1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

10 Catatan Sejarah Paling Kelam dari Dunia Tinju Professional

Discussion in 'History and Culture' started by march37, Jul 29, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    march37 Members

    Joined:
    Jul 5, 2011
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +68 / -0
    Tinju Profesional dikenal sebagai "Sweet Science", tetapi dengan adanya korupsi, kolusi, kecurangan, ancaman kekerasan yang melatar belakanginya, dan lahirnya badan baru MMA, telah mengancam eksistensi olahraga tinju professional dunia

    Pertandingan Besar masih menghasilkan keuntungan yang besar, kadang jumlahnya sangat mencolok perbedaannya dan inilah 10 peristiwa yang telah memberi kontribusi pada kehancuran olahraga tinju.


    10. James Butler

    [​IMG]

    Butler adalah seorang pejuang muda yang sangat menjanjikan dari New York City, dikenal dengan julukan "Harlem Hammer".

    Pada bulan November 2001, James Butler bertanding melawan Richard "The Alien" Grant. Pertarungan ini merupakan acara amal untuk korban yang selamat dari serangan 11 September.

    Setelah kalah oleh keputusan dengan suara bulat, Butler berjalan ke tengah ring untuk mengucap selamat pada Grant.

    Grant bereaksi dengan meregangkan tangannya dalam gerakan untuk merangkul.Sebaliknya, Butler (yang sudah menanggalkan sarung tinjunya) melemparkan pukulan kuat ke wajah Grant.

    Richard Grant menderita banyak luka wajah termasuk rahang patah, lidah sobek dan beberapa jahitan.Butler, pada gilirannya, ditangkap dan dihukum karena penyerangan, dan dipenjara atas serangan itu.

    Sayangnya, cerita tidak berakhir di situ. James Butler melanjutkan karir setelah kejadian ini, tapi tidak pernah bisa menduplikasi kesuksesan sebelumnya.

    Pada bulan Oktober tahun 2004, Butler ditangkap dan didakwa atas pembunuhan Sam Kellerman, saudara dari analis Tinju dari HBO Max Kellerman, dengan palu, dan kemudian membakar mayatnya di perapian. Butler mengaku bersalah pada tahun 2006, dan dijatuhi hukuman 29 tahun penjara.



    9. Kerusuhan di Madison Square Garden

    [​IMG]

    Petinju kelahiran Polandia, Andrew Golota masuk ring pada 11 Juli 1996, dengan catatan 27-0 yang luar biasa dan di puncak superstardom.Yang ia harus lakukan adalah bisa melewati mantan juara Heavyweight 38-1 tak terkalahkan , Riddick Bowe. Golota menanggapi dengan kinerja brilian.

    Dengan gaya Polandianya dia berkali-kali meninju sang mantan juara ronde demi ronde, sampai sang lawan nyaris tunduk. Dia juga unggul dalam nilai dan tampaknya mendekati menang KO atas lawannya.

    Di ronde ke-7, perjuangan mulai berubah sangat aneh. Golota (untuk alasan yang hanya diketahui oleh dirinya sendiri) memulai untuk terang-terangan dan berulang kali meninju Bowe di bawah garis sabuk. Golota diperingatkan beberapa kali dan pemotongan poin bahkan dia terima, tetapi pelanggaran terus dia lanjutkan.

    Setelah beberapa pukulan rendah yang lebih mencolok terlihat, wasit terpaksa mendiskualifikasi dia. Dari sudut, Riddick Bowe menanggapi dengan terburu-buru masuk ring dan dengan kejam menyerang Golota dan timnya.

    Hal ini segera memicu kerusuhan rasial yang lebih besar, oleh para penonton. Pihak keamanan MSG tidak dilengkapi untuk menangani perkelahian besar dan harus menunggu polisi kerusuhan New York datang. Personil official tinju personil dan polisi terluka dalam insiden memalukan dan aneh ini.



    8. Hanya Terjadi di Amerika

    [​IMG]

    Tidak sembarang orang bisa memiliki waralaba sepak bola profesional. Tidak sembarang orang bisa memiliki waralaba bisbol. Tapi siapapun dapat menjadi Promotor perkelahian, bahkan pembunuh yang pernah dihukum karena membunuh operator dari Cleveland.

    Pada tahun 1974, Don King secara besar-besaran mempromosikan pertarungan tinju profesional pertamanya dan ternyata menjadi terkenal karena menampilkan Ali vs Foreman "Rumble in the Jungle" di Zaire.

    Mega-event ini langsung mengubah king menjadi promotor utama dalam tinju selama 30 tahun ke depan.
    Namun, sayangnya sang pemain utama ini suka bermain kotor; banyak eksploitasi dari King yang disembunyikan.

    Dia telah melakukan penipuan demi penipuan di setiap dan hampir semua petinju muda yang dijanjikan untuk bergabung dengan sasananya.

    Don king telah diindikasikan terlibat dalam: pembunuhan, penyuapan, pencurian, taruhan, pelanggaran kontrak, dan pemerasan yang dibantu mafia. Larry Holmes pernah berkata, "Don King merubah gaya rambutnya seperti itu agar dia dapat menyembunyikan tanduknya".



    7. Sonny Liston dan Mafia Sony

    [​IMG]

    Dengan semua account, Liston memiliki masa kecil yang menyedihkan. Sangat miskin dan banyak mengalami pelecehan fisik, Liston meninggalkan rumah pada usia muda dan berpartisipasi dalam banyak kejahatan dengan kekerasan.

    Saat dipenjara, keterampilan tinju dia dapatkan dan segera setelah dibebaskan, ia mulai menghancurkan string lawan dalam perjalanan demi gelar Heavyweight.

    Kecakapan luar biasa Liston menarik perhatian beberapa asosiasi termasuk mafia, Frankie Carbo dan "Blinky" Palermo. Pada saat Sonny Liston berjuang melawan Cassius Clay muda pada tanggal 25 Mei 1965, banyak pers sudah menduga bahwa Liston dikontrol oleh mafia.

    Ia tetap berpartisipasi dalam salah satu perbaikan paling jelas dalam sejarah olahraga. Di babak pertama, Liston melakukan diving dan membiarkan dirinya untuk dipukul oleh pukulan Clay (Ali) yang terkenal dengan "pukulan siluman". Dalam slow motion menunjukkan kombinasi cepat yang tampaknya meleset, atau hanya menyerempet Liston.

    Kebetulan, pertarungan pertama mereka juga berakhir kontroversial ketika Liston menolak untuk keluar dari sudutnya pada ronde ke 7, dia mengklaim cedera bahu. Sonny Liston akhirnya mati 5 tahun kemudian, dalam keadaan dan situasi yang sangat mencurigakan.



    6. Korupsi Richard Steele

    Sebuah peristiwa yang sangat langka terjadi pada tanggal 17 Maret 1990. Pada malam ini dua juara tak terkalahkan, baik di kelas berat dan dalam pertandingan utama mereka, berjuang satu sama lain.

    Julio Cesar Chavez yang mempunyai rekor pertandingan 68 kali menang dan tidak pernah kalah (dipromotori oleh Don King) bertemu peraih medali emas Olimpiade tak terkalahkan, dan juara kelas menengah, Meldrick Taylor.

    Chavez adalah favorit juara tapi Taylor yang mendominasi pertarungan dari bel pembukaan. Pada akhir ronde kecepatan Taylor mulai berkurang namun ia masih memimpin dalam perolehan nilai termasuk di ronde terakhir.

    Beberapa saat sebelum akhir pertandingan, Chavez mencetak knockdown tapi Taylor bangkit berdiri dengan cepat.pertandingan terus terjadi, Taylor akan tetap dimenangkan dengan keputusan suara bulat, tapi itu tidak terjadi.

    Wasit pertarungan, Richard Steele, menghentikan pertandingan saat waktu tersisa 2 detik di ronde terakhir, dan memberi kemenangan kepada Chavez.

    Terjadilah protes langsung dari pihak Taylor, tapi Nevada State Athletic Commission (badan yang integritasnya sering dipertanyakan) bersikeras dengan keputusan akhir ini.

    Karir dan kesehatan Taylor selanjutnya hancur dan dicuri, hal ini menjadi ritual yang disukai petinju Don King, yang hobi menodai sportifitas olahraga Tinju.




    5 Skandal Internasional Boxing Federation (IBF)


    IBF adalah badan tinju utama yang berbasis di New Jersey. Masing-masing badan tinju mempunyai juara dari versinya. Juara hanya diperbolehkan untuk melawan petinju peringkat di atas 15. Peringkat komite menentukan siapa yang mendapatkan peringkat.

    Ketua komite penentu Peringkat memiliki keputusan terakhir dan terkenal dengan korupsinya. Pada bulan November 1999, Presiden IBF Bob Lee Sr didakwa dan dihukum atas tuduhan banyak pemerasan.

    Lee bersekongkol dengan ketua peringkat lainnya, C. Douglass Beavers, untuk rig sistem peringkat dengan mendukung petinju yang promotornya berani membayar suap pada mereka lebih besar.

    Duo ini secara rutin menghasilkan ratusan ribu dolar dari orang seperti Don King dan Cedric Kushner, sebagai imbalan atas penggelembungan peringkat pertarungan mereka. Promotor yang tidak membayar tidak mendapatkan gelar.

    Hasilnya adalah sebuah sistem yang benar-benar korup yang tidak berdasarkan prestasi. Inilah salah satu sisi gelap olahraga tinju.



    4. Tinju bukan berasal dari jaman keemasan

    [​IMG]

    James D. Norris adalah orang yang sangat kaya dan sangat kuat pada pertengahan abad ke-20. Ia memiliki banyak perusahaan dan sangat terlibat di dunia olahraga, termasuk memiliki waralaba Nasional Hockey League, memiliki kepentingan besar di Madison Square Garden dan pacuan kuda. Jim Norris juga individu yang sangat buruk dan dikenal luas bergaul dengan penjahat.

    Sebagai presiden dari International Boxing Club, Norris memiliki monopoli virtual pada pertandingan kejuaraan, karena kontrak yang menguntungkan itu IBC harus disiarkan di televisi nasional.

    Jim Norris secara pribadi bertanggung jawab untuk memperbaiki berbagai bukti, termasuk Harry Thomas vs Max Schmeling pada tahun 1937, dan Jake LaMotta vs Billy Fox pada tahun 1946. Korupsinya secara nyata tidak mengenal batas.

    Selain pengaturan pertandingan dia juga tidak resmi mengelola banyak petinju (yang biasanya bertentangan dengan keinginan mereka) dan membujuk mereka untuk menyewa rekan-rekannya sebagai penasihat.




    3. Olympiade Seoul, Korea - 1988

    [​IMG]

    Banyak orang ingat Roy Jones Jr muda dirampok medali emas Olimpiade nya oleh hakim korup, tetapi hanya sedikit yang ingat dengan kejadian yang lebih buruk yang mendahuluinya.

    Keith Walker dari Selandia Baru, official pertarungan kelas bantam antara Byun Jong Il dari Korea Selatan dan Alexander Hristov dari Bulgaria. Pertarungan ini adalah penuh kebusukan dan Walker harus berulang kali menghukum Jong untuk menyeruduk kepala.

    Pada akhir pertarungan, Hristov diumumkan sebagai pemenangnya tapi ini hanya membuat marah tuan rumah pendukung Jong.

    Sejumlah offisial tinju dari Korea Selatan dan pelatih menyerbu ke ring dan dengan kejam menyerang wasit Keith Walker dengan pukulan, tendangan, botol dan bahkan kursi. Walker ketakutan dan nyaris tidak bisa lolos dari cedera serius dan langsung menuju ke bandara dan mengambil pesawat pertama kembali ke New Zealand.

    Membuat malu dan mempermalukan, Presiden Federasi Tinju Korea dan Presiden Komite Olimpiade Korea, kedua-duanya mengundurkan diri setelah insiden menyedihkan ini.



    2. Actions of Panama Lewis

    [​IMG]

    Pada masanya, Carlos "Panama" Lewis adalah seorang pelatih kelas dunia, namun di sisi lain, karakternya sama sekali tidak kelas dunia.

    Meskipun sudah berada di bawah awan kecurigaan karena diduga memberikan para petinju nya air yang dibubuhi stimulan ilegal dan untuk perjudian pada pertarungan yang melibatkan dia dalam tindakan kotor ini, Panama Lewis mengarang sebuah rencana jahat untuk petinjuya, Luis Resto.

    Pada tahun 1983, Resto tak lebih dari seorang petarung amatir pekerja harian, dan baru menjadi lawan profesional ketika ia melawan juara tak terkalahkan Billy Collins Jr bintang baru, pada 16 Juni 1983

    Mengetahui lawan Resto yang jauh di atasnya, Panama sang pelatihnya mengeluarkan busa dari sarung tangan dan menambahkan pemberat ilegal pada sarung tinjunya. Luis Resto melanjutkan dengan menyiksa lawannya yang tidak curiga selama 10 ronde.

    Setelah dinyatakan sebagai pemenang, Resto mendekati sudut Collins. Ayah Collins, yang sempat mencurigai kekuatan baru Resto, menyentuh tangan Resto dan segera memberitahu para offisial.

    Sarung tangan tinju itu disita oleh state Athletic Commission dan keduanya dimasukkan dalam tuduhan. Panama Lewis dan Luis Resto secara permanen dicabut izin usahanya dan diberi hukuman penjara.


    Sayangnya, Billy Collins Jr tidak akan bertarung lagi, karirnya yang pernah menjanjikan hancur oleh luka yang ia terima. Collins Jr mati kurang dari satu tahun kemudian, diputuskan karena bunuh diri meskipun banyak kecurigaan



    1. Kematian Duk Koo Kim

    [​IMG]

    Seorang superstar di Korea Selatan, Kim telah naik sampai ke peringkat satu petinju kelas ringan dan mencoba meraih gelar juara dunia melawan Ray "Boom Boom" Mancini, pada tanggal 13 November 1982.

    Pertarungan itu sangat brutal, khususnya untuk Kim, yang telah mulai terjatuh di ronde akhir setelah menerima begitu banyak pukulan yang luar biasa dari sang juara.

    Pada bagian awal ronde 14, Mancini memukul Kim dengan tangan kanan yang menyebabkan dia terhempas menuju tali ring dan lalu menghantamkan kepalanya di kanvas.

    Kim berhasil bangkit, tetapi perkelahian itu dihentikan oleh wasit. Beberapa menit kemudian Duk Koo Kim jatuh dan mengalami koma, dibawa keluar dari ring dan langsung ke rumah sakit.

    Tragisnya, bintang tinju Korea ini meninggal 4 hari kemudian dari trauma otak parah. Dari ratusan korban ring tinju yang pernah dicatat, kematian Kim adalah salah satu yang paling menyedihkan.

    Lawan Kim, Ray Mancini, tidak akan pernah lagi menjadi petarung kaliber yang sama, dan secara luas mengumumkan bahwa ia menyalahkan dirinya sendiri atas kematian Kim.

    Ibu Kim melakukan bunuh diri tiga bulan setelah kematian anaknya dengan minum sebotol pestisida.Wasit pertarungan, Richard Green, dirundung oleh rasa bersalah, juga melakukan bunuh diri tidak lama setelah kematian kim.


    Sumber: denish56.blogspot.com
     
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    1c4ru5 Senpai Regional Leader

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,690
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,791 / -1
    yg no 1 jdi beruntun begitu :iii:
     
  4. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,695 / -0
    Don King :lol:


    btw yang Collins Jr parah juga tuh, padahal di jamannya termasuk petinju berbakat.
    Gara2 tanding lawan orang curang itu matanya jadi rabun permanen.
    :swt:
     
  5. Offline

    aanpro125 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 9, 2011
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +9 / -0
    syerem...ane ngakak liat berita kalo di balik rambut don king ada tanduknya...
     
  6. Offline

    Hery_Ong Beginner Members

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    407
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +30 / -0
    ane kurang suka tinju sebenarnya....
    yang no1 itu betul2 menyedihkan...
    dari petinju, wasit petinju dan ibu petinju bunuh diri semua....astaga....
     
  7. Offline

    mawardi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 28, 2010
    Messages:
    664
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +3,055 / -0
    Tinju identik dengan judi sih jadi mereka menghalalkan bermacan cara buat merih kemenangan
     
  8. Offline

    huntermaster Beginner Members

    Joined:
    Jan 21, 2010
    Messages:
    263
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +17 / -3
    buset tragis amat yah......

    ternyata banyak kong kalikong di dunia tinju
     
  9. Offline

    momoghie Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 2, 2009
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +41 / -0
    tinju ... dunia yg penuh dengan kekerasan, yg gak kuat mendingan KO aja bobo..
     
  10. Offline

    sparkdix Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    2,803
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +1,224 / -0
    Banyak tangan kotor yg maen d dalam olah raga ini, khususnya banyaknya perjudian yg dkontrol para mafia
    entah sekarang :rokok: mudah2an sudah tidak

    btw Don King bener2 penjahat dalam tinju dia :hulk:
    yg kasian kasus Kim sampe2 membuat yg terlibat bunuh diri
     
  11. Offline

    simanciah Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 18, 2012
    Messages:
    629
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +104 / -0
    kasian kisah yg ini...
    gara-gara satu pertandingan banyak makan korban dan prestasi yg hilang :sedih1
     
  12. Offline

    goz_275 Beginner Members

    Joined:
    Apr 9, 2012
    Messages:
    285
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +22 / -0
    ternyata di pertarungan tinju juga ada pengaturan skor ye,,
    btw, don king sekarang masih idup dan bebas berkeliaran apa lagi dipenjara apa udah mati ye??
    kasian juga tuh yang terakhir,, bukannya kalo udah hopeless gitu harusnya pertandingan diberhentiin ya??
     
  13. Offline

    nove711 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 20, 2009
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    tinju memang gak punya mata gan, kayaknya ini baru sebagian kecil aib yang dipublikasi.
     
  14. Offline

    origamikiller Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 28, 2010
    Messages:
    166
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +210 / -0
    yg no satu mengenaskan bgt yah...3org beruntun,utg Ray ngga ikut sekalian :D
     
  15. Offline

    crystalj Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 8, 2010
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +0 / -0
    keras memang dunia tinju...

    karir seseorang untuk jadi petinju juga tidak bisa bertahan dengan lama
     
  16. Offline

    komikb4 Rockstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    37,206
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +9,899 / -0
    [yang nomor 1 tragis banget, petinjunya mati, ibu sang petinju mau bunuh diri, wasitnya bunuh diri ,
    udah kayak gitu, tinju masih aja dilegalkan:sigh:]
     
  17. Offline

    rambutkaratan Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 7, 2012
    Messages:
    573
    Trophy Points:
    122
    Ratings:
    +10,696 / -0
    Kerusuhan di madison Square garden itu mungkin krn masing2 pemain tdk sportif,Golota yg diatas angin sebenernya ga perlu melakukan kecurangan tsb :swt:
     
  18. Offline

    contropiede Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 16, 2010
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    betul-betul olahrga keras.

    sampe di luar ring juga ricuh.
     
  19. Offline

    Anarchy2012 Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 29, 2012
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    37
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +700 / -0
    Don king emang promotor hebat.. tapi aku juga baru tahu klo dia ******** 'n preman.. ckckck
     
  20. Offline

    freakygeorge Beginner Members

    Joined:
    Dec 29, 2011
    Messages:
    370
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +37 / -0
    [​IMG]

    buset,, itu secara gak langsung impact nya sampe ke orang sekitar dia ya, jadi feel guilty semua gitu sampe akhirnya pada bunuh diri..
    surem banget .. [​IMG]
     
  21. Offline

    Alcoholix Beginner Members

    Joined:
    May 1, 2011
    Messages:
    206
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +51 / -0
    Ternyata Korupsi merajalela sampai ke tanah Amerika.
    Tinju pun ada korupsinya. :muntah:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. legenda petinjudan pesepak bola

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.