1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other 10 Kesalahfahaman Anda Tentang Sains dan Teknologi

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by lyneard, Sep 1, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    lyneard Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    648
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +459 / -0
    Pemahaman tentang berbagai masalah – apalagi yang berhubungan dengan sains dan teknologi – biasanya tidak selalu lengkap dan benar. Kekurangan sumber informasi atau kekurangmengertian akan dasar-dasar ilmu pengetahuan bisa menimbulkan kesalahfahaman. Dan akhirnya melahirkan kesimpulan yang keliru dan terlanjur diyakini serta disebarluaskan.

    Judul di atas tidak mengacu kepada semua hal, tapi saya yakin salah satunya ada pada Anda. Agar kekeliruan pemahaman tidak berlangsung lama, alangkah baiknya Wikimuers menyimak uraian di bawah ini.

    1. Menghidupkan telepon genggam di SPBU adalah berbahaya

    Kesalahfahaman ini bermula dari beredarnya e-mail di internet yang menguraikan tentang ledakan yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan telepon genggam. E-mail itu dikatakan telah dikirim oleh perusahaan minyak Shell Oil, yang kemudian menyangkalnya ketika hal itu dikonfirmasikan. Selain itu, bukan hanya tidak pernah benar-benar ada kasus telepon genggam yang menyebabkan ledakan pada stasiun pengisian bahan bakar, namun tidak seorang pun mampu membuktikan bahwa hal itu terbukti dalam sebuah tes ilmiah. Menurut Snopes: "Berita-berita melaporkan secara rutin petugas SPBU menyalahkan penggunaan telepon genggam ketika terjadi kebakaran di SPBU di Indonesia di mana telepon genggam sedang digunakan pada waktu itu oleh seorang pengendara, dan polisi serta anggota pemadam kebakaran ketika peristiwa berlangsung sering kali hanya mengasumsikan adanya hubungan antara kedua hal itu." Meskipun tidak ada bukti-bukti kuat tentang hal ini, SPBU di beberapa negara termasuk Indonesia memasang rambu peringatan berisi larangan penggunaan telepon genggam di SPBU dan hal ini sudah menjadi pemandangan biasa.

    2. Penggunaan otak oleh manusia hanya 10%

    Hal ini sama sekali informasi yang tidak berdasar. Tidak seorang pun yang mengetahui dari mana asal cerita ini – namun kita telah mengetahuinya sejak lama. Ketika pertama kali klaim palsu ini beredar, paranormal mengatakan bahwa hal ini menjelaskan kenapa sebagian orang mempunyai kemampuan paranormal sedang yang lain tidak, dan katanya kekuatan paranormal dimiliki oleh orang yang telah mengembangkan penggunaan otaknya lebih dari 10 %. Mereka percaya bahwa beberapa bagian otak, jika diberi kejutan, bisa menghasilkan kemampuan berkekuatan batin. Hal ini berdasarkan beberapa buku yang diterbitkan dan mengajar orang-orang bagaimana caranya mengembangkan kekuatan ini. Jadi apakah kebenarannya? Jawabannya adalah setiap manusia menggunakan 100% dari otaknya – itulah sebabnya otak itu ada di kepala kita! Sebagai buktinya adalah kasus hemispherectomy – prosedur yang berhubungan dengan pembedahan yang mengangkat sebagian dari otak. Ketika pembedahan dilakukan, pasien menjadi lumpuh separuh tubuhnya.

    3. Bercukur membuat rambut tumbuh lebih tebal dan kasar

    Alasannya adalah begitu banyak orang yang percaya bahwa rambut yang belum dicukur terasa lebih lembut dibanding setelah dipotong. Inilah fakta sesungguhnya; ketika jenggot dicukur habis, maka sewaktu baru tumbuh pendek akan terasa kasar. Kenyataan inilah yang membuat orang menarik kesimpulan bahwa setelah dicukur rambut menjadi tumbuh tebal dan kasar. Tentu saja, jika anggapan ini benar, setiap orang yang mengalami kebotakan dengan mudah tinggal memotong rambutnya untuk mendapatkan kembali rambut yang tumbuh lebih tebal, begitu juga dengan wanita-wanita berambut tipis. Sangat jelas kalau ini adalah pemahaman yang keliru, tapi anehnya banyak orang yang percaya!

    4. Vetsin atau Monosodium glutamate (MSG) berbahaya dan harus dihindari

    Sebetulnya MSG adalah substansi alami yang bisa ditemukan seperti pada buah tomat, jamur dan ganggang laut. Untuk pertama kali diperkenalkan dalam bentuk bubuk murni pada tahun 1907 dan 1909 secara berturut-turut. MSG adalah zat penambah selera yang bisa membangkitkan rasa dengan paduan rasa asin, manis, asam, pahit yang sangat lezat. Ketika anda menambahkan MSG ke dalam sup, maka ia akan sangat meningkatkan selera karena kelezatannya. Koki yang baik akan menggunakan MSG alami sebisa mungkin – dengan menambahkan irisan-irisan tomat atau jamur, tetapi yang lainnya tetap menggunakan bubuk MSG secara langsung. Suatu anggapan yang didongengkan bahwa MSG membuat penyakit bagi anda – terimakasih kepada media yang telah menyebarkan ketakutan ini ke seluruh dunia, akhirnya orang-orang merasakan kengerian yang besar terhadap MSG, tetapi pada prakteknya mereka tidak pernah mempermasalahkan ketika menyantap makanan bungkusan dan makanan cepat saji lainnya yang hampir semuanya menggunakan MSG. Sebagian besar bahan makanan sudah jadi seperti bahan kentang goreng, nuget dan lain-lain berisi sejumlah besar MSG, seperti halnya juga bumbu-bumbu dan kuah-kuah yang tersedia di supermarket-supermarket dunia. Di Australia dan New Zealand MSG diberi kode E Nomor E621 dan berlabel “Bumbu Penyedap 621”. Suatu studi di Australian bernama "Sindrom Rumah Makan Cina" menunjukkan bahwa tidak ada hubungannya dengan MSG: "Penelitian yang ketat dengan bukti ilmiah yang nyata tidak menemukan hubungan antara sindrom itu dengan MSG." Nah, nikmatilah MSG, siapa takut!

    5. Tanaman mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen (O2)

    Pemahaman yang keliru ini masih dianut banyak orang. Memang tanaman bisa menghasilkan O2, namun tidak dengan mengubah CO2. Proses yang disebut fotosintesis adalah suatu proses yang relatif kompleks, tetapi disederhanakan menjadi; pertama tanaman mengkonversi CO2 ke dalam karbohidrat dan air (bahan bakar untuk tanaman). Ini adalah sebuah proses ringan yang mandiri dan tidak memerlukan cahaya. Setelah itu dengan menggunakan cahaya mengonversi ketiga bahan itu menjadi energi potensial. Dari proses terakhir inilah dihasilkan oksigen atau O2.

    Reaksi kimia dari proses fotosintesis adalah: 6CO2 + 6H2O (+energi cahaya) à C6H12O6 +6O2.

    6. Kutub magnetis utara bumi ada di utara bumi dan kutub magnetis selatan bumi ada di selatan bumi

    Sebenarnya, dengan menggunakan istilah ilmu fisika, Kutub Utara (secara geografis berada di utara) sebenarnya adalah kutub magnetis selatan, dan Kutub Selatan (secara geografis berada di selatan) adalah kutub magnetis utara. Membingungkan Anda?

    Kutub magnetis utara adalah titik yang berpindah-pindah pada permukaan bumi di mana titik-titik Medan Magnet bumi tegak lurus ke bawah (yaitu dengan kemiringan 90°). Jadi Kutub magnetis utara secara fisik adalah kutub selatan medan magnet. Kutub magnetis utara jangan dikacaukan dengan kutub geomagnetik utara yang sudah kita kenal sebelumnya.

    Dalam 2001, kutub maknetis utara ditentukan oleh Survey Geologi dari Canada berada dekat Ellesmere Island di Kanada utara pada posisi 81,3° Lintang Utara (LU) 110,8° Bujur Barat (BB). Titik itu diperkirakan menjadi 82,7° LU 114,4° BB di tahun 2005.

    7. Bayangan pada cermin membalikkan kanan dan kiri

    Ketika kita melihat ke dalam cermin, bagian kiri dan kanan tubuh kita tampak terbalik – yang kiri menjadi kanan dan kanan menjadi kiri. Pada kenyataannya yang telah benar-benar terjadi adalah cermin sudah membalikkan kita pada depan dan belakang kita. Alasan bahwa kita berpikir hal itu merupakan pembalikan kanan dan kiri adalah disebabkan kita menggunakan kanan-kiri yang dibalikkan dari orang yang berpaling dan kemudian menghadap kepada kita. Jadi apa yang dilakukan cermin?

    Bayangkan seseorang dengan punggungnya membelakangi kita, kemudian berdiri dengan kedua tangan di lantai menghadap kita, setelah dia bersalto – bagian kanan dan kiri tetap sama tetapi kepala dan pantatnya bertukar (kepala di bawah dan pantat di atas). Penglihatan ke dalam cermin mempunyai efek yang sama: tidak ada apa pun yang dibalikkan di dalam cermin – bukan pantat dan kepala, bukan juga kanan dan kiri.

    8. Rasa manis hanya dirasakan oleh bagian ujung lidah

    Kita sudah lama menerima konsep bahwa indera perasa di lidah terbagi atas wilayah-wilayah rasa. Sebetulnya rasa-rasa yang berbeda dapat dideteksi di semua bagian lidah. Pembagian wilayah rasa atau “peta lidah” didasarkan pada sebuah terjemahan salah seorang psikolog dari Harvard atas sebuah kertas kerja berbahasa Jerman yang ditulis tahun 1901. Kepekaan terhadap semua rasa terjadi di keseluruhan bagian lidah dan juga di daerah-daerah lain dalam mulut di mana ada ujung syaraf perasa. Sedangkan pembeda rasa (manis, asam, asin dan pahit) adalah salah satu bagian di otak kita.

    9. Makan wortel akan meningkatkan kemampuan melihat malam

    Sementara vitamin A di dalam wortel membantu ke arah membangun penglihatan yang sehat (di antaranya), tapi tidak akan menjadikan penglihatan seseorang yang telah sehat menjadi lebih tajam atau pun bisa melihat dalam gelap malam. Sebenarnya, ekses dari wortel adalah keracunan vitamin A dan carotenemia, meski kasus-kasus ini jarang. Kesalahpahaman ini muncul disebabkan upaya RAF (Royal Air Force = Angkatan Udara Inggris) untuk menyembunyikan penemuan teknologi radar mereka dari pasukan Axis dengan mengaku bahwa pilot-pilot mereka memperoleh perbaikan penglihatan pada malam hari setelah memakan wortel.

    10. Warna biru di air karena pantulan warna biru langit

    Warna biru pada air danau dan samudra bukan hanya karena pantulan warna langit yang biru. Air juga tampak biru karena memang air berwarna biru. Molekul-molekul air menyerap beberapa cahaya, dan menyerap frekwensi merah lebih banyak dibanding biru. Efek ini kecil, sehingga warna biru hanya akan menjadi jelas terlihat ketika kita mengamati air dalam jumlah banyak dan dalam. Pengaruh ini akan kelihatan pada air di dalam kolam renang yang dicat putih. Di dalam air garam atau air bersih bermineral dalam jumlah besar, warna dari mineral-mineral yang tercampur dapat terlihat. Pantulan warna langit memang berperan, tapi itu hanya salah satu faktor.
    ====================
    berhubung di index gw cari kagk ada...gw post aja...
    maaf klk repost...langsung del aja om mod..
     
    Last edited by a moderator: Mar 10, 2013
    • Thanks Thanks x 9
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    xanderlinkz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 4, 2009
    Messages:
    619
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,122 / -0
    woghhhh,,,

    kaga nyangka ternyata banyak persepsi umum yg salah,,,

    thx om, nice post,,:top:
     
  4. Offline

    serigalaz ~\( ' 3 ')- Awuu~ Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 13, 2009
    Messages:
    2,003
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +626 / -0
    tambah dikit:
    1 ons buka 0,10 kg,
    orang indonesia sering salah persepsi tentang ini menurut skala ukur internasional tidak dikenal ukuran ons adanya ialah ounce dan 1 ounce bukan 0,1 kg. Ket lebih lanjut cari ae di wiki

    warna biru laut disebabkan oleh warna atmosfer bumi dimana daerah yang semakin biru gelap menandakan daerah tersebut makin dalam dan tidak tertembus chaya matahari
    sumber : google
     
  5. Offline

    jimmy2362 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 30, 2009
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    1. lo coba aja liat tuh kalo radiasu hp bisa ngidupin lampu yang kecil... berarti pancaran radiasi gelombang elektromagnetik yang ada bisa nimbulin kebakaran.. kalo dalam kadaan tertentu. dan radiasi itu juga bisa ngeganggu kinerja alat elektronik disekitarnya. coba aja lo nelpon pk hp GSM terus di deketin ke sepeker aktif or monitor or televisi... kalo menurut gue itu hanya mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran. krn di spbu itu banyak bahan bahan yg mudah terbakar.

    2. lo coba aja cukur tuh lo punya bulu kaki. kalo punya dan halus2 coba liat dan perhatikan baik2 sebelum lo cukur. lalu lo cukur dan lo liat setelah tumbuh kembali.

    3. MSG tidak berbahaya????
    wah bro.... lo lcoba aja konsumsi bahan makanan yang banyak mengandung MSG. konsumsi MSG yang berkelanjutan bisa ngeganggu fungsi organ tubuh kita... lo buktiin aja sendiri... kalo gue sih gak berani kalo bilang MSG itu tidaklah berbahaya bagi tubuh manusia.

    4. kalo itu bener kenapa pemerintah diseluruh dunia menyarankan dan menggalakkan penanaman phohn di kota???

    pendapat gue... gak semua yang lo tulis itu bener.. karena kita gak bisa bilang sesuatu gak berbahaya sebelum kita merasakan hal itu sendiri....
     
  6. Offline

    lfd Silent Reader Members

    Joined:
    May 28, 2009
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +83 / -0
    sori..
    mungkin harusnya TS cek2 dulu sebelum posting copas

    1. Menghidupkan telepon genggam di SPBU adalah berbahaya
    setuju..ini klo gak salah berawal dari hoax

    2. Penggunaan otak oleh manusia hanya 10%
    mungkin maksudnya yg 10% itu cuma buat mikir n ngayal..
    sisanya ya buat menjalankan fungsi tubuh..penginderaan..koordinator gerakan..dlll


    3. Bercukur membuat rambut tumbuh lebih tebal dan kasar
    setuju klo ini salah

    4. Vetsin atau Monosodium glutamate (MSG) berbahaya dan harus dihindari
    tergantung jumlahnya bos..
    lagian studi2 bginian biasanya gak bisa ngbuktiin secara pasti..paling cuma dapet data empiris yg dideduksi

    5. Tanaman mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen (O2)
    ngaco klo bilang ini fakta yg salah...
    kan jelas klo kita liat siklus kalvin...:onion-105:
    lagian "reaksi" yg lo tulis di bawah dah jelas tuh nunjukin konversi
    CO2+Air =+cahaya --> gula+oksigen
    6. Kutub magnetis utara bumi ada di utara bumi dan kutub magnetis selatan bumi ada di selatan bumi

    lha itu adanya di utara???:onion-55:

    7. Bayangan pada cermin membalikkan kanan dan kiri
    setubuh

    8. Rasa manis hanya dirasakan oleh bagian ujung lidah
    iya.."peta rasa" emang psikologis..bukan medis..
    buat..even pembeda rasa adanya di otak..sensor rasa itu juga beda2 bos..
    qoute wiki:
    The receptors for sour and salty are ion channels while the receptors for sweet, bitter and umami belong to the class of G protein coupled receptors

    9. Makan wortel akan meningkatkan kemampuan melihat malam
    no further comment

    10. Warna biru di air karena pantulan warna biru langit
    sedikit setubuh..coz faktor dominanya tetap pantulan langit..
     
  7. Offline

    valr1st Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 30, 2009
    Messages:
    768
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +181 / -0
    kalo yg soal vetsin gua rasa seh emang ga berbahaya yg berbahaya itu kan jika setelah terjadi proses kimia yg sekarang itu semua bentuk vetsin itu melalui perubahan kimia terlebih dahulu ga alamiah
     
  8. Offline

    bulebulukan Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 8, 2009
    Messages:
    388
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +6,982 / -0
    nah ini yang dulu bikin gw debat ma dosen gw.. menurut gw warna air bukan pantulan langit!
    di kamar mandi gw yang temboknya putih semua, kalo gw isi bak dalam keadaan penuh, maka warnanya agak biru..

    ini quote nya :
    sumber :
    http://en.wikipedia.org/wiki/Color_of_water
     
    Last edited: Sep 2, 2009
    • Thanks Thanks x 1
  9. Offline

    okidna Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 12, 2009
    Messages:
    12,434
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +92,572 / -0
    nah.. ini yang sebenernya patut diluruskan..kalo nyalain HP/pake HP di SPBU tu gak bikin kebakaran, tapi bikin counter BBMnya ngaco..terutama kalo yang pake counter model digital..

    ada disini : http://ebobmuse.wordpress.com/2008/05/17/handphone-safety-and-health-effect/

    dan dibilang kalo HP bikin kebakaran tu FALSE assumption/hoax disini :

    Code:
    http://www.snopes.com/autos/hazards/gasvapor.asp
    nah.. kalo lu bisa cari bukti ilmiah dan otentik, ada pom SPBU meledug karena ada yang pake HP disana, silakan di-post disini..

    untuk soal MSG, kembali ke pepatah lama "semua yang dipake berlebihan pasti akibatnya tidak baik"..lu minum air minum sebanyak 1 bak mandi pasti bakalan perut kembung dan sakit perut, padahal air minum semua orang bilang tu sehat..
     
  10. Offline

    sakradeva Beginner Members

    Joined:
    Sep 16, 2009
    Messages:
    208
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +50 / -0
    turut jadi korban "penggunaan HP di SPBU itu berbahaya"
     
  11. Offline

    Saladinxc Beginner Members

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    308
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +14 / -0
    Tanaman mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen (O2).. ya itu artinya mengubah.. mungkin reaksinya tidak langsung.. tapi toh. penulisan reaksi kimianya saja menunjukkan kalau reaksi dengan menggunakan CO2 menghasilkan 02. itu yang diliat oleh publik...

    Kalo soal MSG.. ini juga masalahnya kan sama dengan addictive.. jadi ya kurang baik juga.. karena MSG addictive orang orang jadi cenderung untuk menambahkannya secara berlebihan kepada bahan makanan.. ini yang menyebabkan jadi kurang baik,.. Okidna bilang kalo berlebihan tidak baik.. nah. .bagusnya orang orang tau dulu kalo MSG berlebihan itu kurang baik.. jangan asal nambah aja..

    Bayangan pada cermin membalikkan kanan dan kiri - hehehe.. bener sih.. tapi kan ini masalah persepsi.. alasan orang lebih banyak mengatakan kanan jadi kiri itu karena orang menggerakkan tangannya ketika melihat cermin.. dan tidak bergerak ke depan belakang.. makanya mereka lebih banyak mengatakan kanan jadi kiri daripana depan jadi belakang.. meski perbedaan antara kedua kata tersebut signifikan.

    Rasa manis hanya dirasakan oleh bagian ujung lidah -- bener bahwa perasa kita itu menyebar.. tapi kan kalo dibuku dijelaskannya adalah.. bagian yang PALING PEKA dengan rasa "manis/asam/asin/pahit" adalah yang .... jadi yang paling peka bukan yang perasa.. coba dicek lagi bang..

    meningkatkan kemampuan melihat malam - kayanya harus latihan deh ya.. ini kan masalah adaptasi mata dalam penggunaan keseharian.. kita harus ingat kalau sel mata ada dua (lupa lagi yang kerucut kerucut gitu lah). nah. yang satu untuk terang yang satu untuk gelap.. terus untuk berubah dari yang satu ke yang lain perlu waktu. jumlah sel juga menentukan "berapa banyak cahaya yang dibutuhkan untuk mempersepsikan benda"
     
  12. Offline

    earfun Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 24, 2008
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +157 / -0
    keknya kebalik deh...gw lebih setuju sama kk bule. setau gw justru langit yang menjadi biru karena pantulan sinar ke air yang TAMPAK seperti biru (bumi kita terdiri dari 2/3 air klo ga salah inget yah), dan kenapa air berwarna biru karena (apasih namanya itu gw ga gitu inget) gangga ato apalah yang lebih dominan jadi membuat air tersebut TAMPAK seperti biru. sama seperti fenomena yang terjadi di laut merah...
    CMIIW
     
    Last edited: Jan 19, 2010
  13. Offline

    Animers Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 28, 2009
    Messages:
    4,534
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +8,846 / -0
    soal MSG / di rumah biasa kita sebut mecin, atau pun penyedap masakan seperti royco emang membuat masakan lebih gurih, tapi sebaiknya digunakan dalam jumlah yang wajar, tidak kebanyakan, seperti yang di atas2 bilang MSG adalah zat addictive.
     
  14. Offline

    Raestloz Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    5,098
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,535 / -0
    MSG mah aslinya didapet dari bahan alami :ngacir:

    seinget ane penemu MSG itu orang Jepang, Profesor Ikeda. MSG sendiri kalo ga salah sudah menjadi rasa ke-5 setelah manis asin pedas pahit, yaitu umami. Lengkapnya ada di trit ini

    MSG aman dikonsumsi, karena sejak awal memang sudah ada di alam dan sering kita makan. Efek erhadap hewan menunjukkan MSG memberi efek negatif, tapi pada manusia yang maksimal terjadi adalah gangguan kesehatan semacam rasa kaku, panas, dan nyeri di tubuh, yang rupanya hanya terjadi pada orang yang sensitif terhadap MSG. 25% orang sensitif terhadap MSG, dan sisanya aman untuk mengonsumsi MSG

    Ada yang melaporkan penderita asma merasa lebih sering kena asma setelah mengonsumsi MSG, masalahnya apakah itu efek placebo atau bukan belum diketahui
     
  15. Offline

    aoi_azzura Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 23, 2008
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +59 / -0
    MSG tidak berbahaya? Waduh busyet. Ini hoax lagi saya baru dengar.... Setahu saya, jurnal ilmiah bilang MSG berbahaya. Saya kurang ingat, tapi kalau nggak salah karsinogenik deh.
     
  16. Offline

    dhindhin Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 27, 2009
    Messages:
    900
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +263 / -0
    oh,, jdi kalo pake hp di spbu bikin kebakaran tuh belum ad buktinya ya??
    padahal saia suka kesel ama orang yg lagi nelpon di spbu.. jadi gak enak :madesu: :niceinfo:
     
  17. Offline

    EdasNaheyDJ Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2009
    Messages:
    402
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +13 / -0
    Maaf gan, ane mau coba koreksi2 tulisan agan diatas. Ngak maksud manas2in kok. :piss:
    Menurut saya pernyataan ini tidak sepenuhnya benar. Saya pernah menonton (kalau tidak salah) di NGC, ada orang yang lahir cacat otak. Jadi separuh otaknya, yaitu otak bagian kanan hilang, namun dapat beraktivitas layaknya manusia normal. Jadi, kesimpulan para dokter yang merawatnya, kalau otak kehilangan satu bagiannya, bagian lainnya dapat mengambil alih fungsi dari bagian otak yg hilang. Namun saya tidak kuliah biologi/kedokteran, jadi jangan tanya saya untuk lengkapnya.

    Selama dalam kadar yang aman, MSG memang tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun ingat, sesuatu yang berlebihan tidak baik. MSG jika dikonsumsi secara berlebihan akan menjadi residu bagi tubuh. Biasanya MSG mengendap di otak.

    Kalau masih salah mohon dibetulkan,,,
     
  18. Offline

    cacophoney Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 9, 2009
    Messages:
    135
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    residu MSG klo dalam jangka panjang bukannya terbukti bikin kanker ya..??
     
  19. Offline

    orrchids Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 17, 2009
    Messages:
    640
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +576 / -0
    nih dia nih...nice info... :top:

    bner2 gw baru tau hal yg kyk gini gaghbs pikir gw ketipu...

    parah tuh yg wortel... dulu gw srng disuruh minum,, biar mata sehat
    yg cukur... bnerjuga ya klo dipikir2
    HP di SPBU... jg bner gag ada bukti meledak...
    btw MSG bukannya ngebuat org jadi bego ya?
     
  20. Offline

    pionkatrox Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 28, 2009
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +11 / -0
    2. Penggunaan otak oleh manusia hanya 10%


    itu karena manusia punya Hati dan Akal mungkin ...hehe:panda:
     
  21. Offline

    just_L Superstar Veteran

    Joined:
    Jun 18, 2009
    Messages:
    11,201
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +14,365 / -0
    yg no. 7 gw prnh baca penjelasannya di komik Q.E.D. klo yg laen gw lp prnh baca di mana.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.