1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

10 Bencana dengan Korban Terbanyak

Discussion in 'History and Culture' started by summonedskull, Jul 22, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    summonedskull Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    2,000
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,476 / -0
    Ini adalah daftar bencana dengan korban terbanyak dalam sejarah...

    1. Banjir Sungai Kuning - 1931, Cina (meninggal: 1 juta - 4 juta orang)

    Banjir Sungai Kuning (Huang He flood) merupakan bencana alam terbesar yang pernah tercatat dengan paling banyak memakan korban meninggal dunia dari abad 20. Perkiraan jumlah orang tewas dalam banjir 1931 berkisar dari 1 sampai 4 juta orang. Kematian yang disebabkan oleh banjir yang dimaksud termasuk didalamnya korban karena tenggelam, penyakit,kelaparan, dan kekeringan. Sungai tersebut sering disebut "China's sorrow" karena jutaan orang telah terbunuh oleh banjir.

    [​IMG]

    2. Banjir Sungai Kuning - 1887, Cina (meninggal: 900.000 - 2 juta)

    Sungai Kuning (Huang He) di China banyak wilayah yang rawan banjir, karena luas bentangan tanah datar yang sebagian besar di sekelilingnya. Tahun 1887 Sungai Kuning banjir dan menghancurkan daerah ini, antara 900.000 - 2 juta orang meninggal dunia. Ini merupakan salah satu bencana alam yang paling banyak memakan korban yang pernah tercatat. Pada 1887, dasar laut naik, bersamaan dengan hujan deras, menyebabkan banjir besar. Gara2 dataran rendah di dekat kawasan, banjir menyebar dengan cepat di seluruh Cina Utara, yang meliputi perkiraan 50.000 mil persegi, daerah pertanian, permukiman dan pusat komersial. Setelah banjir, dua juta orang kehilangan tempat tinggal.

    3.Badai siklon Bhola - 1970, Bangladesh (meninggal: 500.000 - 1 juta)

    Badai siklon yang memukul Pakistan Timur (sekarang Bangladesh) pada 12 November 1970 adalah badai siklon dengan kematian terbanyak yang pernah terjadi, dan salah satu bencana alam paling mematikan di masa modern. Pemerintah Pakistan yang telah dikritik hebat untuk penanganan operasi bantuan setelah badai, baik oleh para pemimpin politik lokal di Pakistan Timur dan di media internasional. Badai yang intensif makin parah setelah joinan ama topan badai pada 11 November, dan mulai berbelok ke arah timur laut karena mendekati kepala teluk. Kecepatan angin yang berhembus sekitar 185 km/jam.

    [​IMG]

    4. Gempa bumi Shaanxi - 1556, Cina (meninggal: 830.000)

    tahun 1556 gempa bumi Shaanxi atau gempa Hua County adalah gempa bumi terbanyak memakan korban yang pernah tercatat, membunuh sekitar 830.000 orang. Hal ini terjadi pada pagi 23 Januari 1556 di Shaanxi, Cina. Lebih dari 97 negara yang terpengaruh. 520 mil luas kawasan telah hancur dan di beberapa negara, enam puluh persen penduduk terbunuh. Sebagian besar rumah penduduk di daerah Yaodong, gua di tebing, banyak yang runtuh selama terjadinya bencana, dan penghuninya tewas. Berdasarkan data geologi, besarnya gempa berkisar 8 scala righter merupakan gempa bumi yang paling mematikan dan bencana alam mematikan nomor 5 dalam sejarah. Terus terjadi gempa susulan yang terjadi beberapa kali dalam sebulan selama setengah tahun.

    5. Badai siklon India - 1839, India (meninggal: 300.000 +)

    Pada tahun 1839, gelombang air pasang besar disebabkan oleh Siklon, puluhan pelabuhan di kota Coringa yang tidak seluruhnya dibangun kembali; 20.000 kapal di teluk yang hancur dan 300.000 orang meninggal. Ini bukan pertama kalinya malapetaka besar terjadi di Coringa: 1789 terjadi tiga gelombang yang disebabkan oleh topan yang hancurkan kota pelabuhan di muara sungai Ganges. Banyak kapal yang karam dan diperkirakan 20.000 orang tenggelam.

    [​IMG]

    6.Banjir Kaifeng - 1642, Cina [meninggal: 300.000]

    Kaifeng, sebuah kota di provinsi Henan timur di RRC, yang terletak di sepanjang selatan dari Sungai Kuning, mengalami banjir di 1642. Kira-kira setengah dari 600.000 penduduk Kaifeng tewas karena banjir dan bencana kelaparan dan sampar, membuatnya menjadi salah satu penyebab kematian terbesar dalam sejarah. Banjir ini menjadi bencana alam besar karena peran serta sungai Huang he.

    7. Gempa Bumi Tangshan - 1976, Cina (meninggal: 242.000)

    Gempa bumi Tangshan merupakan salah satu yang gempa bumi terbesar pada zaman modern, dalam hal kematian terbanyak. Dari pusat gempa bumi yang berada di dekat Tangshan di Hebei, Cina, sebuah kota industri dengan sekitar satu juta penduduk. Gempa bumi dipagi hari, di 03:42:53.8 waktu setempat (1976 27 Juli 19:42:53.8 UTC), dan berlangsung selama sekitar 15 detik. Pemerintah Cina mencatat kekuatannya gempa sekitar 7,8 pada skala Richter, meskipun beberapa sumber daftar mencatat 8,2 SR. Itu adalah gempa pertama dalam sejarah modern.

    [​IMG]

    8. Kegagalan bendungan Banqiao - 1975, Cina (meninggal: 231.000)

    Bendungan Banqiao dirancang untuk menahan banjir (306 mm (12 inci) curah hujan per hari). Pada bulan Agustus tahun 1975, terjadi banjir, turun lebih dari jatah satu tahun curah hujan dalam 24 jam, kondisi cuaca yang gagal untuk diprediksi. Gerbang pintu air tidak mampu menangani luapan air, 64 buah dam gagal menahannya. Ketika bendungan akhirnya jebol, itu disebabkan gelombang besar, 10 kilometer luasnya, dengan tinggi 3 - 7 meter, bergerak ke dataran di bawah secepat 50 km/jam. Daerah sepanjang 55 kilometer dan lebar 15 kilometer, berubah jadi danau sebesar 12.000 km². Evakuasi tidak berjalan karena kondisi cuaca buruk dan putusnya komunikasi dan jalur transportasi.

    [​IMG]

    9. Gempa bumi Samudra Hindia - 2004, Samudra Hindia (meninggal: 230.000)

    Gempa bumi Samudra Hindia tahun 2004, yang dikenal oleh masyarakat ilmiah sebagai gempa bumi Sumatera-Andaman, adalah gempa yang terjadi di 00:58:53 UTC (07:58:53 waktu lokal) 26 Desember 2004, dengan pusat gempa bumi di bagian pantai barat Sumatera, Indonesia. Gempa dipicu serangkaian tsunami di sepanjang pantai di perbatasan Samudera Hindia, menewaskan banyak orang dan menenggelamkan masyarakat pesisir. Besarnya gempa pada awalnya dicatat sebagai 9,0, namun telah meningkat menjadi 9,1 dan 9,3. Gempa ini adalah gempa kedua terbesar yang pernah tercatat pada seismograf. cukup besar yang menyebabkan seluruh dunia ikut bergetar sebanyak setengah inci, atau lebih dari satu sentimeter.

    [​IMG]

    10. Gempa bumi Aleppo - 1138, Syria (meninggal: 230.000)

    Aleppo terletak di sepanjang bagian utara Laut Mati, yang merupakan batas lempengan yang memisahkan lempeng Arab dari lempeng Afrika. Gempa bumi ini adalah pertama dari dua buah gempa bumi hebat di wilayah itu: Oktober 1138 hingga Juni 1139 dan yang lebih berat dari serangkaian September 1156 sampai Mei 1159. Kawasan yang paling menderita adalah Harim. Sumber menunjukkan bahwa kastil yang rubuh dan gereja telah hancur. Fort dari Atharib, kemudian diduduki oleh Muslim, telah hancur. Benteng yang juga runtuh, membunuh 600 dari penjaga istana, meskipun gubernur dan beberapa orang selamat, dan melarikan diri ke Mosul. Ini gambar sisa peradabannya.

    [​IMG]

    Comment ?

    nb: sori kalo repost
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    mars0512 Beginner Members

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    428
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,721 / -0
    pertamaxxxx

    tsunami di sumatra masuk 10 besar.. salut dah
    jd bangga sbg anak indonesia:onion-84:
     
  4. Offline

    soundbuster Silent Reader Banned User

    Joined:
    Sep 6, 2007
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +6 / -0
    Asia only gini ya bencana 10 besar..
     
  5. Offline

    greenteanovi211 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 14, 2009
    Messages:
    486
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +40 / -0
    wow nice info..
    tanda2nya manusia di bumi udah kebanyakan nih
     
  6. Offline

    erha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 4, 2008
    Messages:
    1,385
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +935 / -0
    Banjir di sungai kuning banyak amat korbannya!
    mungkin dulu pemerintahnya lagi asik perang ma Jepang kali ya? atau pada gak tau gara" gak ada HP jd gak bisa SMS-an :hihi:
     
  7. Offline

    revilish Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,369
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +176,640 / -0
    Cuma mikir...itu 6 diantara 10 ada di China...

    itu bencana No. 1+2+4+6+7+8 semuanya di China..TOTAL BERAPA YA??? kalo mo itung kematian penduduk secara lebih luas lagi, jumlah itu aja belum diitung kematian karena perang (yang mana China kan paling bnyk perangnya, perang saudara maupun dgn bangsa lain), belum kematian karena epidemi dsb...

    tetep aja paling bnyk penduduknya ampe sekarang...lebih cepet pertumbuhan daripada penurunan ya...
     
  8. Offline

    blademaster Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 7, 2009
    Messages:
    603
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +108 / -0
    Kok Cina ya yang paling banyak......??????
     
  9. Offline

    ilcloud Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 2, 2009
    Messages:
    5,401
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +7,306 / -0
    kan penduduknya mang paling banyak....
    kalo negara laen...
    bisa musnah tuh satu negara kalo mati 4 juta orang....
     
  10. Offline

    pitiex Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    566
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +838 / -0
    wah Sungai Kuning mpe 2 kali jadi bencana alam terburuk.....
     
  11. Offline

    moron Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    664
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +26 / -0
    cina dari dulu sampe sekarang kena musibah mulu kayaknya...
     
  12. Offline

    kzha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    1,868
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +7,159 / -0
    kirain Indonesia negara paling sering kena musibah bencana alam,.
    ropanya china jauh lebih kurang beruntung dari kita,.

    ternyata sungai kuning itu mengerikan,. :onion-66:
    rekor no 1 ama 2,. mudah2an rekornya ga bakalan bisa di pecahkan..

    tapi keliatannya ini seh belum apa2 dibandingkan dengan korban akibat perang,.
    gimana kalo terjadi perang dunia ke 3,.. :onion-66:
     
  13. Offline

    shinbakayarou ダメ人間 Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 30, 2008
    Messages:
    8,603
    Trophy Points:
    251
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +24,981 / -0
    wah koq malah bangga kk :swt::swt:
    kebanyakan cina yg kena...:???:
    emang wajar seh..toh penduduk plng banyak di dunia kan cina...
     
  14. Offline

    mitevahnmeta Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    111
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +42 / -0
    haduh bingung rasionya jauh banget 1-4 juta orang...

    smoga ga terulang lagi deh bencana-bencana beginian..
    tp ga ada yang tau apa yang bakal terjadi...
    banyak doa, banyak beribadah deh,
    hihihi
    smoga amal kita di terima dan mati masuk sorga...
    :hihi::hihi:aminnnn
     
  15. Offline

    ksatriapetir Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 7, 2008
    Messages:
    81
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +35 / -1
    knapa gunug krakatau pada tahun1883 kok gak ada?
     
  16. Offline

    chucky Post Hunter Veteran

    Joined:
    Dec 16, 2007
    Messages:
    3,382
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +7,653 / -0
    buset dah...
    sadis2 amat dah bencananya...
    Tsunami yg di indo aja msk jg...
     
  17. Offline

    ryzqrd Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 4, 2009
    Messages:
    1,552
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +528 / -0
    yang nomor 1 emang pantes jd nomor 1..
    4 juta orang.. ck ck ck
     
  18. Offline

    stigermorgan Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 16, 2009
    Messages:
    481
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +9 / -0
    wah sungai kuning emang banyak bencana karena itu pemerintah cina udah membuat bendungan di wilayah itu. tap bencana alam memang sulit terduga banyak orang yang menjadi korban kita harus bersahabat dengan alam agar hal2 semacam ini tidak menjadi fatal;
     
  19. Offline

    ziga Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    611
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,192 / -0
    itu orngnya di hitung satu2 atau cuma kira2 jumlah korbannya
     
  20. Offline

    uchiha_stasezz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 15, 2009
    Messages:
    2,016
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +9,554 / -0
    biasa na c ga mungkin d itung y.. perkiraan aj d pasti in... qlo sebnyk itu butuh waktu 1-2 bulan bwt masti in jmlh korban dari kerabat2 na yg melaporkan kearbat na ga d temukan atw tewas dlm bencana
     
  21. Offline

    riedjal Post Hunter Veteran

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,632
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,925 / -0
    China emang edian tenan ... dapet bencana besar bolak-balik tapi penduduknya masih banyak aj :death:
    jangan dibangga'in donk :madesu:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.