1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Biology 10 Misteri Otak Manusia yang Belum Terpecahkan

Discussion in 'Science and Technology' started by metzebs, Apr 10, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    metzebs Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    231
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +920 / -0
    [​IMG]
    Jangankan alam sekitar, diri sendiri kita pun masih banyak menyimpan tanda tanya. Otak manusia bisa disamakan dengan prosesor komputer. Bedanya, kinerja prosesor dapat diuraikan secara logika, sedangkan otak kita tidak.

    Ada sepuluh misteri yang masih menyelubungi seluk beluk otak manusia. Ilmuwan masih terus mencoba mencari penjelasan ilmiahnya. Tapi tetap saja misteri itu merupakan rahasia kehidupan ciptaan Tuhan yang luar biasa. Berikut 10 misteri seputar otak manusia yang kita alami sehari-hari, tapi tetap kita tak mampu mencari penyebabnya.

    1. Kesadaran

    Saat bangun di pagi hari, kita tersadar dari tidur. Menikmati sinar matahari dari celah jendela, udara pagi nan sejuk, dan seterusnya. Kita menyebutnya sebagai kesadaran. Bidang ini memicu topik majemuk yang dibahas ilmuwan sejak zaman dulu. Pakar neurologi mutakhir menjabarkan kesadaran sebagai suatu topik riset realistis.

    2. Hidup Membeku

    Hidup abadi memang hanya ada dalam khayalan manusia. Namun ilmuwan telah menemukan cryonic, temuan yang mampu membuat manusia memiliki dua kehidupan. Salah satu pusat cryonic adalah Alcor Life Extension Foundation, di Arizona, yang menyimpan tubuh mahluk hidup dalam tabung berisi nitrogen cair dengan suhu minud 320 fahrenheit.

    Idenya adalah manusia yang sudah meninggal akibat penyakit akan dicairkan dan dihidupkan kembali di masa mendatang saat penyakit itu sudah bisa disembuhkan. jenazah Ted Williams, pemain baseball kenamaan disimpan di sini. Karena teknologinya belum ditemukan, maka penghidupan kembali belum dilakukan. namun tubuhnya sudah “dilelehkan” dengan suhu yang tepat sehingga sel-selnya membeku dan memecah.

    3. Misteri Kematian

    Bagaimana manusia menjadi tua? manusia terlahir dengan mekanisme tubuh yang mampu bertahan dari penyakit. Itu sebabnya luka bisa sembuh sendiri wanta diobati. Tapi seiring dengan bertambah usia, mekanisme itu menurun. kenapa bisa begitu? Ada dua teori penjelasannya. Pertama, penuaan adalah bagian dari genetika manusia. Kedia, penuaan adalah hasil dari sel-sel tubuh yang rusak.

    4. Alam VS Asuhan

    Perdebatan tentang pikiran dan kepribadian manusia masih berkutat antara dua hal di atas. Kepribadian dan pemikiran manusia dikatakan dikontrol oleh gen atau lingkungan?Atau bisa jadi keduanya? Masih belum ada kesepakatan di kalangan ilmuwan tentang hal ini.

    5. Pemicu Otak

    Tertawa adalah hal yang paling sedikit dipahami dari perilaku manusia. Para ilmuwan menemukan bahwa selama tertawa, ada tiga bagian otak yang terlibat. Pertama, bagian yang berpikir sebelum kita memahami suatu gurauan. Kedua, area yang bergerak untuk memberitahu otot kita untuk melakukan sesuatu. Lalu sebuah area emosional yang menggugah perasaan geli.

    John Morreall, ilmuwan peneliti humor dari College of William and Mary, menemukan bahwa tertawa adalah respon bermain atas kisah yang tidak sesuai dengan harapan. Tertawa juga mampu menular pada orang lain.

    6. Daya Ingat

    Beberapa pengalaman sulit dilupakan, sebaliknya kita justru kerap melupakan hal-hal penting. Bagaimana itu bisa terjadi? menggunakan teknik pencitraan otak, ilmuwan menemukan adanya mekanisme yang bertanggungjawab pada penciptaan dan penyimpanan memori. mereka menemukan hippocampus dan materi abu-abu otak yang berperan sebagai kotak memori. Tapi mengapa ada memori yang mudah diingat dan dipukana, masih tetap jadi misteri.

    7. jam Biologis

    Otak juga memiliki nukleus suprachiasmatic nucleus alias jam biologi. Bagian ini memprogram tubuh untuk mengikuti irama waktu 24 jam. Jam biologi juga menyesuaikan suhu tubuh, siklus bangun tidur, juga produksi hormon melatonin. Perdebatan terakhir adalah apakah suplemen melatonin mampu mencegah jet lag?

    8. Perasaan Dihantui

    Diperkirakan 80 persen dari sensasi pengalaman termasuk gatal, tertekan, nyaman dan rasa sakit datang dari bagian tubuh yang hilang. Ada orang yang mengalami adanya organ tubuh mereka yang tidka nampak tapi bisa merasakan. Salah satu penjelasan adalah adanya area syaraf di salah satu organ tubuh yang menciptakan konseksi baru pada saraf tulang belakang dan berlanjut mengirimkan sinyal ke otak.

    9. Tidur

    Mengapa manusia butuh tidur? Ilmuwan paham bahwa semua mamalia butuh tidur cukup. Tidak cukup tidur berkepanjangan akan menimbulkan halunisasi bahkan kematian. Ada dua tingkatan dalam tidur, yakni tidur yang non-rapid eye movement (NREM), terjadi selama otak memperlihatkan rendahnya aktivitas metabolik. Lalu tidur tingkat rapid eye movement (REM), saat otak masih cukup aktif.

    10. Mimpi

    Selain tidur, mimpi juga menjadi misteri. Kemungkinannya adalah, bermimpi merupakan latihan otak yang menstimulasi trafik synap antar sel-sel otak. Teori lain mengatakan manusia bermimpi mengenai tugas dan emosinya yang tak sempat diperhatikan selama mereka terjaga di siang hari.

    Sumber : netsains.com
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    mataraman1 Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 8, 2009
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +5 / -0
    Thanks atas infonya
     
  4. Offline

    Holyshield Lurking Around Veteran

    Joined:
    Jan 25, 2008
    Messages:
    1,399
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +44,590 / -0
    hmmm coba ah nyari articel ttg mimpi dlu
     
  5. Offline

    devil88 Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 4, 2009
    Messages:
    129
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +263 / -0
    Gile bener info nya..
    Bagus banget postx..
    Nice post..
     
  6. Offline

    seithz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 15, 2008
    Messages:
    1,029
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,880 / -0
    thx bro... gw baru tau
     
  7. Offline

    none Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 13, 2009
    Messages:
    147
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,623 / -0
    cara masukin roh na gimana gan??? jgn2 ga pake roh neh, jadi na mirip zombie...hiiiiiii atuuu...uuutttttt
     
  8. Offline

    xardix Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 13, 2008
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +12,816 / -0
    Jika Anda pernah membaca karya2 HarunYahya, Anda sudah pasti tau jawabannya. HarunYahya adalah nama tulisan yang di buat oleh seorang penulis sekaligus peneliti Islam yg tinggal di Turki yg bernama Adnan Oktar, karya2 beliau melumpuhkan teori yg selama ini membohongi dunia sains selama lebih 100th yaitu Teori Evolusi yg digagas oleh Charles Darwin. Semua misteri diatas sudah terjawab oleh penemuan modern di abad ke 20-an dan hebatnya semua misteri diatas sudah di bahas dlm Al-Quran 1400 th silam. Berikut karya2nya yg bisa menjawab pertanyaan diatas :

    RAHASIA DI BALIK MATERI
    * e-book
    * Video

    Masih banyak peristiwa yg kita belum ketahui tetapi sudah diungkap di dalam karya2 Harun Yahya, silahkan kunjungi websitenya http://www.harunyahya.com/indo
    Semua karyanya bisa di download gratis di websitenya!
     
    Last edited: Apr 10, 2009
  9. Offline

    metzebs Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    231
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +920 / -0
    sama2...sebelumnya sich lagi cari2 info mengenaiThread ini(Tentang Otaknya Enstein), dapat artikel yang lumayan bagus, jadi di shere dech..
    :angel:
     
  10. Offline

    ailend Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 14, 2008
    Messages:
    264
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +49 / -0
    misteri lagi: kenapa ketawa bisa nular???
     
  11. Offline

    mousearts Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 5, 2009
    Messages:
    142
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +48 / -0
    Coba baca LUCID DREAM.
     
  12. Offline

    bubay Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 17, 2008
    Messages:
    114
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +19 / -0
    yang ini mah nyalahin kodrat... btw infonya nais betul
     
  13. Offline

    NuRaider Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 24, 2008
    Messages:
    3,866
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +54,508 / -0
    Wah keren yah...
    Tapi yang manusia dibekukan, kan sudah meninggal.
    Klo nanti dah ditemukan cara penyembuhan penyakitnya emang bisa hidup lagi dia..
    :???:
     
  14. Offline

    Dudut Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 28, 2009
    Messages:
    1,430
    Trophy Points:
    161
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,152 / -0
    baru tau klu tertawa bisa nular
     
    • Like Like x 1
  15. Offline

    achnime Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2007
    Messages:
    328
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +8 / -0
    kali aja memang kodratnya begitu
     
  16. Offline

    drake7 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2008
    Messages:
    1,041
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,955 / -0

    Sebenarnya masih banyak yang salah kaprah ttg teori evolusi.
    Silahkan liat ke link di bawah ini untuk lebih membuka cakrawala dan tidak melihat hanya dari satu sisi.
    (oh ya tolong dibaca dengan kepala dingin dan bukan dengan emosi)

    http://sora9n.wordpress.com/2008/06/13/beberapa-faq-tentang-evolusi/
    http://sora9n.wordpress.com/2007/08/30/begini-lho-caranya-kalau-anda-mau-menjatuhkan-teori-evolusi/
    http://sora9n.wordpress.com/2007/08/27/teori-evolusi-sains-atau-ilmu-semu/
    http://sora9n.wordpress.com/2007/08/22/harun-yahya-roy-suryo-dan-misinformasi-di-masyarakat/

    salah satu isinya:

    2. Evolusi itu cuma teori. Bukankah teori itu kedudukannya lemah?

    Tolong jangan samakan kata “teori” antara penggunaan sehari-hari dan penggunaan ilmiah. Dalam kehidupan sehari-hari, kita biasa menyatakan kata “teori” sebagai dugaan-dugaan yang minim/tanpa bukti. Dalam terminologi ilmiah, “teori” adalah rumusan perilaku alam berdasarkan bukti-bukti yang telah ditemukan — di mana rumusan ini telah diuji secara akademik dan diakui oleh masyarakat sains.
    Evolusi adalah sebuah teori, sama halnya dengan Teori Relativitas Khusus dan Mekanika Kuantum. Kedudukannya kokoh sampai ada teori baru yang siap menggantikannya.
    Lebih lengkap tentang ini, silakan cek di: [post ini] atau notjustatheory.com.

    3. Akhir-akhir ini banyak ilmuwan mengungkapkan berbagai “lubang” yang tak mampu dijelaskan oleh Teori Evolusi. Misalnya di buku Harun Yahya. Bukankah kalau begini harusnya Teori Evolusi sudah diganti?

    Saya ingin menjawab pertanyaan ini dalam tiga bagian.
    Pertama, mengenai prosedur penggantian Teori Evolusi. Sebelum ini saya pernah menulis mengenai cara menjatuhkan Teori Evolusi. Teori Evolusi sudah berhasil menjelaskan banyak gejala alam dan keragaman spesies. Misalnya spesiasi, diferensiasi, homologi, keberadaan junk DNA, dan juga keberadaan organ minor yang terdapat dalam tubuh hewan dan manusia (e.g. usus buntu dan tulang ekor).
    Apabila seseorang ingin agar Teori Evolusi diganti, ia harus mempersiapkan teori baru yang mampu menyamai keberhasilan Teori Evolusi sekaligus menjelaskan hal-hal (”lubang”) yang tadinya tak terjelaskan oleh evolusi. Selanjutnya bisa Anda baca di [post ini].
    Kedua, terkhusus mengenai argumen kreasionis, utamanya buku Harun Yahya. Kebanyakan argumen tersebut tidak melakukan cover both side. Di satu sisi mereka menampilkan para ilmuwan yang mengkritik evolusi, tetapi di sisi lain sama sekali mengabaikan keberhasilan ilmiah yang sudah dicapai oleh Teori Evolusi. Sehingga terkesan bahwa evolusi benar-benar berada di ambang kehancuran; padahal kenyataannya tidaklah seperti yang digembar-gemborkan.
    Catatan terkait tentang Harun Yahya: [link].
    Ketiga, pihak kreasionis umumnya mengklaim karya mereka sebagai “bersifat ilmiah”. Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Karya-karya mereka tidak pernah mengalami peer-review, sistem pengujian akademis di mana paper mereka dicek dan dinilai oleh para ilmuwan yang berkompeten.


    No offense, saya hanya ingin memberikan sudut pandang yang berbeda agar kita semua bisa menimbang segala sesuatunya dengan adil. Selanjutnya adalah pilihan anda ingin seperti apa, tapi paling tidak pengetahuan anda bertambah akan sesuatu hal.
     
    Last edited: Apr 16, 2009
  17. Offline

    Raestloz Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    5,098
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,535 / -0
    @atas
    Ini perlu dimunculkan di topik perdebatan teori evolusi di bagian artikel bersejarah :top:

    kalau boleh gw post link ke post lu disitu :D
     
    • Like Like x 1
  18. Offline

    drake7 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2008
    Messages:
    1,041
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +1,955 / -0
    yup silakan saja jika bisa memperbanyak pengetahuan kita bersama.
     
  19. Offline

    buxbux Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 7, 2009
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +539 / -0
    itu semua adalah misteri
    kalo sudah terpecahkan bukan lagi misteri
     
  20. Offline

    ziga Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    611
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,192 / -0
    nama jg misteri ilahi,sapa aja ga ada yg bisa jelasin.
     
  21. Offline

    tresnadi Senpai Banned User

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    6,162
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +113,105 / -0
    klo yg ini biasany dilatih sama atlit balap, balap kuda, motor, mobil..

    klo kuda biasanya buat nyocokin waktu untuk tiap furlog, kan kasian kudanya klo kecapean.. motor n mobil jg, biar tau gap antara pembalap lainnya..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.