1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Legend/Myth Sejarah Simbol Kepala Kambing

Discussion in 'History and Culture' started by astrayudha, Sep 20, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. astrayudha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 16, 2010
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +49 / -0
    salam tiga jari, pertama kali di populerkan oleh Ronnie james dio, salah satu mantan vokalis Black sabath yang merupakan arus utama brisish heavey metal, simbol tersebut pertama kali dilihat oleh Ronnie james dio ketika dia masih kecil yang saat dalam perjalanan pulang neneknya melihat orang yang tidak di sukai olehnya dan memberikan salam tiga jari kepada orang tersebut, salam tersebut di sebut maloik, maloik adalah sebuah simbol dengan menggunakan tangan dimana jari tengah dan jari manis dilipat sehingga jari telunjuk dan jari kelingking membentuk tanduk, dalam kepercayaan itali maloik digunakan sebagai jimat untuk melindungi diri dari kekuatan atau niat jahat seseorang kepala kambing kini telah mengalami pergeseran nilai sehingga menjadi simbol musik metal dan dianggap sebagai simbol setan hal ini terjadi karena musik metal sendiri adalah musik yang merupakan suatu bentuk pemberontakan terhadap keristen keadaan ini didukung dengan adanya gereja setan dan peredaran injil setan di amerika yang didirikan oleh Anton Lavey Savador, dimana tuhan yang di sembah adalah baphomet, iblis yang berkepala kambing yang di yakini adalah dewa romawi kuno dan para kesatria templar di tuduh menyembah dewa ini sehingga mereka di jatuhi hukuman mati , namun tuduhan tentang penyembahan baphomet menimbulkan pertanyaan, karena dalam mitologi romawi tidak memiliki dewa dengan kepala kambing, mahluk dengan kepala kambing dalam mitologi yunani hanya mahluk rendahan yang memiliki nama satry, di sisi lain baphomet diyakini sebagai kesalahan penyebutan atas mohamet dan berasal dari bahasa Prancis kuno .


    keberadaan menuntun penulis untuk meneliti sejarah keberagamaan terutama agama samawi yang menggunakan kambing atau kepala kambing untuk memahami makna dari simbol salam tiga jari atau simbol kepala kambing tersebut.


    Kepala kambing telah digunakan oleh para pemuja setan sejak ribuan tahun yang lalu,. Berdasarkan penelitian antropologi menemukan bahwa memuja kepala kambing telah ada di lembah Euphartes dan Tigris sejak 6000 tahun yang lalu. Puncak cari pemujaan terhadap kepala kambing ialah dengan persembahan kurban manusia atau binatang.


    Lembah Euphartes dan Tigris merupakan tempat lahirnya peradaban kuno, yang diawali oleh kemunculan kemunculan peradaban Sumeria, lebih kurang alaf ke-4 SM. Kebanyakan kota purba penting terletak di tebing sungai ini termasuk Mari, Sippar, Nippur, Shuruppak, Uruk dan Eridu. Lembah sungai ini juga membentuk pusat imperium Babylon dan Assyria.


    Peradaban kuno yang terbentuk di daerah sumeria dan sekitarnya memeluk agama atau kepercayan yang bernama karbala, Kabala (bahasa Ibrani: קַבָּלָה; vokalisasi standar: Qabbala; vokalisasi Tiberias: Qabbālāh; secara harafiah berarti "menerima" dalam pengertian suatu "tradisi yang diterima ") adalah sebuah bentuk esoterik dari mistisisme Yahudi, yang berupaya untuk menyingkapkan pengertian-pengertian mistis yang terselubung dalam Tanakh (Kitab Suci Ibrani). Kabala menawarkan pemahaman mistis ke dalam hakikat ilahi.Istilah "Kabala" mulanya digunakan dalam teks-teks Talmud, di antara Geonim (para rabi abad pertengahan awal) dan oleh Rishonim (rabi-rabi abad pertengahan yang belakangan) sebagai rujukan kepada kumpulan tradisi lisan yang lengkap dari ajaran Yahudi, yang tersedia untuk umum. Bahkan karya-karya para nabi dirujuk sebagai Kabala, sebelum mereka dikanonkan sebagai bagian dari tradisi lisan. Dalam pengertian ini Kabala digunakan dalam merujuk semua hukum lisan Yudaisme. Setelah beberapa lama, hukum lisan ini dicatat, tetapi ajaran-ajaran esoteriknya tetap tinggal sebagai suatu tradisi lisan. Dengan demikian, ajaran-ajaran esoterik tetap merupakan tradisi lisan. Jadi, istilah ini kemudian terkait dengan doktrin-doktrin pengetahuan esoterik mengenai Allah, ciptaan alam semesta Allah dan hukum-hukum alam, alasan-alasan untuk perintah-perintah di dalam Torah dan cara-cara Allah mengatur keberadaan alam semesta. Kini bahkan ajaran-ajaran esoterik Torah dicatat, tetapi tetap dikenal sebagai Kabala dan menurut tradisi Yahudi Kabala berasal sejak Adam ,


    Dalam tradisi yahudi, suatu ritual keberagaman yang mengunakan kambing adalah suatu pengorbanan pada hari Yom Kippur, pada acara ritual ini Dua ekor kambing jantan yang tampak sangat mirip dibawa ke halaman Bait Suci di Yerusalem pada hari Yom Kippur sebagai bagian dari Ibadat Suci pada hari itu. Imam Agung kemudian melemparkan undian atas kedua kambing itu. Salah seekor kambing dipersembahkan sebagai korban bakaran. Yang kedua adalah kambing hitam. Imam Agung meletakkan tangannya pada kepala kambing itu dan mengakui dosa-dosa bangsa Israel. Kambing hitam itu kemudian dibawa pergi dan dilepaskan di padang gurun sesuai dengan Imamat 16:22, meskipun Talmud menambahkan bahwa kambing itu didorong jatuh dari sebuah tebing yang tinggi.

    Dalam teologi Kristen, kisah tentang kambing hitam dalam Kitab Imamat ditafsirkan sebagai perlambang pendahuluan dari pengorbanan diri Yesus, yang memikul dosa seluruh umat manusia, setelah digiring ke 'padang gurun' di luar kota berdasarkan perintah Imam Agung, namun di satu sisi lain kambing di tafsirkan sebagai sesuatu yang sesat, karena dalam injil perjanjian baru ada perumpamaan tentang kambing dan domba, pada surat Matius

    Dalam islam, kambing pun memiliki bagian dari ritual, dikisahkan nabi ibrahim mendapatkan petunjuk dari Allah S.W.T , untuk menyembelih anaknya, sehingga nabi Ismail mengajukan diri untuk di sembil, namun ketika di sembelih, nabi Ismail berubah menjadi kambing. Cerita ini menjadi asal muasal hari raya qurban .

    Dari beberapa literature sejarah tentang penggunaan kambing dalam berbagai ritual keberagamaan, penulis menyimpulkan kepala kambing sebagai pengorbanan atau penyerahan diri secara total.
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. siti_jenar Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 30, 2010
    Messages:
    88
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    kenapa mesti kambing bukan hewan lain sapi atw domba...dari segi penampilan sih emang kambing agak unik pux jenggot....yg jelas setanisme udah merajelala dgn kode beast 666...wallahu a'lam bissawwab....
     
  4. hidayato M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    2,083
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +14,671 / -0
    anehnya ...
    di amerika agama setan tidak dicekal
    tapi Islam yang malah dicaci maki
     
  5. Trifos435 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 30, 2010
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +20 / -0
    Wah,,,
    Trnyata d dunia gni aja jga baphomet, krain cm ada d dunia ragnarok doank...
    Nice info gan...
     
  6. AngelOfAvalon Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    349
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +67 / -0
    Metal identik dengan satanisme, memang. Metal adalah satanisme, belum tentu. gw bukan pecinta Heavy Metal. gw sukanya Hard Rock, Blues. dan genre itupun gak lepas dari kesan mistik. mungkin ada yang pernah denger Robert Johnson? dia dikabarkan menjual jiwanya kepada setan agar dapat menjadi musisi Blues terkenal. jadi gak cuma metal aja yang identik satanism atau mungkin Kabala. tapi yang gw tau, Heavy Metal itu memang semacam musik yang menyerukan pemberontakan, kemarahan, protes, dan menceritakan tentang kehidupan. banyak band2 metal yang menggunakan simbol2 setan. tapi, semua kembali lagi sama yang dengerin. temen gw anak Metal tapi anaknya pinter, agamanya bagus2 aja....btw, nice info gan!
     
  7. nosuchthing Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 15, 2008
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    yg aneh, anak2 band aliran black metal/grind core yg agak dekat dg satanic di Jakarta malah bikin lagu yg temannya ttg dakwah islam walau suara vokalnya gak kedengaran cuma kaya orang kumur2. :D
     
  8. shibagon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2010
    Messages:
    574
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +41 / -0
    nice inpo nih, napa dipakenya kambing, soalnya mungkin ada tanduknya yang gede itu, tp musik heavy metal emang identik ama satanisme, sayang padahal gw juga suka beberapa.
     
  9. aphrxia Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +194 / -0
    Musik metal = musik setan?
    Ini "cap" sesat, salah satu anggapan/teori murahan yg paling memuakkan. Kebanyakan orang yg berpandangan spt ini adalah orang-orang picik yg otaknya terlalu sempit untuk menerima perbedaan, orang2 sok "religius" yang bahkan lebih munafik dan lebih berbahaya dari selusin penjahat.
    Musik metal adalah musik yg jujur, bukan simbol perlawanan thd Kekristenan, bukan wadah dakwah agama tertentu ato apapun. musik metal adalah musik ttg kehidupan, musik yg sering sekali diserang oleh orang2 yg merasa terancam oleh "kejujuran" dari isi lirik2 musik metal. kalau mau menulis ttg musik metal, cari referensi yg jelas, baca sejarah, teori dan dalami metal dari dalam, jgn menulis krn anda membaca referensi2 yg ditulis oleh orang2 paranoid. Gw saranin "Metal: A Headbanger's Journey", ini dokumenter bagus, semacam panduan untuk para noobz yg masih punya pandangan miring ttg metal.

    HAIL METAL.
     
    Last edited: Oct 2, 2010
  10. wocker Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 9, 2009
    Messages:
    102
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +1 / -0
    wah brarti salam metal itu simbol kepala kambing.
     
  11. gerimis Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +8 / -0
    kebetulan mirip sama kepala kambing aj . ( menurut gw )
     
  12. sp4rkfist M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    6,619
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,258 / -0
    Baru tahu kalau figur baphomet sudah ada sebelum knight of templar ada:kaget:
    jadi benar bahwa para templar adalah korban politik agama saat itu

    :XD:
    sabar kk, saya mengerti perasaan anda.
    Saya juga begitu, tidak hanya heavy metal, tapi lagu punk dan gothic pun diidentikkan dengan setan oleh orang2 yang sok religius
    Hanya karena ada segelintir kelompok band yang identik dengan baphomet macam craddle of filth atau dimmu borgir, mereka langsung menggeneralisasikan semua musik rock sebagai "lagu setan"
     
    Last edited: Oct 3, 2010
  13. bonchez Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    143
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +45 / -0
    hmm...
    lha anehnya indonesia juga punya band yg dandanan serem, nama serem tapi lagu pop melow... kuburan akakakka
    padahal aq kira dolo titisan selipkenot
    keknya OOT akakakka. jgn marahin ane gan...

    aq tau jawabane!!! kenapa kambing koq bukan sapi?? karena klo ntar pake simbol kepala sapi orang2 pada salah tafsir... ini band apa iklan susu??? :hahai: :hahai:
     
    Last edited: Oct 4, 2010
  14. speedyrj M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 3, 2008
    Messages:
    510
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +86 / -0
    deket ama ritual persembahan gitu kali gan
     
  15. bulb Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 25, 2010
    Messages:
    138
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +49 / -0
    daripada kambing masih kerenan bison:tampan:
     
  16. cq510 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 6, 2010
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    wew, tentang ilmu setan yak
    tapi kenapa harus kepala kambing ya?
     
  17. hellianowned M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 15, 2010
    Messages:
    690
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,593 / -0
    ow, emangnya Craddle ama Dimmu Borgir tu pemuja setan beneran ya?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.