1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

10 Cara Memiliki Postur Yang Bagus Sepanjang Usia

Discussion in 'Lifestyle' started by ghombalz, Sep 11, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ghombalz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,466 / -0
    [​IMG]

    Semua orang tentunya ingin selalu tampil awet muda. Oleh karena itu, kebanyakan orang berlomba-lomba melakukan segala upaya agar selalu tampil muda. Bahkan, berbagai prosedur operasi pun dijalani agar dapat tampil lebih muda. Namun, apakah ada yang pernah terpikir bahwa dapat berdiri dengan tegak di usia tua juga penting? Bayangkan jika kulit wajah masih kencang, namun badan sudah bungkuk? Tentunya kita akan terlihat tua dengan badan yang bungkuk.

    Postur yang baik akan lebih membuat seseorang tampak lebih muda dibandikan dengan face lift atau Botox. Face lift adalah operasi plastik untuk menghilangkan kerutan wajah, kulit kendur, timbunan lemak, atau terlihat tanda-tanda penuaan lain untuk tujuan kosmetik. Postur yang baik juga mempunyai manfaat dapat menjaga kesehatan tulang.

    Meskipun postur membungkuk mungkin akan terjadi secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Namun kita dapat mencegah kerusakan tulang belakang yang sering disebabkan oleh osteoporosis, serta mencegah kerusakan tulang atas dan tengah.

    Seperti dikutip dari Health.com, Jumat (9/9/2011), 10 tips yang dapat membuat Anda tetap berdiri tegak pada usia berapa pun, antara lain:

    1. Peregangan

    Kebanyakan orang menghabiskan waktu dengan duduk membungkuk di depan komputer. “Peregangan dan meningkatkan jangkauan gerak adalah merupakan hal yang penting,” kata Jonathan F. Bean, MD, MS, MPH, sebuah asisten profesor di department of physical medicine and rehabilitation at Harvard Medical School di Boston.

    Untuk menjaga tubuh tetap lentur, cobalah untuk bangun selama beberapa menit setiap setengah jam dan melakukan peregangan, berjalan, atau hanya sekedar berdiri.

    2. Melakukan latihan ringan

    Cobalah latihan ini: Setiap pagi dan malam, berbaring di lantai dan melakukan relaksasi dengan meletakkan kedua tangan seolah-olah melingkari kepala selama 2 atau 3 menit.

    Untuk latihan tambahan, letakkan gulungan handuk di lantai, yaitu tepat di bawah tulang belakang, kemudian lakukan peregangan. “Tetapi lakukan peregangan ini secara perlahan-lahan dan berhentilah jika merasa tidak nyaman atau sakit,” kata Dr. Bean. “Jika ingin menyelesaikan latihan ini, pastikan bahwa sudah mendapatkan fleksibilitas terlebih dahulu,” tambah Dr. Bean.

    3. Duduk lurus

    “Bila harus bekerja dengan duduk di kursi, duduklah dengan baik, dengan postur tubuh tegak dan lurus merupakan kebiasaan yang baik,” kata Rebecca Seguin, PhD, seorang ahli physiologist and nutritionist di Seattle.

    “Hal ini dapat dilakukan dengan membiasakan diri, disiplin latihan yang berfokus pada kesadaran tubuh, seperti pilates dan yoga, dapat membantu tubuh untuk tetap duduk lurus,” tambah Seguin. Pastikan tempat kerja Anda dikondisikan untuk dapat melakukan postur tubuh yang tepat.

    4. Memperkuat otot


    Pilates dan yoga adalah cara yang bagus untuk membangun kekuatan otot, otot-otot perut, dan daerah panggul. Otot-otot ini membentuk dasar dari postur yang baik, dan otot kuat dapat memiliki manfaat lain, yaitu mencegah urinary incontinence. Urinary incontinence adalah hilangnya kontrol kandung kemih. Sebuah otot yang kuat bahkan dapat membuat seks lebih menyenangkan.

    5. Lakukan Yoga

    Selain membantu untuk meningkatkan kesadaran tubuh dan kekuatan otot, menurut Dr Bean yoga juga merupakan cara terbaik untuk membangun dan mempertahankan fleksibilitas dan memperkuat otot-otot seluruh tubuh.

    Mulailah berlatih yoga secara bertahap dan mengamati respon tubuh. Pastikan guru yoga mengerti kebutuhan dan kemampuan Anda. Hatha atau yoga restoratif adalah latihan yang baik untuk memulai latihan bagi seorang pemula.

    6. Perkuat tulang belakang

    Setelah menopause, otot-otot sekitar tulang belakang perempuan mungkin telah melemah lebih parah dibandingkan dengan laki-laki. Latihan khusus untuk otot ekstensor punggung, fleksor leher, otot-otot panggul, dan otot samping merupakan latihan yang penting.

    Pelatih dapat membantu, bahkan ada alat-alat khusus untuk latihan khusus otot-otot ini. Menurut Dr. Bean, ketahanan tulang belakang dan batang otot juga penting. Hal itulah yang membuat tubuh tetap dapat berdiri tegak tanpa rasa yang menyakitkan.

    7. Angkat beban


    Vertebral compression fractures dapat mengurangi tinggi badan dan merupakan ciri dari usia tua. Hal tersebut disebabkan oleh penyakit osteoporosis yang mengakibatkan menipisnya tulang.

    Wanita dan laki-laki dapat mencegah terjadinya osteoporosis dengan beberapa latihan, seperti berjalan, memanjat tangga, dan angkat beban. “Orang yang melakukan jalan kaki secara teratur selama hidup mereka cenderung memiliki kepadatan tulang yang lebih baik,” jelas Seguin.

    8. Vitamin D

    Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang, dan juga dapat membantu menjaga otot. Cobalah untuk mendapatkan vitamin D dari makanan yang sehat. Sebuah laporan terbaru dari Institute of Medicine menyatakan bahwa, kebanyakan orang mendapatkan vitamin D yang cukup dari makanan dan sinar matahari tanpa mengonsumsi suplemen. Asupan diet yang dianjurkan untuk vitamin D adalah 600 IU sehari untuk wanita < 70 tahun dan 800 IU untuk wanita > 70 tahun.

    9. Mengonsumsi makanan yang sehat

    Tentunya kita semua tahu bahwa kalsium baik bagi tulang. Disarankan bahwa wanita usia 19-50 tahun mendapatkan 1.000 mg kalsium sehari-hari. Untuk wanita lansia mendapatkan 1.200 mg. Tetapi asupan kalsium yang terbaik adalah dari makanan dibandingkan dengan suplemen.

    Institute of Medicine baru-baru ini menemukan bahwa kebanyakan orang, kecuali gadis-gadis remaja, mendapatkan cukup kalsium dari asupan makanan sehari-hari. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang memakai suplemen kalsium memiliki risiko tinggi serangan jantung dan batu ginjal.

    Berkonsultasilah dengan dokter apakah perlu mengonsumsi suplemen kalsium. Selain vitamin D, untuk mendapatkan manfaat vitamin lainnya sebaiknya mendapatkannya dari makanan alami dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen.

    10. Pertimbangkan untuk melakukan cek kesehatan

    Dokter dapat memberitahu Anda apakah perlu melakukan pemerikasaan kepadatan mineral tulang untuk mendeteksi osteopenia atau osteoporosis. Meskipun Seguin mengatakan bahwa, kegiatan seperti pelatihan resistensi progresif pada beberapa kasus dapat menghentikan proses pengkeroposan tulang, namun obat-obatan juga dapat membantu. Obat-obatan ini termasuk bifosfonat seperti Boniva, Reclast, dan Fosamax.

    Meskipun aman, obat-obatan tersebut dapat meningkatkan risiko patah tulang atau masalah lain, namun jarang terjadi. Hormon dalam bentuk obat dapat membantu membangun kepadatan tulang termasuk Evista (raloxifene), kalsitonin, dan hormon paratiroid.
     
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    a23 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 15, 2009
    Messages:
    1,074
    Trophy Points:
    146
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,144 / -0
    wah tapi kalo tua jadi endut paling........hahahaha
     
  4. Offline

    teuku_robby Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 22, 2010
    Messages:
    1,581
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +31,771 / -0
    itu karena makan banyak olah raga kurang :yareyare: gak semua orang yang udah tua itu perutnya gendut kok, banyak orang tua tapi perutnya masih six pack :haha:
     
  5. Offline

    kumenizm Beginner Members

    Joined:
    Jan 15, 2010
    Messages:
    203
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +776 / -0
    *catet* .... nice share
     
  6. Offline

    iceddeath Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 27, 2010
    Messages:
    1,131
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +60,643 / -0
    yang penting tuh olahraga, makan teratur, n hidup sehat aj si...
     
  7. Offline

    kacang500 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    5,240
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +16,729 / -0
    :niceinfo:

    tips2nya bagus gan.................

    ane paling susah untuk duduk tegak lurus..............

    maunya ngelingker-lingker...........
     
  8. Offline

    fragantia Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 19, 2009
    Messages:
    1,383
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,554 / -0
    ahh.kebiasaan buruk ane no.10..kalo gakk sakit ya gak kedokter :hihi:
    mau lagi ngetrend gula darah, asam urat, sakit jantung. tapi kalo belom sakit kayaknya males banget ke dokter [gak punya duit lebih :dead:]
     
  9. Offline

    dunebeat Beginner Members

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    ooh.. ternyata hal-hal sepele gini penting juga ya..
     
  10. Offline

    reyzza Rockstar Moderator

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    38,005
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,901 / -14
    wew, mumpung besok liburan, boleh dicoba nih ^^ :hehe:
     
  11. Offline

    tukiyem_loper Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 5, 2011
    Messages:
    121
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +8,132 / -0
    poin 8,9,10 kow gw bwlum dapet referensi
     
  12. Offline

    ghombalz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 17, 2010
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,466 / -0
    tp banyak juga lho orang tua yang udah kisut. kurus kering,:haha:
     
  13. Offline

    vanpan Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 24, 2011
    Messages:
    509
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +57 / -0
    nice inpoh kk:top: kayaknya kudu dicoba ne
     
  14. Offline

    smkosasih Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,335
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,178 / -0
    vitamin D ternyata penting juga tuk jaga postur tubuh agar baik sepanjang usia.
    sekarang banyak orang melupakan manfaat vi D.
     
  15. Offline

    asakuray Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 30, 2011
    Messages:
    761
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +181 / -0
    Wah bisa di coba nih......
    subaya tuanya g bungkuk-bungkuk amat
     
  16. Online

    kucing_alas Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    898
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +57 / -0
    bagi ane yg penting jaga pola makan ma olahraga teratur...
     
  17. Offline

    houkago Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 2, 2010
    Messages:
    78
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    BAB tiap hari tidak termasuK?
    bukannya untuk postur bagian perut biar gak buncit? :P
     
  18. Offline

    fikiarfiandi Beginner Members

    Joined:
    Aug 21, 2011
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +27 / -0
    betul bgd nih. msksn yg sehat jg
     
  19. Offline

    tsar5 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 8, 2009
    Messages:
    959
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +492 / -0
    yang paling mudah emang peregangan :top:
    bisa di mana saja dan kapan saja :semangat:

    sama :haha:
    kalo demam ga lebih dari 40 derajat celcius ga bakal ane pergi ke dokter :haha:
     
  20. Offline

    sabaratuh Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 24, 2009
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +17 / -0
    endut ama keriput
     
  21. Offline

    ViaLactea Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 13, 2011
    Messages:
    386
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +92 / -0
    intinya olah raga yah :hehe:
    emang kalau gak pake olahraga kyknya susah punya postur yang bagus :hehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.