1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Trivia 10 Masalah Yang Masih Menjadi Perdebatan

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by yopisukita, Jul 9, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    yopisukita Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,970 / -0
    Mohon maaf klo repost...!!:awas:


    Jadi sebagaimana kita tahu bos, bahwa secara ilmiah manusia belajar banyak sekali cabang bidang studi. Diantaranya terdapat banyak teori, namun sungguh belum menjelaskan seluruh pertanyaan yang ada. Beberapa diantaranya adalah permasalahan di bawah ini :


    10. Apa yang menyebabkan "The Great Depression"?

    [FONT=&quot][​IMG][/FONT]


    [FONT=&quot]Peristiwa ini adalah peristiwa krisis ekonomi besar di beberapa negara di sekitar tahun 1928 gan. Awalnya peristiwa ini dikait-kaitkan dengan jatuhnya pasar saham pada tanggal 29 Oktober 1929 (lebih dikenal dengan "Black Tuesday"). Efeknya sangat merusak, baik di negara industri ataupun negara pengekspor bahan mentah. Perdagangan turun drastis, begitu juga dengan pendapatan, pajak, harga dan keuntungan.

    Apa yang menyebabkan semua ini masih jadi subyek debat yang umum. Para ilmuwan belum setuju pada satu sebab yang paling berpengaruh. Studi ini sangat erat kaitannya dengan menghindari krisis di masa datang, dan jadinya berimbas pada analisis studi peristiwa sejarah ini. Pertanyaan lainnnya ialah bagian yang berpengaruh paling besar, apakah itu salah dari pasar bebas atau salah dari gagalnya pemerintah mencegah gagalnya bank-bank dan menimbulkan panik sehingga terjadi pengurangan di suplai mata uang (jadi ingat kasus Century hehe [/FONT]:hahai:)

    9. Dari mana asal bahasa?

    [FONT=&quot][​IMG][/FONT]


    Studi asal mula bahasa (glottogony) menarik banyak spekulasi selama sejarah manusia. Bahasa adalah satu hal yang mencolok yang membedakan kita manusia sama makhluk lainnya. Tidak seperti tata tulis, bahasa ucap tak meninggalkan jejak. Meski begitu, para ahli bahasa mencoba mencari metoda tidak langsung untuk mendapatkannya. Pda beberapa tahap evolusi peradaban manusia, satu atau lebih komunikasi verbal bergabung dari bentuk kuno bahasa atau komunikasi non linguistik. Kalau menurut teori evolusi, primata dan manusia berpisah 6 miliar juta lalu, yang berarti "terminus post quem" untuk evolusi linguistik. Setelah waktu tersebut, banyak pengguna, yang mungkin dapat menceritakan asal mula bahasa, telah punah.



    8. Siapa yang memulai revolusi industri ?

    [FONT=&quot][​IMG][/FONT]


    Revolusi industri adalah waktu antara abad 18 dan 19 dimana banyak terjadi perubahan pada bidang agrikultur, manufaktur, dan transportasi yang mempengaruhi kondisi sosioekonomi dan kultural menjadi lebih terindustrialisasi.

    Penyebab utama hal ini masih kompleks dan terus diperdebatkan. Beberapa sejarawan percaya, fenomena ini adalah hasil dari tumbuhnya perubahan sosial dan institusional akibat dari akhir feodalisme sesudah perang sipil Inggris pada abad 17. Beberapa faktor lain juga diperhitungkan termasuk ekologi, pemerintahan dan budaya.

    [FONT=&quot][/FONT]​
    7. Bagaimana bahasa dipelajari?

    [​IMG]



    Pembelajaran bahasa adalah salah satu proses yang terjadi pada manusia. Awalnya dari anak-anak, dan juga terbentuk pada perjalanan menuju kedewasaan. Secara historis, para pembuat teori terbagi menjadi mereka yang cenderung menekankan pada sebab alami atau sebab pengasuhan, sebagai faktor yang menjelaskan pembelajaran tersebut.

    Ilustrasinya sering diperdebatkan sebagai berikut: psikologi nativisme, dimana bahasa telah "tertanam" pada otak manusia, dan "tabula rasa" yaitu bahasa didapat dari interaksi dengan lingkungan.

    6. Apa itu angka?

    [​IMG]


    Pertanyaannya: apa itu angka, deret, himpunan, nilai,dll? Dalam matematika, sebuah struktur deret, atau secara umum sebagai tipe, terdiri dari obyek matematis yang secara langsung teranalogi dengan tiap set nilai, membuatnya mudah untuk divisualisasikan atau dikerjakan, atau membantu dengan signifikan. Apakah itu adalah obyek nyata ataukah hanya hubungan yang ada pada semua struktur? Meski begitu, studi mengenai hal ini secara umum terbagi dua: neo-platonism, yang menganggap obyek matematis adalah nyata, dan formalisme, dimana obyek matematis adalah konstruksi formal semata.


    5. Paradoks tumpukan ( sorites paradoxs )


    [​IMG]




    Paradoks ini adalah hal yang timbul dari penyebutan yang samar. Problemnya semata ada pada filosofi bahasa, dimana suatu suku bisa menjadi relatif dan tak terdefinisi, yang menjadi lawan dari logika matematis, dimana semua suku hakikatnya memiliki definisi, meskipun itu hanya berupa variabel. Ini adalah contoh paradoks tersebut:

    Tumpukan pasir terdiri dari banyak butir pasir (Premis 1)
    Tumpukan pasir dikurangi 1 butir pasir masih merupakan tumpukan pasir (Premis 2)

    Apabila premis 2 terus diulang, pada akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa sebuah tumpukan dapat hanya terdiri dari satu butir pasir. Bisa ada beberapa solusi, pertama, seseorang dapat menyangkal premis 1 yang berkata bahwa kumpulan besar pasir menjadi tumpukan, atau secara umum, tidak ada tumpukan. Cara lainnya, seseorang dapat menyangkal premis kedua dan menyatakannya tidak benar. Ataupun bisa juga setuju pada kesimpulan bahwa tumpukan pasir bisa terdiri dari hanya satu butir pasir. Ini agak rumit, para filsuf harus menjelaskan mengapa salah satu premis, atau kesimpulannya, bisa menjadi salah, meskipun tampaknya semuanya benar.



    [FONT=&quot][/FONT]
    [FONT=&quot]4. Apa lubang hitam itu ada?[/FONT]

    [FONT=&quot][/FONT]
    [FONT=&quot][​IMG]
    [/FONT]​


    Apa lubang hitam ada? Apa mereka mengeluarkan radiasi, seperti basis teorinya? Apa radiasi ini mengandung informasi struktur intinya, seperti dijelaskan pada dualitas gravitas Gauge, atau tidak, seperti hasil perhitungan Hawking? Apabila tidak, dan mereka dapat menguap, bagaimana dengan informasi yang ada di dalamnya? (Mekanika quantum tidak mengenal ketidakkekalan informasi). Atau radiasinya hilang dan meninggalkan sisa sisa lubang hitam? Apa ada cara untuk mempelajari strukturnya, kalau itu ada?

    Relativitas umum mendeskripsikannya sebagai daerah dengan ruang kosomg dengan singularitas di pusat dan horizon peristiwa di luarnya. Namun, jika memperhitungkan mekanika kuantum, deskripisnya berganti. Penelitiannya membuktikan, bahwa selain memegang materi yang tertangkap selamanya, lubang hitam dapat perlahan bocor dan mengemisikan energi termal yang dikenal sebagai radiasi Hawking. Mesku begitu, deskripsi total yang membutuhkan teori kuantum gravitasi, masih belum diketahui.


    [FONT=&quot][/FONT]
    [FONT=&quot]3. Untriseptium?[/FONT]


    [​IMG]



    [FONT=&quot][/FONT]​
    Ini adalah kode nama untuk pencarian ilmiah bagi element 137. Elemen trans-uranik, selain plutonium, selalu dapat dibuat di laboratorium, dan pada akhirnya daerah atau nama ilmuwannya menjadi nama elemen tersebut.

    Semua elemen dengan nomor atom lebih dari 137 butuh elektron 1s untuk bergerak lebih cepat dari kecepatan cahaya. Sejak dulu, ilmuwan percaya bahwa ini adalah pemecahan untuk TOE/GUT (Theory of everything/Grand unified theory), yang dapat menyatukan teori elektromagnetik, mekanika quantum dan gravitasi. Namun, belum ditemukan adanya kaitan antara nomor 137 dengan hukum fisika lain di jagat raya. Pertanyaannya adalah, apakah ada elemen kimia dengan karakteristik tersebut? Apakah nomor 137 adalah elemen kimia terakhir yang ada secara fisis?



    [FONT=&quot][/FONT]
    [FONT=&quot]2. Kenapa kita bermimpi??[/FONT]

    [FONT=&quot][/FONT]
    [FONT=&quot][​IMG][/FONT]



    Tidak ada definisi biologis yang jelas yang disepakati secara universal. Observasi umum menunjukkan, mimpi erat kaitannya dengan "REM sleep". "REM Sleep" adalah tahap tidur dimana aktivitas otak hampir sama seperti saat bangun, ynag dipercaya sebagai saat terjadinya mimpi, atau saat mimpi paling diingat. Masih belum diketahui di bagian mana otak membuat mimpi (apabila ada satu lokasi) atau mengapa terjadi mimpi.



    [FONT=&quot][/FONT]
    [FONT=&quot]1. Apa asal mula kimiawi dari kehidupan??[/FONT]

    [FONT=&quot][/FONT]
    [FONT=&quot][​IMG][/FONT]



    Apa asal mula kimiawi dari kehidupan di bumi? Gimana unsur kimia non-organik membentuk kompleks kehidupan yang dapat membagi dirinya sendiri? Studi ini dikenal dengan abiogenesis, yang disepakati terjadi antara 4,4 (saat uap air pertama mencair) sampai 2,7 miliar tahun yang lalu, dimana rasio dari isotop stabil dari karbon, besi dan sulfur membentuk awal mula biogenik dari mineral dan sedimen dan organ hidup molekuler yang dapat berfotosintesis.

    Tidak ada standar model yang baku untuk hal ini. Sampai 2007, belum ada yang dapat membuat sebuah sel-kuno asal mula kehidupan menggunakan komponen dasar yan dapat memodelkan asal mula kehidupan (pendekatan bawah-atas). Namun, beberapa ilmuwan bekerja keras pada hal ini, diantaranya Steen Rasmussen di laboratorium nasional Los Alamos dan Jack Szostak dari universitas Harvard.


    Gak nolak Ijo2 klo info nya bermanfaat bos...!!! jngan lupa klik thanks nya,,


    [FONT=&quot][/FONT]​
     
    Last edited by a moderator: May 31, 2012
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Izzur Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2010
    Messages:
    694
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +65 / -0
    Btw untuk yg nmor 1 ktanya ada sklompok ilmuan brhasil mnciptakan 'kehidupan' berupa bakteri. Bakteri buatan itu diciptakan di laboratorium tanpa melalui perkembangbiakan generatif atw vegetatif. . . . CMIIW.
     
  4. Offline

    7thchild Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 18, 2009
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +142 / -1
    nice info bro :hmm:
     
  5. Offline

    Ken Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 10, 2009
    Messages:
    4,367
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +56,975 / -0
    yang paling banyak di debatin itu yang no 1..
    di IDWS jg didebatin tuh..
     
  6. Offline

    gravitazy Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    477
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +960 / -0
    problem2 diatas adalah apa yang menjadi ranah berfikir filsafat,,,,,,
    apa, bagaimana, dan mengapa,,,,?? secara epistemologis, ontologis, Aksiologis,,,

    manusia akan terus berusaha mencari jawaban,, namun terkadang hanya mau menerima hal
    yang sesuai dengan logika berfikirnya...

    ,, hanya ada satu kebenaran yg mutlak,, religion,,,,,

    (apa yg baru wa tulis ya [​IMG][​IMG]
     
  7. Offline

    rmay168 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 8, 2009
    Messages:
    81
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +10 / -0
    sekarang ad yang lagi trend
    yaitu global warming
     
  8. Offline

    yopisukita Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,970 / -0
    haaaa iya apa bos klo yg gwa tangkap bukan githu...lagian untuk bakteri di kembangbiakan tanpa perkwinan gda,,,,klo mikroba atau hewan yang bersel membelah diri gitu baru tanpa perkawinan..karen hemaprodit ( dalam satu tubuh punya 2 alat kelamin )

    iya om,,tapi klo bisa kasih sarannya n tanggapannya..takut ntar di bilang nge-junk doank..

    iya ya bos..klo boleh di thread mana ya??
     
  9. Offline

    yopisukita Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,970 / -0
     
  10. Offline

    yopisukita Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,970 / -0
    huaaaaa dah lama kalee bos..hahahaha bhkan skarang udah perusakan lapisan ozon besar2an hahahah!!
     
  11. Offline

    dark_chris Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    2,109
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,076 / -0
    :niceinfo: brader....

    yg no1 itu, sampe sekarang masi menemui jalan buntu keq nya...

    makin banyak ilmuwan yg mengutarakan nya... dengan berbagai aspek..
     
  12. Offline

    john88 Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 26, 2009
    Messages:
    167
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +10 / -0
    yg lagi perdebatan sekarng bukannya vid mesumnya si ariel,hahahaha .just kidding gan.
     
  13. Offline

    yopisukita Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,970 / -0
    iya om..tapi kita gwsa mikir jauh banget ckup yang udah dpelajari di SMA aj plajaran biologi wkwkwkw....biologi,,mikroba,,dll hahahaha
     
  14. Offline

    Ken Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 10, 2009
    Messages:
    4,367
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +56,975 / -0
  15. Offline

    yopisukita Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,970 / -0
    huaaa itu mah mau nya om,,saya mah capek ngeliatin luna ma ariel mulu....habis miring sich hahahahahhahaha

    iya tu om..makanya kebanyakan sesat kayak2 zaman skrang,,haduh2 agama ya agama..ilmiah ya ilmiha..tapi bisa juga sich ilmiahnya berlandaskan agama...tapi klo agama berdasarkan ilmiah kyknya ga semasukan tuh...bnyak pendapat..!!
     
  16. Offline

    shabutaro Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 7, 2008
    Messages:
    2,666
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,225 / -0
    banyak=lebih dari satu
    artinya premis kedua yg meragukan :yareyare:
     
  17. Offline

    Ken Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 10, 2009
    Messages:
    4,367
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +56,975 / -0
    maksud nya kek gini kk..
    1 butir pasir= pasir..
    1000 butir pasir = pasir jg namanya..
    jadi 1 = 1000 (sama)

    yah kesalahan pembuat bahasa
     
  18. Offline

    Izzur Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2010
    Messages:
    694
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +65 / -0
    Jadi ingat quote nya Albert Einstein: "Science without religion is lame, religion without science is blind"
     
  19. Offline

    yopisukita Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    908
    Trophy Points:
    206
    Ratings:
    +20,970 / -0
    banyak penggunaaan bahsa om,,satu bahsa bisa bermacam makna ( buat om ken dan shabutaro )

    buat om izzur weh weh kena banget kata2 gwa ma einstein pdahal secara ga langsung gwa ngomongnnya tadi om heheheheheh
     
  20. Offline

    monblankk1 Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 8, 2008
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +10 / -0
    nais inpo gan...
     
  21. Offline

    kucing_alas Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +57 / -0
    Koq repot bgt mikirnya...kalimat pertama yang diajarkan kpd Nabi Adam AS oleh Allah SWT adalah "Alhamdulillah"...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.