1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other 10 Mitos Ilmiah yang Konyol

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by blacksheep, May 16, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,963 / -0
    Tidak ada yang lebih bagus dibanding memecahkan mitos (mythbusting; yang membuat sebuah program Discovery Channel, Mythbusters, terkenal), jadi inilah dia daftar kesalahpahaman dan mitos yang diketahui orang-orang tapi bisa dibilang konyol – kali ini tentang ilmu pengetahuan.

    1. Tidak ada gravitasi di luar angkasa

      [​IMG]
      Faktanya, ada gravitasi di luar angkasa – sangat banyak. Alasan bahwa astronot tampak tak ada beban adalah karena mereka mengorbit Bumi. Mereka jatuh ke Bumi tapi bergerak ke samping untuk menghindarinya. Jadi, mereka selalu jatuh tapi tak pernah mendarat. Gravitasi memang ada di seluruh luar angkasa secara virtual (ada tapi tak dapat dirasakan). Ketika sebuah pesawat ulang alik mencapai ketinggian orbit (Sekitar 250 mil di atas permukaan Bumi), gravitasi hanya berkurang 10%.
    2. Petir tak pernah menyambar tempat yang sama dua kali

      [​IMG]

      Lain kali jika Anda melihat sambaran petir dan Anda beranggapan untuk lari ke tempat sambaran untuk melindungi diri dari serangan selanjutnya, ingatlah ini! Petir memang menyambar tempat yang sama dua kali – malahan, ini sangat umum. Petir lebih memilih tempat-tempat tertentu seperti pohon tinggi atau bangunan. Di lapangan luas, obyek yang paling tinggi memiliki kemungkinan besar disambar beberapa kali hingga petir berpindah jauh untuk mencari target baru. Empire State Building tersambar petir 25 kali setahun.
    3. Meteor menjadi panas karena gesekan ketika memasuki atmosfer

      [​IMG]
      Ketika sebuah meteoroid memasuki atmosfer Bumi (menjadi meteor), sebenarnya kecepatan yang memadatkan udara di depan obyek yang menyebabkan obyek tersebut memanas. Adalah tekanan di udara yang mengakibatkan panas yang cukup untuk membuat batu tersebut sangat panas sehingga bersinar bila dilihat dari Bumi (bila kita beruntung melihatnya di langit pada waktu yang tepat). Kita juga perlu menolak mitos tentang meteor panas ketika tiba di Bumi – menjadi meteorit. Meteorit selalu dingin ketika tiba di daratan – dan faktanya sering ditemukan terlapisi es. Ini dikarenakan batu tersebut sangat dingin dari perjalanannya melintasi ruang angkasa sehingga panas ketika masuk ke Bumi belum cukup untuk membakar lapisan terluarnya.
    4. Sebuah koin yang dijatuhkan dari bangunan yang sangat tinggi dapat membunuh pejalan kaki di bawah

      [​IMG]
      Mitos ini sangat umum sehingga menjadi cliche di sejumlah film. Mitosnya adalah bila Anda menjatuhkan koin dari puncak bangunan tinggi (seperti Empire State Building) – koin ini akan memperoleh kecepatan yang bisa membunuh seseorang bila mendarat di atas manusia di darat. Tapi faktanya adalah, aerodinamika sebuah koin tidak cukup untuk membuatnya berbahaya. Apa yang akan terjadi adalah orang yang terkena koin tersebut hanya merasa diketuk kepalanya – tentunya mereka selamat dari “bencana” tersebut.
    5. Sel otak tak dapat beregenerasi

      [​IMG]
      Alasan mitos ini menjadi semakin umum adalah karena mitos ini dipercayai dan diajarkan oleh komunitas ilmiah dalam jangka waktu yang lama. Tetapi pada tahun 1998, ilmuwan di Sweden and the Salk Institute di La Jolla, California menemukan bahwa sel otak pada manusia dapat beregenerasi. Sebelumnya lama dipercayai bahwa otak yang kompleks dapat terganggu oleh pertumbuhan sel baru, tapi studi menemukan bahwa memori dan pusat pembelajaran otak dapat menciptakan sel baru – memberikan harapan kepada penyembuhan penyakit seperti Alzheimer.
      Ada sisi tergelap dari bulan
    6. [​IMG]
      Sebenarnya – setiap bagian dari bulan disinari pada suatu waktu oleh matahari. Kesalahpahaman ini muncul karena ada sisi tergelap bulan yang tak pernah tampak ke Bumi. Ini disebabkan oleh penguncian gelombang; hal ini dikarenakan bahwa tarikan gravitasi Bumi terhadap bulan sangat kuat sehingga bulan hanya menampakkan satu wajah ke kita.
      Wikipedia menyebutkan: “Penguncian gelombang terjadi ketika gradien gravitasi menyebabkan satu sisi tubuh astronomis selalu menghadap tubuh yang lain; contohnya, satu sisi Bulan selalu menghadap Bumi. Tubuh yang terkunci gelombang lama berotasi sebagaimana berevolusi terhadap Bumi. Rotasi ini menyebabkan satu belahan Bulan selalu menghadap Bumi.”
    7. Makanan yang jatuh ke lantai dianggap aman dimakan bila diambil kembali dalam lima detik

      [​IMG]
      Ini adalah omong kosong yang pastinya dikenal banyak orang. Bila ada kuman di lantai dan makanan mendarat di atasnya, otomatis mereka menempel ke makanan. Selain itu, memakan kuman dan kotoran tidak selalu menjadi hal buruk karena mereka membantu kita membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat.
    8. Polaris adalah bintang paling terang di langit malam belahan utara

      [​IMG]
      Sirius sebenarnya lebih terang dengan magnitudo -1.47 bila dibandingkan dengan Polaris yaitu 1.97 (semakin rendah angkanya, semakin terang bintangnya). Pentingnya Polaris adalah bahwa posisinya di langit menandakan Utara – dan karena itu pula bintang ini dijuluki “Bintang Utara”. Polaris adalah bintang paling terang di konstelasi Ursa Minor dan merupakan Bintang Utara saat ini ketika bintang kutub berubah sepanjang waktu karena bintang menampakkan perpindahan berlanjutan yang lambat terhadap poros Bumi.
    9. Ketika tubuh dipaparkan dengan kehampaan ruang angkasa, tubuh manusia meledak

      [​IMG]
      Mitos ini adalah hasil dari film-film fiksi ilmiah yang menggunakannya supaya memberi ketertarikan terhadap alur cerita. Faktanya, manusia dapat selamat 15 – 30 detik di luar angkasa apabila mereka menghembuskan napas sebelum terpapar hampa udara (ini mencegah paru-paru meledak dan mengirimkan udara ke pembuluh darah). Setelah 15 atau 30 detik, kekurangan oksigen menyebabkan ketidaksadaran diri yang membawa pada kematian karena kehabisan napas.
    10. Evolusi mengakibatkan sesuatu beranjak dari “rendah” ke “tinggi”

      [​IMG]
      Padahal faktanya adalah bahwa seleksi alam mengeluarkan gen yang tidak sehat dari kolam gen, ada banyak kasus ketika sebuah organisme tak sempurna selamat. Contohnya adalah jamur, hiu, udang, dan lumut – semuanya tetap sama sepanjang waktu. Organisme-organisme ini beradaptasi dengan lingkungan mereka tanpa mengalami perubahan.

      Takson lain juga berubah besar, tapi tidak berubah lebih baik. Sejumlah makhluk mengalami perubahan lingkungan dan adaptasinya tidak terlalu baik terhadap suasana yang baru. Kecocokan mereka terhubung dengan lingkungan, bukan perubahan.
    Code:
    http://tak-disangka.blogspot.com/2010/05/10-mitos-ilmiah-yang-konyol.html
     
    Last edited: May 16, 2010
    • Thanks Thanks x 8
    • Like Like x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    yudi_haryanto Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 6, 2009
    Messages:
    4,638
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +22,501 / -0
    kalo semut yg dijatuhin dari empire state building sih gak bakal nyampe ke bawah bro :haha:

    bakal kebawa angin trus sampe akhir hayat tuh semut :haha:

    setuju,masak makanan yg belum 5 detik jatuh masih aman dimakan,gak logis bgt
     
  4. Offline

    nakamura197 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    552
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +499 / -0
    1. Tidak ada gravitasi di luar angkasa

    - sepertinya tidak ada yang pernah mengatakan kalo diluar angkasa tidak ada gravitasi, disebut gravitasi 0 karena terlihat seperti melayang, padahal sebenarnya tidak
    kenapa bulan tetap diorbitnya ya karena adanya gaya gravitasi bumi dan bulan.... sesuai hukum gravitasi newton. jadi kurang valid kayaknya

    3. Meteor menjadi panas karena gesekan ketika memasuki atmosfer
    meteor menjadi panas, salah satunya adalah ketika memasuki bumi, jadi gesekan dengan atmosfer bumi hanya satu impact saja. kenapa jadi makin panas? karena ketika memasuki bumi, suhu atmosfer akan sedikit meningkat (karena memasuki bumi dengan kecepatan tinggi) dan ketika sudah berada didalam atmosfer bumi, bereaksi dengan oksigen sehingga semakin terbakar.... makanya makin panas
    4. Sebuah koin yang dijatuhkan dari bangunan yang sangat tinggi dapat membunuh pejalan kaki di bawah
    setau gw ini ada benernya juga ya, karena kembali menurut hukum gravitasi dan hukum kekekalan energi, kecepatan jatuh benda ketika menghujam bumi ditentukan oleh energi potensialnya dan energi kinetiknya
    Ep1 + Ek1 = Ep2 + Ek2
    m.g.h1 + 0 = 0 + 1/2 m.v(kuadrat)
    sehingga v = (akar) 2 g h = (akar) 19.6 h, dengan kondisi gesekan udara diabaikan, jadi semua sebenernya adalah ditentukan oleh ketinggian dan gaya gesek yang terjadi antara koin dengan udara, misalkan pada waktu itu udara tidak cukup kuat meredam energi yang timbul dari energi potensial koin, mungkin saja kecepatan dari koin itu bisa membunuh manusia

    6. Ada sisi tergelap dari bulan

    ga ada lah, semua posisi bulan dapat dilihat dari masing2 belahan bumi, walaupun masing2 belahan bumi itu hanya dapat melihat satu sisi dari bulan saja

    9. Ketika tubuh dipaparkan dengan kehampaan ruang angkasa, tubuh manusia meledak
    sebenernya setau gw sih, yang membuat meledak itu karena perbedaan tekanan diruang hampa dan di dalam tubuh manusia, kalo seimbang (kayaknya ga mungkin)

    yang laen setuju :)
     
  5. Offline

    acceldesign Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    108
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +56 / -0
    tu kan rumus fisikanya. . . . sedangkan menurut aku rumus tersebut tidak akan pernah tepat, selalu ada perbedaan antara hasil percobaan dengan hasil hitungan menggunakan rumus. karena rumus sendiri diciptakan dengan pendekatan-pendekatan. . . . teringat kata-kata guru matematika gw, yang berani bertaruh bahwa tidak ada benda yang ukurannya tepat 1cm,2cm dst. itu sebabnya ketidak pastian tersebut yang menjadi inspirasi penggunaan angka penting( pelajaran fisika kelas 10/1 SMA)
     
  6. Offline

    onefineday Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 23, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +24,127 / -0
    Betul..! Kalo mitos yang ini, sudah pernah dipecahkan oleh Mythbuster di Discovery Channel... lupa gua season berapa...
     
  7. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,421
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,713 / -8
    [​IMG]

    jadi bingung dengan jatuhnya meteor.. banyak sumber mengatakan jika meteor jatuh dan menyala karena gesekan asmotfir dan mengakibatkan benda tersebut terbakar.

    jika terbakar otomatis terjadinya api dan panas.

    tapi ko'
    jadi yang bener yang mana :???:
     
  8. Offline

    kucing_alas Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    899
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +57 / -0
    g inget pelajaran IPA dulu tentang 2 benda yang massa yg berbeda yg dijatuhkan dr ketinggian yg sama tetap jatuhnya berbarengan...jd sebuah koin yang berukuran sangat kecil tidak akan pernah membunuh pejalan kaki bahkan jika koin dijatuhkan dr puncak gunung himalaya skalipun...
     
  9. Offline

    Nurus Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 24, 2010
    Messages:
    3,373
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +80,833 / -1
    Semua mitos itu klo dipikir2 dan diitung2 lagi emang ga bener.
    1. gravitasi khan memang ada di mana2 hanya saja kekuatan dan arahnya berbeda2.
    2. klo emang dah ga pernah menyambar dua kali di tempat yang sama, knapa qta buat2 biar bisa disambar biar ntar ga disambar lagi. mmm... ga mungkin banget, khan nyatanya petir tuh nyambar.
    3. meteor khan aslinya dingin karena laaammaa di luar angkasa. trus ketemu atmosfer yang bisa mbuat dia bersinar dan panas, tapi ga cukup khan untuk mbuat dia jadi sangat panas. agian di atmosfer khan ada bagian yang panas dan dingin.
    4. Klo batu yang besar mungkin bisa. tapi klo koin mungkin lum cukup.
      dll
     
  10. Offline

    y18 Beginner Members

    Joined:
    May 12, 2009
    Messages:
    339
    Trophy Points:
    42
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +85 / -0
    yang petir itu emang bener ya? setau gw petir gak mungkin menyambar tempat yang sama karena elektron-elektronnya (yang menjadikan petir itu mengalir ke tanah) sudah terlepas ketika sambaran pertama. jadi bingung mana yang betul. ada penjelasannya gak ya?
     
  11. Offline

    yoreizei Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    726
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,575 / -0
    Aduh yang makanan jatuh belum 5 detik tuh gara gara iklan apa gitu lupa gw..

    Emank sampah tuh iklan, malah ngebuat orang awam ga ngerti..

    --"
     
  12. Offline

    moonshine Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    418
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +83 / -1
    kalo air hujan kalo tanpa tekanan udara dan kekuatan angin (untuk memecah menjadi butiran kecil) bisa membunuh orang itu gimana????
    (search aja di idws ada artikelnya)
     
  13. Offline

    dark_kiva Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 5, 2010
    Messages:
    479
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +660 / -0
    buset...

    paling gak percaya yang ini

    emangnya berat koin bertambah apa
     
  14. Offline

    ripsnorter Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 23, 2010
    Messages:
    1,965
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +178,131 / -0
    wow nice info banget... ternyata coin yg jatuh dari ketinggian ga bisa membunuh orang toch
     
  15. Offline

    zetsudousougi Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 23, 2010
    Messages:
    413
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +78 / -0
    yg no 9 agak kurang mengerti
    dipaparkan maksudnya apa yah?:???:
     
  16. Offline

    moondesta Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 12, 2010
    Messages:
    172
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -0
    namanya juga mitos.
    kadang tidak logis.
     
  17. Offline

    aqua00 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,003 / -0
    iklan pembersih lantai di indonesia memang menyesatkan...
     
  18. Offline

    ifaikar Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 27, 2010
    Messages:
    705
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +5,788 / -0
    wah mitos yang no7 gwe sering bnget nemuin kyk gitu,,,
    hihihi
    dsaar dah indonesia demen amat sama mitos...
    :peace:
    :peace:
     
  19. Offline

    kasur_empuk Beginner Members

    Joined:
    Oct 22, 2009
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +2 / -0
    iye, yang makanan sebelum 5 detik masih bisa dimakan. kebayang kalo jatoh nimpa tai ayam jijik dah, meskipun belum 5 detik
     
  20. Offline

    arkwright Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 6, 2008
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    bukan beratnya yang nambah, gan..
    tapi kecepatannya yang nambah, kyk dijelaskan di post bawahnya, kecepatan = (akar) 19.6 * tinggi.

    jadi klo asumsi ga ada gesekan ama udara, n jatuhnya dari ketinggian 381 meter misalnya (tinggi empire state building),
    kecepatan pas sampai bawah 86.41m/s ato 311 km/jam (klo g ga sala itung yah)

    sementara kecepatan peluru (wikipedia) itu 180m/s s/d 1500m/s. klo 86.4 m/s itu masi jauh dibawah tuh, dah gitu blom perhitungin gesekan angin ama gerakan koin yang berputar bila jatuh yang turut memperlambat laju koin turun.

    g setuju.. ga bisa bunuh orang tuh. Tapi sakitnya pasti mantep.. mending kejatuhan uang kertas aja :)
     
  21. Offline

    toruk_makto Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    555
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +357 / -0
    Sepertinya kalo ini memang udah ga asing lagi deh, percobaan tersebut memang pernah dilakukan oleh galileo galilei. Dia pernah mencoba menjatuhkan 2 buah benda dengan berat yang berbeda (dengan luas permukaan yang sama juga tentunya) dari ketinggian yang sama, hasilnya kecepatan jatuh benda itu sama.
    Kalo mo diambil kesimpulan, koin yg dijatohin dari ketinggian 1 meter ama yg dijatohin dari atas gedung sama aja kecepatannya.. jadi ga mungkin bisa ngebunuh manusia..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.