1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Science 10 Kerugian Akibat Kurang Tidur

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by happybratboy, Jul 23, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    happybratboy Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,241
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,346 / -0
    Anda pernah merasa uring-uringan dan pusing? Mungkin saja hal itu akibat kurang tidur. Jangan pernah anggap remeh keadaan ini! Kurang tidur dapat memengaruhi kehidupan seksual, daya ingat, kesehatan, penampilan, dan bahkan membuat tubuh Anda 'melar'.

    Berikut ini 10 hal mengejutkan yang terjadi akibat kurang tidur:

    1. Kecelakaan Kurang tidur adalah salah satu faktor bencana terbesar dalam sejarah selain kecelakaan nuklir di Three Mile Island tahun 1979, tumpahan minyak terbesar Exxon Valdez, krisis nuklir di Chernobyl 1986, dan lain-lain.

    Terdengar berlebihan, tapi Anda harus sadari kurang tidur juga berdampak pada keselamatan Anda setiap hari di jalan. Mengantuk dapat memperlambat waktu anda mengemudi setara ketika anda mabuk saat menyetir.

    Sebuah penelitian yang dilakukan Lembaga Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika memperkirakan bahwa kelelahan merupakan penyebab 100.000 kecelakaan mobil dan 1.500 kematian terjadi selama setahun di AS. Di mana korbannya orang di bawah umur 25 tahun.

    Studi yang sama menunjukkan, jika Anda kurang tidur atau memiliki kualitas tidur yang rendah dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera saat bekerja. Dalam sebuah penelitian, pekerja yang mengeluh mengantuk berlebihan di siang hari rentan terluka saat bekerja dan secara terus menerus mengalami kecelakaan yang sama saat berkerja.

    2. Konsentrasi menurun Tidur yang baik memainkan peran penting dalam berpikir dan belajar. Kurang tidur dapat mempengaruhi banyak hal. Pertama, mengganggu kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan pemecahan masalah. Hal ini membuat belajar menjadi sulit dan tidak efisien. Kedua, siklus tidur pada malam hari berperan dalam "menguatkan" memori dalam pikiran. Jika Anda tidak cukup tidur, Anda tidak akan mampu mengingat apa yang Anda pelajari dan alami selama seharian.

    3. Masalah kesehatan serius Gangguan tidur dan kurang tidur tahap kronis dapat membawa Anda pada risiko :

    * Penyakit jantung * Serangan jantung * Gagal jantung * Detak jantung tidak teratur * Tekanan darah tinggi * Stroke * Diabetes

    Menurut beberapa penelitian, 90 persen penderita insomnia- gangguan tidur yang ditandai dengan sulit tidur dan tetap terjaga sepanjang malam - juga mengalami risiko kesehatan serupa.

    4. Gairah seks menurun Para ahli melaporkan, kurang tidur pada pria dan wanita menurunkan tingkat libido dan dorongan melakukan hubungan seksual. Hal ini dikarenakan energi terkuras, mengantuk, dan tensi yang meningkat.

    Bagi pria yang mengidap sleep apnea- masalah pernapasan yang mengganggu saat tidur, menyebabkan gairah seksual melempem. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism 2002 menunjukkan, hampir semua orang yang menderita sleep apnea memiliki kadar testosteron yang rendah. Dan hampir setengah dari orang yang menderita sleep apnea parah memiliki tingkat testosteron yang rendah pada malam hari.

    5. Menyebabkan depresi Dalam studi tahun 1997, peneliti dari Universitas Pennsylvania melaporkan orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam per hari selama tujuh hari menyebabkan stres, marah, sedih, dan kelelahan mental. Selain itu, kurang tidur dan gangguan tidur dapat menyebabkan gejala depresi.

    Gangguan tidur yang paling umum, yaitu insomnia yang memiliki kaitan kuat dengan depresi. Dalam studi tahun 2007 melibatkan 10.000 orang, terungkap bahwa pengidap insomnia 5 kali lebih rentan depresi. Bahkan, insomnia sering menjadi salah satu gejala pertama depresi.

    Insomnia dan tidak nafsu makan akibat depresi saling berhubungan. Kurang tidur memperparah gejala depresi dan depresi membuat anda lebih sulit tidur. Sisi positifnya, pola tidur yang baik dapat membantu mengobati depresi.

    6. Memengaruhi kesehatan kulit Kebanyakan orang mengalami kulit pucat dan mata bengkak setelah beberapa malam kurang tidur. Keadaaan tersebut benar karena kurang tidur yang kronis dapat mengakibatkan kulit kusam, garis-garis halus pada wajah dan lingkaran hitam di bawah mata.

    Bila Anda tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh Anda melepaskan lebih banyak hormon stres atau kortisol. Dalam jumlah yang berlebihan, kortisol dapat memecah kolagen kulit, atau protein yang membuat kulit tetap halus dan elastis.

    Kurang tidur juga dapat menyebabkan tubuh lebih sedikit mengeluarkan hormon pertumbuhan. Ketika kita masih muda, hormon pertumbuhan manusia mendorong pertumbuhan. Dalam hal ini membantu meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, dan memperkuat tulang.

    "Ini terjadi saat tubuh sedang tidur nyenyak- yang kami sebut tidur gelombang lambat (SWS) - hormon pertumbuhan dilepaskan," kata Phil Gehrman, PhD, CBSM, Asisten Profesor Psikiatri dan Direktur Klinis dari Program Behavioral Sleep Medicine Universitas Pennsylvania, Philadelphia.

    7. Pelupa Tidak ingin lupa dengan kenangan terbaik dalam hidup Anda? Cobalah perbanyak tidur. Pada tahun 2009, peneliti dari Amerika dan Perancis menemukkan bahwa peristiwa otak yang disebut "“sharp wave ripples” bertanggung jawab menguatkan memori pada otak. Peristiwa ini juga mentransfer informasi dari hipokampus ke neokorteks di otak, dimana kenangan jangka panjang disimpan. Sharp wave ripples kebanyakan terjadi pada saat tidur.

    8. Tubuh jadi melar Jika Anda mengabaikan efek kurang tidur, bersiaplah dengan ancaman kelebihan berat badan. Kurang tidur berhubungan dengan peningkatan rasa lapar dan nafsu makan, dan kemungkinan bisa menjadi obesitas. Menurut sebuah studi tahun 2004, orang-orang yang tidur kurang dari enam jam sehari, hampir 30 persen cenderung menjadi lebih gemuk daripada mereka yang tidur tujuh sampai sembilan jam sehari.

    Penelitian terakhir terfokus pada hubungan antara tidur dan peptida yang mengatur nafsu makan. Ghrelin merangsang rasa lapar dan leptin memberi sinyal kenyang ke otak dan merangsang nafsu makan. Waktu tidur singkat dikaitkan dengan penurunan leptin dan peningkatan dalam ghrelin.

    Kurang tidur tak hanya merangsang nafsu makan. Hal ini juga merangsang hasrat menyantap makanan berlemak dan makanan tinggi karbohidrat. Riset yang tengah berlangsung meneliti apakah tidur yang layak harus menjadi bagian standar dari program penurunan berat badan.

    9. Meningkatkan risiko kematian Dalam penelitian Whitehall ke-2, peneliti Inggris menemukkan bagaimana pola tidur mempengaruhi angka kematian lebih dari 10.000 pegawai sipil Inggris selama dua dekade. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan pada 2007, mereka yang telah tidur kurang dari 5-7 jam sehari mengalami kenaikan risiko kematian akibat berbagai faktor. Bahkan kurang tidur meningkatkan dua kali lipat risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler.

    10. Merusak penilaian terutama tentang tidur Kurang tidur dapat memengaruhi penafsiran tentang peristiwa. Keadaan tubuh yang lemas membuat kita tidak bisa menilai situasi secara akurat dan bijaksana. Anda yang kurang tidur sangat rentan terhadap penilaian buruk ketika sampai pada saat menilai apa yang kurang terhadap sesuatu.

    Dalam dunia yang serba cepat saat ini, kebiasaan tidur menjadi semacam lencana kehormatan. Spesialis mengenai tidur mengatakan, Anda salah jika berpikir Anda baik-baik saja meski kurang tidur karena di mana pun Anda bekerja pada profesi apa pun, akan menjadi masalah besar bila Anda tidak dapat menilai sesuatu dengan baik.

    "Studi menunjukkan bahwa dari waktu ke waktu, orang-orang yang tidur selama 6 jam, bukannya 7 atau 8 jam sehari, mulai merasa bahwa mereka telah beradaptasi dengan keadaan kurang tidur. Mereka sudah terbiasa dengan hal itu," kata Gehrman.

    "Tapi jika Anda melihat hasil tes kinerja dan kewaspadaan mental, nilai mereka terus memburuk. Hal itu menjelaskan bagaiamana kurang tidur menganggu aktivitas kita sehari-hari."


    Sumber



     
    Last edited by a moderator: Jul 14, 2012
    • Thanks Thanks x 21
    • Like Like x 10
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    1nuy45h4 Beginner Members

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    273
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    wah :niceinfo: banget bro...
    patut banget mendapatkan :thx: dan :grp:
     
  4. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,421
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,706 / -8
    dampak yang sangat kurang menguntungkan.

    apalagi ane selama ini kurang tidur.

    dan mulai sekarang mesti tidur yang cukup neh.
     
  5. Offline

    _KinG_ Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 14, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +50 / -0
    bener tuh bro....
    tidur itu hal yang sangat penting....
    kurang tidur bisa menyebabkan perubahan drasti pada tubuh.....
     
  6. Offline

    dham_baylisstic Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 20, 2008
    Messages:
    2,215
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,152 / -1
    yah, tidurlah secukupnya.. kalo kekurangan tidur otomatis ngantuk, badan sama pikiran juga serasa ga enak.. dan yang pasti konsentrasi berkurang..
    bahkan kadang2 kalo saya tidur berlebihan malah ngantuk juga.. :haha:
    yang pasti waktu malam itu gunakanlah untuk istirahat.. :tidur:
     
  7. Offline

    dana12pm Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 18, 2010
    Messages:
    370
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +31,350 / -0
    saya selama 3 tahun terakhir, waktu tidur per hari jarang bisa tidur lebih dari 6 jam..
    kebanyakan tidur justru bikin badan pegal2 dan ngilu..
     
  8. Offline

    minhwan4ever Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 20, 2009
    Messages:
    190
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +54 / -0
    wah thx banget nih infonya,
    sering kurang tidur nih gan, paling tidur sehari 3 jaman,
     
  9. Offline

    chocosweet55 Silent Reader Members

    Joined:
    May 27, 2010
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +72 / -0
    sy td mlm tdr jm tgh 3. ew,,,hr ni lgsg sakit!
    pusing2,,pilek,,flu...ew...
     
  10. Offline

    zyc0rd Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 6, 2010
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5 / -0
    lebih dari 6 jam? susah d.. tubuh malah jadi ga enak banget.... malah tambah lemas... :(
     
  11. Offline

    zainal_scofield Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    480
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +372 / -0
    tapi gimana yah kalau saya orangnya ga mudah tidur, saya kalau tidur itu paling cepat jam 2 pagi.
    sedangkan harus bangun kerja jam 6 pagi.
     
  12. Offline

    Graydivine Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 15, 2009
    Messages:
    950
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +1,940 / -0
    g uda kurang tidur.naek motor 3 jam lebih pulak.pantesan sekarang ini jadi cepet ngantuk banget.tapi sabtu minggu tetep begadang.
    mesti dikurangin neh kebiasaan buat begadang.ngeri pas naek motornya.takut kecelakaan.
     
  13. Offline

    ahonks1 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 28, 2009
    Messages:
    1,079
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +200 / -0
    apalagi kalo lg tidur siang" trs bangunnya jam 3-4 sorean...
    wah... klo gw tidur jm segitu kepala gw lngsng pusing.......
     
  14. Offline

    zakainiwak Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 5, 2009
    Messages:
    1,291
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +25,734 / -0
    wew...:swt:
    penyakit yg sama kalo kita terlalu banyak merokok...:keringat:
     
  15. Offline

    Four_Knight_Queen Superstar Veteran

    Joined:
    Aug 8, 2009
    Messages:
    12,378
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,698 / -0
    menyebabkan depresi :shock1:
    pantesan saya rada uring2an... dan turun berat badan 4KG :shock1:
     
  16. Offline

    linglung Beginner Members

    Joined:
    May 8, 2009
    Messages:
    274
    Trophy Points:
    37
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +246 / -0
    kalo tidurnya kelamaan gimana?
    misalnya 8-9 jam efeknya lebih buruk dari kurang tidur apa sebaliknya?
    :niceinfo: tidur juga harus terjadwal
     
  17. Offline

    sobat_rahmad Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 29, 2008
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    Waduh, ternyata banyak banget efek negatifnya.. Kebetulan ane sekarang lagi sering tidur di atas jam 12 malam nih. Sebenarnya pengen sih tidur jam 10 malam paling lambat, biar bisa bangun pagi. Tapi susah juga merubah kebiasaan BEGADANG ane hehehe. Moga2 ada info buat merubah jam tidur. BTW, thanks infonya TS
     
  18. Offline

    isee Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2010
    Messages:
    546
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +448 / -0
    uda 2 hari ga bs tidur, efeknya ga enak bgt k bdn. mohon solusi kk??:nangis:
     
  19. Offline

    asfamily Beginner Members

    Joined:
    Nov 13, 2009
    Messages:
    226
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +38 / -0
    yah tidur adalah sesuatu hal yang memutuskannya harus dengan bijaksana karena kurang tidur menjadi buruk bagi kesehatan sedangkan kebanyakan tidur juga buruk bagi kesehatan dan juga kita yang banyak tidur diannggap pemalas.
     
  20. Offline

    forcefox Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    612
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,182 / -0
    waduh...gue mesti banyak tidur neh daripada belajar...hhhahahaha...
     
  21. Offline

    happybratboy Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,241
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,346 / -0
    klo tidur kelamaan juga tidak baik untuk tubuh
    karena tubuh akan terasa jenuh, jadi kalau tidur lelamaan sewaktu bangun tidur tubuh tidak merasa segar bugar
    8 - 9 jam masih efektif untuk tidur, yang berlebihan misalnya 12 jam
    dan betul tidur harus terjadwal, karena berpengaruh pada sirkadian cycle

    lebih baik ditanyakan di sub forum tempat bertanya masalah medis saja
    nanti saya dan yang lainnya coba bantu jawab

    tq
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.