1. Diberitahukan akan ada maintenance (MT) susulan fixing beberapa fitur forum, error-error technical dan perbaikan `kosmetik' forum dan beberapa update lainnya. Forum akan tutup-buka dimulai Senin, 20 April 2015 - Jumat, 24 April 2015 dari jam 00:00 - 08:00 WIB pagi secara intensif atau bisa lebih panjang jika tidak selesai selama 8 jam per-harinya. Dan juga terjadi pada waktu² lainnya MT dadakan singkat. Mohon maaf atas gangguan ini.
  2. Dalam menyambut Star Wars Day, Kami menghadirkan beberapa User Title bertema Star Wars. Anda akan menemukan Jedi, Stormtrooper dan juga Darth diantara kalian. "May The Force Be With You".

Trivia 10 Kontroversi ASI yang Menghebohkan Dunia

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by BlankFsd, Mar 6, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. BlankFsd Jedi Master Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 24, 2010
    Messages:
    5,677
    Trophy Points:
    163
    Ratings:
    +1,852 / -0
    [​IMG]

    Pemberian ASI eksklusif pada bayi hingga minimal 6 bulan terus digalakkan, tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Namun ada beberapa kontroversi yang cukup menghebohkan yang terjadi terkait pemberian ASI pada bayi.

    Air susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik buat bayi, tapi sayangnya jumlah bayi yang mendapatkan ASI eksklusif semakin menurun. Bahkan, setidaknya ada 10 kontroversi ASI yang paling heboh di dunia.

    Berikut 10 kontroversi ASI yang cukup menghebohkan di dunia, seperti dilansir Time, Kamis:

    1. Wanita yang menyusui dikeluarkan dari pesawat
    Perselisihan hukum mengenai menyusui di tempat publik ini berlangsung sejak tahun 2006 ketika seorang ibu yang menyusui bernama Emily Gillette mengatakan bahwa pramugari pesawat Delta Connection menyuruhnya turun dari pesawat ketika ia menolak untuk menutup bagian dada saat menyusui putrinya yang berusia 22 bulan.Gillette mengajukan pengaduan ke Vermont Human Rights Commission (Komisi HAM Vermont) dan mengklaim bahwa ia duduk diam di dekat jendela dengan suami ada disebelahnya saat menyusui dalam pesawat tersebut.

    2. Facebook menghapus foto profil seorang ibu yang sedang menyusui
    Pada tahun 2009, seorang wanita merasa jengkel karena menyadari bahwa foto-fotonya saat menyusui dihapus dari album foto akun Facebook miliknya, meskipun foto tersebut hanya untuk ditunjukkan pada teman dan keluarganya.Facebook beralasan bahwa foto dengan menunjukkan puting payudara adalah melanggar kebijakan mereka karena dianggap cabul atau pornografi, sehingga foto-foto tersebut harus dihapus tanpa persetujuan pemilik akun tersebut.

    Hal itu cukup menuai kontroversi, terutama di kalangan ibu-ibu yang menyusui bayinya. Sampai-sampai untuk menyatakan protesnya, beberapa ibu mulai membuat grup Facebook baru dengan diberi nama ‘Hey Facebook, Breastfeeding Is Not Obscene (Hei Facebook, Menyusui Bukan Tidak Senonoh)’. Grup tersebut kini telah memiliki lebih dari 250.000 anggota dan melampirkan hampir 7.000 foto ibu tengah menyusui bayinya.

    3. Menyusui anak usia sekolah
    Ada banyak perdebatan tentang berapa usia anak untuk berhenti menyusu ASI, namun kebanyakan orang Amerika setuju bahwa pada saat seorang anak masuk taman kanak-kanak, maka sudah saatnya berhenti menyusu.Tapi tidak dengan Amanda Hurst. Ibu berusia 29 tahun ini menjadi pembicaraan utama di tahun 2010 karena membuat keputusan tetap menyusui dua anaknya bersamaan yang berusia 6 tahun dan 5 bulan. Tak hanya Hurst, pada tahun 2006, British documentary, Extraordinary Breastfeeding mencatata seorang ibu yang menyusui hingga usia 8 tahun.

    4. Boneka bayi menyusui
    Meskipun mainan ini tidak pernah dibuat di Amerika Serikat, tapi acara American Morning Shows dan kelompok ibu di seluruh negara itu beramai-ramai di musim panas lalu untuk meniru boneka menyusui asal Spanyol tersebut.Tapi sayangnya, boneka bayi yang bernama ‘Bebe Gloton’ (bayi pelahap) dilengkapi dengan rompi kecil sehingga membuat suara-suara menyusui dan gerakan mulut ketika menelan menjadi aneh terhalang rompi. Boneka ini banyak mendapat pujian dari pendukung ASI, tetapi kepantasannya sebagai mainan menjadi topik panas di acara Today NBC, karena pembawa acaranya mengatakan boneka tersebut merupakan sesuatu yang menyeramkan.

    5. Pakaian bayi bertuliskan ‘Formula Powered’
    Kaos simple Old Navy untuk bayi yang bertuliskan ‘Formula Powered’ seharga 5 dolar ini dipasarkan sejak tahun 2009. Tapi kaos ini mendapat banyak kritik karena dianggap perusahaan tersebut lebih mendukung pemberian susu formula ketimbang ASI pada bayi.”Itu tidak dimaksudkan untuk menjadi anti-ASI,” kata Louise Callagy, juru bicara dari Gap Inc, perusahaan induk Old Navy, yang juga menunjukkan bahwa Old Navy juga memproduksi bra menyusui dan atasan.

    6. Salma Hayek menyusui bayi keturunan Afrika
    Aktris Salma Hayek membuka jenis perdebatan baru mengenai menyusui pada 2009 ketika video ia tengah menyusui bayi laki-laki lapar di Sierra Leone muncul di YouTube.Hayek mengatakan kepada ABC Nightline bahwa ia menyusui bayi yang baru lahir dalam upaya untuk mempromosikan menyusui di wilayah yang memiliki salah satu angka kematian bayi tertinggi di dunia, terutama karena kekurangan gizi.

    Dan sementara penularan HIV melalui pemberian ASI menjadi kekhawatiran ibu-ibu di seluruh Afrika. Pedoman kesehatan internasional juga menganjurkan ibu HIV-positif untuk menghindari menyusui. Tapi di Sierra Leone, kelaparan adalah ancaman langsung.Hayek mendapat pujian untuk misi tersebut dan videonya mendorong gelombang diskusi mengenai apakah negara-negara Barat harus menyumbangkan ASI ke negara-negara yang membutuhkan, dan bukan dengan memberikan susu formula bayi.

    7. Gambar ibu menyusui di sampul depan majalah Redbook
    Pada tahun 1997, majalah Redbook mengeluarkan resolusioner yang menampilkan aktor Pierce Brosnan yang menatap payudara kekasihnya Keely Shaye Smith yang tengah menyusui anak mereka sebagai gambar di sampul depan majalah.Gambar tersebut sebenarnya tidak terlalu mengekspos payudara Smith, tetapi beberapa pelanggan mengeluh dengan gambar sampul depan tersebut karena dianggap bersifat cabul.

    8. Foto topless Julie Bowen yang tengah menyusui anak kembarnya
    Bintang ABC smash Julie Bowen membuat kontroversi pada bulan Mei tahun lalu karena merilis foto dirinya yang topless dan menyusui anak kembarnya dengan foto yang diberi nama ‘football hold’, yaitu posisi menyusui yang memungkin ibu menyusui bayi kembar secara bersamaan.

    9. Patung Angelina Jolie tengah menyusui
    Patung telanjang Angelina Jolie di Oklahama AS, yang tengah menyusui anak kembarnya cukup menulai kontroversi. Pada tahun 2009, pematung Daniel Edwards menggambarkan patung Jolie duduk sambil memberi makan bayi kembar secara bersamaan untuk pekerjaan yang tampak aneh berjudul ‘Landmark for Breastfeeding’.


    10. Konflik Sarah Palin dan Michelle Obama
    Michelle Obama mungkin tidak pernah mengharapkan bahwa kampanye ASI-nya menuai konflik. Kampanye mendapat sindiran dari mantan cawapres yang menjadi lawan suaminya Obama yakni Sarah Palin.

    Sarah Palin mengatakan, “Tidak heran Michelle Obama mengatakan kepada semua orang lebih baik menyusui bayi, ya karena harga susu yang begitu tinggi sekarang”.
    Niat baik Michelle juga dituding memberikan tekanan yang terlalu besar pada ibu-ibu untuk menyusui. Palin dan politikus Tea Party Michele Bachmann kemudian mendesak Obama untuk membuat aturan pengurangan pajak untuk peralatan pompa untuk memerah ASI.

    Code:
    Sumber : http://jekethek.blogspot.com/2012/02/ini-dia-10-kontroversi-asi-yang.html
    Maaf sebelumnya kk klo :repost:
     
    • Like Like x 1
  2. sentotjr Beginner Members

    Joined:
    Feb 13, 2010
    Messages:
    248
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +1 / -0
    menarik infonya gan

    tapi jangan lupa pesannya ya, ASI eksklusif selama 6 bulan pertama

    bayi besar jangan ikut2an :oghoho:
     
  3. delseikdepalin Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 10, 2010
    Messages:
    124
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +3 / -0
    buset ada bnernya juga tuh yang di facebook dengan penghapusan gambar senonoh...

    gila itu ibu2x ...ckckck

    masa menyusui aja mesti pamer pamer dasar moral jelek....

    sebenernya menyusui itu mesti ditempat yang baik...
     
  4. ahmadhussein Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 22, 2010
    Messages:
    642
    Trophy Points:
    68
    Ratings:
    +97 / -0
    foto patungnya GILA

    masak nyusui anak, kayak nyusui kucing. dipegang kepalanya gitu
     
  5. ekajogja Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 28, 2011
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    8
    Ratings:
    +1 / -0
    emang cara nyusui anak kembar yang bener gimana?
     
  6. chaniago Jedi Knight Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 13, 2009
    Messages:
    4,044
    Trophy Points:
    153
    Ratings:
    +962 / -0
    menurut saya ini bukan kontroversi namanya :garing:
    ya jelas aja Facebook menghapus foto profil seorang ibu yang sedang menyusui, liat tempat atuh :garing:

    kitain ada kontroversi yg berbunyi: "para ibu2 dilarang menyusui anaknya kapan pun dan dimana pun" :garing:
    itu baru kontroversi :lalala:
    CMIIW ya :gembel:
     
  7. kreyzig Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 1, 2010
    Messages:
    100
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    yah menurut ane seorang ibu menyusui anaknya adalah hak asasi, jadi jangan dilarang, walaupun itu di tempat umum.
    makanya ane paling ga setuju yang nomor 1.
    sebaiknya penumpang yang lain ya mengerti.

    kecuali klo foto yang diuplod.
    ngapain coba dipulod foto begituan. kurang kerjaan banget
     
  8. ariveenn82 Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 2, 2011
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    iya gan, kasian bayi nya,
     
  9. panda_blue Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 16, 2012
    Messages:
    517
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +28 / -0
    itu teknik menyusui yang extreme , kasian bayinya lah :swt:
    banyak banget sih kontroversi menyusui , gara - gara dianggap P*RN sih , emang seharusnya menyusui itu ngga boleh keliat orang lain :unyil:
     
  10. bella_donna Beginner Members

    Joined:
    Mar 2, 2012
    Messages:
    221
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +2 / -0
    di satu sisi ada kampanye besar-besaran untuk memberikan ASI
    tapi di sisi lain ada aja pelarangan menyusis di tempat umum
    untungnya di beberapa tempat umum di Indonesia udah ada ruangan khusus untuk para ibu menyusui anaknya..
     
  11. 1X54N Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 23, 2009
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +4 / -0
    kesadaran ibu2 untuk menyusi bayinya kurang.
    bayi dewasa punya banyak kesempatan.
     
  12. MIR Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 27, 2010
    Messages:
    67
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    itu yang nomor 1 parah bener kan di sampingnya suami bukan orang lain
    masa ga boleh juga :bingung:


    tapi klo yang foto saat menyusui di apus wajar aja lah
    ngapain upload foto kaya gitu :facepalm:
     
  13. xindoza Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 1, 2011
    Messages:
    582
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +11 / -0
    duh.. katanya ASI paling bagus buat bayi, tapi ini kok jadi kontroversi?
    kalau yg minum di depan umu si bapak baru diributin... lah ini anaknya yg dikasih minum kok malah diributin
     
  14. jenggeret Beginner Members

    Joined:
    Oct 30, 2011
    Messages:
    311
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +3 / -0
    yah, namanya menyusui, kalo di tempat umum emang kurang sopan ... :cerutu:
    tapi kalo dalam keadaan darurat, mau gimana lagi??
     
  15. Hktoyshop Darth Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    15,151
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +463 / -0
    wis patung nya keren bisa ngasih asi sekaligus dua anak,.,.
    ibu yang baik tu.,.,.,,,,.,
     
  16. andirx Clonetrooper Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 8, 2012
    Messages:
    585
    Trophy Points:
    18
    Ratings:
    +5 / -0
    Mungkin diupload untuk promosiin asi, soal kontroversi sih itu cuma berbeda persepsi aja kok
     
  17. Sunday_KNIGHT Rockstar Staff Member Super Moderator

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    36,383
    Trophy Points:
    183
    Ratings:
    +10,229 / -3
    Salah satu kontroversi Ibu menyusui nih

    for Moderator :
    ada pict-nya juga,
    kalo merasa agak BB+++ di hapus aja pict-nya / dibikin dalam bentuk url aja

    Majalah Time Picu Kontroversi dengan Sampul Ibu Menyusui Balita

    [​IMG]

    Washington, - Sampul majalah ternama Amerika Serikat, Time edisi terbaru terus mengundang kontroversi. Bagaimana tidak, sampul tersebut bergambar seorang wanita berambut pirang sedang menyusui anak laki-lakinya yang berumur 3 tahun lebih!

    Dengan headline "Are you Mom Enough?", gambar sampul tersebut menuai pro dan kontra dan memicu perdebatan mengenai hubungan modern antara ibu dan anak.

    Sampul provokatif tersebut masih menjadi bahan pembicaraan di forum-forum dan blog-blog para ibu di Amerika. Misalnya saja, di situs kehamilan dan pengasuhan thebump.com, para ibu ramai membahas isu tersebut. Ada yang setuju dengan gagasan menyusui anak-anak hingga berumur lebih dari 2 tahun, namun ada pula yang menentangnya.

    "Jika mereka bisa memintanya dan mengangkat baju Anda, maka ini waktunya untuk berhenti menyusui mereka," demikian postingan seorang pembaca, Elizabeth seperti dilansir Chicago Tribune, Rabu (16/5/2012).

    Bahkan selebriti AS, Alyssa Milano pun ikut bersuara mengutarakan kekesalannya atas sampul Time tersebut. "Time, tidak! Anda salah!" tulis aktris cantik tersebut lewat akun Twitter-nya. "Anda seharusnya mempermudah para ibu yang menyusui. Sampul Anda eksploitatif dan ekstrim," tulis Milano.

    Sebagian pihak menyebut bahwa sah-sah saja bagi seorang ibu untuk menyusui anaknya yang sudah beranjak besar, namun setidaknya hal itu harus dilakukan secara private, bukan secara vulgar seperti tergambar dalam sampul Time tersebut.

    Sebagian menganggap sampul Time tersebut justru tidak membantu kampanye menyusui. "(Sampul) itu sengaja memecah-belah dan kasar," cetus Janna Lipman Weiss, seorang ibu dua anak di California, AS.

    Sampul ini dipilih Time dengan alasan untuk mendukung artikel yang mengupas tentang dokter anak terkenal dan ahli pengasuhan anak, William Sears, yang menulis buku "The Baby Book" tahun 1992. Sears yakin bahwa anak-anak akan lebih berkembang secara fisik maupun emosional jika diasuh dalam lingkungan yang fokus ke anak, termasuk menyusui hingga lebih dari satu tahun pertama.

    Sumber
     
  18. apukk Beginner Members

    Joined:
    Oct 7, 2012
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +1 / -0
    ASI memang sangat penting untuk bayi, karena bergizi tinggi. Kalau disini biasa-biasa saja kayaknya menyusui di tempat umum. Tapi ya jangan difoto trus diupload juga kali
     
  19. riyuta Beginner Members

    Joined:
    May 3, 2012
    Messages:
    371
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +8 / -0
    yang patung itu emang kontroversi banget... masa iyya menyusui kayak gak niatan gitu.. :swt:

    klo yang nge aplod di facebook itu, kayak ga ada kerjaan banget ya, nge aplod lagi menyusui bayinya?? :yareyare:
     
  20. Sunday_KNIGHT Rockstar Staff Member Super Moderator

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    36,383
    Trophy Points:
    183
    Ratings:
    +10,229 / -3
    kalo gak salah waktu itu ada kampanye hari menyusui sedunia + mencegah kanker payudara dengan menyusus,
    sehingga ada yang upload gambar seperti itu
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page