1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Boleh Tak Boleh Atlet Puasa

Discussion in 'Sports Center' started by simomone, Sep 3, 2010.

?

Apakah kalian tetap berolahraga selama bulan puasa :???:

  1. Tiap hari pastinya :hero:

    0 vote(s)
    0.0%
  2. Kadang-kadang aja :hot:

    0 vote(s)
    0.0%
  3. Libur dulu olahraganya :dead:

    0 vote(s)
    0.0%
Thread Status:
Not open for further replies.
  1. simomone M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,522
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,201 / -0
    Ulama Jerman membolehkan pemain sepakbola muslim tak puasa. Mengapa Iran melarang?

    [​IMG]

    Ada fatwa mengagetkan dari Jerman, pekan lalu. Ulama di negeri itu mengizinkan pemain sepakbola muslim untuk tak berpuasa. Tentu, bukan untuk seterusnya, karena puasa wajib bagi muslim. Izin itu, kata Aiman Mazyek, Sekretaris Jenderal Pusat Dewan Muslim Jerman, berlaku pada hari pertandingan selama Ramadan.

    "Pesepakbola muslim profesional dapat menjalankan ibadah puasa saat jeda pertandingan. Mereka dapat melanjutkan ibadah puasa Ramadan di hari yang lain," ujar Aiman. Tentu, Jerman bukanlah negeri muslim.

    Pada mulanya, ada perselisihan di tim Divisi 2 Jerman, FSV Frankfurt. Mereka memberi peringatan resmi kepada tiga pemainnya yang beribadah puasa pada musim lalu. Dalam kontrak, FSV Frankfurt memang mencantumkan klausul, agar pemain memberitahu klub terlebih dahulu sebelum berpuasa.

    Itu sebabnya Dewan Muslim di sana bersidang. Lalu lahirlah fatwa itu.
    "Kami menyambut gembira kabar ini. Sekarang pemain dapat memberikan yang terbaik, dan di saat sama mereka dengan tenang bisa menjalankan keyakinannya," ujar direktur olahraga FSV Frankfurt, Bernd Reisigg.

    Fatwa itu tentu tak sembarangan. Sebelum memutuskan, Pusat Dewan Muslim Jerman telah berkonsultasi dengan para ahli dari institut Al-Azhar Mesir, dan merujuk pada sumber lainnya. Fatwa itu penting mengingat Ramadan tahun ini akan berbenturan dengan jadwal dua pekan pertama Divisi 2 Jerman.

    Fatwa ini juga berlaku di kompetisi kasta tertinggi Bundesliga. Pesepakbola muslim seperti Franck Ribery dan Serdar Tasci merasa terlindungi dengan adanya fatwa ini. Mereka tak ragu-ragu meninggalkan ibadah puasa jika dirasa perlu karena latihan yang berat. Apalagi, mereka dituntut dalam kondisi prima jelang musim baru 2010/2011 yang dimulai pada 21 Agustus 2010.

    Di sejumlah negara muslim, latihan sepak bola dan pertandingan klub papan atas biasanya dilakukan setelah berbuka puasa, atau ketika matahari terbenam. Tapi, tentu hal itu tak berlaku di Jerman.

    “Dengan menghormati hukum dan keyakinan agama, peraturan ini memberikan rasa aman bagi klub dan pemain," ujar Aiman Mazyek, Sekjen Pusat Dewan Muslim Jerman.

    Meski begitu, sejumlah pemain tetap menjalankan ibadah puasa. Mereka antara lain pemain FC Koln, Adil Chichi dan Youssef Mohamad.

    "Mereka sudah menjalankannya bertahun-tahun. Jadi, mereka tahu bagaimana reaksi badan mereka. Mereka melakukan apa yang selalu mereka lakukan, melatih keyakinan agama mereka sembari bekerja sebagai atlet profesional," ujar Christopher Lymberopoulos, juru bicara FC Koln.

    Tak Puasa: Dipecat
    Fatwa MUI Jerman melegakan buat para atlet. Tapi, sejumlah negara Islam lainnya di kawasan Teluk, seperti Iran, punya pandangan berbeda. Mereka terbilang keras menerapkan hukum agama.

    Kabar muramnya adalah ini: pada Ahad 15 Agustus 2010, pemain sepakbola ternama Ali Karimi dipecat klubnya, Steel Azin FC. Pasalnya, dia tidak puasa di bulan suci Ramadan. Karimi pun terpaksa hengkang dari klubnya itu.

    Karimi adalah Pemain Terbaik Asia 2004. Sejumlah media Asia pernah menjulukinya 'Maradona Asia'. Permainannya memikat. Tak hanya dituduh tak berpuasa, Karimi juga dianggap telah menghina para pejabat Federasi Sepakbola Iran (FFIRI).

    "Saya seorang Muslim, dan saya percaya dengan pertanyaan soal agama," ujar Karimi kepada kantor berita ISNA, Senin 16 Agustus 2010.

    Pemecatan ini berawal saat Karimi mengkritik gaya manajemen direktur klubnya, Mostofa Ajorlou. Yang menjadi masalah, Ajorlou adalah mantan pejabat Garda Revolusi, pasukan khusus Iran.

    Karimi adalah pemain pengoleksi penampilan (caps) terbanyak kedua bagi tim nasional Iran. Selain itu, striker berusia 31 tahun ini juga menjadi pencetak gol terbanyak ketiga bagi tim nasional Negeri Mullah itu.

    Ramadan dimulai di Iran pada Kamis 12 Agustus 2010. Di bawah undang-undang Iran, semua muslim diwajibkan menghormati bulan suci. Bagi mereka yang tidak berpuasa termasuk non-muslim, diharapkan tidak melakukan aktivitas makan dan minum di depan umum.

    Gocek Bola, Tetap Puasa
    Puasa bagi para atlet memang berat. Karena mereka dituntut tetap berlatih saat asupan makanan dan nutrisi dihentikan. Atlet dituntut punya strategi khusus jika memang harus berlatih, apalagi bermain saat Ramadan.

    Puasa, tak pelak, memang menurunkan penampilan pesepakbola. Riset British Journal of Sport Medicine membuktikan hal ini.

    Selama puasa, para pemain tak mendapatkan asupan air, dan nutrisi pada siang hari. British Journal of Sport Medicine mengambil sample 55 pemain Aljazair di akhir Ramadan, juga dua pekan setelahnya.

    Hasilnya, penampilan para pemain itu menurun sangat signifikan, lebih dari 5 persen. Itu sangat mempengaruhi kecepatan, kemampuan menggiring bola serta ketahanan tubuh.

    Sekitar 70 persen pemain rata-rata juga menyebut Ramadan mempengaruhi penampilan mereka, baik saat bermain maupun berlatih. Oleh karena itu, para pemain bola dituntut punya strategi khusus jika memang harus bermain di saat Ramadan.

    Tapi toh ada juga yang bertahan puasa, sambil meng-gocek bola.

    Pemain timnas Iran Mehdi Mahdavikia, yang kini bermain di Steel Azin, dan pernah merumput di Jerman bersama Eintracht Frankfurt, justru tak mengalami hambatan berarti saat Ramadan. Kuncinya: Mahdavikia diet sedemikian rupa, sehingga sanggup menjalani laga-laga keras di Liga Jerman (Bundesliga).

    "Saya selalu makan dan minum banyak saat sahur. Tanpa minum saat latihan pagi, dan sore tak berpengaruh buat saya," kata Mahdavikia kepada Deutsche Presse-Agentur.

    Menjalani ibadah puasa, dan bermain di salah satu liga keras di Eropa, diakui Mahdavikia sangat berat. Tapi, latihan dua kali sehari tak mengganggu langkah gelandang dan sayap kanan Iran di Piala Dunia 1998 dan 2006 ini.

    "Biasanya, seusai latihan pagi saya istirahat dan tidur. Sore hari, saya tetap latihan. Baru setelah latihan sore, saya makan seperti biasa," lanjutnya.

    Mantan pelatih Mahdavikia di Hamburg SV, Thomas Doll menjadi saksi betapa sangat taatnya anak buahnya itu menjalankan puasa. Meski sangat berat, penampilan Mahdavikia disebutnya masih sangat bagus.

    "Mehdi sangat profesional. Ia tahu betul apa yang harus dimakan agar tak mengganggu penampilannya saat Ramadan," kata Doll.

    Sementara itu, dua saudara kembar kelahiran Jerman tapi anggota timnas Turki: Hamit dan Halil Altintop menyikapi Ramadan dengan cara berbeda.

    Hamit, 27 tahun, yang juga striker Bayern Munich mendapatkan keistimewaan saat latihan. "Saya diberi kesempatan agar tak terlalu keras menjalankan latihan saat puasa," ujar Hamit kepada media Jerman.

    Sebaliknya, Halil menyikapinya dengan sangat keras. Ia rela bersitegang dengan para pelatihnya jika memaksakan latihan keras. "Saya lebih baik tidak latihan. Daripada saya tak puasa dan melanggar ajaran agama," ucap Halil.

    Atlet Indonesia
    Puasa pun selalu dialami atlet Indonesia. Apalagi, para atlet sedang menjalani pelatnas ke Asian Games XVI di Guangzhou, China, November 2010.

    Sprinter terbaik Asia Tenggara milik Indonesia, Suryo Agung Wibowo tetap berlatih sambil berpuasa. Bahkan, pelari 26 tahun ini mengisi waktu sambil menunggu buka puasa dengan latihan.

    “Kebetulan, saya tak pernah ada event selama puasa. Saya hanya menyiasati latihan saja,” kata Suryo.

    Manusia Tercepat Asia Tenggara ini mengaku mengaku tidak punya kiat-kiat khusus melakukan latihan saat puasa. “Biasanya, saya hanya memindahkan jadwal latihan ke sore hari jelang berbuka puasa,” kata Suryo yang punya target menunaikan ibadah haji tahun depan ini.

    Puasa, tampaknya tak harus menjadi kontroversi, karena solusi bisa dicari. Seperti fatwa dari Jerman, tentang ibadah puasa yang wajib itu.

    sumber: disini :siul:

    :hmm: bagaimana dengan kk semua, apakah di bulan puasa tetap berolahraga :???:
     
    Last edited: Sep 3, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. yogoboy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    143
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +18,126 / -0
    klo jaman2 SD dulu sih suka main bola n puasa juga... abis itu tepar ampe maghrib.... :peace:

    klo skrg olahraga tetep perlu tapi yang gag banyak nguras tenaga n gag memforsir diri...

    saran :>> mungkin olahraga pilates cocok buat bulan puasa... terutama yg pngen ngencengin perut...
     
  4. ronin_cip M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    447
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +404 / -0
    kalo saya kadang-kadang aja :hot:
    gak kuat kalo harus tiap hari, biasanya sore menjelang buka maen bola atau voli gitu :semangat:
     
  5. ronin_cip M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    447
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +404 / -0
    - :maaf: dopost inet lemot :maaf: -
     
  6. koepoe2 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    puasa ramadhan itu wajib, olahraga ga bisa di jadiin alasan untuk tdk berpuasa, banyakin aja minum pas sahur
     
  7. jogabonito Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 23, 2010
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    puasa itu wajib hukumnya

    contohlah kanoute.

    meskipun dia maen di la liga tapi tetep puasanya getol
     
  8. harbinfu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 14, 2010
    Messages:
    107
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    walaupun puasa jg tetap harus olahraga
    olahraga untuk kesehatan, kebugaran
    hidup olahraga
     
  9. alaric M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 9, 2009
    Messages:
    921
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +993 / -0
    gue setuju ma ulama di jerman... :elegan:

    klo olahraganya emang dah jadi mata pencahariannya ya gapapa ditinggalin untuk diganti dilain waktu..

    tpi klo olahraganya cuma untuk hobby ya ga boleh dong ninggalin puasanya... :panda:
     
  10. hanhanyuki Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 4, 2010
    Messages:
    178
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +88 / -0
    kalo niat puasa ya puasa,klo ga kuat jangan di paksa.....hehehe...
     
  11. thole Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    fatwa ini dr ulama jerman ya?
    yg gw tau jerman tanya sm ulama mesir...
     
  12. miel22 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 25, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo msh kuat seh lanjut gan puasanya.........klo ga kuat ga di paksa juga......hehehehehe.....
     
  13. vanhack Banned User

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 28, 2010
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +4 / -0
    puasa bukan alasan badan gak perlu olahraga.....

    malah dengan puasa kita bisa menjaga kondisi badan kita sehari-hari agar tetap fit...
     
  14. lan00 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    bener gan dari niat aja kalo emang lagi ikut tournament or acara penting and mala membuat performa menurun mending di rundingin or dipikirin dulu mau dilanjutin atau dibatalin tapi kalo isa tetap jalan aja ibadahnya
     
  15. hodzill Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 14, 2011
    Messages:
    237
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    boleh2 aja dong, asal ga pingsan aja

    itu pemain professional biar ga drop performancenya, jelas kalau puasa kan stamina lebih loyo
     
  16. b460r Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 9, 2008
    Messages:
    65
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    puasa aj kaya biasanya....kalo dah ga memungkinkan baru deh..
    jangan belum apa2 dah nyerah ga puasa :peace:
     
  17. unite7 Members

    Offline

    Joined:
    Aug 19, 2009
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    menjelang tidur pasti olahraga dulu dah terbiasa jdinya ^^
     
  18. Feldt Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 14, 2011
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +6 / -0
    Saya puasa jalan, olahraga jalan..
     
  19. lawrence3 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 1, 2011
    Messages:
    96
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    tp katanya puasa malah bikin sehat ya..
     
  20. Zogod Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 20, 2012
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    :hehe:
    walau puasa tetep olahraga dong biar sehat
    :angel:
     
  21. adieti Members

    Offline

    Joined:
    Jan 28, 2012
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    tetep olah raga cma ga terlalu di forsir olh raganya agak nyante :D
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.