1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

10 Tips Menjaga Kesehatan Di Kantor

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by rawing, Apr 1, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    rawing Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 26, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +136 / -0
    [​IMG]


    Rutinitas kantor yang padat kadang membuat kita lupa menjaga kesehatan. Mungkin sebagian besar dari kita tak pernah menyadari, betapa tak sehatnya pola hidup kita saat berada di Kantor. Bayangkan saja, delapan jam duduk di kursi di depan komputer, selama lima hari seminggu, tentu ini membawa resiko bagi kesehatan Anda. Akibat duduk berjam-jam ini membuahkan ketegangan mata hingga otot leher kaku, ditambah lemak menumpuk di bagian perut akibat camilan yang ditawarkan teman kerja setiap hari. Nah berikut kami berikan 10 tips untuk menjaga kesehatan selama di tempat kerja.

    1. Camilan yang disediakan teman kerja Anda di mejanya dapat menambah ribuan kalori. Jika tak berhati-hati itu akan merusak diet Anda, dan menambah berat badan. Jadi jika tahu temen Anda memiliki permen atau cokelat di mejanya, kelilingilah meja teman Anda ini untuk menjauhkan diri dari godaan, demikian saran dokter gigi di American Dietetic Association. Istirahatlah sejenak, ambil nafas panjang, dan hapus keinginan untuk menyantap makanan manis. Jika Anda lapar, lebih baik bawalah bekal buah-buahan dari rumah.

    2. Minum banyak air (10 gelas tiap hari) akan membantu menjaga Anda tetap hidrat. Buat rencana untuk menyukseskan program ini: bawa 1 botol besar air mineral ke kantor, habiskan satu botol hingga saat makan siang, lalu isi lagi dan habiskan hingga pukul 3 sore, dan pada pukul 5 sore habiskan botol ketiga. Atau Anda bisa memasang alaram di komputer untuk mengingatkan saatnya ambil minum. Selain itu, banyak pula makanan yang kaya kandungan air, seperti jeruk, anggur, semangka dan apel. Menyantap makanan ini sambil bekerja, selain membuat Anda sehat juga membantu Anda tetap hidrat.

    3. Satu yang paling penting yang dapat Anda lakukan agar tetap sehat dan langsing adalah olahraga. Berjalan kaki saat makan siang adalah gagasan bagus untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini. Pasalnya jalan kaki bukan hanya membakar kalori, tapi bisa meredakan stress dan refreshing.

    4. Menyantap makanan siang yang sehat merupakan bagian penting dari diet seimbang. Tapi makan dengan porsi yang masuk akal merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan Anda. Jadi selain menyantap makanan sehat, juga perhatikan porsi makan Anda, jangan sampai makan terlalu banyak dan lalu hanya duduk di kursi sepanjang sore atau jangan pulan makan terlalu sedikit hingga Anda kurang asupan nutrisi.

    5. Tension neck syndrome (TNS) atau sakit dibagian leher dapat terjadi saat otot-otot bagain leher dan pundak atas tak tepat, atau salah posisi dalam waktu lama, demikian menurut National Institute of Environmental Health Sciences. Biasanya ini dialami oleh pekerja yang bertugas menerima telepon hampir sepanjang hari atau mengetik selama berjam-jam. Untuk menghindari leher sakit dalam jangka lama, seorang profesor ergonomics - yang mempelajari hubungan manusia dan mesin - di Universitas Cornell, menyarankan bagi pekerja yang bertugas menerima telepon sebaiknya menggunakan speakerphone, penyangga bahu atau menggunakan headset saat menerima telepon.

    6. Ketegangan mata merupakan masalah lain yang diakibatkan terlalu lama duduk di depan komputer. Ketegangan mata dapat menyebabkan sakit kepala, susah fokus, dan menambah sensitifitas pada cahaya, demikian menurut ahli dari Universitas California. Jadi sebaiknya jika Anda tak dapat membaca tulisan di layar komputer Anda dari jarak jauh, lebih baik perbesar ukuran hurufnya.

    7. Tips yang kerap kali kita dengar adalah melakukan liburan. Memang pada kenyataanya, melakukan liburan sangat berguna untuk meredakan diri dari kesibukan, pun membantu mengisi kembali ‘baterai’ Anda. Liburan juga bermanfaat untuk mengurangi stress dan membuat pikiran Anda berhenti bekerja, khusunya jika Anda memiliki konflik, demikian juga saat Anda memiliki masalah dengan bos, rekan kerja atau proyek yang Anda kerjakan. Stres dapat berimbas pada kesehatan, seperti melemahkan sisitem imun dan meningkatkan resiko sakit. Jadi, mengurangi tingkat stres adalah inti permasalahnnya, dan satu-satunya yang paling manjur untuk maslaah ini adalah liburan, demikian jelas presiden Business Psychology Consulting.

    8. Cara lain untuk menjaga kesehatan di tempat kerja adalah menghindari mengulur waktu lebih lama dan menunda pekerjaan. Bisanya orang fokus pada tugas masing-masing dan berusaha menyelesaikan proyek tersebut. Tapi mereka tak menyadari kalau itu mempengaruhi kesehatan, demikian menurut persiden Business Psychology Consulting. Para pekerja keras biasanya baru menyadari saat mengalami stress dalam tingkat tinggi, yang mulai mempengaruhi hubungan serta mood mereka. Stres semacam ini biasanya disebabkan oleh kondisi yang terlalu lelah. Kelelahan dapat juga mempengaruhi sistim imun seseorang, begitu puladapat menyebabkan gangguan tidur atau gangguan konsentrasi.

    9. Keyboart, mouse dan telepon yang biasa Anda gunakan bisa jadi sarang ribuan kuman yang menungu untuk membuat Anda sakit. Jadi basmi dengan obat anti kuman. Menurut Science Daily, peneliti di 100th General Meeting of the American Society for Microbiology melaporkan kalau virus dapat bertahan selama berjam-jam hingga berhari-hari di permukaan kasar. Seperti rotavirus (yang menyebabkan diare) biasanya berada di permukaan penerima telepon, yang menularkan penyakit pada orang lewat telepon. National Consumers League menyarankan untuk selalu membersihkan obyek ini dengan pembersih anti kuman atau semprot dengan pembersih yang sudah terbukti mampu membasmi semua jenis kuman.

    10. Hal apa yang paling penting untuk Anda lakukan supaya tetap sehat di tempat kerja? Menurut Business Psychology Consulting, langkah paling penting untuk menjaga kesehatan di tempat kerja adalah kesadaran diri. Mengetahui diri Anda sendiri dan batas yang Anda miliki. Tahu kapan saatnya Anda istirahat dan kapan waktunya mengambil libur. Dan jangan lupa berolah raga, yang selama ini terbukti membantu secara fisik dan mental, lakukan saat di kantor dan di rumah.
    Ternyata banyak hal yang bisa membuat kita jatuh sakit di tempat kerja, kadang kita jarang memikirkan hal-hal yang paling sederhanapun saat sedang sibuk melakukan pekerjaan. Semoga tips yang saya sampaikan ini bermanfaat...... Amiiiin..

    Selamat Mencoba..!!!
    :semangat:




    :thx:
     
    Last edited: Apr 1, 2010
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    kidjaisy Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +36 / -0
    nice inpo gan...

    emang tu.. kita sering lupa klo udh kerja...

    tp yg no.4....
    lumayan susah jg tu klo urusannya sama isi dompet...
    hehe
    :hahai:
     
  4. Offline

    nunanuna Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 22, 2010
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +233 / -0
    nice gan......mayan buat bahan selingan iht :p
     
  5. Offline

    Zero Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 24, 2008
    Messages:
    148
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    tips yg bagus utk org yg mulai memasuki dunia kerja.
    nice info
     
  6. Offline

    Haecked Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,606
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,605 / -0
    Bener lebih baik perbesar hufufnya dan baca dari jarak jauh kalau mau baca artikel/ ebook dalam jangka waktu lama.. :top:
     
  7. Offline

    hapoki Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 12, 2010
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +12 / -0
    biasanya cemilannya bukan dimeja temen gue.. tapi di meja gue.. hahahaha..

    gawat dunk ya.. harus dihindari nih meja g berarti..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.