline

    kimmothep8 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 21, 2009
    Messages:
    737
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,868 / -0
    yang paling natural ya yg nomor 1 :haha:
     
  12. Offline

    1nuy45h4 Beginner Members

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    273
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    labih baik milih yang nomor 1 saja gan...!!
    Tanpa efek samping dan aman bagi tubuh...
     
  13. Offline

    SanD5 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    1,938
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +11,675 / -0
    cara paling ampuh bunuh kantuk tuh klo cowok liat.... (pasti tau kn :hehe:)
     
  14. Offline

    myth73 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    2,784
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +8,371 / -0
    Kayaknya obatnya :ngantuk: yang paling mujarab dan banyak dilakukan oleh banyak orang di seluruh dunia cuma :tidur:
     
  15. Offline

    w3nz Beginner Members

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    309
    Trophy Points:
    116
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,544 / -0
    pas dicoba seh lumayan ngilangin ngantuknya, hehe....
     
  16. Offline

    kurtdenny Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +12 / -0
    kalo saya sich mendingan ngeliat potonya nabila syakieb biar ndak ketiduran :malu::malu::malu::malu:
     
  17. Offline

    KumanGanteng Beginner Members

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    251
    Trophy Points:
    87
    Ratings:
    +3,907 / -0
    kombinasi nikotin dan kafein om.. hehe
    kl masi ngantuk jg ya tidur :piss:
     
  18. Offline

    taylormade Members

    Joined:
    Jul 6, 2010
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    kalo ane si cuci muka pake air anget gan dijamin langsung melek dah
     
  19. Offline

    KumanGanteng Beginner Members

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    251
    Trophy Points:
    87
    Ratings:
    +3,907 / -0
    apalagi kl pake aer mendidih om.. :hahai::hahai::hahai:
     
  20. Offline

    andy46 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 8, 2009
    Messages:
    161
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    hahahhahha...
    ane setuju nih...
     
  21. Offline

    mary_walcy Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 14, 2010
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    tidur siang 10 menit berhasil banget. Cukup tiduran sambil nunduk di meja aja koq
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.