1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Trivia 10 Misteri Dunia yang Tak Terpecahkan Hingga Kini

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by ihatetomatoes, Feb 27, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ihatetomatoes Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    162
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +500 / -0
    Daftar ini terdiri dari misteri-misteri dunia yang paling terkenal dan tidak terpecahkan hingga kini. Sulit mendapatkan penjelasan yang paling rasional dan kejadian-kejadian aneh ini. Meski demikian para ahli maupun ilmuwan terus berusaha mengungkap apa sebenarnya yang terjadi.Salah satu di antaranya adalah tentang kain kafan bergambar wajah Yesus yang kini disimpan di Turin, Italia.

    Misteri lainnya adalah kapal Mary Celeste di mana kapten dan seluruh penumpangnya hilang tanpa jejak, yang tertinggal hanya kapal terapung. Tidak ada tanda perkelahian apapun. Kasus lain adalah misteri wanita berkerudung yang tampak ketika terjadi pembunuhan Presiden AS, John F Kennedy. Dan tentu saja yang tak kalah terkenalnya adalah misteri segitiga bermuda yang terkenal itu.


    1. Shroud of Turin, KAIN KAFAN BERWAJAH YESUS

    Kain kafan dari Turin adalah sejenis kain linen yang bercapkan wajah seorang pria yang tampaknya meninggal karena penyaliban. Umat Kristiani di dunia mempercayainya sebagai kain kafan Yesus Kristus. Saat ini kain kafan tersebut disimpan di Katedral St John the Baptist di Turin, Italia.

    Meskipun banyak penyelidikan ilmiah yang dilakukan untuk mengungkap hal itu, namun hingga detik ini tidak seorang pun mampu menjelaskan bagaimana gambar wajah itu bisa berada pada kain kafan tersebut. Tes radiocarbon menyebut kain kafan tersebut berasal dari abad pertengahan, namunhasil tes radiocarbon itu diragukan.

    Sebelum abad pertengahan, muncul laporan bahwa kain kafan tersebut adalah gambar Edessa -laporan itu setidaknya sejak abad ke-4. Selain itu ada juga kain lain (yang sudarium) dikenal bahkan dari zaman Alkitab (Yohanes 20:7), bahwa kain digunakan untuk menutupi kepala Kristus ketika dikubur.

    Sebuah studi 1999 oleh Mark Guscin, seorang anggota tim investigasi yang multidisiplin dari Pusat Sindonology Spanyol, meneliti hubungan antara dua kain. Berdasarkan sejarah, forensik patologi, kimia darah (yang sudarium juga dilaporkan jenis noda darah AB), dan pola noda, ia menyimpulkan, dua kain tersebut digunakan menutupi kepala yang sama dalam dua waktu berdekatan.

    Avinoam hector (seorang peneliti dari Universitas Ibrani Yerusalem) sependapat dengan analisis ini, menambahkan bahwa serbuk sari di sudarium cocok dengan kain kafan.

    Betapapun semua hasil-hasil penelitian ini belum bisa mengungkap sepenuhnya tentang kain kafan dan wajah didalamnya.***


    2. Mary Celeste, KAPTEN DAN SELURUH PENUMPANGNYA HILANG MISTERIUS

    Nama kapal ini Mary Celeste diluncurkan di Nova Scotia pada tahun 1860. Nama aslinya adalah "Amazon". Panjang keseluruhan 103 feet dengan berat 280 tons. Dalam 10 tahun pelayarannya (ketika bernama Amazon), kapal ini mengalami beberapa kali kecelakaan dan beberapa kali berganti pemilik. Sampai akhirnya kapal bekas ini dilelang di New York, laku 3000 dolar AS. Setelah diperbaiki dan diregistrasi di Amerika, kapal ini berganti nama menjadi Mary Celeste.

    Capten kapal Mary Caleste adalah Benjamin Briggs, 37 tahun. Pada 7 November 7, 1872, kapal berangkat dari New York, dengan penumpang kapten Briggs, istrinya, anak perempuannya dan delapan awak. Kapal itu membawa bahan mentah alkohol 1.700 barel, menuju Genoa, Italia.

    Sejak itu kapal Mary Caleste beserta seluruh awaknya tak pernah kelihatan lagi. Juga tak pernah sampai di tujuan. Apa yang terjadi, tidak ada yang tahu. Sampai suatu ketika ditemukan kapal itu di tengah Selat Gibraltar. Sudah diperiksa, tidak ada tanda-tanda bekas keributan atau apapun yang bisa memperkirakan peristiwa yang terjadi di kapal sebelum hilangnya semua awak secara misterius.Semua dokumen kecuali log kapten, hilang dan berbekas.

    Pada awal 1873, dilaporkan bahwa ada dua sekoci mendarat di Spanyol. Yang satu berisi satu mayat dan bendera Amerika, yang satunya lagi berisi lima mayat.Diduga, korban korban itu adalah sisa-sisa awak Mary Celeste. Namun anehnya, tubuh mereka tidak pernah diidentifikasi.

    3. The Taos hum, SUARA MISTERIUS


    The 'Taos Hum' adalah suara bernada rendah yang dilaporkan terdengar di berbagai tempat di seluruh dunia, terutama di Amerika Serikat, Inggris, dan utara Eropa. Bunyi itu biasanya hanya mendengar di lingkungan yang tenang, dan sering digambarkan sebagai mesin diesel dari kejauhan.

    Namun dari mana asal sebenarnya suara aneh itu, sampai sekarang misteri itu belum terungkap.

    Pada tahun 1997, Kongres meminta para ilmuwan melakukan penelitian untuk menyelidiki suara berfrekuensi rendah yang didengar penduduk kota kecil Taos, New Mexico. Selama bertahun tahun penduduk telah mendengar suara, sering digambarkan oleh mereka sebagai "hum". Tapi sampai hari ini tak seorang pun tahu penyebab bunyi yang mirip dengungan itu. ***

    4. Black Dahlia

    Pada 1947 tubuh Elizabeth Short, 22 tahun, ditemukan terpotong dua di tempat parkir di Los Angeles. Tragedi pembunuhan itu kemudian diberitakan di surat kabar, Elizabeth Short pun mendapat sebutan "Black Dahlia" .

    Menurut laporan surat kabar sesaat setelah pembunuhan, Short menerima nama julukan "Black Dahlia" di sebuah toko obat Long Beach pada musim panas 1946, sebagai plesetan dari film The Blue Dahlia. Namun, jaksa penyelidik Negara bagian Los Angeles menyelidiki julukan yang diciptakan oleh wartawan surat kabar itu.

    Apalagi Elisabeth Short selama hidupnya tak sekalipun mendapat julukan Black Dahlia. Lalu bagaimana asal usulnya tiba-tiba setelah mati mendapat ‘gelar' tersebut? Apa alasan wartawan itu member julukan Black Dahlia pada Elisabeth.

    Banyak rumors seputar kasus Black Dahlia itu, namun sampai kini tak terungkap latar belakang maupun siapa pembunuh Elisabeth.**

    5. Comte de Saint Germain

    Count of St Germain (diduga meninggal 27 Februari 1784) adalah seorang punggawa istana, petualang, penemu, ilmuwan amatir, pemain biola, composer amatir, dan seorang pria misterius, ia juga ditampilkan beberapa keterampilan dengan praktek alkimia. Dia adalah seorang pria yang asalnya tidak diketahui dan yang menghilang tanpa meninggalkan jejak.

    Sejak kematiannya, berbagai organisasi okultisme telah mengadopsi dia sebagai sosok model atau bahkan sebagai dewa yang kuat. Dalam beberapa tahun terakhir beberapa orang telah diklaim sebagai Count of St Germain. (Catatan: St Germain bukanlah seorang yang dianggap santo oleh Gereja Katolik Roma. Pemberian sebutan "st" hanya sebutan saja bukan gelar kesantoan).***

    6. Voynich Manuscript

    Naskah Voynich adalah dokumen abad pertengahan yang ditulis dalam naskah yang tidak diketahui dan dalam bahasa yang tidak diketahui. Selama lebih dari seratus tahun, orang telah mencoba memecahkan kode naskah tersebut namun tidak berhasil.

    Naskah itu sepertinya menunjukkan layanan farmakope atau sebuah topik kesehatan abad pertengahan atau awal pengobatan modern. Keberadaan naskah itu menimbulkan kebingungan, karena tak satupun berhasil memcahkannya. Semua hanya mengira-ngira, apa itu. Banyak teori tentang asal-usul buku itu, isi dari teks, dan tujuan yang dimaksudkan.

    Diperkirakan, dokumen berisi ilustrasi yang menyarankan buku ini dalam enam bagian: Herbal, Astronomi, Biologi, kosmologi, Farmasi, dan resep.

    7. Jack the Ripper

    Pertengahan 1888, London dihebohkan dengan serangkaian pembunuhan di ujung timur (terutama di daerah Whitechapel). Nama Jack The Ripper diambil dari surat yang dikirim ke sebuah surat kabar pada saat itu oleh seseorang yang mengaku sebagai pembunuh. Para korban yang umumnya adalah pelacur dalam kondisi mengenaskan, bukan hanya lehernya terpotong tapi juga tubuhnya di mutilasi.

    Dalam beberapa kasus, mayat itu ditemukan hanya beberapa menit setelah ripper meninggalkan tempat kejadian. Polisi mempunyai banyak tersangka tetapi tidak pernah menemukan bukti yang cukup untuk menghukum siapa pun.
    Di masa modern, muncul beberapa spekulasi bahwa Pangeran Albert Victor adalah pembunuhnya. Namun tidak ada yang benar benar yakin siapa pembunuh sebenarnya, semua spekulasi hanya bersifat dugaan-dugaan. Sampai hari ini tak seorang pun tahu siapa ripper sebenarnya.***

    8. Bermuda Triangle, MISTERI HILANGNYA KAPAL DAN PESAWAT SECARA MISTERIUS

    Segitiga Bermuda merupakan perairan di Samudera Atlantik Utara di mana banyak pesawat terbang dan kapal telah hilang secara misterius. Selama bertahun-tahun banyak penjelasan seputar hilangnya pesat juga kapal, ada yang menyebut cuaca buruk, diculik makhluk asing, sampai berbagai teori dalam hokum fisika.

    Meskipun dokumentasi substansial ada untuk menunjukkan bahwa banyak laporan telah dibesar-besarkan, masih belum ada penjelasan yang benar-benar masuk akal tentang penghilangan misterius kapal dan pesawat pesawat itu.

    9. The Zodiac Killer

    Si pembunuh Zodiac aktif di Northern California selama sepuluh bulan di akhir 1960-an. Ia membunuh sedikitnya lima orang, dan melukai dua. Dia melakukan dua pembunuhan pertama dengan pistol, di perbatasan Benecia. Dalam penembakan kedua di Vallejo, dia berusaha untuk membunuh dua orang, tetapi satu selamat meskipun tertembak pada kepala dan leher.

    Setelah 40 menit polisi menerima telepon anonim dari seorang pria yang mengaku sebagai pembunuh mereka, dia juga mengaku membunuh dua korban sebelumnya. Satu bulan tiga surat yang dikirim ke Surat Kabar di California berisi klaim bahwa si pembunuh akan memberi tahukan namanya.
    Beginilah antara lain bunyinya:

    "Aku membunuh ORANG Karena Senang..Membunuh suatu kegiatan yang menyenangkan. Ini seperti permainan game, memberikan pengalaman yang menyenangkan lebih daripada kalau anda bersama seorang gadis. "

    Arthur Leigh Allen adalah tersangka utama, namun semua bukti yang ada tidak terkait dengan Arthur. Karenanya sampai hari ini pembunuhan Zodiac tidak terpecahkan.

    10. The Babushka Lady, MISTERI WANITA BERKERUDUNG DALAM PEMBUNUHAN JF KENNEDY

    Dalam analisis rekaman film pembunuhan John F. Kennedy pada tahun 1963, seorang wanita misterius terlihat. Dia mengenakan mantel cokelat dan kerudung syal (babushkas) di kepalanya.

    Wanita tampak memegang sesuatu di depan wajahnya yang diyakini sebagai kamera. Dia tampak pada banyak foto-foto seputar pembunuhan itu. Anehnya, dalam rekam film itu terlihat, wanita ini tidak meninggalkan TKP (tempat kejadian perkara) setelah peristiwa tersebut, padahal orang-orang yang ada di sana langsung bubar begitu terjadi penembakan. Sebaliknya, ia terlihat tetap di tempatnya sambil terus memotret (atau membuat film).

    Tak lama setelah itu ia terlihat bergerak menjauh ke Timur sampai Elm Street. FBI mengumumkan ke public agar wanita itu menyerahkan rekaman film (foto) yang dia buat saat kejadian, namun wanita itu tidak pernah muncul.

    Pada tahun 1970, seorang wanita bernama Beverly Oliver maju dan mengklaim dirinya adalah wanita berkerudung itu. Namun dari cerita yang diucapkannya mengandung banyak ketidak cocokkan. Karenanya ia dianggap sekadar menipu dan mengaku ngaku sebagai wanita berkerudung yang dicari-cari FBI.

    Sampai hari ini, tak seorang pun tahu siapa wanita berkerudung itu dan apa yang dilakukannya di sana. Yang lebih aneh lagi, ketidak munculannya meski telah diminta, termasuk permintaan akan gambar gambar yang dia buat saat kejadian. **
    :piss:
    Klo :fd_7: blg momod,suruh :tritclose:
    klo berkenan :thx: :idwspiss:
     
    Last edited by a moderator: May 31, 2012
    • Like Like x 8
    • Thanks Thanks x 6
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    mazznoer1 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    1,079
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,224 / -0
    wah gan menurut ane kalo yang kain kafan tuh mungkin aja tapi kalo black dahlia,comte,dan Voynich Manuscript

    kayaknya gw lom pernah denger deh. kalo anda berkenan tolong berikan bukti kongkrit nya dong
     
    Last edited by a moderator: Feb 27, 2010
    • Like Like x 1
  4. Offline

    r3dchick3n Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 1, 2009
    Messages:
    673
    Trophy Points:
    191
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +23,750 / -0
    babushka lady, mungkin yg paling misterius di masa modern...
    sayang, dia g menampakkan diri sesudah penembakan Kennedy...

    padahaL bisa jd, dia punya foto2 penting yg mengarah ke pelaku penembakan...:hero::hero:
     
  5. Offline

    mulia24 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    pembunuhan JFK melegenda hingga sekarang, termasuk penembakan Reagan. :nikmat:

    taos hum (ada kemungkinan) bisa saja berasal dari UFO (science fiction) karena penduduk new mexico telah beberapa kali dilaporkan melihat benda terbang yang tak teridentifikasi (def UFO) :hihi:

    by the way, jack the ripper masih amat terkenal yah dimana-mana, di IDWS sendiri kurang lebih sudah ada 2 thread (ini yang ketiga) yang menyertakan/mendeskripsikan) tentang sang pembunuh ini. terlalu terkenal :matabelo:
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    xardix Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 13, 2008
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +12,816 / -0
  7. Offline

    xardix Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 13, 2008
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +12,816 / -0
    Pembunuhan JFK, UFO, perang dunia ke 2, tragedi WTC, penyerbuan Yerusalem, propaganda kiamat 2012, Revolusi Prancis, Jack the Ripper, Pendirian Negara Amerika, Israel dan negara kolonial inggris dan masih banyak lagi isu2 dan sejarah global semuanya ada dibalik FREEMASONRY.

    Silahkan liat video Sejarah Freemasonry di blog saya di..
    http://ardiyansyah-notes.blogspot.com/2010/01/ksatria-templar-dan-fremasonry-video.html
     
  8. Offline

    Shouenga Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 21, 2008
    Messages:
    1,662
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,772 / -0
    taos hum keren :hahai:

    kayaknya daripada ufo lebih masuk akal kayak fenomena geografi gitu :piss:
     
  9. Offline

    mulia24 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    mohon maaf, pertama2 anda melakukan double posts, itu dilarang di forum kita yang tercinta. :piss:

    kedua, saya menyempatkan berkunjung ke blog anda (nambahin traffic deh) :hahai: saya belum tonton video (browser saya autoblock) tapi saya yakin tulisan2 diblog anda mencerminkan isi video karena saya membaca transkrip videonya, saya ingin tahu itu adalah tulisan anda atau dari sumber lainnya? karena tidak ada sumber yang diterakan.

    ketiga, tulisan anda (maaf mengkritik) tidak independen, ini dibuktikan dengan masih dikutipnya perkataan2 dari kitab suci sebuah agama :swt: serta memandang banyak object dari 1 sudut pandang orang/kepercayaan/agama. ada kemungkinan besar tentunya yang menulis artikel ini fanatik terhadap sebuah kepercayaan/agama.

    untuk tulisan independen serta menunjukkan sisi baik maupun buruk. silahkan merujuk pada hxxp://en.wikipedia.org/wiki/Freemason <ganti xx menjadi tt> dan yang paling pasti, artikel di blog anda tidak mampu menunjuk siapa jack the ripper dengan kata lain pernyataan anda bahwa jack the ripper telah terbongkar identitasnya tidak terbukti (merujuk pada artikel blog anda). yang ada hanya asumsi keterlibatan freemasonry, bukan bukti nyata (disebutkan pada artikel anda, sebuah film dan buku ditulis dan dibuat berdasarkan bukti dan fakta sejarah tapi malah tidak disertakan fakta dan buktinya). :keringat:


    lagi2 tidak ada tulisan independen :piss: silahkan kembali merujuk pada wiki diatas untuk aktivitas freemason, atau silahkan search di search engine. pastikan tidak ada ayat2 agama/koneksi ke pemerintah/organisasi yang bernaung/memiliki kepentingan untuk mendapatkan tulisan yang independen. banyak koq orang2 dan organisasi yang mendedikasikan hidup mereka untuk mencari sumber/tulisan/informasi dan menyebarkannya tanpa disponsori pemerintah/organisasi yang punya kepentingan. :nikmat:

    terima kasih atas rujukannya, thanks telah di tambahkan ke post anda. :lalala:
     
  10. Offline

    tenzen Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 3, 2009
    Messages:
    446
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +548 / -0
    di rumahku ada thaos hum jga.....
     
  11. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    JFK yang bikin misteri itu karena ada nenek nenek a.K.A babushka yang jepret sana jepret sini pas di TKP

    waktu dimintain kameranya, malah ngacir kemana tau
    sampe sekarang masih jadi misteri, karena si babushka inilah misteri itu
     
  12. Offline

    lunalice Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 4, 2010
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    The Babushka Lady yang paling aneh, padahal udah di dunia modern, masak nemuin orang kek gitu aja ga bisa, mungkin saja ada teori konspirasi disini..
     
  13. Offline

    sweetgurl85 Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 19, 2010
    Messages:
    101
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    aku rasa sih.. hanya karena kta punya pandangan yg berbeda sm freemason trs malah mikir yg jelek2 itu g baik.. mnrtku sih, biar mau pny agama apapun klo emg individunya g bner y tetep jdnya g bener.. seblm menuduh, mungkin lebih baik klo lebih banyak mengumpulkn bukti yg lebih jelas dl..
     
  14. Offline

    k1m0ch1 Post Hunter Veteran

    Joined:
    Sep 8, 2008
    Messages:
    3,227
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +17,967 / -0
    artikelnya mirip di listverse.com :???: cuman di translate ke bahasa indonesia aja :???:
     
  15. Offline

    repps Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +58 / -0
    freemason kayanya udah terlalu banyak deh..
    udah kaya teori konspirasi sejenis yang lainnya..(kalo hobi baca novel fiksi pasti tau organisasi rahasia lainnya)
    kayanya belum ada bukti yang jelas dari kasus kasus tadi..
    btw zodiac killer emang belum terbukti ya?
    rumor katanya setelah ada pengakuan muncul lagi pengakuan yang lain yang ngaku dia zodiac killer..
     
  16. Offline

    brick Beginner Members

    Joined:
    Dec 1, 2009
    Messages:
    442
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +393 / -0
    ^^^
    bener2 zodiak killer ap bukan ... :rokok:
    jgn2 cuman orang yang pengen numpang tenar dengan mengaku2 zodiak killer .. :cerutu:
     
  17. Offline

    aqua00 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,002 / -0
    misteri di indonesia: dimanakah harta soeharto berada?
     
  18. Offline

    azadinda Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 8, 2010
    Messages:
    768
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,752 / -0
    Sumber bos sumber???
    Banyak kasus yang ngga terpecahkan karena memang sengaja disembunyikan ato memang benar2 tak terpecahkan?!
    ada satu kemungkinan lagi, memang sengaja di rekayasa agar menjadi misteri...hmm
    Perlu banyak sumber untuk mengecek kebenarannya!!!
     
  19. Offline

    Fallen_Angelz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    974
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +59 / -0
    kebanyakan dari smua misteri tuh mungkin ad sedikit konspirasi
    entah mungkin infony di manipulasi oleh org yg bersangkutan dlm misteri tersebut,....
     
  20. Offline

    _windwalk_ Silent Reader Members

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    waduh .. nice info gan .. :beer:
     
  21. Offline

    ceger2 Beginner Members

    Joined:
    Sep 15, 2009
    Messages:
    220
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +13 / -0
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.