1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Info 10 Kiper Terbaik Sepanjang Sejarah Sepak Bola !

Discussion in 'Soccer' started by soulhunter, Aug 13, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    soulhunter Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    1,895
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,942 / -0
    10 Kiper Terbaik Sepanjang Sejarah Sepak Bola !

    Penjaga gawang memang posisi yang tidak seglamor posisi lainnya di dalam sepakbola. Lingkup daerahnya yang hanya terbatas pada gawang dan kotak penalti membuatnya hanya menjadi pusat perhatian saat timnya diserang, atau kala ia membuat kesalahan yang mengakibatkan kekalahan.

    Namun bukan berarti kiper harus dipandang sebelah mata. Belakangan beberapa kiper juga sudah membuktikan kalau mereka juga bisa membuat posisi itu menjadi menarik dan atraktif.

    Sebut saja kiper Meksiko Jorge Campos yang merancang sendiri kostumnya yang warna-warni, atau Rene Higuita dari Kolombia yang tampil eksentrik.

    Tetapi untuk menentukan kiper terbaik bukan hanya dilihat dari warna kostum, atau kemampuan menarik perhatian para penonton. Kriteria utama tentunya prestasi yang diraih bersama klub, penghargaan individual, dan juga kehebatan mencegah terjadinya gol di gawang mereka.

    Oleh sebab itu, GOAL.com Indonesia mencoba mencari sepuluh kiper terbaik sepanjang masa bagi para pembaca. Agar adil, kami bagi dua pilihannya dari kiper yang telah pensiun, dan kiper yang masih aktif bermain hingga saat ini.

    Berikut adalah pilihan kami sesuai dengan abjad nama mereka.
    [​IMG]
    1. Dida (Brasil)
    Setelah Claudio Taffarel, Dida menjadi kiper baru asal Brasil yang diperhitungkan dalam dunia sepakbola. Hal itu terbukti saat dirinya menjadi kiper pertama dari tim Samba yang termasuk dalam kandidat peraih Ballon d’Or di tahun 2003 dan 2005.

    Biarpun Dida telah memenangkan Piala Dunia bersama Brasil, dan berbagai gelar domestik & internasional bersama AC Milan, sayangnya ia juga dikenal akibat beberapa insiden yang kurang baik. Yang terakhir adalah saat ia pura-pura jatuh dan terluka saat disentuh oleh seorang suporter Glasgow Celtic di pertandingan Liga Champions.
    [​IMG]
    2. Dino Zoff (Italia)
    Piala Dunia 1982 menjadi puncak prestasi Zoff. Di usianya yang ke-40, ia menjadi pemain tertua yang memenangkan Piala Dunia. Selain itu, ia juga menjadi kiper kedua yang menjadi kapten di tim yang juara, dan juga terpilih menjadi kiper terbaik.

    Padahal di awal karirnya, ia sempat ditolak oleh Inter Milan dan Juventus karena dianggap kurang tinggi. Di jajak pendapat untuk mencari kiper terbaik di abad ke-20 yang dilaksanakan oleh Federasi Internasional Statistik dan Sejarah Sepakbola (IFFHS), Zoff berada di posisi ketiga di bawah Lev Yashin (Uni Soviet) dan Gordon Banks (Inggris).
    [​IMG]

    3. Edwin van der Sar (Belanda)
    Saat van der Sar memblok tendangan Nicolas Anelka di final Liga Champions, ia benar-benar menjadi momok bagi pemain Chelsea saat adu penalti. Hal itu karena di ajang Community Shield sebelumnya, ia juga telah melakukan hal yang sama dengan menepis semua tendangan penalti yang dilakukan pemain The Blues.

    Van der Sar menjadi pemain yang paling banyak membela tim nasional Belanda dengan tampil sebanyak 128 kali dan akhirnya pensiun setelah Euro 2008. Ia juga mencatatkan dirinya sebagai kiper yang menjuarai Liga Champions bersama dua klub yang berbeda, yaitu Ajax Amsterdam dan Manchester United.
    [​IMG]

    4. Gianluigi Buffon (Italia)
    Nilai transfer yang menjadikannya kiper termahal di dunia menjadi bukti kepiawaian Buffon (foto) menjaga gawang di lapangan hijau. Selain itu, sederet gelar individual yang diraihnya dari berbagai pihak juga menjadi jaminan atas kemampuannya.

    Saat di Piala Dunia 2006, gawangnya tidak tertembus satu gol pun selama 453 menit hingga akhirnya Azzurri menjadi juara dan Buffon mendapatkan Lev Yashin Award sebagai kiper terbaik selama turnamen tersebut.
    [​IMG]

    5. Gordon Banks (Inggris)
    Banks menjadi pilihan pertama manajer Inggris Sir Alf Ramsey saat Three Lions menjuarai Piala Dunia 1966. Namun, ia baru menjadi legenda di dunia sepakbola lewat tindakan yang dilakukannya empat tahun kemudian di Piala Dunia Meksiko.

    Saat Inggris bertanding melawan Brasil, Pele menanduk bola ke tiang jauh gawang Inggris sambil berteriak “Gol!”. Hal itu dilakukannya karena ia sangat yakin Banks tidak dapat menyelamatkan gawangnya.

    Tetapi Banks yang berada dalam posisi yang salah, berhasil melompat ke arah yang berlawanan dan menyentuh bola tersebut dengan sebagian ibu jarinya hingga bola itu mental melewati mistar gawang.

    Sang kiper tahu ia dapat menyentuh bola, namun berpikir bolanya masih melewati garis gawang. Ia baru sadar tidak terjadi gol setelah mendengar sambutan dari penonton di stadion dan diselamati oleh kapten Bobby Moore. Pele sendiri mengatakan kalau penyelamatan yang dilakukan Banks tersebut adalah yang terhebat yang pernah ia saksikan.
    [​IMG]

    6. Iker Casillas (Spanyol)
    Ia baru berusia 27 tahun, tetapi telah tampil lebih dari 300 kali bagi Real Madrid dan menjadi kiper kedua yang bermain paling banyak bagi tim nasional Spanyol setelah Andoni Zubizarreta. Saat Spanyol menjuarai Euro 2008, Casillas menjadi kiper pertama yang menjadi kapten di tim juara turnamen Eropa.

    Walaupun ia baru bermain di tim senior Madrid sejak 1999, ia kelihatannya selalu menjadi pilihan pertama Los Merengues di bawah mistar. Di usianya yang ke-19, Casillas menjadi kiper paling muda yang tampil di final Liga Champions saat Madrid mengalahkan Valencis 3-0.
    [​IMG]

    7. Lev Yashin (Uni Soviet)
    Pemain legendaris ini merupakan kiper yang berada di urutan paling atas dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh IFFHS. Yashin terpilih berkat kemampuan atletisnya dan juga postur tubuhnya yang membuat gentar para pemain penyerang lawan.

    Ia mendapat julukan Laba-Laba Hitam karena selalu mengenakan kostum hitam dan juga karena keahliannya menepis tembakan lawan seolah-olah membuatnya memiliki delapan tangan.

    Pemakaian namanya oleh FIFA untuk penghargaan bagi kiper terbaik di setiap Piala Dunia merupakan pengakuan insan sepakbola dunia terhadap prestasinya.
    [​IMG]

    8. Peter Schmeichel (Denmark)
    Tinggi besar, rambut pirang, dan hidung merah. Tiga hal tersebut adalah hal yang selalu tampil di ingatan bila nama Schmeichel disebut. Namun bagi para striker yang menjadi lawan Manchester United dan tim nasional Denmark, The Great Dane itu menjadi tembok raksasa yang tak dapat ditembus.

    Tingkat refleksnya yang mengagumkan bagi orang seukuran dia, serta kemampuannya mengubah pertahanan menjadi penyerangan langsung lewat lemparan jauhnya ke para penyerang, menjadi salah satu alasan utama mengapa United menjadi tim yang mendominasi Liga Primer Inggris di era 90an.
    [​IMG]

    9. Petr Cech (Republik Ceko)
    Ketika Chelsea menjadi juara Liga Primer selama dua kali berturut-turut, banyak pihak menganggap itu adalah akibat dari tangan dingin Jose Mourinho. Tetapi yang berada di bawah mistar The Blues adalah Cech, yang baru dibeli dari Rennes dan tadinya akan dijadikan cadangan Carlo Cudicini.

    Saat Cech harus absen selama tiga bulan akibat benturan dengan pemain Reading Stephen Hunt, Chelsea gagal mempertahankan gelar Liga Primer. Insiden tersebut membuat Cech harus mengenakan pelindung kepala hingga sekarang.

    Cech menjadi kiper terbaik 2008 pilihan UEFA, dan walaupun sempat membuat blunder di Euro 2008 saat melawan Turki, ia tetap menjadi pilihan pertama di tim nasional Republik Ceko dan juga Stamford Bridge.
    [​IMG]

    10. Rinat Dasayev (Uni Soviet)
    Bila tidak ada trio Belanda Ruud Gullit, Frank Rijkaard, dan Marco van Basten, bisa jadi tim Uni Soviet yang akan menjadi juara di Euro 1988. Dasayev tampil cemerlang selama berlangsungnya turnamen di Jerman, dan hanya Gullit dan tendangan volley van Basten yang mampu mematahkan perlawanan Soviet di final.

    Dasayev yang dijuluki “Tirai Besi” dianggap sebagai kiper terbaik kedua di Rusia setelah Yashin. Ia tampil di tiga Piala Dunia dan bermain sebanyak 91 kali bagi tim nasional Soviet hingga pensiun di tahun 1990.

    Terakhir ia tampil di Luzhniki Stadium saat final Liga Champions Mei lalu dengan membawa piala tersebut ke lapangan. Hal itu berkaitan dengan tugasnya sebagai duta final itu di Moskwa.
     
    Last edited by a moderator: Oct 23, 2009
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    7304030 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 4, 2009
    Messages:
    2,020
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,212 / -0
    wogh, nice info bro :top::top:

    semuanya kiper2 mantap oi...
    Dida dulu pas jaya2nya, jago bgt njaga tendangan penalti... msh inget pas piala dunia antar club taon 2000 pas nyoba format liga, jago bgt dia nahan penalti :top:
    Buffon... biarpun terakhir2 serie A juve sering kalah, tetep kiper terbaik decade ini... saingannya cassilas sm vds...
    Schmeichel... kiper terbaik decade 90an... apalg g fans MU :haha:
    Yashin, Banks, Zoff blm prnh liat maennya, tp dgr2 kiper world class jg... dan yg pasti inggris blm ada kiper yg bisa gantiin banks nih... pdhl inggris pemain2nya jago, kecuali kiper :swt:

    higuita atraktif bgt maennya, wakakaka...
     
    Last edited: Aug 14, 2009
  4. Offline

    pr45 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 18, 2009
    Messages:
    511
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,231 / -0
    wow..nice info..tapi sekarang si dida udah kehilangan tajinya dah..
    tapi jagoan si casillas lah..jadi kiper paling muda yg main di final liga champion..menang lagi..jadi kapten kiper pertama yg menang EURO..

    coba semua kiper diadu tuh..menang siapa ya kira2..
     
  5. Offline

    arsene_lupin Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    1,707
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +10,274 / -0
    masa Rene Higuita kagak masup.

    [​IMG]
     
  6. Offline

    stradivarius Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 16, 2007
    Messages:
    298
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +34 / -0
    wkwkwk itu toh namanya kiper yg nyelamatin gawang pake aksi salto ,yg gua salut kalo kiper sih Buffon sama Cech ga wajar responsenya
     
  7. Offline

    gurita_pusink Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 16, 2009
    Messages:
    714
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +282 / -0
    si Jose Luis Chilavert mana ?
    Peruzzi ,Walter Zenga,Pagliuca.
     
  8. Offline

    kancuthejo Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 2, 2009
    Messages:
    106
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +16 / -0
    hemm
    sampe skrg kayanya blum ada yg ngalahin lev yashin
    rekor kebobolan paling dikit
    tadinya si cech bakal disebut" the next yashin
    tp ternyata blum jadi harapan juga nh
    padahal si cech udah bikin rekor gak kebobolan dgn menit paling banyak
     
  9. Offline

    gurita_pusink Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 16, 2009
    Messages:
    714
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +282 / -0
    cech kadang2 masi suka blunder pas di timnas
    kalo di chelsea emang perkasa bgt:D

    hooh itu tendangannya si jamie redknapp yg di pakein jurus kalajengking :D
     
  10. Offline

    tresnadi Senpai Banned User

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    6,162
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +113,123 / -0
    Schemichel dah pling bkn gw geleng.. Apalagi wktu MU vs inter di LC dlu, edan dah tuh kiper :swt:
     
  11. Offline

    gurita_pusink Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 16, 2009
    Messages:
    714
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +282 / -0
    yup ,tendangannya ventola,ronaldo dan diving headernya zamorano bisa ketepis sama dia semua :D
     
  12. Offline

    tresnadi Senpai Banned User

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    6,162
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +113,123 / -0
    Pake satu tangan, ato malah2 ditoel satu jari kali.. :swt:
    Ajaib bgt dah ni kiper..
    Klo gak salah LC yg akhrny MU juara ya?
     
  13. Offline

    uchiha_stasezz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 15, 2009
    Messages:
    2,016
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +9,554 / -0
    wah.. byk versi y...

    emang dah pasti qlo kiper no.1 sepanjang masa itu lev yashin ... tapi qlo yg lain na masih byk y kiper2 hebat jg tapi lom masuk...

    kyk david seaman, chilavert, dll... kiper2 ini jg termasuk sgt hebat... :top:
     
  14. Offline

    gombel Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 24, 2007
    Messages:
    213
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,002 / -1
    Peter Shilton dr Inggris mestinya masuk jg nih.
     
  15. Offline

    attosaibu Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 24, 2009
    Messages:
    220
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +19 / -0
    Nah ini nih yang dicari2... Info2 mengenai kiper.. Coz, sebenrnya aku lebih suka ngeliat aksi penyelamatan kiper daripada gol2 spektakuler... Ada yg punya ga ya??
     
  16. Offline

    Narain Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 24, 2008
    Messages:
    719
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +146 / -0
    José Luis Chilavert kaga masup :lol:
     
  17. Offline

    gombel Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 24, 2007
    Messages:
    213
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,002 / -1
    Wah klo Chilavert sih kayaknya lebih terkenal sebagai kiper eksentrik yg paling banyak cetak gol deh.
    Jd bukan terkenal karena jaga gawangnya :D
     
  18. Offline

    zaghilovers Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    22
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    Buat kiper terhebat emg gw pikir cuma lev yashin yang pante.. belum ada saingannya.. walaupun gw belum ada di masa nya, dari sekian hal ttg Yashin, gw rasa dia emg pantes jadi yg terbaik.. buat kiper yg pernah gw saksiiin gw milih Gigi Buffon.. reflek sm response nya gila banget dah.. Italy bisa juara dunia bukan krn siap2, tapi krn Gigi di bwh mistar.. andaipun harus adu penalty gw rasa Italy tetep juara..
    Masa emas Juve ada saat Gigi juga lagi jaya2 nya..
     
  19. Offline

    shinobi32 Forza Inter! Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,344
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +70,817 / -10
    info ini sumbernya darimana??
    apa pendapat pribadi aja..?
     
  20. Offline

    n_iz_are Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    1,373
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,978 / -0
    wow... kiper2ny mantap2 bro....

    schmeichel pasti the best...
    beruntung MU dpt dia.... klo kagak, MU pasti gak da apa2ny....
     
  21. Offline

    donalduck23 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    482
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +17 / -0
    julio cesar akan menyusul..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.